PREDIKSI PAKET 02UJIAN NASIONAL
TAHUN 2017MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 1 s.d 3!
Peringatan Sumpah Pemuda Ke-88 berbasis pada seni dan budaya. Pemerintah akanmenyuguhkan pergelaran bertajuk Nusantara Berdendang di halaman Istana Merdeka,Jakarta untuk masyarakat. Acara tersebut dikemas sedemikian rupa sehingga mampumencerminkan keragaman budaya Indonesia.
1. Makna kata menyuguhkan pada teks tersebut adalah ....
A. memerkan B. menghidangkan C. mempertunjukkan D. mendemontrasikan
2. Pertanyaan berikut yang jawabannya terdapat pada teks tersebut adalah ...
A. Bagaimana jalan cerita kegiatan tersebut?
B. Di mana pergelaran Nusantara Berdendang?
C. Siapa pencetus kegiatan pergelaran tersebut?
D. Pukul berapa kegiatan pergelaran itu berakhir?
3. $impulan isi teks terse but adalah ...
A. Pemerintah mengadakan acara khusus untuk memperingati Sumpah Pemuda yang ke-88.
B. Acara Nusantara Berdendang disaksikan oleh masyarakat luas khususnya di Jakarta.
C. Nusantara Berdendang ini ditunggu-tunggu masyarakat karena sangat menarik.
D. Kegiatan Nusantara Berdendang sudah dicanangkan pemerintah.
Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 4 dan 5!
Bahan koleksi perpustakaan dikelompokkan berdasarkan fungsinya. Berdasarkanfungsinya, koleksi perpustakaan ada beberapa kategori, yakni buku pelajaran pokok, buku pelajaran penunjang, buku bacaan, buku sumber, buku referensi, dan bukuterbitan berkala.
(1) Perpustakaan memiliki berbagai manfaat dan fungsi. (2) Manfaat perpustakaan yakni untuk meningkatkan kegemaran membaca, memperluas wawasan, danmencerdaskan kehidupan bangsa. (3) Selanjutnya, fungsi perpustakaan dirinci sebagai berikut. (4) Fungsi edukasi, fungsi informatif, fungsi penelitian, fungsi kebudayaan, danfungsi rekreasi.
4. Ide pokok paragraf pertama teks tersebut adalah ....
A. cara meminjam buku di perpustakaan
B. pengelompokkan koleksi perpustakaan
C. koleksi buku-buku perpustakaan
D. jenis-jenis buku di perpustakaan
5. Kalimat utama paragraf kedua teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (4)
B.
(3)
C. (2)
D. (1)
6. Bacalah teks berikut!
I
Dalam novel ini penulis menggunakan bahasa sehari-hari sehingga mudah dimengerti. Selain itu, banyak pelajaran hidup yang dapat diambil dari kisah tokoh. Hanya saja, penulis terlalu banyak memunculkan konflik sehingga agak membingungkan. Namun, pada akhir cerita semua konflik dapat diselesaikan dengan baik.
Simpulan pendapat pro pada teks tersebut adalah ...
A. Novel tersebut banyak kekurangannya.
B. Isi novel bagus dan layak untuk dibaca.
C. Akhir cerita novel agak membingungkan.
D. Tokohnya terlalu banyak mengalami konflik
Bacalah teks berikut!
Perilaku manusia yang negatif menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir. Seperti, membuang sampah ke sungai akan mendangkalkan sungai. Selain itu,penebangan dan pembakaran hutan secara liar. Hal akan menyebabkan air tidakterserap oleh akar-akar pohon. Solusi untuk mengatasi banjir dengan melakukan tindakan yang positif. Contohnya, merawat dan melestarikan alam merupakan
salah satu solusi untuk mengatasi banjir. Seperti, membuang sampah pada tempatnya, tidak melakukan penebangan liar, dan melakukan reboisasi pada tanah yang gundul terutama di daerah pegunungan.
I
7. Ringkasan isi teks tersebut adalah ...
A. Contohnya, merawat dan
melestarikan alam rnerupakan salah satu solusi untuk mengatasi banjir., I
B. Penebangan dan pembakaran hutan secara liar akan menyebabkan air tidak terserapoleh akar-akar pohon.
C. Tindakan manusia yang negatif
penyebab terjadinya banjir dapat diatasi dengan melakukan tindakan yang positif.
D. Tidak melakukan penebangan liar dan melakukan reboisasi pada tanah
yang gundul terutama daerah pegunungan.
