1.
Bacalah
paragraf berikut ini!
Sampah
manusia adalah istilah yang digunakan terhadap hasil-hasil pencernaan manusia,
seperti feses dan urin. Sampah manusia dapat menimbulkan dampak negatif bagi
kesehatan manusia karena dapat dikatakan sebagai sarana perkembangan penyakit
yang disebabkan oleh virus dan bakteri.
Makna
kata bercetak miring pada
teks di atas adalah… .
A.
Kemasukan/ketularan/terkena penyakit
B.
Mikroorganisme penyebab dan penular penyakit
C.
Penyakit menular yang paling umum diderita oleh manusia
D.
Rasa tidak nyaman di tubuh atau bagian tubuh karena menderita
sesuatu
2.
Bacalah
paragraf berikut ini!
Hindari kebiasaan-kebiasan buruk seperti merokok, makanan
berkolestrol dan minuman alkohol. Makanan-makanan
tersebut akan memacu organ jantung untuk bekerja di luar batas normalnya
sehingga akan sangat rentan rusak. Selain itu, makanan berkolesterol yang
tinggi dapat menumpuk di pembuluh darah sehingga menyumbat pembuluh darah
coroner, yaitu pembuluh darah yang memberikan makanan kepada jantung.
Makna kalimat bercetak miring pada teks di atas adalah… .
A. Merokok,
mengonsumsi makanan berkolesterol,
minuman beralkohol dapat mengakibatkan jantung bekerja secara tidak wajar
sehingga rentan mengalami kerusakan
B. Mengonsumsi
makanan dan minuman secara berlebihan atau di luar batas kewajaran berakibat
jantung bekerja di luar batas normal sehingga akan sangat rentan rusak
C. Untuk
menghindari terjadinya kerusakan pada organ jantung, sebaiknya kita menghindari
rokok, makanan berkolesterol, dan minuman beralkohol
D. Kerja jantung yang tidak wajar atau melampaui batas normal
dapat mengakibatkan kerusakan yang serius pada organ tersebut.
3.
Bacalah kutipan teks berikut ini!
Cerpen ini merupakan
cerpen yang bisa menjadi bahan untuk kita renungkan, dimana ketabahan seorang
Shekar yang diberi cobaan tidak bisa memiliki anak karena tumor dan ketulusan
Rendi dalam menerimanya, selain itu cerpen ini juga menggambarkan bahwa kata
Basmallah merupakan awal bagi segala hal. Meskipun penyelesaian cerpen ini
kurang jelas namun runtutan dan kejelasan ceritanya cukup membuat pembaca
tercengang.
Informasi tersurat yang tedapat pada teks di atas adalah… .
A. Diceritakan
bahwa tokoh Shekar merupakan sosok yang tabah dalam menghadapi segala bentuk
cobaan
B. Dikatakan
dalam cerpen tersebut bahwa segala sesuatu sebaiknya diawali dengan kata
Basmallah
C. Kekurangan
cerpen tersebut terletak pada ketidakjelasan pada bagian akhir cerita
D. Tema
yang diangkat pada cerpen tersebut mampu membuat pembaca tercengang
4.
Bacalah
petikan biografi berikut ini!
Jenderal
Sudirman selalu konsisten dan konsekuen dalam membela kepentingan tanah air,
bangsa, dan negara. Hal ini bisa dilihat ketika Agresi Militer II Belanda. Ia
yang dalam keadaan lemah karena sakit tetap bertekad ikut terjun bergerilya
walaupun harus ditandu. Dalam keadaan sakit, ia memimpin dan memberi semangat
pada prajuritnya untuk melakukan perlawanan terhadap Belanda.
Ide
pokok petikan biografi Jenderal Sudirman di atas adalah… .
A. Jenderal
Sudirman selalu memimpin dan memberi semangat juang kepada prajuritnya
B. Dalam
keadaan sakit bahkan ditandu Jenderal Sudirman tetap memimpin gerilya melawan
Belanda
C. Pada
saat Agresi Militer II Belanda, Jenderal
Sudirman bersama prajuritnya bergerilya melawan Belanda
D. Jenderal
Sudirman merupakan tokoh yang konsisten dan konsekuen dalam membela bangsa dan
negara Indonesia
5.
Bacalah paragraf berikut ini!
Komputer
merupakan salah satu perangkat elektronik yang seringkali dimanfaatkan dalam
memudahkan pekerjaan manusia. Sebelum menggunakan komputer maka sebaiknya
komputer mesti terlebih dahulu dioperasikan. Pada pengoperasian komputer mesti
mematuhi segala prosedur tentang cara menghidupkan komputer dengan benar. Nah,
untuk menghidupkan komputer dengan benar maka berikut ini terdapat
langkah-langkah dalam menghidupkan komputer:
1.
Buka penutup atau cover pada
monitor, printer, keyboard dan CPU.
2.
Pastikan saklar telah terhubung
pada kabel power CPU komputer atau stabilizer.
3.
Tekan pada tombol moniter dan
tombol power di CPU
4.
Komputer akan langsung booting,
sebaiknya tunggu pada proses tersebut hingga selesai.
5.
Sesudah selesai melakukan proses
booting maka komputer siap untuk digunakan.
Ide pokok paragraf di atas adalah ...
A.
Komputer merupakan salah satu
perangkat elektronik.
B.
Komputer dapat memudahkan
pekerjaan manusia.
C.
Langkah-langkah
pengoperasian komputer.
D.
Beberapa manfaat komputer bagi
manusia.
6.
Bacalah paragraf berikut ini!
Tidur merupakan salah satu cara menjaga tubuh agar tetap sehat.
Orang yang tidur 8 jam per malam, bisa dipastikan lebih sehat dibandingkan
orang yang sering bangun sepanjang malam. Tidur yang baik dan berkualitas memulihkan sistem imun.
Ketika badan kita kurang sehat segera istirahat bisa terhindar dari sakit. Pada saat kita tidur kadar melatonik
meningkat dan memperbaiki imunitas. Tidur untuk menjaga kesehatan tidak harus
lama namun perlu berkualitas.
Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah… .
A.
Tidur dengan waktu cukup dan berkualitas dapat melindungi diri
dari penyakit.
B.
Tidur yang cukup adalah tidur yang tidak bangun-bangun sepanjang
malam.
C.
Tidur salah satu cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan tetap
beraktivitas.
D.
Tidur yang cukup dapat meningkatkan kesehatan kita dalam
kehidupan.
7.
Bacalah teks
di bawah ini!
Komunikasi menggunakan HP yang dilakukan oleh siswa adalah
aktivitas yang penuh risiko. Siswa tingkat SD, SMP, dan SMA adalah remaja yang
belum bisa sepenuhnya membedakan perbuatan
baik dan buruk. Mereka masih mudah terpengaruh perbuatan teman-teman
yang berada di sekitarnya. Ketika si siswa terlambat pulang sekolah karena
bermain, dengan mudahnya ia mengabarkan bahwa keterlambatannya dikarenakan
belajar kelompok.
Saya setuju dengan pernyataan bahwa HP memiliki dampak positif
karena mempermudah komunikasi, waktu dan jarak tidak lagi menjadi kendala.
Namun, di samping itu penggunaan HP juga membawa pengaruh buruk terutama bagi
anak-anak yang jiwanya masih labil.
Kalimat persetujuan terhadap teks di atas adalah… .
A.
HP adalah alat komunikasi yang sangat bermanfaat bagi pelajar
B. HP
adalah alat komunikasi yang sangat berbahaya jika digunakan oleh anak kecil.
C. HP
adalah alat komunikasi yang kurang begitu berguna karena lebih banyak dampak
negatifnya.
D. HP
adalah alat komunikasi yang membawa dampak positif jika digunakan sesuai dengan
keperluan.
8.
Cermati kutipan
teks berikut !
Penyakit jantung adalah penyakit dan kondisi jantung (kardio) dan
pembuluh darah (penyakit vaskular) termasuk serangan jantung dan stroke. Ini
adalah istilah yang luas digunakan untuk jantung, stroke dan penyakit pembuluh
darah dan sistem apapun yang memiliki hati di pusatnya.
Ada banyak kelompok penyakit kardiovaskular, beberapa dari mereka
adalah: enyakit jantung rematik. Ini adalah jenis penyakit
jantung yang disebabkan oleh satu atau lebih serangan demam rematik. Demam
rematik biasanya terjadi pada masa kanak-kanak. Ini mungkin mengikuti infeksi
streptokokus yang dapat mempengaruhi jantung, terutama katup jantung,
melemahnya otot jantung, atau merusak kantung melampirkan jantung.
Ringkasan
teks tersebut adalah… .
A. Penyakit
jantung adalah penyakit yang sangat membahayakan jiwa. Oleh karena itu harus
ditangani dengan seksama.
B. Penyakit
jantung termasuk penyakit kardiovaskular yang terdiri dari beberapa jenis.
C. Penyakit
jantung biasanya terjadi pada masa anak-anak.
D. Ada
banyak kelompok penyakit kardiovaskular.
9.
Bacalah dua
teks berikut!
Teks 1
|
Teks 2
|
Saya
sangat bangga dilahirkan di negeri yang konon kaya raya ini. Tanah, laut,
menghasilkan kekayaan yang melimpah. Sayangnya
kekayaan yang ada belum dikelola secara optimal, akibatnya negara belum bisa
memakmurkan rakyatnya. Kekayaan yang melimpah ruah ini justru dimanfaatkan
oleh pihak asing.
|
Setiap
kehidupan tokoh besar selalu menarik untuk disimak. Hal ini disebabkan banyak
hikmah yang dapat dijadikan teladan bagi masyarakat. Perjuangan dan pengalaman tokoh tersebut dapat dijadikan
pelajaran bagi orang lain untuk peningkatan kualitas diri. Contoh tokoh besar
yang menarik untuk diketahui adalah Jendral Sudirman. Beliau adalah pejuang
sejati.
|
Perbedaan
penggunaan bahasa dalam kedua teks tersebut adalah… .
A. Teks
1 menggunakan kalimat langsung. Teks 2 menggunakan kalimat tak langsung.
B. Teks
1diawali dengan penjelasan apa. Teks 2 diawali dengan penjelasan siapa.
C. Teks
1 menggunakan kalimat aktif. Teks 2 menggunakan kalimat pasif.
D. Teks 1 menggunakan kata “Saya”. Teks 2 menggunakan kata “Beliau.”
10.
Bacalah dua
teks berikut!
Teks 1
|
Teks 2
|
Perpustakaan
adalah suatu tempat yang disediakan untuk pemeliharaan dan penggunaan buku,
majalah, dan bahan kepustakaan lainnya yang disimpan untuk dibaca,
dipelajari, maupun dibicarakan. Perpustakaan juga sering digunakan bagi
anak-anak untuk berdiskusi. Perpustakaan sering juga disebut sebagai “Gudang
Ilmu”.
|
Buku
pelajaran memegang perana penting dan strategis dalam proses pembelajaran. Di
tempat-tempat yang masih sulit terjangkau teknologi komunikasi, buku
pelajaran merupakan sumber belajar utama selain guru. Sulit dibayangkan,
bagaimana proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik tanpa menggunakan
buku pelajaran.
|
Perbedaan
pola penyajian dalam kedua teks tersebut adalah... .
A. Teks
1 berpola definisi umum. Teks
2 berpola deskripsi bagian.
B. Teks
1 berpola deskripsi bagian. Teks 2 berpola deskripsi manfaat.
C. Teks 1
berpola definisi umum. Teks 2 berpola deskripsi manfaat.
D. Teks
1 berpola deskripsi manfaat. Teks 2 berpola definisi umum.
No. 11 – 15 : Siti Martabatul ( SMP N
8 Surakarta )
11.
Bacalah
paragraf berikut ini!
(1)
Buku ini dicetak dengan kertas yang berkualitas dan pewarnaan yang menarik. (2)
Buku ini menceritakan pandangan hidup orang Jawa atau filsafat Jawa terbentuk
dari gabungan alam pikir
Jawa tradisional, kepercayaan Hindu atau filsafat India, dan ajaran tasawuf
atau mistik Islam. (3) Pandangan hidup tersebut banyak tertuang dalam
karya-karya sastra berbentuk prosa dan puisi (Satoto, 1978: 73-74). (4) Dalam
budaya Jawa pandangan hidup lazim disebut ilmu kejawen atau yang dalam
kesusasteraan Jawa dikenal pula sebagaib ngelmu kasampurnaan. (5) Buku yang
dikarang oleh Prof. Dr. Satoto ini ditulis dengan bahasa yang komunikatif dan
sederhana.
Kalimat
yang mengungkapkan keunggulan buku adalah nomor… .
A. (1)
dan (2) C. (1) dan (4)
B. (1)
dan (3) D.
(1) dan (5)
12.
Bacalah
paragraf berikut ini!
Wanita itu menatap lagi kedua gambar itu seperti tak akan pernah
lekang dari matanya yang basah. Kemudian, ia menatap ke atas. Katanya,”Jika putraku
yang ini, Lasudin, Engkau selamatkan, ya, Tuhan, kami akan serah kan dua
pertiga dari sawah-sawah buat mereka .”
Kemudian ia memandang suaminya, “Kau setuju nazarku, kan?” Tanya wanita itu
Kepada suaminya.
“Aku setuju nazarmu itu. Aku setujui
kita akan bersedekah untuk itu secara besar-besaran.”
Makna
kata “nazar” pada kutipan cerpen tersebut adalah… .
A. Pernyataan
yang diucapkan secara resmi dengan bersaksi Kepada Tuhan
B. Janji
pada diri sendiri untuk berbuat sesuatu jika tujuan tercapai
C. Keinginan
dalam hati akan melakukan sesuatu
D. Tujuan
yang sempurna yang akan dicapai
13.
Bacalah paragraf berikut ini!
Seekor Tikus Kota berkunjug
ke taman sekaligus kerabatnya yang tinggal dipedesaaan. Tikus Desa
menyediakan gandum ,akar-akaran kacang-kacangan, dan air dingins ebagai minuman
pelepas dahaga. Tikus Kota makan dengan sangat sopannya.
Makna
frasa “pelepas dahaga” pada kutipan fabel tersebut adalah… .
A. Penghilang
lelah C.
Penghilang haus
B. Penyegar
tubuh D. Pemulih tenaga
14.
Bacalah paragraf berikut ini!
Aku rasa kata-kata Linda sudah keterlaluan. Saraf-sarafku menegang. “Berani
benar kamu mengorek-ngorek tasku.
Itu namanya kurang ajar, tahu!” teriakku.
“Kamu tadi kan menyuruhku
mengambil pulpen dari tas itu. Masih ingat, kan?” Jadi, aku bukan sengaja
mengorek-ngorek tasmu.”
Walau bagaimana aku tetap harus menghindari Linda Jean. Ada
pekerjaan penting yang harus aku lakukan segera. Dia tidak boleh mengganggu apalagi
menghhentikan cencanaku itu.
Tema
cuplikan cerita di atas berkenaan dengan masalah… .
A. Keluarga C. Petualangan
B. Persahabatan D. Lingkungan hidup
15.
Bacalah
paragraf berikut ini!
Seekor anjing yang tidur pulas di atas tumpukan jerami, dibangunkan
oleh kerbau-kerbau yang kelelahan dan kelaparan sehabis bekerja di ladang . Akan tetapi, anjing
tidak membiarkan kerbau-kerbau tersebut mendekati kandang.
Kerbau-kerbau jengkel. “Betapa egoisnya dia!” kata salah satu
kerbau, “dia tidak makan jerami, tetapi dia tidak membiarkan kita yang sudah
sangat kelaparan untuk memakan jerami tersebut!”
Saat itulah petani datang. Ketika dia melihat bagaimana tingkah
laku sang Anjing, sang Petani mengusir sang Anjing.
Fabel
tersebut menceritakan tentang… .
A. Seekor
anjing yang merasa kelelahan sehingga ia tertidur di atas tumpukan jerami yamg
merupakan makanan kerbau
B. Kerbau
– kerbau yang merasa kelelahan dan kelaparan sehabis bekerja di ladang
C. Seekor
anjing yang menghalangi kerbau-kerbau untuk memakan jerami yang digunakan
olehnya sebagai alas tidur
D.
Seekor anjing dan beberapa kerbau yang tinggal di sebuah kandang
dekat lading petani.
No. 16 – 20 : Endang Listyorini, S.Pd
( SMP Kristen 3 Surakarta )
16.
Bacalah
kutipan fabel berikut!
Pada hari berikutnya Pak Kijang bertemu dengan Pak kerbau, mereka
menceritakan kejadian yang mereka alami sebelumnya. Selagi mereka asyik
membahas masalah yang menimpa keluarga mereka yang sudah pasti disebabkan oleh
si nakal kelinci, tiba-tiba terdengarlah teriakan suara Si kelinci dari kejauhan.
“tolong saya dikejar Pak Singa, Pak Singa ngamuk! Tolong, toloong,
toloooong...” tapi tidak ada yang peduli. “Ah, paling si kelinci lagi-lagi
membohongin kita” pikir mereka sambil tertawa melihat si kelinci.
Dengan sekuat tenaga si Kelinci melompat-lompat lari seribu langkah menghindari kejaran maut
dari pak singa, tapi apalah daya pak singa pasti selalu lebih cepat larinya.
Makna
simbol pada kata yang dicetak miring adalah… .
A. Lari
dengan rasa gembira
B. Lari
untuk meraih sesuatu
C. Lari
dengan kecepatan tinggi
D.
Lari sejumlah seribu langkah
17.
Bacalah
kutipan teks berikut!
Seorang pengembara menyewa seekor keledai untuk dibawanya ke
tempat yang jauh. Pemilik keledai juga ikut pergi beserta pengembara itu,
berjalan disampingnya untuk menuntun keledai itu dan menunjukkan jalan.
Jalan menuju tempat yang dituju adalah jalan yang tandus dimana
tidak ada sebatang pohon pun yang tumbuh di sepanjang jalan. Karena matahari
bersinar sangat terik, akhirnya pengembara itu memutuskan untuk berhenti
sejenak dan beristirahat, dan karena tidak ditemukan tempat berteduh
disepanjang jalan itu, pengembara itu lalu duduk di bawah bayang-bayang
keledai.
Sekarang panas matahari juga telah mempengaruhi si pemilik
keledai, sehingga pemilik keledai itu juga berharap bisa berteduh di bawah
anungan bayang-bayang keledai. Ia mulai bertengkar dengan pengembara, dan
mengatakan bahwa pengembara hanya meyewa keledainya, dan tidak termasuk
bayangan keledainya.
Tidak lama kemudian mereka saling berkelahi tanpa menyadari si
keledai sudah pergi meninggalkan mereka.
Isi
tersirat kutipan cerpen tersebut adalah… .
A. Keributan
terjadi karena mementingkan diri-sendiri
B. Pihak
yang mempunyai keledai merasa lebih berhak atas keledainya
C. Dalam
situasi yang genting hal-hal yang sepele menjadi sangat berguna
D.
Seorang pengembara membawa perbekalan yang cukup selama di
perjalanan.
18.
Bacalah
kutipan teks berikut!
Pada hari berikutnya Pak Kijang bertemu dengan Pak kerbau, mereka
menceritakan kejadian yang mereka alami sebelumnya. Selagi mereka asyik
membahas masalah yang menimpa keluarga mereka yang sudah pasti disebabkan oleh
si nakal kelinci, tiba-tiba terdengarlah teriakan suara Si kelinci dari
kejauhan. “tolong saya dikejar Pak Singa, Pak Singa ngamuk! Tolong, toloong,
toloooong...” tapi tidak ada yang peduli. “Ah, paling si kelinci lagi-lagi
membohongin kita” pikir mereka sambil tertawa melihat si kelinci.
Dengan sekuat tenaga si Kelinci melompat-lompat lari seribu langkah menghindari kejaran maut
dari pak singa, tapi apalah daya pak singa pasti selalu lebih cepat larinya.
Sebab
terjadinya konflik dalam cerita tersebut adalah… .
A.
Kelinci suka berbohong
B.
Kelinci
berhasil ditangkap pak singa
C.
Singa ngamuk dan mengejar kelinci
D. Pak
Kijang dan Pak Kerbau merasa kelinci membohongi mereka lagi
19.
Bacalah
kutipan teks berikut!
Seorang pengembara menyewa seekor keledai untuk dibawanya ke
tempat yang jauh. Pemilik keledai juga ikut pergi beserta pengembara itu,
berjalan disampingnya untuk menuntun keledai itu dan menunjukkan jalan.
Jalan menuju tempat yang dituju adalah jalan yang tandus dimana
tidak ada sebatang pohon pun yang tumbuh di sepanjang jalan. Karena matahari
bersinar sangat terik, akhirnya pengembara itu memutuskan untuk berhenti
sejenak dan beristirahat, dan karena tidak ditemukan tempat berteduh
disepanjang jalan itu, pengembara itu lalu duduk di bawah bayang-bayang
keledai.
Sekarang panas matahari juga telah mempengaruhi si pemilik
keledai, sehingga pemilik keledai itu juga berharap bisa berteduh di bawah
anungan bayang-bayang keledai. Ia mulai bertengkar dengan pengembara, dan
mengatakan bahwa pengembara hanya meyewa keledainya, dan tidak termasuk
bayangan keledainya.
Tidak lama kemudian mereka saling berkelahi tanpa menyadari si
keledai sudah pergi meninggalkan mereka.
Akibat
konflik pada teks tersebut… .
A.
Jalanan menjadi tandus
B.
Pengembara dan pemilik keledai berkelahi
C.
Pengembara duduk di bawah bayangan keledai
D. Keledai
membawa pengembara dan pemilik
20.
Bacalah kedua
kutipan teks berikut!
Kutipan Teks 1
Alkisah, hiduplah seekor kelinci sebatang kara di sebuah kebun.
Kebun tersebut sudah lama ditinggalkan oleh pemiliknya. Dahulu di kebun itu
ditanami berbagai jenis buah-buahan. Kini kebun itu hanya ditumbuhi rumput dan
ilalang.
Sejak kebun itu ditinggalkan pemiliknya, musang menjadi kelaparan.
Badannya kurus. Ia sudah terbiasa memakan buah-buahan segar. Memang dengan
musang-musang lainnya.
Kutipan Teks 2
Kreekk...krekkkk....gubrak!!!! Sebatang ranting patah.
Segerombolan musang ikut terjatuh. Mereka berlarian, ada juga yang masih
terjepit ranting. “Tolong...tolooong” kata seekor musang sambil
menggeliat-geliatkan tubuhnya. Dia berusaha melepaskan tubuhnya dari himpitan
ranting-ranting. Semakin menggeliat semakin terkunci tubuhnya.
Segerombolan musang menuju ranting yang lebat buahnya. Rupanya
ranting itu tidak kuat menahan beban musang yang banyak itu.
Perbandingan
pola pengembangan kedua teks tersebut adalah… .
A.
Teks 1 : klimaks – konflik; Teks 2: perkenalan –konflik
B.
Teks 1: perkenalan – klimaks; Teks 2: konflik – klimaks
C.
Teks 1: konflik – perkenalan; teks 2: perkenalan – konflik
D. Teks
1: klimaks – perkenalan; Teks 2: klimaks - konflik
No. 21– 25 : Dwi Ratna H, SS ( SMP Kristen 3 Surakarta )
21.
Bacalah
kutipan cerpen berikut!
Kutipan
cerpen 1
Dari kamar ibu yang tertutup melata kabut. Kabut itu berjelanak
dari celah bawah pintu. Merangkak memenuhi ruang tengah, ruang tamu, dapur,
kamar mandi, hingga merangkak ke teras depan.
Awalnya, orang-orang mengira bahwa rumah kami tengah sesak dilalap
api. Tapi kian waktu mereka kian bosan membicarakannya, karena mereka tak
pernah melihat api sepercikpun menjilati rumah kami.
“Kabut
Ibu” cerpen Kompas
Kutipan
cerpen 2
Sebenarnya tidak ada keistimewaan khusus mengenai keahlian Darko
dalam memijat. Standar tukang pijat layaknya. Namun, keramahannyayang mengalir
menambah daya pikat tersendiri. Kami menemukan ketenangan di wajahnya yang
membuat kami senantiasa meras dekat. Mungkin oleh sebab itu kami terus
membicarakannya.
Entah dari mana asalnya, tiada seorang warga pun yang tahu.
Tiba-tiba saja datang ke kampung kami dengan pakaian tampak lusuh. Kami sempat
menganggap dia adalah pengemis yang diutus kitab suci.
“Tukang Pijat Keliling” cerpen Kompas
Perbedaan
penggunaan bahasa pada kutipan cerpen tersebut adalah… .
A. Cerpen
1 menggunakan ungkapan, cerpen 2 tidak menggunakan ungkapan.
B. Cerpen
1 bahasanya lugas, cerpen 2 menggunakan bahasa kias
C. Cerpen
1 kalimat menggunakan majas, cerpen 2 kalimat tidak menggunakan majas.
D. Cerpen
1 bahasa mudah dipahami, cerpen 2 bahasa sulit dipahami.
22.
Bacalah
kutipan teks berikut!
Kupu-kupu akhirnya lolos dari kedua anak kecil tersebut. Nmaun ia
meraskan sayapnya sakit akibat terbang terlalu kencang. Ia pun merasakan
kepalanya yang sangat pusing. Ia meminta bantuan kepada hewan lainnya, namun
mereka semua enggan menolong Kupu-kupu. Akhirnya, ia pingsan dengan sayapnya
yang patah.
Kupu-kupu tersadar dari pingsannya. Namun ia sangat terkejut saat
ia tahu ia sedari tadi pingsan. Tiba-tiba Lalat datang membawa obat-obatan.
“Syukurlah kau sudah pulih” ujarnya senang.
Kupu-kupu snagat terkejut karena yang menolongnya adalah hewan
yang tadi pagi ia hina. Dia merasa berhutang budi padanya.
“Mm...terima kasih ya kau sudah menolongku, padahal aku sudah
menghinamu” ujarnya malu-malu.
“Tidak apa-apa kok, sudahlah kau tiduran saja. Biar aku dapat
mengobati sayapmu yang patah.
Kupu-kupu menurut. Lalu ia diobati oleh lalat.
Hari terus berganti, akhirnya Kupu-kupu telah pulih kembali. Ia
dapat terbang kemana ia suka. Namun, Kupu-kupu yang sekarang telah berbeda
dengan Kupu-kupu yang lama. Ia kini mau berteman dengan sipa saja.
Teman-temannya pun telah memaafkan perbuatan dia yang telah lalu.
Kupu-kupu telah menyadari bahwa kecantikannya itu hanya pemberian
semata Allah SWT. Ia mau berteman dengan siapa saja karena ia tahu tanpa teman
ia tidka bisa berbuat apa-apa.
“Penyesalan
Kupu-kupu”
Komentar
yang tepat terhadap isi teks tersebut adalah….
A.
Isi cerita bagus karena mengajarkan kepada pembaca supaya tidak
sombong
B.
Isi cerita kurang menarik karena menceritakan yang sesungguhnya
C.
Isi cerita bagus tapi tidak ada pesan moralnya
D. Isi
cerita mirip dengan kehidupan nyata
23.
Bacalah
kutipan teks berikut!
Tuk kecil! Sebuah nama yang sangat aneh! Namun, nama itu bukan
nama sebenarnya anak kecil itu. Nama aslinya adalah Carl, namun ketika ia masih
sangat kecil dan belum bisa berbicara dengan jelas, ia sering menyebut dirinya
Tuk. Sulit untuk mengatakan mengapa ia menyebut dirinya Tuk, karena sebutan itu
sama sekali tidak mirip dengan “Carl”, tetapi lama-kelamaan orang tuanya pun
memanggil ia dengan Tuk.
Suatu hari Tuk kecil ditinggalkan sendiri di rumah untuk menjaga
adik perempuannya, Gustava, yang jauh lebih muda darinya dan masih bayi. Namun
pada saat yang bersamaan, Tuk Kecil juga perlu mempelajari tugas yang diberikan
oleh sekolahnya. Tuk kecil harus melakukan kedua tugas tersebut secara
bersamaan.
Pola
pengembangan teks yang tepat adalah… .
A.
Teks tersebut berpola konflik – perkenalan
B.
Teks tersebut berpola perkenalan – pemunculan konflik
C.
Teks tersebut berpola pemunculan masalah – perkenalan
D. Teks
tersebut berpola penyelesaian – pemunculan konflik
24.
Bacalah
kutipan teks berikut!
Kupu-kupu akhirnya lolos dari kedua anak kecil tersebut. Nmaun ia
meraskan sayapnya sakit akibat terbang terlalu kencang. Ia pun merasakan
kepalanya yang sangat pusing. Ia meminta bantuan kepada hewan lainnya, namun
mereka semua enggan menolong Kupu-kupu. Akhirnya, ia pingsan dengan sayapnya
yang patah.
Kupu-kupu tersadar dari pingsannya. Namun ia sangat terkejut saat
ia tahu ia sedari tadi pingsan. Tiba-tiba Lalat datang membawa obat-obatan.
“Syukurlah kau sudah pulih” ujarnya senang.
Kupu-kupu snagat terkejut karena yang menolongnya adalah hewan
yang tadi pagi ia hina. Dia merasa berhutang budi padanya.
“Mm...terima kasih ya kau sudah menolongku, padahal aku sudah
menghinamu” ujarnya malu-malu.
“Tidak apa-apa kok, sudahlah kau tiduran saja. Biar aku dapat
mengobati sayapmu yang patah.
Kupu-kupu menurut. Lalu ia diobati oleh lalat.
Hari terus berganti, akhirnya Kupu-kupu telah pulih kembali. Ia
dapat terbang kemana ia suka. Namun, Kupu-kupu yang sekarang telah berbeda
dengan Kupu-kupu yang lama. Ia kini mau berteman dengan sipa saja.
Teman-temannya pun telah memaafkan perbuatan dia yang telah lalu.
Kupu-kupu telah menyadari bahwa kecantikannya itu hanya pemberian
semata Allah SWT. Ia mau berteman dengan siapa saja karena ia tahu tanpa teman
ia tidka bisa berbuat apa-apa.
“Penyesalan
Kupu-kupu”
Komentar
yang tepat terhadap pola pengembangan teks tersebut adalah… .
A.
Pola pengembangan teks dimulai dari pengenalan tokoh dan latar
tempat serta latar waktu yang terdapat dalam cerita. Pengenalan itu disampaikan
secara tersurat.
B.
Pola pengembangan cerita tersebut dimulai dari lolosnya tokoh
tersbut dari kejaran manusia, tetapi ia kesakitan dan tidak ada yang menolong.
Untunglah ada lalat yang mau menolong, meskipun sebelumnya ia sudah disakiti
oleh tokoh.
C.
Pola pengembangan dimulai dari penampilan garis besar isi cerita
ksrens dengsn membscs cerita tersebut, pembaca mengetahui garis besar jalan
cerita yang sesungguhnya.
D. Pola
pengembangan dimulai dengan menampilkan lokasi karena di dalam kutipan cerita
dimunculkan lokasi cerita, yaitu tempat
tokoh lolos dari dua anak tersebut. Namun ia merasakan sayapnya sakit akibat
terbang terlalu kencang.
25.
Bacalah
kutipan teks berikut!
Tuk kecil! Sebuah nama yang sangat aneh! Namun, nama itu bukan
nama sebenarnya anak kecil itu. Nama aslinya adalah Carl, namun ketika ia masih
sangat kecil dan belum bisa berbicara dengan jelas, ia sering menyebut dirinya
Tuk. Sulit untuk mengatakan mengapa ia menyebut dirinya Tuk, karena sebutan itu
sama sekali tidak mirip dengan “Carl”, tetapi lama-kelamaan orang tuanya pun
memanggil ia dengan Tuk.
Suatu hari Tuk kecil ditinggalkan sendiri di rumah untuk menjaga
adik perempuannya, Gustava, yang jauh lebih muda darinya dan masih bayi. Namun
pada saat yang bersamaan, Tuk Kecil juga perlu mempelajari tugas yang diberikan
oleh sekolahnya. Tuk kecil harus melakukan kedua tugas tersebut secara
bersamaan.
Penggunaan
bahasa yang terdapat pada teks tersebut adalah… .
A.
Banyak menggunakan istilah asing
B.
Banyak menggunakan kata sandang
C.
Banyak menggunakan ungkapan asing
D. Banyak
menggunakan kalimat pertentangan
No. 26 – 30 : Anastasia ( SMP Kristen
4 Surakarta )
26.
Bacalah
kutipan teks berikut!
Sekretaris Eksekutif Tim Nasional Penanggulangan Percepatan
Kemiskinan Bambang Widianto, kemarin, mengatakan, untuk menanggulangi
kemiskinan dan mengurangi ketimpangan secara efektif memang diperlukan upaya
yang sinergis dan . . . . .
Fokus
dimaksudkan agar upaya tersebut disasarkan langsung kepada wilayah yang
membutuhkan. (dikutip: Kompas hari Sabtu, 6/02)
Bacalah
dengan cermat teks diatas! Bagian yang rumpang dari paragraf di atas adalah :
A.
Terpusat C. Layanan
B.
Fokus D. Target
27.
Bacalah teks
dibawah ini dengan cermat!
1.
Daging dipotong kecil-kecil dan tipis
2.
Rebuslah hingga empuk dan tiriskan
3.
. . . . .
4.
Tumislah bumbu hingga menguning, kemudian masukkan daging dan
diaduk
5.
. . . . .
6.
Siram dengan kuah soto, taburi irisan daun bawang, bawang goreng,
dan potongan risoles
Kalimat
yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang adalah....
A. 3. Panaskan wajan dengan api kecil dan beri
sedikit minyak goreng
5. Siapkan mangkuk saji,
susun mie, potongan kol, tomat, dan daging
B. 3. Bersihkan bumbu-bumbu: bawang merah, bawang
putih kemudian haluskan
5. Siapkan mangkok saji,
susun mie, potongan kol, tomat dan daging
C. 3.
Siapkan bumbu dan haluskan 7 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, 2 buah cabai merah besar, 3 kemiri, dan ½ sendok the
ebi
5. Sipakan mangkok saji,
susun mie basah, potongan kol, tomat dan daging
D. 3. Panaskan wajan dengan api kecil dan beri
sedikit minyak
5. Bersihkan daun bawang,
tiriskan, dan diiris halus
28.
Cermati
kalimat-kalimat dibawah ini!
1.
Mayoritas warga Desa Batu Anyar tergolong warga miskin
2.
Kegiatan tersebut ditujukan untuk membantu masyarakat miskin
3.
Adapun warga yang menjadi sasaran adalah warga Desa Batu Anyar
4.
Barang-barang yang kami bagikan adalah pakaian, sembako dan uang
5.
Pada hari Senin yang lalu kami melaksanakan kegiatan bakti sosial
Susunan
kalimat yang tepat agar menjadi paragraf yang tepat adalah....
A.
5-1-4-2-3 C. 4-1-2-3-5
B.
4-5-1-3-2 D. 5-2-3-1-4
29.
Baca
kalimat-kalimat dibawah ini!
1. Teteskan
obat mata pada bagian mata yang sakit
2. Cucilah
tangan dengan sabun
3. Cucilah
dengan sabun kembali
4. Tarik
kelopak mata bagian bawah menggunakan jari telunjuk
5. Pejamkan
mata selama 2-3 menit
6. Condongkan
kepala ke belakang
Urutan
yang tepat berdasarkan petunjuk diatas....
A.
2-6-4-1-5-3 C. 3-2-1-4-5-6
B.
1-2-3-4-5-6 D. 6-1-3-4-2-1
30.
Lampion dan
kue keranjang adalah …. bagi sebagian orang yang merayakan Tahun Baru Imlek.
A.
Kekhasan C. Ciri-ciri
B. Ciri khas D. Keharusan
No. 31 – 35 : Alfiatun ( SMP Al
Muayyad Surakarta )
31.
Cermati teks
di bawah ini!
Laskar Pelangi adalah novel pertama karya Andrea Hirata yang
diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada tahun 2005. Novel ini menceritakan
kehidupan sepuluh anak dari keluarga miskin yang belajar di sekolah
Muhammadiyah di Belitung yang penuh dengan keterbatasan.
Novel ini sangat bermanfaat bagi para remaja.Kelebihan ini antara
lain,(...).Naskah Laskar Pelangi telah diadaptasi menjadi sebuah film berjudul
sama dengan novelnya.
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi teks ulasan tersebut di atas adalah... .
A.
berisi tentang motivasi dan amanat-amanat
yang dapat diambil dari kisah tersebut.
B. berisi tentang kehidupan anak-anak remaja.
C. berisi tentang pergaulan remaja di pedesaan yang
sangat terpencil.
D.
berisi tentang
kehidupan remaja yang sangat sederhana
32.
Cermati teks
di bawah ini!
Wage Rudolf Supratman lahir pada tanggal 9 Maret 1903 di
Sumongari.Supratman sangat pandai bermain sandiwara dan mahir
bermain alat musik. Setiap waktu luang, ia manfaatkan untuk bermain musik
terutama biola.
Keberaniannya mengutarakan pendapat membuat ia diangkat menjadi
pembantu surat kabar Kaoum Moeda di Bandung. Meskipun gaji yang diperolehnya
kecil, ia puas karena ia dapat dengan bebas mengutarakan pendapat serta pikiran
dalam tulisan-tulisannya. W.R. Supratman menulis dan menggubah
lagu-lagu perjuangan untuk mengobarkan semangat nasionalisme dan rasa cinta
tanah air. Ia dikenal sebagai pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya.
Pada saat ia diminta memperdengarkan lagu
Indonesia Raya, dan semua hadirin berdiri khidmat, hal
itulah yang tak terlupakan baginya(...)
(Biografi Wage Rudolf Supratman, Soebagijo I.N.)
Kalimat-kalimat
yang tepat untuk melengkapi teks
biografi di atas adalah....
A.
Ia bekerja keras membanting tulang untuk memenuhi kehidupannya
B. Ia bekerja tanpa pamrih.
Dalam hidupnya, ia lebih suka memberi daripada menerima
C. Ia bekerja tanpa
henti-henti untuk kelangsungan hidupnya,ia tidak suka memberi
D. Ia selalu bekerja siang
dan malam untuk negerinya tapi ia selalu minta imbalan
33.
Cermati teks
di bawah ini!
Popularitas
Sri Sultan Hamengku Buwana VIII memang tidak
seperti Panembahan Senopati, Sultan Agung, Pangeran Mangkubumi, Pangeran
Diponegoro, dan SultanSri Sultan Hamengku Buwana IX. Namun,
peran Raja Yogya ini laksana lentera di kegelapan. Visi global telah berkembang
di istana, meski tanpa perumusan rumit yang memusingkan kepala. Sultan Sri Sultan Hamengku Buwana VIII sadar betul akan
perlunya pendidikan putra-putrinya dalam rangka menghadapi perkembangan dan
perubahan zaman salah satu langkah kontroversial yang ia lakukan adalah
menyingkirkan Dorojatun, putra beliau yang masih belia berumur 4 tahun untuk
kos pada keluarga Belanda, belajar hidup mandiri, jauh dari sikap manja dan
bermalas-malas, serta harus menjalani hidup disiplin dan kerja keras.
Cerpen yang tepat berdasarkan teks di atas adalah....
A. Sultan
Sri Sultan Hamengku Buwana IX.sangatlah berbeda dengan sudara-saudranya,
Namun, peran Raja Yogya ini laksana lentera di kegelapan,dia punya tujuan yang sangat baik
mengembangkan pendidikan untuk putra-putrinya .Bahkan putranyayang masih belia
kos pada keluarga belanda ,belajar hidupmandiri, hidup disiplin dan bekeja keras
B.
Sri Sultan Hamengku Buwono mementing kehidupan sendiri dan
keluarganya,dia juga sama seperti saudara-saudaranya yaitu Pangeran
Diponegoro,puranya dipindahkan ke keluga dekatnya biar dapat bekerja keras
C.
Hameng Kubuwono ke IX adalah raja yang sangat
bijaksana seperti saudara-saudaranya yang kebanyakan menjadi pahlawan pembela
tanah air yaitu Agung, Pangeran Mangkubumi, Pangeran Diponegoro, dan SultanSri
D.
Popularitas Sri Sultan Hamengku
Buwana VIII memang tidak seperti Panembahan Senopati
Sultan Sri Sultan Hamengku Buwana VIII tanpa sadar betul akan perlunya pendidikan putra-putrinya dalam rangka
menghadapi perkembangan dan perubahan zaman salah satu
34.
Cermati
ilustrasi di bawah ini!
Anis
Baswedan adalah salah satu tokoh pendidikan Indonesia yang meluncurkan program “Indonesia Mengajar”. Beliau merekrut anak-anak
muda terbaik lulusan perguruan
tinggi di Indonesia untuk mengabdi sebagai guru di sekolah-sekolah dasar yang ada
di desa-desa di pelosok Indonesia. Lulusan Amerika ini dikenal juga sebagai rektor
termuda karena ia baru berusia 38 tahun saat ia didapuk menjadi Rektor Paramadina
menggantikan Nurcholis Madjid pada 15 Mei 2007. Komitmennya dalam pendidikan
tercermin dalam pernyataannya bahwa pendidikan adalah kunci utama untuk memperoleh
janji kemerdekaan.
tinggi di Indonesia untuk mengabdi sebagai guru di sekolah-sekolah dasar yang ada
di desa-desa di pelosok Indonesia. Lulusan Amerika ini dikenal juga sebagai rektor
termuda karena ia baru berusia 38 tahun saat ia didapuk menjadi Rektor Paramadina
menggantikan Nurcholis Madjid pada 15 Mei 2007. Komitmennya dalam pendidikan
tercermin dalam pernyataannya bahwa pendidikan adalah kunci utama untuk memperoleh
janji kemerdekaan.
Teks biografi yang paling tepat berdasarkan ilustrasi di
atas adalah....
A. Anis Baswedan adalah salah satu tokoh pendidikan Indonesia
yang meluncurkan program kurikulum 2013 yang penilaiannya sangat lengkap.
Lulusan Amerika ini dikenal juga sebagai rektor didapuk menjadi Rektor
Paramadina menggantikan Nurcholis Madjid pada
15 Mei 2007. Komitmennya dalam pendidikan termuda karena ia baru berusia 38
tahun saat ia didapuk
B. Anis Baswedan adalah
salah satu tokoh pendidikan Indonesia yang meluncurkan program indonesia
mengajar dengan sungguh-sungguh dan menyenangkan
C. Anis Baswedan adalah salah satu tokoh pendidikan
Indonesia yang meluncurkan program “Indonesia Mengajar” . Beliau merekrut
anak-anak muda terbaik lulusan perguruan tinggi di Indonesia untuk mengabdi
sebagai guru sekolah dasar di desa-desa di pelosok Indonesia. Komitmennya dalam
pendidikan tercermin, bahwa pendidikan
adalah kunci utama untuk memperoleh janji kemerdekaan
D. Anis Baswedan adalah salah satu tokoh pendidikan Indonesia
yang meluncurkan program “Indonesia Mengajar”. Beliau
merekrut anak-anak muda terbaik lulusan perguruan
tinggi di Indonesia untuk mengabdi sebagai guru di sekolah-sekolah menengah desa-desa di pelosok didapuk menjadi Rektor Paramadina menggantikan Nurcholis Madjid pada 15 Mei 2007. Komitmennya dalam pendidikan
tinggi di Indonesia untuk mengabdi sebagai guru di sekolah-sekolah menengah desa-desa di pelosok didapuk menjadi Rektor Paramadina menggantikan Nurcholis Madjid pada 15 Mei 2007. Komitmennya dalam pendidikan
35.
Cermati data berikut!
(1) Sungai Serayu bersih dan alami.
(2) Airnya jernih dan pemandangannya indah.
(3) Di pinggir sungai terdapat bebatuan
Teks laporan yang tepat
berdasarkan data tersebut adalah…
A.
Semua
orang mengetahui kalau Sungai Serayu itu bersih dan alami. Sungai tersebut
terlihat bersih dan alami karena selalu dibersihkan. Oleh karena itu, setiap
hari banyak sekali orang yang datang kesana untuk memancing.
B. Sungai Serayu tampak bersih. Walaupun air
sungai ini jernih dan tidak ada sampah seikit pun, tetapi tampak kurang indah.
Di pinggirnya terdapat bebatuan yang ditumpuk rata dan rapi. Orang-orang yang
memancing di sekitra sungai itu biasanya duduk-duduk di atas batu tersebut.
C. Sungai Serayu merupakan salah satu objek wisata alam yang
terdapat di Provinsi Jawa Tengah. Sungai yang berhulu di dataran tinggi Dieng
dan memiliki panjang sekitar 30 km ini melintasi lima kabupaten, di Jawa
Tengah.
D. Sungai Serayu tampak bersih dan alami. Sungai
itu berair jernih. Pemandangan di sekitar sungai pun tampak indah. Tidak terdapat
sampah sedikit pun di sekitar sungai itu. Di pinggirnya, terdapat bebatuan yang
ditumpuk rata dan rapi. Orang-orang yang biasanya mancing di sekitar sungai itu
biasanya duduk-duduk di atas batu tersebut.
No. 36 – 40 : Eny Nuryati, S.Pd ( SMP Batik Surakarta )
36.
Bacalah teks berikut dengan
seksama!
Petunjuk menanam anggrek
1. Siapkan
rumpun anggrek
2. Siapkan
arang sebagai media pot
3. Masukkan
rumpun anggrek ke pot
4. Masukkan
arang ke pot
5. Taruk
pot di tempat yang cukup sinar matahari
|
Penggunaan
kata tidak baku terdapat pada kalimat nomor….
A. 1 B. 3 C. 4 D. 5
37.
Bacalah laporan kegiatan
berikut ini!
Pada libur akhir semester ini, kami mengadakan kemah (1). Kami
melaksanakan semua kegiatan-kegiatan sesuai instruksi pemandu (2). Tidak ada
kendala yang berarti dalam kegiatan tersebut (3). Semua kegiatan yang telah
dirancang dapat kami laksanakan dengan baik dan benar tanpa ada kesalahan
satupun (4). Perkemahan telah berjalan sesuai dengan rencana (5).
Kalimat
tidak efektif terdapat pada
kalimat nomor….
A. 1 dan
4 C.
1 dan 3
B. 2
dan 4 D.
3 dan 5
38.
Perhatikan
teks di bawah ini!
Masyarakat di perkotaan terbiasa hidup serba modern. Alat
komunikasi, transportasi, dan teknologi informasi yang canggih menyebabkan
mereka cenderung malas dan kurang bersosialisasi. BBM dan Watshaap adalah media
sosial yang paling banyak diminati di masyarakat. Sebaliknya, masyarakat
pedesaan terbiasa hidup sederhana. Mereka menggunakan peralatan, transportasi,
dan teknologi yang masih tradisional. Mereka pun masih peduli dengan masyarakat
sekitarnya.
Kalimat
sumbang yang terdapat pada paragraf di atas adalah… .
A. Masyarakat
di perkotaan terbiasa hidup serba modern.
B. Alat
komunikasi, transportasi, dan teknologi informasi yang canggih menyebabkan
mereka cenderung malas dan kurang bersosialisasi.
C. BBM
dan Watshaap adalah media sosial yang paling banyak diminati di masyarakat
D. Mereka
pun masih peduli dengan masyarakat sekitarnya sehingga jika ada tindakan
menyimpang dapat terpantau.
39.
Kita harus
membersihkan…supaya air dapat mengalir dan tidak….
Istilah
yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah…
A. selokan,
menggenang C.
selokan, merembes
B. sungai,
mengalir D.
sungai, menggenang
40.
Perhatikan
teks berikut ini!
Ismail Marzuki lahir di Kwitang, Senen, Batavia, 11 Mei 1914.
Ismail Marzuki yang lebih dikenal dengan panggilan Maing ini merupakan salah
satu maestro music legendaris di Indonesia. Ia memang memiliki bakat seni yang
sulit dicari bandingannya. Sosoknya pun mengagumkan. Ia terkenal sebagai pemuda
yang….luhur dan tergolong anak pintar. Ismail sejak muda senang tampil necis.
Bajunya disetrika licin, sepatunya mengkilat, dan ia senang berdasi. Darah seni
Ismail mengalir dari ayahnya.
Kata
yang tepat untuk melengkapi kalimat pada teks di atas adalah….
A. berjiwa C.
bertampang
B. berkepribadian D.
berperasaan
No. 41 – 45 : Vian ( SMP N 14
Surakarta )
41.
Menurut berita
di surat kabar, korban penyakit flu burung sudah mewabah banyak sekali. Berita
tentang banyaknya korban flu burung dilansir oleh harian terkemuka di Jakarta.
Perbaikan
kalimat pertama agar menjadi kalimat efektif adalah….
A. Dari berita di surat kabar, korban penyakit
flu burung sudah mewabah
B. Menurut berita di surat kabar, korban flu
burung sudah mewabah
C. Menurut berita di surat kabar, flu burung sudah
mewabah
D. Berdasarkan berita di surat kabar, korban flu
burung sangat banyak sekali
42.
(1) Dunia
pendidikan semakin hari semakin semarak dan maju. (2) Di era globalisasi ini
tidak sedikit sekolah di Jawa Tengah yang telah membuka dan melaksanakan
program bilingual, (3) dimana selama proses kegiatan belajar mengajar (KBM),
bahasa Inggeris dipergunakan sebagai bahasa pengantar baik oleh guru maupun
para peserta didik. (4) Bahasa Inggeris adalah bahasa internasional.
Kalimat kedua pada kutipan teks di atas
salah, karena....
A. Tidak memiliki subjek
B. Tidak memiliki predikat
C. Menggunakan kata depan yang salah
D. Menggunakan kata yang berlebih-lebihan
43.
Team Mahasiswa
kedokteran akan melakukan uji coba posko-posko bencana banjir yang tersebar di
beberapa RW. Mereka yang membawa obat obatan yang disumbangkan oleh pemilik
apotik yang peduli terhadap menderitanya rakyat yang terkena musibah.
Kata
kata yang salah ejaan pada kutipan teks di atas adalah….
A. Team,
peduli, apotik, Mahasiswa
B. Menderitanya,
peduli, apotik, Mereka
C. Rakyat, peduli, menderitanya, apotik
D. Team, Mahasiswa, apotik, menderitanya
44.
Manakah
penggunaan tanda baca yang benar pada kalimat berikut….
A. Ibu
berkata, Dimana rumahmu? C. Ibu berkata, dimana rumahmu”
B. Ibu
berkata, “Dimana rumahmu?” D. Ibu berkata, “Dimana rumahmu”?
45.
Perhatikan
kalimat berikut
1. Ibu
membeli obat di apotek.
2. Klas
9A diajar oleh ibu guru.
3. Bahasa
Inggeris adalah pelajaran kesukaan Adi
4. Konggres
pemuda pertama ada di Jakarta.
Kalimat
yang menggunakan ejaan yang tepat adalah nomor… .
A. 4 C. 2
B. 3
D.
1
No. 46 – 50 : Suhirman ( SMP N 14
Surakarta )
46.
Bacalah teks
berikut dengan saksama!
Keranjang
bunga kecil mungil sangat menarik warna bentuknya maupun dekorasinya. Manfaat lainnya, dapat dipergunakan sebagai
tempat kue untuk ulang tahun atau tempat kado.
Bahan-bahan yang diperlukan juga sangat sederhana, antara lain kertas
karton berwarna atau kertas duplek, perekat, dan kertas warna-warni untuk dekorasi.
Bentuk dan keranjang bunga ini bisa segi empat, bundar, lonjong, atau bentuk
lainnya seperti yang dikehendaki.
Kesalahan
penulisan tanda baca dalam teks tersebut terdapat kalimat….
A. Keranjang
bunga kecil mungil sangat menarik warna bentuknya maupun dekorasinya
B. Manfaat
lainnya, dapat dipergunakan sebagai tempat kue untuk ulang tahun atau tempat
kado
C. Bahan-
bahan yang diperlukan juga sangat sederhana, antara lain kertas karton berwarna
atau kertas duplek, perekat, dan kertas
warna-warni untuk dekorasi
D. Bentuk
dan keranjang bunga ini bisa segi empat, bundar, lonjong, atau bentuk lainnya
seperti yang dikehendaki
47.
Bacalah teks
berikut dengan saksama!
Bulan
ini adalah bulan agustus, awal aku brangkat ke sekolah lagi setelah libur yang
cukup panjang.Pagi ini awan dilangit berwarna kelabu, matahari enggan
menampakkan sinarnya , hawa pun terasa begitu dingin sehingga membuatku
malas untuk melangkahkan kaki menuju sekolah. Namun karena ini adalah hari
pertamaku sekolah setelah liburan, aku bergegas menuju kamar mandi.
Perbaikan
kesalahan ejaan dan tanda baca yang terdapat pada teks tersebut adalah ....
A. Bulan
ini adalah bulan Agustus, awal aku brangkat ke sekolah lagi setelah libur
yang cukup panjang.Pagi ini awan
dilangit berwarna kelabu, matahari enggan menampakkan sinarnya , hawa pun
terasa begitu dingin sehingga membuatku malas untuk melangkahkan kaki menuju
sekolah. Namun karena ini adalah hari pertamaku sekolah setelah liburan, aku
bergegas menuju kamar mandi.
B. Bulan
ini adalah bulan agustus, awal aku berangkat ke sekolah lagi setelah libur yang
cukup panjang.Pagi ini awan dilangit berwarna kelabu, matahari enggan
menampakkan sinarnya , hawa pun terasa begitu dingin sehingga membuatku
malas untuk melangkahkan kaki menuju sekolah. Namun karena ini adalah hari
pertamaku sekolah setelah liburan, aku bergegas menuju kamar mandi.
C. Bulan
ini adalah bulan Agustus, awal aku berangkat ke sekolah lagi setelah libur yang
cukup panjang.Pagi ini awan di langit berwarna kelabu, matahari enggan
menampakkan sinarnya , hawa pun terasa begitu dingin sehingga membuatku
malas untuk melangkahkan kaki menuju sekolah. Namun karena ini adalah hari
pertamaku sekolah setelah liburan, aku bergegas menuju kamar mandi.
D. Bulan
ini adalah bulan agustus, awal aku brangkat ke sekolah lagi setelah libur yang
cukup panjang.Pagi ini awan di langit berwarna kelabu, matahari enggan
menampakkan sinarnya , hawa pun terasa begitu dingin sehingga membuatku
malas untuk melangkahkan kaki menuju sekolah. Namun karena ini adalah hari
pertamaku sekolah setelah liburan, aku bergegas menuju kamar mandi.
48.
Bacalah teks
berikut dengan saksama!
Tumbuhan
monokotil adalah tumbuhan berkeping satu. Yang dimaksud dengan berkeping satu
adalah tumbuhan ini memiliki biji yang hanya berkeping satu. Ciri-ciri tumbuhan
monokitil sendiri antara lain, batangnya yang tidak berkayu dan tidak memiliki
cabang, daunnya yang memanjang bertulang sejajar, dan akarnya serabut.
Contoh-contoh tumbuhan monokotil adalah tumbuhan pisang, pinus, rumput, kelapa
dan lain-lain. Tumbuhan monokotil pada umumnya berukuran lebih kecil daripada
tumbuhan dikotil.
Perbaikan
kesalahan tanda baca koma yang terdapat pada teks tersebut adalah….
A. Ciri-ciri
tumbuhan monokitil sendiri antara lain batangnya yang tidak berkayu dan tidak
memiliki cabang, daunnya yang memanjang bertulang sejajar, dan akarnya serabut.
B. Ciri-ciri
tumbuhan monokitil sendiri antara lain, batangnya yang tidak berkayu dan tidak
memiliki cabang, daunnya yang memanjang bertulang sejajar dan akarnya serabut.
C. Ciri-ciri
tumbuhan monokitil sendiri antara lain, batangnya yang tidak berkayu dan tidak
memiliki cabang, daunnya yang memanjang bertulang sejajar, dan akarnya
serabut.
D. Ciri-ciri
tumbuhan monokitil sendiri antara lain, batangnya yang tidak berkayu dan tidak
memiliki cabang daunnya yang memanjang bertulang sejajar, dan akarnya serabut.
49.
Bacalah teks
berikut dengan saksama!
Indonesia
yang terletak di kawasan tropis memang mempunyai banyak variasi agroklimat. Ada
kawasan yang ekstrem kering, ada juga yang ekstrem basah. Ada dataran tinggi
yang dingin, ada pula dataran rendah yang panas. Kontur basah yang
menggelombang dan berbukit-bukit juga menguntungkan karena memudahkan sistem
pengairan dengan menggunakan sistem gravitasi,namun menggunakan mesin-mesin
yang berat. Akan tetapi, secara keseluruhan, agroklimat di Indonesia sangat
menguntungkan bagi pengembangan agro bisnis modern.
Penulisan
ejaan “agro bisnis” salah karena….
A.
kata dasarnya adalah “agro”
B.
penulisan harus digabung, yaitu “agrobisnis”
C.
kata dasarnya adalah “bisnis”
D.
harus diberi imbuhan di awal atau di akhir
50.
Bacalah teks berikut dengan saksama
Sang
Pemimpi adalah novel kedua dari tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.
Novel ini menceritakan kisah kehidupannya di Pulau Belitong yang dililit
kemiskinan. Ada tiga remaja SMA yang bermimpi untuk melanjutkan sekolah hingga
ke Prancis menjelajah Eropa hingga ke Afrika. Ikal, Arai dan Jimbron adalah
para pemimpi itu.
Penggunaan
tanda baca koma kalimat keempat dalam teks
tersebut salah karena ....
A. sebelum
kata dan diberi tanda baca koma
B. setelah
kata dan diberi tanda baca koma
C. semestinya
menggunakan kata ganti mereka sehingga tidak menggunakan tanda baca koma
semestinya menggunakan kata tiga remaja S
Tidak ada komentar:
Posting Komentar