29 Januari 2014

Kisi-Kisi UTS Tahun 2013/2014 SMP Muhammadiyah Surakarta


KISI – KISI ULANGAN TENGAH SEMESTER GENAP
 SMP MUHAMMADIYAH SURAKARTA
TAHUN 2015/2016

Mapel                   : Bahasa Indonesia
Kelas/smt            : VII / 2
Waktu                   : 120 menit

NO
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR
JENIS SOAL
NO
1
Menyimpulkan pikiran , pendapat, dan gagasan seorang tokoh /narasumber yang disampaikan dalam wawancara
Wawancara
Disajikan kutipan teks wawancara, siswa mampu menyimpulkan isi wawancara dengan tepat
Pilgan
1
Disajikan kutipan wawancara, siswa mampu menentukan informasi dari wawancara dengan tepat.
Pilgan
2
Disajikan kutipan wawancara yang rumpang, siswa mamp menentukan kalimat yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang dengan tepat.
Pilgan
3
Disajikan kutipan teks wawancara, siswa mampu menentukan tema wawancara dengan tepat
Pilgan
4
2
Menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas dan keunggulan tokoh, serta alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai.
Menceritakan tokoh idola
Disajikan profil seorang tokoh idola, siswa mampu menganalisa hal-hal yang menarik dari tokoh idola dengan tepat.
Pilgan
5
Disajikan profil seorang tokoh idola, siswa mampu menentukan kekurangan pada diri tokoh dengan tepat.
Pilgan
6
Disajikan profil seorang tokoh, siswa mampu menentukan pernyataan yang sesuai dengan profile tokoh.
Pilgan
7
3
Menemukan informasi secara cepat dari tabel/diagram yang dibaca dengan membaca memindai
Tabel/diagram dan grafik
Disajikan sebuah tabel , siswa mampu menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi tabel dengan tepat.
Pilgan
8
Disajikan sebuah tabel, siswa mampu menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam tabel.
Pilgan
9
Disajikan sebuah grafik, siswa mampu menentukan pernyataan yang sesuai  grafik dengan tepat.
Pilgan
10
Disajikan sebuah grafik, siswa mampu menentukan kesimpulan isi grafik dengan tepat.
Pilgan
11
Disajikan sebuah diagram, siswa mampu menentukan pernyataan yang sesuai dengan tepat.
Pilgan
12
Disajikan sebuah grafik, siswa mampu menarasikan grafik  dengan tepat.
esay
46
4
Menanggapi cara pembacaan puisi
Pembacaan puisi
Disajikan penggalan puisi, siswa mampu menentukan nada yang digunakan dalam menbaca puisi dengan tepat.
Pilgan
13
Diajikan penggalan puisi, siswa mampu menentukan tanda jeda/penjedaan teks puisi dengan tepat.
Pilgan
14
Disajikan penggalan puisi, siswa mampu menentukan makna puisi dengan tepat.
Pilgan
15
Disajikan penggalan puisi, siswa mampu menentukan suasana puisi dengan tepat.
Pilgan
16
Disajikan penggalan puisi, siswa mampu menentukan ekspresi/mimik pembacaan puisi dengan tepat.
Pilgan
17
5
Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun
Dialog lewat telepon
Disajikan dialog melalui telepon yang rumpang, siswa mampu memperbaiki kalimat menjadi kalimat yang sopan
Pilgan
18
Disajikan dialog melalui telepon yang rumpang, siswa mampu melengkapi dialog yang rumpang dengan tepat.
Pilgan
19
Disajikan dialog melalui telepon, siswa mampu mengubah kalimat langsung menjadi kalimat tak langsung
Pilgan
20
Disajikan tema, siswa mampu menentukan dialog lewat telepon sesuai tema dengan tepat
Pilgan
21
6
Menemukan realitas kehidupan anak dalam buku cerita anak (asli atau terjemahan)
Cerita anak dan realitas kehidupan saat ini
Disajikan penggalan cerita anak, siswa mampu menentukan kisah kehidupan dalam cerita yang biasa terjadi dalam kehidupan nyata.
Pilgan
22
Disajikan penggalan cerita anak, siswa mampu menganalisa nilai-nilai positif cerita yang pantas diambil  dengan tepat.
Pilgan
23
Disajikan penggalan cerita anak, siswa mampu menentukan pesan yang terkandung dalam cerita dengan tepat
Pilgan
24
Disajikan penggalan cerita anak, siswa mampu menentukan watak tokoh dengan tepat.
Pilgan
25
7
Menuliskan dengan singkat hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam wawancara
Menuliskan dengan singkat hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam wawancara
Hal-hal penting dalam wawancara
Hal-hal penting dalam wawancara
Disajikan penggalan wawancara yang dirumpangkan, siswa dapat menentukan kalimat yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang tersebut
Pilgan
26
Disajikan teks wawancara, siswa dapat menentukan kesimpulan isi wawancara tersebut
Pilgan
27
Disajikan penggalan wawancara, siswa dapat menetukan hal-hal yang dapat dipetik dari teks wawancara tersebut
Pilgan
28
Disajikan penggalan wawancara, siswa mampu menentukan hal-hal penting dari narasumber
Pilgan
29
Disajikan penggalan teks wawancara, siswa mampu menentukan informasi berdasarkan teks wawancara tersebut
Pilgan
30
9
Menanggapi cara pembacaan cerpen.
Pembacaan cerpen
Disajikan penggalan cerpen, siswa mampu menentukan tema ceerpen dengan tepat.
Pilgan
31
Disajikan penggalan cerpen, siswa mampu menentukan watak tokoh dengan tepat.
Pilgan
32
Disajikan penggalan cerpen, siswa mampu menentukan latar cerita dengan tepat.
Pilgan
33
Disajikan penggalan cerpen, siswa mampu menentukan pesan cerita dengan tepat.
Pilgan
34
Disajikan penggalan cerpen, siswa mampu menentukan keistimewaan tokoh dengan tepat
Pilgan
35
Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan watak  tokoh dan latar cerita dengan tepat
esay
47
10
Membaca indah puisi dengan menggunakan irama, volume suara, mimic, kinesik yang sesuai dengan isi puisi.
Puisi
Disajikan penggalan puisi, siswa mampu menentukan tema puisi dengan tepat.
Pilgan
36
Disajikan penggalan puisi, siswa mampu menentukan penjedaan yang tepat untuk membaca puisi.
Pilgan
37
esay
48
Disajikan penggalan puisi, siswa mampu menentukan amanat puisi dengan tepat
Pilgan
38
Disajikan penggalan puisi, siswa mampu menentukan rima puisi dengan tepat.
Pilgan
39
Diajikan penggalan puisi, siswa mampu menentukan citraan puisi dengan tepat.
Pilgan
40
Disajikan teknik membaca indah puisi, siswa mampu menentukan jenis teknik pembacaan dengan tepat.
Pilgan
41
Disajikan teknik membaca puisi, siswa mampu menentukan jenis teknik membaca puisi dengan tepat
pilgan
42
Disajikan teknik membaca puisi, siswa mampu menentukan jenis teknik membaca puisi dengan tepat
pilgan
43
Disajikan ilustrasi, siswa mampu menulis puisi berdasarkan ilustrasi dengan tepat.
esay
49
11
Mengubah teks wawancara menjadi narasi
Menarasikan teks wawancara
Disajikan teks wawancara, siswa mampu menarasikan teks wawancara dengan tepat.
Pilgan
44
Disajikan teks wawancara, siswa mampu menarasikan teks wawancara dengan tepat
esay
50
Disajikan teks wawancara, siswa dapat mengubah kalimat langsung menjadi kalimat tak langsung
pilgan
45




KISI – KISI ULANGAN TENGAH SEMESTER GENAP
 SMP MUHAMMADIYAH SURAKARTA
TAHUN 2013/2014

 Bahasa Indonesia
Kelas/Smt           : VIII / 2
Waktu                   : 120 menit

NO
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR
JENIS SOAL
NO
1
Menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar dan atau ditonton melalui radio/televise
Teks berita
Disajikan kutipan teks berita, siswa dapat menentukan pokok-pokok berita dengan tepat
Pilgan
1
Disajikan kutipan teks berita, siswa dapat menentukan unsur pokok-pokok berita yang tidak terdapat dalam teks berita
Pilgan
2
Disajikan kutipan teks berita, siswa dapat  menentukan pertanyaan yang jawabannya ada dalam teks berita dengan tepat
Pilgan
3
Disajikan pernyataan yang berkaitan dengan  berita, siswa dapat menentukan satu unsur kelengkapan  berita dengan tepat
Pilgan
4
Disajikan kutipan berita, siswa dapat menentukan pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya merupakan pokok-pokok berita tersebut.
Esai
46
2
Menyampaikan persetujuan, sanggahan dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan
Diskusi
Disajikan pernyataan berkaitan dengan diskusi, siswa dapat menentukan cara menyampaikan persetujuan dengan tepat
Pilgan
5
Disajikan pernyataan berkaitan dengan diskusi, siswa dapat menentukan cara menyampaikan penolakan pendapat dengan tepat
Pilgan
6
Disajikan sebuah pendapat dalam diskusi, siswa dapat menentukan sanggahan dengan yang tepat
Pilgan
7
Disajikan sebuah pernyataan yang berkaitan dengan diskusi, siswa dapat menentukan sanggahan dengan tepat.
Pilgan
8
Disajikan sebuah pernyataan yang berkaitan dengan diskusi, siswa dapat menentukan kalimat persetujuan dengan tepat.
Pilgan
9
Disajikan sebuah pernyataan yang berkaitan dengan diskusi, siswa dapat menentukan kalimat sanggahan dengan tepat.
Esai
47
3
Membacakan teks berita dengan intonasi  yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas
Pembacaan berita
Disajikan sebuah kutipan berita, siswa dapat menentukan tanda jeda pada teks tersebut dengan tepat.
Pilgan
10
Disajikan sebuah pernyataan, siswa dapat menentukan syarat-syarat pembacaan berita yang baik dengan tepat.
Pilgan
11
Disajikan sebuah pernyataan, siswa dapat menentukan syarat-syarat pembacaan berita yang baik dengan tepat.
Pilgan
12
Disajikan sebuah pernyataan, siswa dapat menentukan tujuan membaca dalam hati dengan tepat.
Pilgan
13
Disajikan sebuah kutipan berita, siswa dapat menentukan pokok berita dengan tepat.
Pilgan
14
Disajikan sebuah kutipan berita, siswa dapat menentukan informasi berita dengan tepat.
Pilgan
15
Disajikan kutipan  teks berita, siswa mampu menentukan penjedaan teks berita dengan tepat.
Esai
48
4
Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata
Menulis puisi bebas
Disajikan pernyataan yang berkaitan dengan menulis puisi bebas, siswa dapat menentukan ciri puisi dengan tepat.
Pilgan
16
Disajikan pernyataan yang berkaitan dengan menulis puisi bebas, siswa dapat menentukan diksi puisi dengan tepat.
Pilgan
17
Disajikan sebuah puisi, siswa dapat menentukan latar suasana pada puisi tersebut dengan tepat.
Pilgan
18
Disajikan sebuah puisi, siswa dapat menentukan diksi puisi dengan tepat.
Pilgan
19
Disajikan sebuah puisi, siswa dapat menentukan sumber tema puisi dengan tepat.
Pilgan
20
Disajikan pernyataan yang berkaitan dengan menulis puisi bebas, siswa dapat menentukan kepenulisan puisi dengan tepat.
Pilgan
21
5
Mengidentifikasi karakter tokoh novel remaja (asli/terjemahan) yang dibacakan
Novel remaja dan unsur-unsur intrinsiknya
Disajikan penggalan novel, siswa dapat menganalisis penggambaran watak tokoh berdasarkan pelukisan bentuk lahir dengan tepat.
Pilgan
22
Disajikan penggalan novel, siswa dapat menganalisis perwatakan tokoh utama dengan tepat.
Pilgan
23
Disajikan penggalan novel, siswa dapat menentukan sifat tokoh dengan tepat.
Pilgan
24
Disajikan penggalan novel, siswa dapat menentukan sikap tokoh  dengan tepat.
Pilgan
25
Disajikan penggalan novel, siswa dapat menganalisis watak tokoh dengan tepat.
Pilgan
26
6
Menjelaskan alur cerita, pelaku dan latar novel remaja (asli/terjemahan)
Kutipan novel remaja
Diajikan penggalan novel, siswa dapat menentukan latar waktu  dengan tepat.
Pilgan
27
Disajikan penggalan novel, siswa dapat menentukan tahapan alur dengan tepat
Pilgan
28
Disajikan penggalan novel, siswa dapat menentukan tahapan alur dengan tepat
Pilgan
29
7
Menanggapi hal menarik dari kutipan novel remaja (asli/terjemahan).
Hal-hal menarik dari novel remaja
Disajikan penggalan novel, siswa dapat menentukan hal-hal yang menarik dari novel tersebut  dengan tepat.
Pilgan
30
8
Menulis rangkuman isi buku ilmu pengetahuan popular.
Rangkuman isi buku
Disajikan sebuah paragraf, siswa mampu menentukan butir-butir pokok paragraf  dengan tepat
Pilgan
31
Disajikan sebuah paragraph, siswa mampu menentukan rangkuman paragraf dengan tepat
Pilgan
32
Disajikan pernyataan, siswa mampu menentukan penggunaan istilah degan tepat.
Pilgan
33
9
Menemukan informasi untuk bahan diskusi melalui membaca intensif
Informasi untuk bahan diskusi
Disajikan paragraf, siswa dapat menemukan informasi yang berkaitan dengan isi paragraf dengan tepat.
Pilgan
34
10
Mengidentifikasi karakter tokoh novel remaja (asli/terjemahan) yang dibacakan
Novel remaja dan unsur-unsur intrinsiknya
Disajikan penggalan novel, siswa dapat menentukan sudut pandang dengan tepat
Pilgan
35
Disajikan penggalan novel, siswa dapat menentukan tokoh dan karakter dengan tepat
Esai
49
11
Menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar dan atau ditonton melalui radio/televise
Teks berita
Disajikan penggalan teks berita, siswa dapat menentukan informasi yang berkaitan dengan teks berita tersebut dengan tepat.
Pilgan
36
Disajikan penggalan teks berita, siswa dapat menentukan pokok berita tersebut dengan tepat.
Pilgan
37
Disajikan penggalan teks berita, siswa dapat menentukan urutan pokok berita tersebut dengan tepat.
Pilgan
38
Disajikan penggalan teks berita, siswa dapat menentukan pertanyaan yang tidak sesuai dengan  berita tersebut dengan tepat.
Pilgan
39
Disajikan penggalan teks berita, siswa dapat menentukan isi  berita tersebut dengan tepat.
Pilgan
40
12
Menanggapi hal menarik dari kutipan novel remaja (asli/terjemahan).
Hal-hal menarik dari novel remaja
Disajikan kutipan novel remaja, siswa dapat menentukan hal yang menarik dari kutipan novel tersebut dengan tepat.
Pilgan
41
Disajikan kutipan novel remaja, siswa dapat menentukan bagian alur novel dengan tepat.
Pilgan
42
Disajikan kutipan novel remaja, siswa dapat menentukan hal yang menarik dari kutipan novel tersebut dengan tepat.
Pilgan
43
Disajikan kutipan novel remaja, siswa dapat menentukan latar  kutipan novel tersebut dengan tepat.
Pilgan
44
Disajikan kutipan novel remaja, siswa dapat menentukan bagian alur novel dengan tepat.
Pilgan
45
Disajikan kutipan novel, siswa dapat menuliskan komentar yang tepat terhadap isi kutipan novel tersebut.
Esai
50

KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2013/2014
Jenjang Pendidikan                              : SMP
Mata Pelajaran                     : Bahasa Indonesia
Kurikulum                           : Standar Isi
Jumlah Soal                         : 50
Bentuk Soal                         : Pilihan Ganda


No
Standar Kompetensi Lulusan
Kompetensi Dasar
Kelas/
Smstr
Materi
Indikator Soal
No. Soal

1
Membaca dan memahami berbagai teks nonsastra (biografi, artikel, berita, fakta dan opini, ensiklopedi/buku telepon, iklan, indeks buku, tabel/diagram, bagan, grafik, peta, denah), berbagai karya sastra (puisi, antologi puisi, cerpen, buku kumpulan cerpen, cerita anak, buku cerita anak, novel remaja, novel angkatan 20-30 an, dan drama)
3.2       Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit
VII/I

Gagasan utama paragraf
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan gagasan utama

1
Simpulan isi bacaan
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan simpulan isi bacaan.
2
10

11.1        Mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca secara intensif
Keistimewaan tokoh
Disajikan kutipan biografi  tokoh :
-  siswa dapat
    menentukan
    keistimewaaan  tokoh
-  sifat tokoh yang dapat 
   diteladani


5


6

11.1        Menemukan masalah utama dari beberapa berita yang bertopik sama melalui membaca ekstensif
VIII/2
Persamaan isi berita
Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan kesamaan berita tersebut.
3

Perbedaan penyajian berita
Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan perbedaan berita tersebut.
4
3.1       Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabat melalui kegiatan membaca intensif
IX/I
Fakta
Disajikan sebuah iklan siswa dapat menentukan kalimat fakta/opini
8
9


Isi iklan
Disajikan sebuah  iklan siswa dapat menentukan maksud salah satu kalimat dalam iklan  tersebut
7



3.2       Menemukan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera pada denah

VIII/I
Arah perjalanan dalam denah
Disajikan sebuah denah , siswa dapat menentukan rute perjalanan pada denah tersebut.
13
11.1        Mengubah sajian grafik, tabel, atau bagan menjadi uraian melalui kegiatan membaca intensif
IX/2
Simpulan  isi tabel
Disajikan sebuah  tabel :
-  siswa dapat 
    menentukan 
    pernyataan  sesuai isi
    tabel tersebut
-  Siswa dapat 
    menyimpulkan  isi
    tabel tersebut.

11



12
Penjelasan  isi bagan
Disajikan sebuah bagan, siswa dapat menentukan  pernyataan  sesuai  isi bagan tersebut.
14

15.2        Mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku antologi puisi

VIII/2
Tema puisi
-  Disajikan kutipan  puisi,  
   siswa dapat menentukan  
    isi kutipan  puisi  
    tersebut.
-   Disajikan kutipan  puisi,  
    siswa dapat menentukan  
    tema puisi  tersebut.
31



32
Perbedaan unsur intrinsik puisi
Disajikan kutipan  puisi, siswa dapat menyebutkan  latar suasana puisi tersebut
33

7.1       Menemukan tema, latar, penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen
7.2       Menganalisis nilai-nilai kehidupan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen
IX/1
Latar cerpen
-  Disajikan kutipan   
    cerpen, siswa dapat
    menentukan  latar
    tempat cerpen tersebut
   dengan benar.
-  Disajikan kutipan
   cerpen, siswa dapat 
   menentukan  latar waktu
   cerpen tersebut dengan
   benar.


41




50


7.1       Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
VII/1
Amanat cerita anak
Disajikan kutipan  cerpen, siswa dapat menentukan  amanat  cerpen tersebut dengan benar.
43

15.1        Menjelaskan alur cerita, pelaku, dan latar novel remaja (asli atau terjemahan)
VIII/2
Konflik cerita
Disajikan kutipan  cerpen, siswa dapat menentukan  konflik yang terdapat dalam  cerpen tersebut dengan benar.
42



15.1        Mengidentifikasi kebiasaan, adat, etika yang terdapat dalam buku novel angkatan 20-30 an
IX/2
Perbedaan karakteristik dua novel
Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan perbedaan karakteristik tema novel tersebut.
44

15.2        Membandingkan karakteristik novel angkatan 20-30 an

7.1       Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama

VIII/2
Suasana drama
-  Disajikan kutipan
   drama,  siswa dapat
    menentukan watak
    tokoh  kutipan drama
    tersebut
-  Disajikan kutipan
   drama,  siswa dapat
    menentukan suasana 
    kutipan drama     
    tersebut
45




46
2
Menulis dan menyunting teks non sastra dengan menggunakan kosa kata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat pribadi, surat dinas, narasi dan pesan singkat, pengumuman, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan/poster, iklan, resensi dan karangan, surat pembaca, teks pidato, dan karya ilmiah; menulis teks sastra dalam bentuk puisi, pantun, dongeng, cerpen, dan drama.
4.1       Menuliskan buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
VII/1
Catatan buku harian sesuai konteks
Disajikan ilustrasi pengalaman pribadi, siswa dapat menentuklan kalimat dalam buku harian  sesuai ilustrasi
18

4.2       Menulis surat pribadi dengan meperhatikan komposisi, isi, dan bahasa.
Isi surat pribadi
-  Disajikan kutipan surat
    pribadi yang
    dirumpangkan, siswa
    dapat melengkapinya.
19


4.2     Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku
VIII/1
Kalimat penutup surat dinas
Disajikan  kutipan surat dinas yang beberapa bagian dirumpangkan, siswa dapat melengkapi alamat yang dituju.
20

4.1       Menulis laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
Penyusunan kalimat laporan
Disajikan lima kalimat laporan yang belum tersusun secara padu, siswa dapat menyusunnya menjadi paragraf yang padu.
35

4.3     Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif
Penyusunan petunjuk melakukan sesuatu
Disajikan beberapa kalimat petunjuk melakukan sesuatu yang disusun secara acak, siswa dapat menentukan susunan yang tepat.
16

Melengkapi petunuk
Disajikan beberapa kalimat petunjuk yang rumpangkan,  siswa dapat melengkapinya dengan tepat.
15



4.3.  Menulis teks    
   pengumuman dengan   
   bahasa yang efektif, baik   
   dan benar
VII/1
Isi pengumuman sesuai konteks
Disajikan sebuah pengumuman, siswa dapat menuliskan  isi pengumuman tersebut.
36

12.2        Menulis pesan singkat sesuai dengan isi dengan menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang santun
VII/2
Penulisan isi pesan singkat
Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan penulisan pesan singkat sesuai ilustrasi .
29
12.1        Menulis rangkuman  isi buku ilmu pengetahuan populer
VIII/2
Rangkuman  isi bacaan
Disajikan  sebuah  bacaan,  siswa dapat menentukan rangkuman yang tepat
22

12.2        Menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas
Teks berita sesuai konteks
Disajikan ilustrasi berita, siswa dapat menyusun paragraf teks berita yang sesuai ilustrasi.
28

12.3        Menulis slogan/poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi, serta persuasif
Slogan
Disajikan sebuah  ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan slogan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut.
23

4.1       Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas
IX/1
Iklan baris
Disajikan ilustrasi, siswa dapat menentukan penulisan iklan baris yang sesuai ilustrasi tersebut
48

4.2       Meresensi buku pengetahuan
Resensi buku
Disajikan data buku dilengkapi keunggulan dan kekurangan buku, siswa dapat menulis paragraf resensi yang tepat.
37

4.3       Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana
Perbaikan penggunaan huruf kapital
Disajikan beberapa pengguna huruf kapital salah dalam kalimat/ paragraf, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat.
38

Penggunaan tanda baca
Disajikan kalimat dengan pilihan kata yang tidak tepat,  siswa dapat  memilih kata yang baku dengan tepat.
40

Perbaikan kalimat tidak efektif
Disajikan kalimat tidak efektif,  siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat.
39



12.2        Menulis teks pidatoceramah/kotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif

IX/2

Teks pidato sesuai konteks
Disajikan sebuah ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan isi teks pidato yang tepat.
24
12.3        Menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah
Surat pembaca sesuai isi gambar/konteks
Disajikan  surat     pembaca yang dirumpangkan, siswa     dapat melengkapinya.
21

12.3  Menulis karya ilmiah
sederhana dengan menggunakan berbagai sumber

Rumusan masalah karya ilmiah
Disajikan tema karya ilmiah, siswa dapat menentukan rumusan  masalah  karya ilmiah yang tepat berdasarkan tema.
25

Saran karya ilmiah
Disajikan simpulan karya ilmiah, siswa dapat menentukan saran berdasarkan simpulan karya ilmiah.
26

Daftar pustaka
Disajikan identitas buku reperensi, siswa dapat menulis daftar pustaka dengan benar.
27

8.1       Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun
VII/1
Melengkapi isi/sampiran pantun
Disajikan pantun larik sampiran/isinya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan tepat.
17
49

16.1        Menulis puisi bebas dengan memperhatikan unsur persajakan

16.2        Menulis puisi bebas dengan memperhatikan unsur persajakan
VIII/2
Rima puisi
Disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan tepat.
34
47


16.1        Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca
IX/2
Naskah drama rumpang
Disajikan kutipan drama yang dialognya dirumpangkan , siswa dapat melengkapinya dengan tepat.
30
16.2        Menulis naskah drama berdasarkan peristiwa nyata







Tidak ada komentar:

Posting Komentar