8. Bacalah kedua kutipan teks berikut!
Teks 1
|
Teks 2
|
Tempat wisata berikutnya Museum Asia Afrika. Di Museum ini, kami
melihat dokumen dan menonton film tentang Konferensi asia Afrika. Di Museum
Asia Afrika ini kami banyak menimba ilmu sejarah tentang Konferensi Asia Afrika.
|
Hari jumat sore, kami siswa siswi berkumpul di lapangan untuk
persiapan ke Bandung dalam rangka Studi Wisata. Sebelum pergi, kami diberi
pengarahan oleh Pak Budi selaku kepala sekolah. Setelah selesai, kami
langsung menuju kendaraan masing-masing.
|
Perbedaan pola penyajian kedua teks terse but adalah ...
Kutipan I
|
Kutipan II
|
|
A.
|
urutan sebab-akibat
|
urutan tempat
|
B.
|
urutan waktu
|
urutan sebab-akibat
|
C.
|
urutan waktu
|
urutan tempat
|
D.
|
urutan tempat
|
urutan waktu
|
9. Bacalah teks berikut!
(1) lsi novel ini sangat mendidik, terutama untuk generasi
muda. (2) Generasi penerus bangsa yang
mementingkan persatuan dan kesatuan. (3) Sangat
disayangkan, penggunaan istilah atau bahasa daerah yang terdapat
di dalamnya tidak dilengkapi artinya. (4) Namun, hal tersebut tidak
mengurangi kelayakan novel ini untuk dibaca, khususnya oleh generasi
muda.
Kelemahan dari teks karya sastra tersebut ditandai dengan nomor
...
A.
(1)
B.
(2) C.
(3) D. (4)
Bacalah teks cerita berikut kemudian kerjakan soal nomor 10 s.d.
13!
Saya langsung dilarikan ke puskesmas
kecamatan. Seragam cokelat Pramuka yang
melingkupi tubuh saya disingkirkan entah ke mana oleh
mantri. Tidak pernah terlintas di pikiran saya
untuk meminta kepada Ayah agar menggantinya setelah itu. Dan yang
saya dengar selama hampir sebulan tidak masuk sekolah, beberapa kali Tono
terpaksa membolos di hari Jumat dan Sabtu karena belum mampu membeli
gantinya.
"Salahmu sendiri, tidak minta
ganti," kata saya selesai kami mengingat kejadian itu.
"Mengajakmu saja sudah sebuah kesalahan. Aku takut ayahmu
bertambah marah nantinya.
Ayahku tidak mau mempermasalahkan
tamparan ayahmu, apalagi seragam itu. Dia lebih memilih membelikan yang baru
walaupun harus menunggu beberapa minggu,” jawab Tono.
Kami tertawa. Tertawa dan tertawa seakan
akan seluruh rentetan kejadian yang akhirnya menjadi pengingat
abadi persahabatan kami itu bukanlah sebuah kejadian meloloskan diri dari
maut karena waktu telah menghapus semua
kengeriannya. Mengenang kejadian masa lalu duduk di
amben ditemani kopi dan rebus singkong. Sinar teplok temaram,
di rumahnya yang masih sama seperti 15 tahun yang lalu.
Sumber:https://cerpenkompas.wordpress.com
10. Makna kata teplok pada teks tersebut adalah ...
A. lampu tempel yang bersumbu dan menggunakan bahan bakar
minyak tanah
B. lampu listrik yang sengaja
dibuat tidak terang supaya menghemat
C. lampu listrik yang wattnya
sangat kecil sehingga nyaris redup
D. lampu untuk mencari
jangkrik di sawah saat musim panen
11. Watak tokoh Tono pada teks tersebut adalah ....
A. jujur dan
taat
C. jujur dan apa adanya
B. percaya diri dan setia
kawan
D. tanggung jawab dan setia
kawan
12. Bagian kutipan cerita tersebut dinamakan dengan ....
A. Klimaks
B.
peleraian C. komplikasi D. pengenalan
13. Latar waktu pada kutipan cerita tersebut adalah ....
A. malam
B. pagi
C. siang
D. sore
Bacalah kutipan cerita berikut kemudian
kerjakan soal nomor 14 s.d. 17!
... Kura-kura lalu meminta bantuan kepada
monyet. "Maukah kau membantuku memetik buah pisang
ini?"tanya kura-kura.
"Aku bersedia, tetapi buah pisang
itu nanti dibagi dua," jawab monyet. "Baik!"
jawab kura kura. Monyet lalu memanjat pohon pisang
kura-kura. Bau harum buah pisang menggoda selera monyet. la lupa akan janjinya.
Kura-kura menunggu di bawah pohon
pisang. "Nyet, Nyet, mana pisang bagianku?"
teriak kura-kura. "Sebiji pun tidak ada;” jawab monyet
rakus. Monyet, ini pohon pisangku!" rengek kura-kura hampir
menangis.
"Salah sendiri mengapa tidak bisa
memanjat pohon?" ejek monyet.
Kura-kura raut wajahnya memerah, ia
mulai menangis. Hatinya sedih bercampur marah. la lalu menggoyang-goyang pohon
pisang itu. Tiba-tiba .... bruk! Pohon pisang itu tumbang. Monyet itu
jatuh. Dia mengerang kesakitan. Tubuhnya tertimpa batang
pohon pisang. "Ampun kura-kura, tolong
aku! Aku rnenyesal. .. ,” kata
monyet.
Tetapi,
kura-kura sudah berlalu. la mencari sahabat baru.
Sumber:http://www.blogpelajar.com/2016/08/teks-cerita-fabel
14. Makna simbol wajahnya tersebut adalah ....
A. malu
B. marah
C. terharu
D. senang
15. Nilai moral pada cerita tersebut adalah ...
A. Memberi contoh yang baik.
C. Bekerjalah selagi mampu.
B. Bila berjanji harus
ditepati. D.Jangan memaksakan kehendak.
16. Sebab terjadinya konflik pada
cerita tersebut adalah ...
A. Monyet mengingkari
janji. C. B. Kura-kura tidak
menepati janji.
C. Kura-kura tidak mau berbagi
hasil. D. Monyet
membagi hasil panen pisang.
17. Akibat konflik pada cerita terse but adalah ...
A. Monyet menyesal lalu pergi melarikan
diri.
B. Kura-kura menyesal telah menyakiti monyet.
C. Monyet mau berteman lagi dengan kura-kura.
D. Kura-kura tidak mau berteman dengan monyet.
Bacalah kutipan cerita berikut kemudian kerjakan soal nomor 18 dan
19!
Kutipan I
Sesampainya di rumah, sang
induk tiba-tiba panik. Anaknya yang ikut pulang baru empat.
"Wah, kemana anakku yang paling kecil? Apa dia
tertinggal di dalam hutan?"
Induk bebek merasa khawatir, karena di dalam hutan, bisa
saja anaknya dimakan binatang buas. Tanpa menunggu lama lagi,
ia memerintahkan keempat anaknya istirahat di tepi danau. Sementara ia
sendiri mulai masuk ke tengah hutan dan memanggil-manggil anaknya
yang hilang. Sumber: http://www.wartabahasa.com.
Induk Bebek dan Kodok Hijau
Kutipan I
Di sebuah kolam yang cukup besar dan dalam
seekor kadal sedang berjalan di
pinggiran kolam. Kadal itu sedang mencari kegiatan baru. la sangat ingin mencoba
sesuatu yang baru, ia sangat ingin berpetualang. Ketika dia
berjalan di pinggiran kolam, ia mengeluarkan lidahnya. Dia rnelihat
sesuatu muncul dari dalam air hal pertama yang
dilihat oleh kadal itu adalah sebuah
kepala yang melenggak lenggok ke sana ke
mari seperti sedang mencari sesuatu. Sumber: http://www.blogpelajar.com. Kadal dan Ular Air
18. Perbedaan pola pengembangan
kedua cerita tersebut diawali dengan ....
Kutipan 1
|
Kutipan 2
|
|
A.
|
klimaks
|
orientasi
|
B.
|
orientasi
|
klimaks
|
C.
|
peleraian
|
penyelesaian
|
D.
|
penyelesaian
|
peleraian
|
19. Perbedaan penggunaan bahasa kedua
kutipan cerita tersebut adalah ....
Kutipan 1
|
Kutipan 2
|
|
A.
|
latar tempat digambarkan tersirat
|
latar tempat digambarkan tersirat
|
B.
|
menggunakan kata sandang
|
tidak menggunakan kata sandang
|
C.
|
menggunakan kata ganti
|
tidak menggunakan kata ganti
|
D.
|
menggambarkan fisik tokoh
|
menggambarkan kepribadian tokoh
|
Bacalah kutipan cerita berikut
kemudian kerjakan soal nomor 20 s.d. 22!
Seekor bangau berjalan
dengan langkah yang anggun di sepanjang sebuah sungai kecil.
Matanya menatap air sungai yang jernih, leher dan paruhnya yang
panjang siap untuk menangkap mangsa di air sebagai sarapan
paginya. Saat itu, sungai dipenuhi dengan
ikan-ikan yang berenang, tetapi sang bangau merasa sedikit angkuh
di pagi hari itu.
"Saya tak mau makan ikan-ikan yang
kecil," katanya kepada diri sendiri. "Ikan
yang kecil tidak pantas dimakan oleh bangau yang anggun seperti
saya."
Sekarang, seekor ikan
yang sedikit lebih besar dari ikan lain, lewat di dekatnya.
"Tidak," kata sang bangau. "Saya tidak akan merepotkan diri saya
untuk membuka paruh dan memakan ikan sebesar itu!"
Saat matahari mulai
meninggi, ikan-ikan yang berada pada air yang dangkal dekat
pinggiran sungai, akhirnya berenang pindah ke
tengah sungai yang lebih dalam dan dingin. Sang bangau yang tidak melihat ikan
lagi, terpaksa harus puas dengan memakan siput kecill di pinggiran
sungai.
Sumber: http://dongengadalahcerita.blogspot.co.id/Burung
Bangau yang Angkuh
20. Komentar yang tepat terhadap isi kutipan
cerita tersebut adalah ...
A. Isi lcerita bagus hanya kurang
mendidik bagi para pembacanya.
B. Isi lcerita terlalu
berbelit-belit sehingga kurang menarik untuk dibaca.
C. Isi cerita sukar dimengerti
karena tokoh tokohnya hewan bukan manusia.
D. Isi cerita sangat menarik karena mengajarkan supaya kita
tidak sombong.
21. Komentar yang tepat terhadap pola pengembangan kutipan cerpen tersebut
adalah ...
A. Pola pengembangan diawali
dengan konflik si tokoh merasa kelaparan. Ia telah berjalan jauh. Namun,
ia tidak menemukan makanan. Kemudian datanglah seekor kura-kura yang menasihati
supaya tidak menjadi orang yang sombong.
B. Pola pengembangan kutipan
cerita tersebut dimulai penyebab tokoh tersebut kelaparan. Ia anggkuh tidak mau
memakan ikan yang kecil. Ia menyesal..
C. Pola pengembangan kutipan
cerita tersebut dimulai dengan pengenalan tokoh, latar tempat, dan latar waktu.
Pengenalan itu disampaikan secara tersurat. Lalu konflik yang muncul diakhiri
dengan penyelesaian yang memberikan pelajaran kepada pembaca.
D. Pola pengembangan kutipan
cerita tersebut dimulai dengan penampilan garis besar isi cerita. Tujuan dengan
membaca cerita tersebut, pembaca menjadi mengetahui garis besar jalan cerita.
Pembaca diharapkan mampu memahaminya.
22. Komentar terhadap bahasa yang digunakan pada kutipan
cerita tersebut adalah ...
A. Bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari hari dan mudah
dimengerti.
B. Bahasayang digunakan banyak
menggunakan kiasan.
C. Bahasa yang digunakan menggunakan
peribahasa sehingga membosankan.
D. Bahasayang digunakan
menyulitkan pembaca memahami isi cerita.
23. Perhatikan kalimat rumpang berikut!
Sungai
Ciliwung meskipun telah [ ... ] masih penuh dengan endapan
lumpur.
Kata yang tepat untuk
melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. diambil
B. dikeruk
C. disedot
D. ditata
24. Perhatikan petunjuk berikut!
Petunjuk menyemir sepatu
1) Bersihkan sepatu dengan sikat pembersih!
2) Lalu lap sepatu dengan kain yang bersih!
3) [... ]
4) Diamkan sepatu hingga mengering sempurna
5) Setelah kering, sepatu siap dikenakan!
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi petunjuk tersebut adalah ...
A. Setelah bersih, poles dengan semir yang sesuai warna sepatu!
B. Kemudian jemur sepatu di tempat
yang kena panas!
C. Sepatu yang telah
disemir, siap dikenakan kembali!
D. Cucilah kedua sepatu hingga benar-benar
bersih!
25. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Sesampainya di TMII kami
berfoto-foto bersama teman teman dan ibu/bapak guru.
(2) Kemudian kami menyewa sepeda lalu berkeliling
melihat rumah adat berbagai wilayah di Indonesia.
(3) Setelah istirahat sejenak, kami
segera masuk ke dalam bus untuk melanjutkan perjalanan ke Museum Gas dan Bumi.
(4) Hari pertama studi wisata, kami
mengunjungi TMII yang terletak di JakartaTimur.
(5) Sepanjang perjalanan menuju tempat
tujuan kami bersenda gurau.
(6) Lalu kami diberi penjelasan tentang
cara pengolahan, penggunaan alat, dan persebarannya di Indonesia.
(7) Sesampainya di sana kami disuguhi
video tentang asal mula gas yang berasal dari bumi.
Kalimat-kalimat tersebut dapat disusun menjadi paragraf laporan
dengan urutan nomor ....
A. (2)-(3)-(7)-(4)-(5)-(1)-(6)
C. (2)-(5)-(4)-(3)-(1)-(7)-(6)
B. (4)-(2)-(1)-(5)-(7)-(3)-(6)
D. (4)-(5)-(1)-(2)-(3)-(7)-(6)
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
Cara Membuat Kecambah Kedelai
(1) Setelah direndam, tiriskan kedelaidi
tempat tirisan bambu lalu tutup dengan daun pisang!
(2) Penyiraman dilakukan secara merata,
pastikan lendir yang dikeluarkan kedelai terbawa air!
(3) Kedelai yang dipilih, cuci sampai bersih!
(4) Setelah bersih, kedelai direndam selama
semalam!
(5) Pilihlah kedelai yang bagus!-
(6) Siramlah kedelai 5 jam sekali selama 3
hari!
(7) Kecambah sudah jadi dan siap dikonsumsi!
26. Kalimat-kalimat tersebut dapat disusun menjadi
petunjuk membuat kecambah kedelai dengan urutan
nomor ....
A. (3)-(2)-(6)-(4)-(5)-(1 )-(7)
C. (3)-(5)-(2)-(3)-(1)-(6)-(7)
B. (5)-(3)-(4)-(1)-(6)-(2)-(7) D. (5)-(4)-(1)-(2)-(3)-(6)-(7)
27. Perhatikan kalimat berikut!
Materi yang terkandung dalam buku
ini [ ... ] semangat pada pembaca untuk dapat berkarya.
Kata yang
tepat untuk melengkapi
kalimat rumpang tersebut adalah ....
A. memberikan
B. menjanjikan
C. menerangkan D.
menjelaskan
28. Bacalah kutipan teks berikut!
Buku setebal 226 halamanini sangat cocok untuk mereka yang
ingin mengembangkan potensi diri, terutama dalam bisnis. Mereka yang
ingin meraih rejeki yang bukan hanya ajaib, tetapi menjadi sebuah
mukjizat dalam hidup. [ ... ] Penjelasannya pun tidak berkutat
dalam teori yang melangit.Tetapi tawaran tawaran yang sederhana dan tidak
terduga bagi kita justru ditawarkan dalam buku ini.
Diolah dari sumber:
http://belajar-resensibuku.blogspot.co.id
Kalimat yang
tepat untuk melengkapi
teks tersebut adalah ...
A. Tanaman hidroponik
saat ini saat digemari masyarakat.
B. Buku ini menambah wawasan
tentang cara budidaya tanaman hidroponik.
C. Buku ini hanya menyajikan
teori-teori tanpa ditunjang dengan contoh-contoh nyata.
D. Disajikan secara menarik dan memiliki tahapantahapan jelas
dalam meraih rezeki.
29. Perhatikan data buku berikut!
Identitas buku
Judul buku : Wirausaha Muda
Mandiri
Penulis
: Rhenal Kasali
Penerbit
: PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : 2010
Tebal buku : 316 halaman
Keunggulan :
· Isi buku kisah inspiratif dari 24 pengusaha muda yang memulai
bisnisnya sejak duduk di bangku sekolah.
· Banyak ilmu yang terkandung di dalamnya.
Kelemahan
:
· Pada halaman 280 terdapat salah cetak yang seharusnya’kedua orang
tuanya’ hanya tercetak’kedua orangnya’.
Paragraf resensi yang tepat berdasarkan
ilustrasi tersebut adalah ...
A. lsi buku
Wirausaha Muda Mandiri setebal 316 halaman ini memberi
inspirasi tentang pengusaha muda yang
memulai usahanya sejak duduk di bangku sekolah. Mereka
mengalami jatuh bangun
sebelum sukses. Kita patut belajar dari mereka. Buku ini
patut dimiliki bagi mereka para pengusaha
muda yang ingin sukses.
B. lsi buku Wirausaha Muda Mandiri setebal
316 halaman ini memberi inspirasi
tentang pengusaha muda yang
memulai usahanya sejak duduk di bangku sekolah.
Banyak ilmu yang terkandung dalam buku ini. Hanya pada
halaman 280 terdapat salah
cetak 'kedua orang tua' hanya tercetak 'kedua oranqnya. Hal
tersebut tidak mengganggu, buku ini sangat inspiratif.
C. lsi buku Wirausaha
Muda Mandiri memberi inspirasi
tentang pengusaha muda yang
memulai usahanya sejak duduk di bangku
sekolah. Mereka mengalami jatuh
bangun sebelum sukses. Hanya pada halaman 280
terdapat kekurangan salah cetak sehingga
mengganggu pemahaman pembaca Seandainya kekurangan itu
direvisi, buku in akan lebih bagus.
D. Buku Wirausaha Muda
Mandiri setebal 316 halaman ini
memberi inspirasi tentang
pengusaha muda yang memulai
usahanya sejak duduk di bangku sekolah. Buku yang
menuntun para pemula untuk belajar bisnis
Isinya memberi contoh bagaimana tetap
bertahan untuk meraih kesuksesan. Sukses itu diraih berkat
kegigihan dan perjuangan.
30. Perhatikan data-data
berikut!
Pengamatan tanaman tomat (Lycopersion
esculentum):
-
tanaman perdu semusim,berbatang lemah, dan basah
- daun berbentuk segitiga
-
buahnya waktu muda hijau dan kuning atau merah waktu tua
- perbanyakan tanaman dengan biji
-
ditanam pada lahan kering
Penulisan teks laporan yang sesuai dengan data
tersebut yang tepat adalah ….
A. Tomat (Lycopersion
esculentum) merupakan tanaman perdu semusim, berbatang lemah, dan
basah. Daunnya berbentuk segitiga. Buahnya hijau waktu muda dan kuning atau
merah waktu tua. Tomat sangat bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung
banyak vitamin C.
B. Tomat (Lycopersion esculentum) merupakan tanaman perdu semusim, berbatanglemah, dan basah. Daunnya berbentuk segitiga. Buahnya hijau waktu muda dan kuning
atau merah waktu tua. Buah tomat banyak diminati karena harganya murahtetapi banyak manfaatnya.
C. Tomat (Lycopersion
esculentum) merupakan
tanaman perdu semusim, berbatanglemah, dan basah. Daunnya berbentuk segitiga. Buahnya hijau waktu muda dan
kuningatau merah waktu tua. Perbanyakan tanaman ini umumnya dengan biji dan biasadibudidayakan pada lahan kering.
D. Tomat (Lycopersion esculentum) merupakan tanaman perdu semusim, berbatang lemah,dan basah. Daunnya berbentuk segitiga. Buahnya merah waktu tua. Buah ini dapat dikonsumsi sebagai tambahan pelengkap sambal terasi
.
|
dan pelengkap sayuran.
Selain itu, dapat dibuat minuman jus tomat.
31. Perhatikan kalimat berikut!
Indonesia sebagai daerah tropis dapat menjadikan tanaman
sayuran sepanjang tahun karena diadakannya sinar matahari yang cukup.
Kesalahan penggunaan kata pada kalimat tersebut adalah …
A. (1) sebagai, (2)
sepanjang C. (1) sebagai, (2) diadakannya
B. (1) menjadikan, (2)
sepanjang D. (1)
menjadikan, (2) diadakannya
32. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1) Para tamu-tamu undangan
datang tepat waktu.
2) Semua siswa mengenakan seragam putih
biru.
3) Peserta lomba yang datang terlambat
dinyatakan gugur.
4) Kita harus menjaga kebersihan
lingkungan.
Kalimat yang tidak efektif ditandai dengan nomor …
A. 1) B. 2) C. 3) D. 4)
33. Bacalah kutipan teks berikut!
(1)Semut Jepang kaya dengan protein yang sangat
berguna untuk tubuh. (2) Kandungan protein dalam kacang kedelai sangat
tinggl. (3) Protein tersebut berfungsi
sebagai zat pembangun untuk pertumbuhan dan
pemeliharaan jaringan tubuh dengan
cara membantu meregenerasi sel-sel
yang telah mati. (4) Selain ttu, protein dalam semut
Jepang juga dapat membantu sistem kekebalan tubuh
untuk melawan berbagai mikroba berbahaya yang
dapat menjadi sumber penyakit.
Ketidakpaduan paragraf tersebut ditandai
dengan nomor ….
A. (1) B. (2) C. (3) D. (4)
34. Perhatikan kalimat berikut!
Benda-benda yang [ … ] di museum mencakup benda-benda dari
berbagai [ … ] ilmu.
Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …
A. diseleksi,
instansi
C. dikoleksi,
instansi
B. diseleksi,
disiplin D. dikoleksi, disiplin
35. Perhatikan kalimat berikut!
Kunang-kunang adalah sejenis serangga yang dapat [ … ] cahaya,
yang sangat jelas terlihat saat malam hari.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut
adalah ….
A. Memanfaatkan B. mengeluarkan C. mendapatkan D. menjadikan
36. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
Kuda berkulit harimau yang menjadi tokoh pada cerita fabel itu
melambangkan bahwa […] orang berpura-pura, suatu saat akan terbongkar.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut
adalah ....
A. pandai-pandai C. sepandai-pandai
B. sepandai-pandainya D. sepandainya-sepandainya
37. Perhatikan kalimat berikut!
Dengan membaca buku ini dimintakan pembaca dapat tambahan wawasan
tentang tanaman buah dalam pot.
Perbaikan kata dimintakan ada kalimat tersebut
adalah …
A. Diharapkan B. dianjurkan C. ditentukan D. diputuskan
38. Perhatikan kalimat berikut!
Pesan utama film ini adalah ajakan himbauan seruan untuk
masyarakat agar supaya menjaga kelestarian alam.
Perbaikan kalimat tersebut supaya menjadi kalimat efektif adalah dengan menghilangkan kata ....
A. film, ajakan, himbauan
C. film, himbauan, seruan
B. ajakan, himbauan, untuk D. himbauan, seruan, supaya
39. Bacalah teks berikut!
(1) Nurhayati Sri Handini Siti Nukatin atau yang lebih akrab disapa N.H. Dini merupakansastrawan dan
novelis Indonesia (.2) N.H. Dini bercita-cita menjadi seorang dokter.(3)
Padausia itu ia telah menulis karangan yang berjudul
"Merdeka dan Merah Putih"(4) Tulisan itu
dianggap membahayakan Belanda sehingga ayahnya
harus berurusan dengan Belanda.Namun,setelah mengetahui
penulisnya anak-anak Belanda mengalah.
Perbaikan paragraf tersebut supaya menjadi padu adalah
mengganti kalimat nomor (2) menjadi ....
A. Bakat menulisnya diperoleh dari kedua
orang tuanya.
B. la gemar menulis sejak
berusia sembilan tahun.
C. Buku-buku pelajarannya penuh dengan coretan tangannya.
D. Sejak saat itu N.H. Dini menekuni dunia
tulis-menulis.
40. Perhatikan kalimat berikut!
Minuman tradisional daripada merupakan warisan yang harus dilestarikan.
Alasan ketidaktepatan penggunaan kata pada
kalimat tersebut adalah ....
A. kata daripada tidak tepat karena kalimat tersebut bukan kalimat perbandingan
B. kata harus tidak perlu digunakan karena membingungkan
C. kata di seharusnya dipisah karena di sebagai kata depan
D. kata tradisional yang tepat seharusnya teradisionil
41. Perhatikan kalimat berikut!
Buku ini dalam menjelaskan karakter anak berdasarkan golongan
darah dan pola asuh yang tepat bagi anak-anak.
Alasan ketidakefektifan kalimat tersebut adalah ....
A. kata yang tidak perlu ditulis sehingga dapat dihilangkan
B. kata dalam tidak
diperlukan karena membingungkan
C. kata berdasarkan tidak diperlukan karena sama bermakna ganda
D. kata karakter tidak diperlukan sehingga dapat dihilangkan
42. Perhatikan teks berikut!
(1) Ibu
Soed bernama lengkap Saridjah Niung Bintang Soedibio.
(2)
Beliau seorang penciptalagu anak-anak legendaris. (3)Beliau
sudah mencipta 200 lebih lagu anak-anak. (4) Di areamainan selalu dikumandangkan
lagu anak-anak.
Alasan ketidakpaduan paragraf tersebut adalah karena kalimat ....
A. (1) tidak berkaitan dengan kalimat (2), (3), (4).
B. (2) tidak berkaitan dengan kalimat (1), (3), (4).
C. (3) tidak berkaitan dengan kalimat (1), (2), (4).
D. (4) tidak berkaitan dengan kalimat (1), (2), (3).
43. Perhatikan kalimat berikut!
Taman Nasional Ujung Kulon memiliki berbagai macam flora,
fauna,dan ekosistim yang dilindungi.
Kesalahan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah ...
A. kata flora seharusnya ditulis felora
B. kata Nasional seharusnya ditulis nasional
C. kata ekosistim seharusnya ditulis ekosistem
D. kata dilindungi seharusnya ditulis di lindungi
44. Perhatikan kalimat berikut!
“Terima kasih, aku janji tidak akan mengulanginya lagi!” jawab
Cici dengan tulus.
Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ...
A. tanda seru (!) seharusnya tanda tanya (?)
B. tanda seru (!) seharusnya tanda koma (,)
C. tanda titik (.) seharusnya tanda seru (!)
D. tanda titik (.) seharusnya tanda koma (,)
45. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Ibu
memawa oleh-oleh asinan Bogor.
(2) Mohammad
Hatta di makamkan di Tanah Kusir Kebayoran Lama, Jakarta.
(3) Sesuai
aturan, petahana yang cuti harus mengembalikan pasilitas Negara.
(4) Sejak
sebulan yang lalu, Andi pindah ke Pasar Kemis, Tangerang.
Penggunaan ejaan yang tepat pada kalimat tersebut ditandai dengan nomor ...
A. (1) B. (2)
C. (3)
D. (4)
46. Perhatikan kalimat berikut!
“Tidakkah engkau peduli kampung halamanmu”
tanyanya membuat aku agak risih.
Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat
tersebut adalah ...
A. "Tidakkah engkau peduli kampung halamanmu?"
tanyanya membuat aku agak risih.
B. "Tidakkah engkau peduli kampung halamanmu!" tanyanya membuat aku agak risih.
C. "Tidakkah engkau peduli kampung halarnanmu," tanyanya membuat aku agak risih.
D. "Tidakkah engkau peduli kampung halamanrnu" tanyanya membuat aku agak risih.
47. Perhatikan kalimat berikut!
Cut Nyak dien dikenal sebagai salah satu pahiawan wanita yang
berjuang melawan penjajahan belanda pada perang aceh.
Perbaikan ejaan pada kalimat tersebut yang tepat adalah ....
A. Cut Nyak Dien dikenal sebagai
salah satu pahiawan wanita yang berjuang melawan Penjajahan Belanda pada perang
aceh.
B. Cut Nyak Dien dikenal sebagai
salah satu pahiawan wanita yang berjuang melawan penjajahan belanda pada Perang
Aceh.
C. Cut Nyak Dien dikenal sebagai
salah satu pahiawan wanita yang berjuang melawan penjajahan Belanda pada Perang
Aceh.
D. Cut Nyak Dien dikenal sebagai
salah satu pahiawan wanita yang berjuang melawan penjajahan belanda pada perang
Aceh.
48. Perhatikan kalimat berikut!
“Belajarlah yang rajin demi masa depanmu Nak, kata ibu
menasihatiku”.
Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yang benar
adalah ....
A. “Belajarlah yang rajin demi
masa depanmu, Nak, kata ibu menasihatiku.”
B. “Belajarlah yang rajin demi
masa depanmu, Nak,” kata ibu menasihatiku.
C. “Belajarlah yang rajin demi
masa depanmu, Nak?” kata ibu menasihatiku.
D. “Belajarlah yang rajin demi
masa depanmu Nak kata ibu menasihatiku.”
49. Perhatikan kalimat berikut!
Kabut asap tebal di Gunung Kidul menyebabkan warga disekitar
wilayah tersebut dievakuasi karena merasakan sesak napas dan mata pedih.
Alasan ketidaktepatan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut
adalah ....
A. Kata napas seharusnya
ditulis nafas sesuai kaidah EYD.
B. Kata pedih seharusnya
ditulis perih karena menggunakan kata baku.
C. Kata disekitar seharusnya
ditulis di sekitar karena di adalah kata depan.
D. Kata dievakuasi seharusnya
ditulis di evakuasi supaya sesuia kaidah EY
50. Perhatikan kalimat berikut!
“Ketika sekolah SD kau pernah pulang ke kampung dan kita sama-sama
satu kelas pula!” katanya melanjutkan.
Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut
adalah ....
A. Tanda titik (.) setelah
melanjutkan tidak diperlukan.
B. Tanda seru (!) tidak tepat
digunakan seharusnya tanda tanya (?).
C. Tanda petik dua (“) setelah
kata pula tidak tepat penggunaannnya.
D. Tanda seru (!) tidak tepat
digunakan karena bukan kaliat perintah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar