SOAL BEDAH SKL
NO.
|
SOAL
|
||||||||||||||||||||||
1
|
Cermati kutipan teks berikut !
Kumpulan
cerpen Filosofi Kopi adalah buku kedua DEE setelah Perahu Kertas. Gaya Dee
bertutur masih tetap indah, mengalir, dan sederhana. Ketika seorang Gunawan
Mohamad berkata, “Jika ada yang memikat pada Dee adalah cara dia bertutur: ia
peka pada kalimat. Kalimatnya berhenti atau terus bukan hanya karena isinya
selesai atau belum, tapi karena momen
yang tepat ia menyentuh, mengejutkan, membuat kita senyum, atau memesona.”
Makna kata
yang bercetak miring pada kutipan teks
ulasan di atas yang tepat adalah ....
A.
Keadaan
B.
Keberadaan
C.
Saat
D.
peristiwa
|
||||||||||||||||||||||
2
|
Bacalah kutipan teks berikut !
Andrea
tumbuh seperti halnya anak-anak kampung lainnya. Dengan segala keterbatasan
Andrea tetap menjadi anak periang yang sesekali berubah menjadi pemikir saat
menimba ilmu di sekolah. Selain
itu, ia juga kerap memiliki
impian dan mimpi-mimpi masa depannya. Seperti yang
diceritakannya dalam novel Laskar Pelangi, Andrea kecil bersekolah di sekolah
yang kondisi bangunannya sangat mengenaskan dan hampir rubuh, meski begitu,
ia tetap semangat belajar. Sekolah yang bernama SD Muhammadyah tersebut diakui Andrea cukuplah memprihatinkan.
Makna kalimat di bawah
ini yang paling sesuai dengan makna
kalimat yang bercetak miring pada kutipan di atas adalah ...
A.
Andrea
sering mimpi tentang masa depannya saat tidur.
B.
Andrea memiliki harapan dan
cita-cita dalam hidupnya.
C.
Andrea kerap bermimpi di siang hari
D.
Andrea
sering mimpi tentang masa depannya saat tidur.
|
||||||||||||||||||||||
3
|
Perhatikan
teks prosedur di bawah ini !
1.
Menentukan
subjek yang akan dijadikan poster.
2.
Merumuskan
pesan yang akan disampaikan.
3.
Memilih
kata/gambar yang menarik.
4.
Menyusun
kalimat yang singkat dan jelas.
5.
Menuliskan
dengan huruf besar dan dengan paduan warna yang menarik sehingga mudah
dibaca.
Yang dimaksud dengan kalimat singkat dan jelas
adalah ...
A.
Kalimat
pendek dan menarik
B.
Kalimat
tidak panjang dan memiliki beberapa penafsiran makna
C.
Kalimat
pendek dan maknanya mencakup beberapa hal
D. Kalimat pendek, dan mudah
dimengerti maknanya
|
||||||||||||||||||||||
4
|
Cermati teks di bawah ini !
Memang belum ada kepastian
apakah Indonesia akan menggunakan nuklir sebagai sumber energi untuk pembangkit
listrik.(1) Namun, sebagai wacana, kita dapat belajar dari bencana nuklir yang menimpa Jepang beberapa
waktu lalu.(2) Negara ini dikenal siap dalam pemanfaatan energi
nuklir.(3)Tetapi rupanya sedang apes, terjadi bencana alam dan PLTN di Fukushima
malah menjadi sumber bencana bagi lingkungan di sekitarnya. (4)
Kalimat utama dari kutipan teks di atas ditandai dengan nomor ... .
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
|
||||||||||||||||||||||
5
|
Bacalah kutipan teks berikut !
Dalam rangka peringatan Bulan Bahasa SMP Gema Indah
mengadakan lomba membaca puisi dan
menulis cerpen. Peserta lomba perwakilan dari tiap kelas VII, VIII, dan IX. Lomba
dilaksanakan pada tanggal 27 dan 28
Oktober 2015. Hasil lomba untuk membaca puisi adalah kelas VII C, sedangkan untuk lomba menulis cerpen
adalah kelas IX A.
Tentukan
ide pokok dalam teks tersebut adalah…
a. Peringatan bulan bahasa di SMP Gema Indah
b.
Lomba puisi dan
menulis cerpen
c.
Lomba
dilaksanakan pada tanggal 27 dan 28 Oktober 2015
d.
Hasil lomba
|
||||||||||||||||||||||
6
|
Perhatikan kutipan teks di bawah ini
!
Sepeda memiliki magnet bagi banyak
orang. Bukan hanya anak-anak yang menggemari sepeda, para remaja, orang
dewasa usia produktif hingga orang-orang yang sudah beranjak tua senang
bersepeda. Bahkan, kini sepeda sudah menjadi
Simpulan teks tersebut adalah….
a.
Sepeda dapat dijumpai di mana pun
b.
Sepeda sebagai alat transportasi modern
c.
Sepeda bermanfaat bagi kesehatan masyarakat
d.
Sepeda digemari oleh berbagai lapisan masyarakat
|
||||||||||||||||||||||
7
|
Bacalah kutipan di bawah ini !
Letusan Gunung Merapi, Senin (1/11),
menguak betapa banyak fenomena yang terjadi. Salah satunya adalah asap solfatara atau awan yang terlihat
membentuk sebuah gambar tokoh pewayangan, Petruk. Asap itu dikenal dengan
nama awan Mbah Petruk. Sekitar lima jam setelah kemunculan awan Mbah Petruk,
Gunung Merapi tersebut meletus. Hal seperti itu terulang sampai dua kali.
Simpulan pendapat yang mendukung teks tersebut adalah …
a.
Awan Mbah Petruk yang muncul berbeda dengan asap solfatara.
b.
Tokoh Petruk dikenal sebagai tokoh yang suka jahil dalam cerita
pewayangan.
c.
Awan Mbah Petruk menjadi penanda Gunung Merapi akan
meletus.
d.
Sebelum Gunung Merapi meletus tidak ditemukan awan Mbah Petruk.
|
||||||||||||||||||||||
8
|
Bacalah paragraf di bawah ini !
Batuk
sebenarnya bukan penyakit refleks karena mengalami rangsangan udara dari
polusi, asap pabrik, asap rokok, bau-bauan, gas yang merangsang atau
kekurangan udara. Batuk juga dapat terjadi kerena saluran pernapasan atau
paru-paru terkena infeksi kuman.Udara dingin atau lembab dapat juga membuat
orang batuk atau bersin.
Obat batuk yang dijual di pasaran umumnya terdiri atas
campuran obat yang mengandung bahan yang dapat mengeluarkan lendir atau riak
agar saluran pernapasan bersih dari gangguan atau rangsangan penyebab batuk
itu.Obat batuk jenis ini disebut ekspektoran.
Ringkasan berdasarkan teks
diatas adalah…
a.
Penyakit batuk dikarenakan rangsangan yang tidak berpolusi asap rokok, gas yang merangsang
atau kekurangan udara retinfeksi, maka harus diobati dengan ekspektoran.
b.
Pengaruh batuk itu terjadi karena asap pabrik, asap
rokok, udara yang berpolusi sehingga saluran paru-paru terinfeksi. Untuk
mengobati penyakit tersebut dapat dibeli di pasar bebas.
c. Batuk terjadi karena polusi udara, asap pabrik, asap
rokok, bau-bauan, gas, kekurangan udara dan dapat juga disebabkaninfeksi
kuman. Batuk dapat diobati dengan ekspektoran.
d. Terjadinya penyakit batuk
karena polusi udara, asap pabrik, asap rokok, bau-bauan, kekurangan udara.
Namun, semua dapat diobati dengan obat-obatan alternatif yang dijual di
pasaran bebas
|
||||||||||||||||||||||
9
|
Teks 1
Biografi
B.J Habibie -
Banyak orang mencari mengenai kisah, profil atau biografi singkat B.J Habibie. Dia adalah putra terbaik bangsa
Indonesia dan menjadi kebanggaan bagi banyak orang di Indonesia. Presiden
ketiga Republik Indonesia, dialah Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc.
Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie dilahirkan di Pare-Pare, Sulawesi
Selatan, pada tanggal 25 Juni 1936. Beliau merupakan anak keempat dari
delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini
Puspowardojo. Habibie yang menikah dengan Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12
Mei 1962 ini dikaruniai dua orang putra yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal.
Masa kecil Habibie dilalui bersama saudara-saudaranya di Pare-Pare, Sulawesi
Selatan. Sifat tegas berpegang pada prinsip telah ditunjukkan Habibie sejak kanak-kanak.
Teks 2
Biografi R.A Kartini. Tokoh wanita satu ini sangat
terkenal di Indonesia. Dialah Raden Ajeng Kartini atau dikenal sebagai R.A
Kartini, beliau dikenal sebagai salah satu pahlawan nasional yang dikenal
gigih memperjuangkan emansipasi wanita kala ia hidup. Mengenai Biografi dan
Profil R.A Kartini, beliau lahir pada tanggal 21 April tahun 1879 di Kota
Jepara, Hari kelahirannya itu kemudian diperingati sebagai Hari Kartini untuk
menghormati jasa-jasanya pada bangsa Indonesia. Kartini lahir di
tengah-tengah keluarga bangsawan oleh sebab itu ia memperoleh gelar R.A
(Raden Ajeng) di depan namanya, gelar itu sendiri (Raden Ajeng) dipergunakan
oleh Kartini sebelum ia menikah, jika sudah menikah maka gelar kebangsawanan
yang dipergunakan adalah R.A (Raden Ayu) menurut tradisi Jawa.
Penggunaan bahasa dalam kedua teks biografi
diatas adalah......
a. Teks
1 menggunakan majas perumpamaan dan teks 2 menggunakan majas
personifikasi.
b.
Teks 1 diawali dengan
penjelasan mengapa dan teks 2
diawali
dengan penjelasan bagaimana
c.
Teks 1 menggunakan sudut
pandang orang pertama dan teks 2
menggunakan sudut pandang orang
ketiga
d.
Teks 1 terdapat penggunaan kata superlatif dan teks 2 terdapat
penggunaan majas metafora.
|
||||||||||||||||||||||
10
|
Teks 1
Gempa
bumi adalah salah satu bencana alam yang terjadi garena adanya getaran atau
goncanganyang terjadi karena pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari
dasar atau bawah permukaan bumi.
Bencana
alam gempa bumi terjadi dikarenakan adanya retakan dalam kerak bumi atau
patahan. Patahan yang terjadi karena batuan yang ada di dalam gunung rapuh
dan pecah akibat tekanan yang besar dari pergerakan lempeng bumi. Ketika
tekanan itu meningkat di daerah batuan akan menyebabkan terjadinya pergerakan
yang sifatnya mendadak.
Bencana
alam adalah bencana yang terjadi secara alamiah. Ada beberapa bencana alam
yang terjadi tanpa mengenal musim dan ada pula yang terjadi saat musim-musim
tertentu. Gempa bumi adalah bencana yang dapat terjadi kapan saja. Meskipun
demikian, kita tidak perlu kawatir karena gempa biasa terjadi hanya pada
daerah-daerah tertentu, seperti Plat Pasifik dan gunung berapi. Plat
Pasifik merupakan tempat yang biasa dikenal kenal dengan sebutan Lingkaran
Api. Hal itu dikarenakan banyaknya gunung berapi yang mengelilingi tempat itu.
Teks 2
Gunung
Sinabung kembali erupsi, status gunung yang terletak di Kabupaten Tanah
Karo,Sumatera Utara itu tetap Siaga (Level III). Tidak naiknya status gunung
karena berdasarkan data dari pospengamatan.
Data
menunjukkan guguran awan panas sejak September hingga Oktober 2014 terjadi
7-23 per hari. Sedangkan Januari dan Februari 2014 lalu erupsi bisa mencapai
80 kali per hari diiringi dengangempa hybrid dan tremor.
Jika
pembentukan kubah lava tidak stabil seperti pada Januari danFebruari 2014,
maka status gunung setinggi 2.460 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu
akan diubah.Sebanyak 3 desa direkomendasikan untuk direlokasi. Ketiga desa
itu adalah Suka Meriah di Kecamatan Payung, Bekerah dan Simacem di Kecamatan
Naman Teran. Desa tersebut berada di radius 3 kilometer dari kawah
Sinabung.Sampai saat ini, 3.287 ribu warga mengungsi akibat erupsi Gunung
Sinabung.
Perbedaan pola
penyajian kedua teks tersebut adalah....
a. Teks 1 berpola Pernyataan
umum,interpretasi,dan deretan penjelasan
Teks
2 berpola tesis,penegasan ulang,dan argumentasi
b. Teks 1 berpola pernyataan umum,deretan penjelasan,dan
interpretasi
Teks 2
berpolatesis,argumentasi,dan penegasan ulang
c. Teks 1 berpola
Tesis,argumentasi,dan penegasan ulang
Teks
2 berpola pernyataan umum,deretan penjelasan, dan interpretasi
d. Teks 1 berpola
interpretasi,deretan penjelas,dan pernyataan umum Teks 2 berpola penegasan ulang,argumentasi,dan
tesis
|
||||||||||||||||||||||
11
|
Novel “Bekisar Merah” dengan tokoh Sasi mengisahkan
kehidupan penduduk Karangsoga yang miskin. Pemaparan alam pedesaan sangat
kuat. Tokoh cerita digambarkan melalui suara batinnya. Penulisannya sangat
akrab dengan situasi pedesaan dan kemiskinan.
Kalimat resensi yang menyatakan
keunggulan novel tersebut adalah…
a.
Novel ini mengisahkan tokoh-tokoh yang hidup di KarangsogaTermasuk Saksi,
yang hidup dalam kemiskinan
b.
Novel ini menggambarkan batin tokoh-tokoh yang miskin yang tinggal di Karangsoga
tempat tinggal penulis
c.
“Bekisar Merah” perlu dibaca orang yang ingin mengentaskan kemiskinan karena
batin orang miskin bisa dirasakan
d.Penulis yang akrab dengan alam pedesaan mampu
mengangkat desa miskin Karangsoga melalui batin pelakunya dalam sebuah novel
|
||||||||||||||||||||||
12
|
Bacalah
kutipan cerpen berikut!
Sebuah mobil colt berpelat nomer
merah berhenti persis di depan kedai
kasur Alin.Murni berdebar-berdebar,kalau-kalau orang yang turun dari mobil
itu utusan hotel yang memsan tiga puluh single.Ia berusaha tersenyum dan
menyembunyikan giginya yang terlalu menonjol ke depan.Orang berpakaian
pegawai itu juga tersenyum membalas.
“Maaf,BU.Saya
pegawai Balaikota.Apakah racun api Ibu masih baik Boleh saya periksa?”
Harris
Effendi Thahar”Istri Tukang Kasur”,Angkasa 2008
Kata tercetak miring tersebut mengandung
makna….
A.
bangunan tempat
memproduksi barang
B.
bangunan
tempat berjualan
C.
bangunan tempat
menitipkan barang
D.
bangunan tempat
menumpuk barang
|
||||||||||||||||||||||
13
|
Bacalah
kutipan fable berikut!
Seekor
beruang mengelilingi hutan mencari buah-buahan.Ia menemukan pohon tumbang.Pohon tersebut sarang tempat
lebah menyimpan madu.Beruang itu mulai mengendus-endus dengan hati-hati di
sekitar pohon tumbang tersebut.Ia ingin mencari tahu apakah lebah-lebah
sedang berada di dalam sarang tersebut.Tepat pada saat itu,sekumpulan kecil
lebah terbang pulang dengan membawa banyak madu.Lebah-lebah tersebut tahu
maksud sang beruang.Mereka terbang mendekati sang beruang,lalu menyengatnya
dengan tajam.Kemudian,mereka terbang kedalam lunag batang pohon.
Beruang
tersebut sangat marah. Seketika itu juga ,ia meloncat ke atas batang yang
tumbang tersebut, dengan cakarnya,ia menghancurkan sarang
lebah.Akibatnya,seluruh kawanan lebah yang berada di dalam sarang keluar dan
menyerang sang beruang.Beruang yang sial itu akhirnya lari terbirit-birit
meyelamatkan dirinya ke dalam sungai.
Htp/www.rumah dongeng.com/cerita anak php
Kata tercetak miring tersebut mengandung
makna……
A.jatuh
B.patah
C.rebah
D.runtuh
|
||||||||||||||||||||||
14
|
Bacalah kutipan cerpen berikut !
Perdebatan ini sudah tidak ada artinya lagi
! kalian memang tidak mengerti aku. Saat aku hendak mengambil motor yang kuparkirkan di seberang, tiba-tiba
sebuah motor yang melaju kencang menabrakku dari belakang. Aku pun terjatuh
dan tak sadarkan diri. Cukup lama aku pingsan.
Ketika
terbangun tubuhku penuh dengan luka
dan perban. Aku melihat Rengga dan Andi disampingku. “Apa kau baik-baik
saja?” Tanya Rengga. “Iya aku baik!” jawabku dengan penuh sesal. Aku pun
meminta maaf kepada Rengga dan Andi. Atas tingkahku hari ini dan berjanji
akan lebih bertanggung jawab atas kewajibanku. Untung saja Rengga mau
memaafkanku dan kami berdua kembali berteman.
Amanat
penggalan kutipan cerpen di atas adalah....
a. Selesaikanlah permasalahan itu
sebelum meninggalkan ruangan
b. Bertanggungjawablah terhadap kewajiban yang dimiliki
c. Sahabat adalah segalanya dalam hidup
d. Berhati-hatilah
dalammemilhsahabat
|
||||||||||||||||||||||
15
|
Bacalah
Kutipan teks berikut !
Kupu-kupu Berhati Mulia
Dikisahkan pada suatu hari yang
cerah ada seekor semut berjalan-jalandi taman. Ia sangat bahagia karena bisa
berjalan-jalan melihat taman yangindah. Sang semut berkeliling taman
sambilmenyapa binatang-binatangyang berada di taman itu.Ia melihat sebuah kepompong
di atas pohon. Sang semut mengejekbentuk kepompong yang jelek dan tidak bisa
pergi ke mana-mana.“Hei,kepompong alangkah jelek nasibmu.
Kamu hanya bisamenggantung di
ranting itu.Ayo jalan-jalan, lihat dunia yang luas ini.
Bagaimana nasibmu jika ranting itu patah?”
Sang semut selalu membanggakan
dirinya yang bisa pergi ke tempatia suka. Bahkan, sang semut kuat mengangkat
beban yang lebih besar daritubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya adalah
binatang yang palinghebat. Si kepompong hanya diam saja mendengar ejekan
tersebut.
Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujangenangan lumpur terdapat di mana-mana. Lumpur yang licin membuat semut tergelincir dan jatuh ke dalam lumpur. Sang semut hampir tenggelamdalam genangan lumpur itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan.
“ Tolong, bantu aku! Aku mau
tenggelam, tolong..., tolong...!”Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang
terbang melintas.Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah
semut.
“Semut, peganglah erat-erat ranting itu! Nanti aku akan mengangkatranting itu.” Lalu, sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu-kupumengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman.Kemudian, sang semut berterima kasih kepada kupu-kupu karenakupu-kupu telah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatan yang hebatdan terpuji.Mendengar pujian itu, kupu-kupu berkata kepada semut.“Aku adalah kepompong yang pernah kau ejek,” kata si kupu-kupu.Ternyata, kepompong yang dulu diejek sudah menyelamatkan dirinya.Akhirnya, sang semut berjanji kepada kupu-kupu bahwa dia tidak akanmenghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu.
Tema kutipan teks “ kupu-kupu Berhati Mulia “ di atas
adalah....
a. Kehidupan di dunia ini yang
penuh dengan kesedihan
b. Kejahatan itu akan musnah
dengan Kebaikan
c. kejahatan yang dibalas dengan kebaikan
d. Ketulusan hati yang indah
|
||||||||||||||||||||||
16
|
Bacalah
kutipan cerpen berikut ini!
Ayah
mengamati aku dari atas ke bawah. Ia berdiri dan menjangkau tangan kananku.Katanya:”Untuk
apa ini,heh.”
Aku
tidak tau karena apa,telah mencintai bunga di tanganku ini.
Ayah
meraih. Merenggutnya dari tanganku.
Kulihat bungkah otot tangan ayah menggenggam
bunga kecil-kecil itu. Aku menahan untuk tidak berteriak.
“Laki-laki
tidak perlu bunga,buyang. Kalu perempuan, bolehlah. Tetapi engkau laki-laki.
Ayah
melemparkan bunga itu. Aku menjerit. Ayah pergi. Ibu masih berdiri. Aku
membungkuk,mengambil bunga itu,membawanya ke kamar.
Kuntowijoyo
“Dilarang Mencintai Bunga-Bunga,
Jakarta
Makna simbol kata bunga dalam kutipan tersebut…..
A.
bunga
melambangkan kemurnian yang harus dilindungi
B.
bunga
melambangkan keidahan sehingga tidak boleh dipetik
C.
bunga
melambangkan kesucian hanya boleh dipandang
bunga melambangkan kelembutan sehingga identik dengan
perempuan
|
||||||||||||||||||||||
17
|
Bacalah
fable berikut ini!
Para
penghuni rimba merasa kurang senang. Keangkuhan si merak semakin
menjadi-jadi! Setiap berjumpa penghuni rimba lain nya merak selalu pamer
bulu-bulunya itu.
“Siapa
yang bisa menandingi ke elokan diriku?”kata merak berulang kali,tanpa
bosan-bosa.
Tentu
saja teman-teman nya kian jengkel pada merak.
“Ah,aku
ada akal untuk menyadarkan si merak,”piker kancil suatu hari.
Lantas
kancil membisiki teman lainnya. Diantaranya kijang,kelici,dan tupai.
Pagi
itu merak kembali pamer kepada teman-temannya jalan nya dibuat mring-miring
agar bagian tubuhnya keliatan siapa saja.
Imam
Muslikin “ Merah Yang Angkuh”, dalam Si Kodok
dalam Tempayan,
Yogjakarta
Isi tersirat kutipan fabel berikut…
A.
kancil dan
teman-temanya membiarkan ulah merak yang suka memaerkan bulu-bulunya
B.
merak
tidak disukai teman-temanya karena ia sombong,merasa tidak tertandingi
kecantiaknnya
C.
penghuni hutan
hidup rukun meskipun ada salah satu penghuni yang sombong karena memiliki
bulu yang indah
D.
kancil dan
teman-temannya selalu menghindari merak karena memamerkan bulu-bulunya
|
||||||||||||||||||||||
18
|
Bacalah
kutipan teks berikut!
Tono dan ayahnya pergi ke hutan untuk memotong kayu.Mereka
memotong di tempat yang berbeda. Setiap kali selesai memotong,Tono selalu
memanggil ayahnya untuk memastikan apakah ayahnya ada atuu tidak. Ketika ayah
Tono pergi mencari air minum ia
menancapkan kapak yang biasa digunakan untuk memotong kayu di tanah dan
sambil berkata,”Aku pergi mencari air minum,kalau anakku memanggil jawab
saja,”Ya,Ayah di sini.”
Ketika langit mulai gelap,Tono pergi ke tempat ayahnya
berada,namun betapa terkejutnya ia,ketika melihat ayahnya sudah tidak
ada,yang ada hanya sebuah kapak.Ia tahu bahwa kapak itulah yang selama ini
menjawabnya.Betapa marahnya Tono ketika itu,lalu dicabutnya kapak itu dan
dibuangnya jauh-jauh.
Penyebab terjadinya konflik dalam teks tersebut adalah....
a.
Tono memanggil
manggil ayahnya ,dan ternyata ayahnya tidak ada
b. Ayah Tono pergi mencari air minum
c.
Tono marah
ketika tahu bahwa kapaklah yang selama ini menjawab panggilannya
d.
Tono mencabut
kapak dan membuangnya jauh-jauh
|
||||||||||||||||||||||
19
|
Bacalah
kutipan teks berikut!
Pada suatu pagi yang cerah seekor burung hantu tua sedang
tidur,Di dekatnya ada seekor belalang yang bernyanyi nyaring.Suaranya
mengganggu burung hantu. Burung hantu menatap belalang dan
mencemooh,”Hei,kamu! Kamu membuat tidurku terganggu.” Tetapi belalang
itutidak acuh dan terus bernyanyi. Burung hantu berencana menyingkirkan
belalang. “Suaramu bagus sekali, mendekatlah
dan bernyanyi untukku.”
Belalang yang sombong itu tidak menyadari bahwa ini hanya siasat
burung hantu untuk menangkapnya.Kemudian ia mendekati burung hantu,lalu
mengangkat kepala,memejamkan mata dan bernyanyi dengan lantang. Begitu
belalang menutup matanya,burung hantu merenggut dan melahapnya dengan sekali
telan.Merasa terbebas dari belalang yang menjengkelkan itu,burung hantu
kembali tidur.
Akibat terjadinya konflik tersebut adalah ....
a.
Burung hantu
tidur di pagi yang cerah
b.
Burung hantu
berencana menyingkirkan belalang
c. Burung hantu merenggut dan melahap belalang dengan
sekali telan
d.
Belalang tidak
menyadari siasat burung hantu
|
||||||||||||||||||||||
20
|
Bacalah
kutipan teks berikut!
Teks 1
Seekor srigala mencuri seekor domba dari seorang gembala,ketika
ia sedang menyantap domba itu,tiba-tiba ia merasa sangat haus dan pergi ke
sungai di dekatnya untuk melepas dahaga.Tiba-tiba muncul seekor rubah dan
dengan cepat melahap sisa makanan yang ditinggalkan srigala. Srigala marah
melihat musang menghabiskan makanannya.Mereka mulai bertengkar.
Teks 2
Sang raja hutan dililit oleh seekor ular,itu terjadi karena ulah
dan tipu muslihat si kancil. Ular yang sedang tidur melingkar itu terlihat seperti sebuah sabuk yang
indah,dengan kecerdikan dan tipu muslihatnya kancil mengatakan bahwa sabuk
itu adalah sabuk sakti pemberian dari seorang pertapa sakti,maka sang raja
hutan pun memakai sabuk sakti tersebut yang tak lain adalah seekor ular.
Perbedaan pola pengembangankedua teks tersebut adalah...
a. Teks 1 menggunakan alur maju
Teks 2 menggunakan alur mundur
b.
Teks 1
menggunakan alur mundur
Teks 2 menggunakan alur maju
c.
Teks 1
menggunakan alur campuran
Teks 2 menggunakan alur regresif
d.
Teks 1
menggunakan alur progresif
Teks 2 menggunakan alur campuran
|
||||||||||||||||||||||
21
|
Bacalah
kutipan teks berikut!
Teks 1
Angin bertiup menyejuk. Cuaca cerah cemerlang terkena sinar
rembulan. Bintang bertaburan di langit laksana permata berserakan di atas
permadani.Di sana melancarlah biduk nelayan yang sedang mengadu untung,
menantang gelombang yang penuh mara bahaya.
Teks 2
Aku tersenyum manis mendengar perkataan mbok Inem yang
dilepaskannya dengan tulus hati itu.Aku tidak merasa heran kalau mbok Inem
merasa berhutang budi kepadaku beberapa hari akhir-akhir ini.Akulah yang
mengambil alih pekerjaan rumah tangga yang kukerjaakan sebelum dan setelah
aku pulang sekolah.
Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah...
a.
Bahasa teks 1
bertele-tele
Bahasa teks 2 singkat ,padat,dan jelas
b.
Bahasa teks 1
lebih sulit dipahami
Bahasa teks 2 lebih mudah dipahami
c. Teks 1 menggunakan gaya bahasa perbandingan
Teks 2 menggunakan bahasa santai
d.
Teks 1
menggunakan bahasa resmi
Teks 2 menggunakan bahaasa tidak resmi
|
||||||||||||||||||||||
22
|
Cermatilah kutipan cerpen berikut!
Setelah lulus sekolah, putra Raja
Amsterdam menghadap ayahnya. Baginda Raja amat puas dan ia ingin memberikan
hadiah kepada putranya.
“Nah, apa yang kau minta?” tanya
Baginda. “Sebutkan apa yang kau minta, pasti akan kupenuhi, sebatas aku
mampu.”
“Ayahanda, hamba amat menyukai
teater dan drama,” jawab sang Pangeran. “Hamba mohon sudilah Ayahanda
membuatkan sebuah gedung teater, dan sudilah Ayahanda menyelenggarakan
sayembara bagi para seniman.
(Sumber : Dongeng Anak-Anak Sedunia, Tira Ikranegara)
Komentar tentang isi cerpen
tersebut yang tepat adalah ...
A.
Permintaan yang
wajar dari pangeran kepada Baginda Raja.
B. Seorang Raja
tidak harus mengikuti semua keinginan anaknya.
C. Seorang Pangeran
sebaiknya menuntut ilmu setingi-tingginya.
D. Baginda Raja seharusnya berlaku adil kepada semua anaknya.
|
||||||||||||||||||||||
23
|
.
Cermatilah kutipan teks fabel berikut!
Seekor
musang dan seekor serigala bersepakat untuk menjadi sahabat
dan hidup
bertetangga serta
saling membantu, baik dalam suka maupun duka sepanjang hidupnya.
Lalu, keduanya pergi
mencari tempat tinggal masing-masing.
Serigala menemukan sebuah kamar yang baru
bangunannya dan mempunyai atap
kuat serta pintu dari
kayu di dekat hutan. Para pemilik kamar itu telah meninggalkannya.
Serigala itu senang
dengan kamar itu sebab bisa dijadikan tempat tinggal yang cocok
untuk diri dia
sendiri dan temannya, musang.
Nilai moral yang terdapat pada teks
fabel di atas adalah ...
A. bersahabat dengan sesama tetangga
B.
memikirkan
penderitaan orang lain
C.
hidup harus
masing-masing sesuai bakatnya
D.
mengambil
tempat tinggal orang lain
|
||||||||||||||||||||||
24
|
Cermati kutipan cerpen berikut!
Suasana ruangan
itu tampak sunyi. Ruangan yang luas untuk rapat warga desa ini
masih tampak sepi.
Padahal, di hari itu Pak Lurah mengumpulkan warganya untuk
membahas serangan
hama yang menggila. Padi yang diharapkan panen ternyata gagal
total. Hanya sia-sia
daun padi yang mengering dan tak dapat digunakan. Bahkan, ternak
pun enggan memakan
daun padi sisa-sisa hama belalang itu,
Pola pengembangan pada kutipan cerpen tersebut menggunakan struktur
....
A. orientasi
B.
komplikasi
C.
evaluasi
D.
resolusi
|
||||||||||||||||||||||
25
|
. Cermatilah kutipan fabel berikut!
Dahulu kala,
ada tiga ekor kambing pergi ke suatu lapangan. Kambing-kambing itu
berwarna putih,
merah, dan hitam. Di tengah perjalanan kambing putih bertemu dengan
seorang laki-laki
yang memikul setumpuk jerami. Kambing itu lalu berkata, “Wahai
lelaki yang baik!
Aku mohon kiranya Anda mau memberi setumpuk jerami ini agar aku
bisa membangun
rumah.” Mendengar permintaan kambing
putih itu, orang tadi terketuk
hatinya dan
memberikan setumpuk jerami pada kambing putih. Kambing putih
mengucapkan terima
kasih.
Penggunaan bahasa pada kutipan fabel
tersebut adalah ...
A.
menggunakan
bahasa yang sulit dipahami
B.
menggunakan
bahasa bertele-tele
C.
menggunakan bahasa
sehari-hari
D. menggunakan bahasa yang mudah dipahami
|
||||||||||||||||||||||
26
|
|
||||||||||||||||||||||
27
|
|
||||||||||||||||||||||
28
|
|
||||||||||||||||||||||
29
|
|
||||||||||||||||||||||
30
|
Jenazah Wayan Mirna Salihin korban
pembunuhan telah . . . . di pemakaman umum Gunung Gadung Bogor Jawa
Barat.
Kata
yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah . . . .
A.
dikebumikan
B.
dikuburkan
C. dimakamkan
D.
disemayamkan
|
||||||||||||||||||||||
31
|
Sepatu, tas,
jaket, ikat pinggang, dan pelana kuda terbuat dari kulit sapi , kambing,
buaya, dan
ular. . . . . Selain yang disebut di atas, bermacam –
macam barang dapat dibuat dari bahan kulit.
Telah ribuan tahun orang menggunakan
kulit samak untuk berbagai alat dan keperluan. Pengerjaan kulit samak umumnya
mudah. Misalnya mudah dipotong, disambung , dijahit, diampelas, dicat, bahkan
disepuh dengan emas.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
kutipan teks eksposisi rumpang tersebut adalah . . .
A. Kulit itu harus diolah dahulu namanya disamak .
B.
Bila dipotong
tepinya tidak berserabut atau terurai.
C.
Masyarakat
berusaha membersihkan dan mengawetkan kulit.
D.
Manfaat kulit
samak sangat besar bagi manusia .
|
||||||||||||||||||||||
32
|
.
Raden Ajeng Kartini dilahirkan
di Mayong, Jepara, tanggal 21 April 1879 dan meninggal di Rembang tanggal 17
September 1904. Beliau mendapatkan pendidikan di sekolah Belanda . Kartini
menikah pada tahun 1903 dengan Bupati Rembang, Raden Mas Adipati
Joyohadiningrat. . . . .
Paragraf
yang tepat untuk melengkapi kutipan teks biografi rumpang tersebut
adalah . . .
A.
Pendidikan anak
mula-mula didapat di dalam rumah terutama dari sang ibu. Oleh karena itu,
pendidikan keluarga sangat menentukan kepribadian bagi kehidupan seseorang
kelak. Kemudian , kalau anak itu sudah berangkat besar , dia akan menerima
pendidikan di sekolah.
B.
Menurut Kartini
, wanita Indonesia harus mendapat pendidikan seperti kaum pria. Itu harus
karena mereka akan menjadi ibu. Ibulah nantinya yang pertama mendidik
anak-anaknya. Bagaimana anak akan menjadi manusia yang pandai dan berguna
bagi masyarakat kalau ibu yang
mengasuhnya hanyalah ibu yang bodoh ?
C.
Kartini, tokoh
nasional , nama yang tidak asing lagi bagi orang Indonesia. Beliau dikatakan
sebagai pelopor kemajuan wanita Indonsia. Pada saat wanita Indonesia masih
terbelenggu oleh adat lama yang memingit mereka di rumah. Kartini muncul
dengan pikiran baru.
D.
Sebelum
beliau meninggal dunia, Kartini telah sempat membuka sebuah sekolah untuk
gadis- gadis Jawa. Gadis – gadis di Jawa agar dapat mengenyam pendidikan yang
lebih baik.Kartini pun berhasil mengentaskan gadis-gadis Jawa khususnya dan
umumnya Indonesia menjadi wanita yang pandai dan berpandangan luas.
|
||||||||||||||||||||||
33
|
Cermati kutipan teks berikut!
Markus Andrea Eri Praditya siswa SMP Negeri 20 Surakarta. Siswa
cerdas ini akrab disapa Markus. Putra pasangan suami istri , Topo Rustandi
ayahnya dan Dwi Untari ibunya ini lahir di Surakarta tanggal 10 Maret 2002 .
Pekerjaan orang tuanya hanyalah seorang tukang pijat . Namun mampu melahirkan
putra yang cerdas . Walaupun kondisi fisiknya kurang sempurna tunanetra, ia
mampu mengukir prestasi yang luar biasa. Di kelas VII siswa ini pernah meraih
prestasi juara 1 mata pelajaran IPA tingkat kota dan OSN tingkat provinsi
juara 2 mata pelajaran matematika. Bahkan siswa ini pernah juga juara 2 dalam
bermain catur tingkat provinsi. Markus tersanjung dan wajahnya tampak
berseri-seri karena ia menjadikan almamaternya terkenal .
Pengubahan kutipan teks biografi pelajar berprestasi di atas
menjadi bentuk cerpen adalah . . .
A. Hati Markus berbunga-bunga . Tak terduga siswa
kelahiran tahun 2002 dengan kondisi tunanetra dan orang tua yang mata
pencahariannya tukang pijat mampu mengharumkan almamaternya SMP Negeri 20
Surakarta. Semangatnya memang benar-benar luar biasa. Bahkan ia pun mampu
mengalahkan teman-teman saingannya. Ia pernah menjuarai di berbagai
bidang. IPA juara 1 tingkat kota,
matematika juara 2 tingkat provinsi, dan catur juara 2 tingkat provinsi. Ah ,
Markus memang hebat. Bravo Markus .
B.
Pagi yang cerah
Markus bersama tongkat penunjuknya berangkat ke sekolah. Tak pernah ia
mengeluh dengan kondisi fisiknya yang tidak sempurna. Ia tetap semangat . Ia
tak pedulikan cemoohan dan cibiran dari orang-orang sekitarnya. Ia mempunyai
keyakinan Tuhan pasti akan memberikan petunjuk pada umatnya yang taat. Tuhan
pasti menuntun dan memberikan kemudahan jika
umat-NYA mau belajar. Markus mampu membuahkan hasil yang gemilang
karena ia mampu mengukir prestasi di bidang MIPA. Bahkan orang-orang yang
pernah mencemooh hanyalah bisa gigit jari.
C.
“ Teman-teman ,
sini . Lihat tuh si Buta dari Solo telah datang “ , kata Indro dengan sengit.
‘Jangan bersikap seperti itu , kamu harus bisa menyingkirkan emosimu. Siapa
pun tak ingin ditakdirkan dengan kondisi seperti Markus. Kamu harusnya senang
, engkau mempunyai fisik yang sempurna
dan orang tuamu juga sempurna. Pikirkan dan renungkan . Apakah engkau pengin
seperti dia , cerdas tapi buta ‘, kata Ernes bijak. Indro diam sejenak,
membisu. ‘Hai, Ndro’, kata Ernes membuyarkan lamunan Indro. Indro dengan
terbata-bata dan berkaca-kaca membenarkan perkataan temannya itu
dan ia pun berjanji tidak
lagi membenci Markus.
D.
Teman-teman
Markus mendekatinya. Mereka memberikan ucapan selamat karena prestasi yang
diraihnya. “Selamat ya Markus, engkau memang siswa ajaib dan luar biasa. Aku benar-benar kagum padamu .
Kondisimu ternyata manpu membuat sekolah kita menjadi harum dan terkenal.
Engkau tak hanya membuat bangga orang tua bahkan sekolah juga ‘ , kata Ernes
sahabat dekatnya. Markus pun tersenyum mendengar pujian temannya itu. Markus
berkata kepada Ernes , “ Aku yakin suatu saat engkau pun bisa berhasil . Aku
berdoa untukmu semoga engkau bisa berhasil dan sukses’. Kedua anak itu lalu
berpelukan dan tersenyum. Senyum yang akan membawa kesuksesan.
|
||||||||||||||||||||||
34
|
Ce...... mer.......lang! Kata yang pantas terucap untuk sobat
yang satu ini . Unun Khamida Qodarina nama lengkap gadis manis, murah senyum,
ramah, baik hati, suka menolong yang susah, keibuan, dan imut-imut. Unun
begitu gadis yang berkulit hitam manis
, cerdas , dan suka makan bakso ini panggilannya. Gadis berjilbab ini memang
terkenal. Dikarenakan ia aktif terlibat di segala kegiatan di sekolahnya ,
MTs Negeri 1 Surakarta. Ia memegang jabatan penting di OSIS. Jabatannya
sebagai ketua OSIS . Walaupun super sibuk putri pertama dari pasangan Bapak
Abdul Jalil dengan ibu Endang Pujiati ini pelajarannya tak pernah keteteran.
Ia selalu juara 1 baik di kelas VII maupun di kelas VIII. Prestasinya tidak hanya diukir di
sekolahnya . Bahkan ia bersama temannya ,Fusna pernah meraih prestasi juara 2
lomba cerdas cermat MIPA tingkat kota .
Ketika kelas IX gadis yang
lahir di Surakarta tanggal 26 April 1992 itu telah mempersiapkan jurus-jurus
jitunya seperti menambah jam belajarnya, belajar kelompok,dan ikut les, serta
mengurangi hobinya nonton televisi.
Teks biografi di bawah ini yang paling tepat berdasarkan
ilustrasi di atas adalah ...
A.
Unun Khamida
Qodarina gadis ini begitu terkenal. Ia mempunyai banyak kesibukan.
Teman-teman sangat menyayanginya . Kedua orang tuanya juga bangga
padanya.Memang ia pantas untuk disayangi dan dibanggakan .
B.
Unun Khamida
Qodarina putri pasangan dari Bapak Abdul Jalil dan ibu Endang Pujiati ini
pernah sebagai siswi di MTs N 1 . Ia pernah meraih kejuaraan mata pelajaran
IPA . Ia meraih juara 1 tingkat kota. Unun memang gadis yang cerdas.
C.
Unun , gadis
berjilbab mempunyai kulit putih bersih. Ia mempunyai sifat rajin, tidak
banyak senyum, dan menyukai soto. Teman-temannya berpendapat, ia gadis yang imut-imut. Semangat belajarnya
luar biasa untuk mempertahankan prestasinya.
D. Unun panggilan gadis yang lahir di Surakarta. Di
sekolahnya ia pernah meraih juara 1. Ia terkenal gadis yang baik, penolong,
ramah, dan murah senyum. Pelajarannya tak pernah keteteran walaupun sibuk.
Ketika kelas IX Unun mempersiapkan jurus jitunya seperti les.
|
||||||||||||||||||||||
35
|
Cermati kalimat-kalimat berikut
dengan seksama
(1) Biota laut adalah seluruh makhluk hidup yang
berkembang biak di laut.
(2) Biota laut itu diantaranyan terumbu karang,
ikan, dan tumbuh-tumbuhan laut yang menjadi bagian dari ekosistem laut.
(3) Biota laut yang ada di perairan Indonesia
merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang sangat berlimpah.
(4) Biota laut tersebut sangat bermanfaat bagi
kehidupan manusia, seperti ikan dan rumput laut bermanfaat bagi kesehatan
karena banyak mengandung gizi.
Urutan yang tepat dari teks laporan
observasi tersebut adalah ... .
A.
(1), (2), (3),
(4)
B.
(1), (3), (2),
(4)
C.
(1),
(2), (4), (3)
D.
(2), (3), (1),
(4)
|
||||||||||||||||||||||
36
|
Cermatilah kutipan teks berikut ini
!
Nama kecil Ki Hajar Dewantara adalah Raden Mas Soewardi
Soeryaningrat. Ia lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Ia berasal
dari lingkungan (1) keluarga (2) kraton Yogyakarta. Meskipun begitu, ia
sangan sederhana dan ingin dekat dengan rakyatnya. Ketika berusia 40 tahun,
menurut hitungan tahun Saka, Raden Mas Soewardi Soeryadiningrat berganti nama
menjadi Ki Hajar Dewantara. Tujuannya berganti nama adalah agar ia dapat
bebas dengan rakyatnya. Perjalanan hidup Ki Hajar Dewantara benar-benar
ditandai dengan perjuangan dan pengabdian pada kepentingan bangsa dan negara.
Ki Hajar Dewantara menamatkan sekolah dasar di ELS ( Sekolah Dasar Belanda),
kemudian melanjutkan pendidikannya ke Stovia ( Sekolah Dokter Bumi Putera).
Ia tidak dapat menamtkan pendidikandi sekolah tersebut karenasakit. Setelah
itu, ia bekerja sebagai wartawan di beberapa surat kabar. Tulisan-tulisannya
sangat (3) komunikatif, tajam, dan
(4) patriotik sehingga mampu
membangkitkan semangat (5) anti kolonialisme
bagi pembacanya.
Penulisan kata bercetak miring yang tidak baku dalam teks
tersebut terdapat pada kalimat nomor... .
A.
(1) dan (2)
B.
(2)
dan (5)
C.
(2) dan (3)
D.
(4) dan (5)
|
||||||||||||||||||||||
37
|
Cermatilah teks berikut!
(1) Guntur
Soeharjamnto kembali memberikan sentuhan film sukses yang berjudul
Assalaamualaikum Beijing
(2) Mulai
dari gaya narasi hingga gaya traveling dengan membawa kamera yang sangat
identik dengan film 99 Cahaya di Langit Eropa
(3) Mata
kita akan dimanjakan dengan berbagai tempat wisata seperti misalnya Beijing
dan Tiongkok yang sangat indah sekali.
(4) Hal
ini akan menggugah kita untuk jalan-jalan ke Beijing.
Ketidak efektifan teks laporan di
atas terdapat pada nomor... .
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
|
||||||||||||||||||||||
38
|
Penggunaan istilah pada kalimat
berikut yang tepat adalah ... .
A. Selama hidupnya baru kali ini ia
mendapat kontraktor dari perusahaan
B. Perdagangan dalam
bidang jasa melalui iklan, media cetak sangat efektif dan efisien.
C.
Koreografer itu sedang memotret pertunjukan teater itu.
D.
Sutradara itu sedang sibuk mengatur kostum pemain drama itu.
|
||||||||||||||||||||||
39
|
Cermati
kalimat rumpang berikut !
Musim penghujan dikhawatirkan menghambat
[...] logistik terutama
di daerah
terpencil.
Istilah yang tepat untuk melengkapi
kalimat rumpang di atas adalah
... .
A. distrofik
B. distributari
C. distribusi
D. distributor
|
||||||||||||||||||||||
40
|
Bacalah teks berikut !
(1) Dalam Novel 5 cm ini didapat kata-kata
yang membuat kita terinspirasi untuk
semangat menjalani kehidupan. (2) Novel ini juga memberi motivasi kepada kita
untuk mencintai alam. (3) Kelebihan lainnya adalah penggunaan bahasa yang
mudah di mengerti dan penempatan latar waktu dan tempat yang sangat detil.
(4) Akan tetapi, akhir ceritanya begitu di paksakan.
Penulisan
kata berimbuhan yang paling tepat terdapat pada nomor ... .
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
|
||||||||||||||||||||||
41
|
Perhatikan teks berikut !
Kebakaran hutan berskala besar cukup sulit [...] . kadang-kadang
[...] waktu hingga berminggu-minggu agar semua titik api bisa padam. Pada
kondisi tertentu, kebakaran masih terus berlangsung di dalam tanah meskipun
api di permukaan telah berhasil dipadamkan. Tanah tetap [...]asap pekat dan
sewaktu-waktu api bisa meletup kembali ke permukaan. Kebakaran hutan menjsdi
penyumbang terbesar laju deforestasi.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah
... .
A. Memadamkan,
membutuhkan, dikeluarkan
B. dipadamkan, membutuhkan, mengeluarkan
C. dipadamkan,
dibutuhkan, dikeluarkan
D. Memadamkan,
dibutuhkan, pengeluaran
|
||||||||||||||||||||||
42
|
Cermati kalimat berikut !
Ima adalah pemilik apotik enggal senggang. Ia selalu mengajarkan
kepada karyawannya untuk menyusun jenis obat secara sistematis.
Perbaikan
penulisan yang paling tepat adalah ... .
A. apotek, Enggal Senggang, sistematik
B. apotek, enggal Senggang, sistematik
C. apotek, enggal senggang, sistimatis
D.
apotek, Enggal senggang, sistematik
|
||||||||||||||||||||||
43
|
Bacalah kalimat di bawah ini!
Setiap
orang dianjurkan mengonsumsi makan makanan yang cukup mengandung energi agar
supaya dapat beraktifitas produktif.
Perbaikan tepat kalimat tidak efektif tersebut adalah...
A.
Setiap orang
dianjurkan mengonsumsi makanan yang cukup mengandung energi agar supaya dapat
beraktivitas produktif.
B.
Setiap orang
dianjurkan makan makanan yang cukup mengandung energi agar supaya dapat
beraktivitas produktif.
C.
Setiap orang
dianjurkan makan makanan yang cukup mengandung energi agar dapat beraktivitas
produktif.
D. Setiap orang dianjurkan mengonsumsi makan makanan yang
cukup mengandung energi agar mereka dapat beraktivitas.
|
||||||||||||||||||||||
44
|
Dalam artikel di blog pribadi
candrahendra.blogspot.com. dikutip pendapat Prof. Arief Rahman Hakim, pengamat
pendidikan, tentang penghapusan Ujian Nasional (UN). Arief Rahman mengaku
senang dengan penghapusan UN. Sejak dulu, Ia tidak setuju dengan adanya UN.
Arief menilai rumusan UN ada yang salah. Apalagi, katanya, UU Stadiknas tidak
menyinggung soal UN.
Saya tidak setuju
jika UN ditiadakan karena UN mencerminkan kualitas akademik siswa. Kadang ada
siswa yang sangat pintar (materI) Matematika dan Fisika, tetapi Bahasa
Indonesianya lemah, bukan berarti siswa itu tidak pintar.
Kalimat sumbang pada teks tanggapan
kritis di atas dapat diperbaiki...
A.
Sejak dulu, Ia
setuju dengan adanya UN.
B.
Arief Rahman
mengaku tidak senang dengan penghapusan UN
C. Saya setuju jika UN ditiadakan karena UN tidak
mencerminkan kualitas akademik siswa.
D.
Kadang ada
siswa yang sangat pintar (materi) Matematika dan Fisika, tetapi Bahasa
Indonesianya lemah, bukan berarti siswa itu pintar.
|
||||||||||||||||||||||
45
|
Cermati teks berikut!
1)Sebagian bersar
perdangangan luar negeri Indonesia dijalankan dengan menggunakan dolar AS
sehingga mahalnya dolar AS akan membuat harga barang impor menjadi mahal.
2)Keadaan ini tidak selalu buruk, terutama jika barang impor tersebut adalah
jenis barang konsumsi. 3)Keadaan ini membuat orang yang dahulu gemar memberli
buah impor daari luar negeri kini beralih ke buah lokal dari daerah yang
harganya lebih rendah. 4)Jadi, kenaikkan harga dolar memang akan mengurangi
pendapatan importir lokal, tetapi akan menaikkan pendapatan para petani dan
pedagang buah lokal.
Kalimat tidak efektif dalam teks
tersebut ditunjukkan nomor...
A.
1) C. 3)
B.
2) D.
4)
|
||||||||||||||||||||||
46
|
. Perhatikan teks prosedur di bawah
ini!
Petunjuk
Membuat Donat Kentang
1.
Rebus kentang
sampai matang dan haluskan.
2.
Campurkan
tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi, telur, baking powder, dan juga kentang
yang telah dihaluskan.
3.
Aduk semua
bahan tersebut hingga setengah kalis. Kemudian, diamkan selama 30 menit
sampai adonannya mengembang.
4.
Setelah adonan
mengembang, masukkan garam, mentega, dan juga air secara bertahap. Aduk hingga
benar-benar kalis.
5.
Tuangkan minyak
goreng ke dalam wajan. Kemudian, goreng adonan donat dengan api kecil hingga
warnanya berubah kecokelatan.
6.
Setelah adonan
kalis, bentuklah adonan seperti donat pada umumnya dan diamkan selama 15
menit agar adonan donat mengembang.
Urutan petunjuk membuat donat kentang tersebut ada yang
sumbang...
A.
2 dan 3 C.
1 dan 3
B.
4 dan 5 D. 5 dan 6
|
||||||||||||||||||||||
47
|
Cermati teks berikut !
(1)Ingat pula apa yang pernah disampaikan
Bung Hatta pada tahun 1950-an tentang bahasa Indonesia. (2) Sebagai tokoh
proklamasi Bung Hatta sangat bangga dengan bahasa Indonesia.(3) Ia tidak
hanya menyadari bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, tetapi juga
menganggap bahasa Indonesia mampu sebagai penyampai informasi dan fikiran
cendikia. (4) Oleh karena itu, kita harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha
Esa atas keberadaan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang telah
mempersatukan
Penggunaan ejaan yang tidak tepat terdapat
pada kalimat nomor ...
a. 1 c. 3
b. 2 d. 4
|
||||||||||||||||||||||
48
|
Bacalah teks berikut !
Oleh karena itu; film Laskar Pelangi layak
disebut sebagai salah satu film terbaik Indonesia sepanjang masa. Meskipun
film ini diproduksi pada tahun 2008,Laskar Pelangi masih layak untuk ditonton
kapan pun secara berulang-ulang. Film ini juga dapat ditonton oleh semua umur
karena tidak ada satu pun adegan kekerasan atau sensual. Diharapkan diwaktu
mendatang, semakin banyak produsen film Indonesia yang termotivasi untuk
membuat film dengan kualitas yang sama, bahkan melebihi film Laskar Pelangi.
Penggunaan tanda baca yang tidak tepat
adalah ...
a.
Setelah
kata oleh karena itu
b.
Setelah kata
tahun 2008
c.
Sebelum kata
semakin
d.
Sebelum kata
bahkan
|
||||||||||||||||||||||
49
|
Cermatiteks berikut !
(1)Selokan di Perumahan Cendana terpelihara
dengan baik dan tidak mampat/tersumbat. (2)Tempat pembuangan sampah pun sudah
ada di depan rumah setiap warga.(3) Tempat pembuangan sampah tersebut berupa
tong besar atau drum.(4) Kondisinya juga terawat sehingga tidak menimbulkan
bau tidak sedap.(5) Petugas kebersihan mengambil sampah setiap tiga hari
sekali.(6)Selain itu : setiap satu bulan sekali warga Perumahan Cendana
melakukan kerja bakti membersihkan selokan dan rumput-rumput liar di sekitar
perumahan.
Perbaikan kesalahan penggunaan tanda baca
pada teks di atas adalah ...
a.
Sebelum kata
dan pada kalimat pertama diberi tanda baca koma.
b.
Setelah kata
tersebut pada kalimat ketiga diberi tanda baca koma.
c.
Sebelumkata
sehingga pada kalimat keempat diberi tanda baca koma.
d.
Setelah
kata itu pada kalimat keenam menggunakan tanda baca koma bukan tanda baca
titikdua.
|
||||||||||||||||||||||
50
|
Cara membuat puding cokelat:
1.
Campur susu
kental manis dan air lalu aduk.
2.
Tambahkan agar,
cokelat bubuk, dan garam, aduk hingga cokelat larut.
3.
Rebus sambil
diaduk hingga mendidih, angkat, dan tuang ke dalam cetakan.
4.
Saus, aduk
susu, gula,dan tepung, lalu masak sambil diaduk hingga mendidih.Masukkan
kuning telur sambil diaduk hingga masak. Angkat, dan dinginkan.
5.
Sajikan puding
dengan siraman saus setelah puding dingin.
Penggunaan tanda baca koma yang salah ditunjukkan pada kalimat
nomor ...
a.
Dua setelah
kata agar,karena berupa rincian.
b.
Tiga sebelum
kata dan, karena berupa rincian
c.
Empat sebelum
kata lalu karena berupa rincia.
d.
Empat
sebelum kata dan karena bukan rincian
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar