KISI-KISI UJIAN SEKOLAH (TERTULIS) KELAS IXTAHUN AJARAN 2015/2016
1. Disajikan teks satu paragraf,
siswa dapat menentukan makna salah satu kata pada teks tersebut.
2. Disajikan teks satu paragraf,
siswa dapat menentukan pertanyaan yang sesuai dengan teks tersebut.
3. Disajikan teks satu paragraf,
siswa dapat menentukan pertanyaan yang sesuai dengan teks tersebut.
4. Disajikan kutipan teks biografi
2 - 3 paragraf, siswa dapat menentukan keistimewaan tokoh pada teks tersebut.
5. Disajikan kutipan teks biografi
2 - 3 paragraf, siswa dapat menentukan sikap atau sifat yang patut diteladani.
6. Disajikan teks yang terdiri atas
2 - 3 paragraf, siswa dapat menentukan judul yang tepat untuk teks tersebut.
7. Disajikan teks yang terdiri atas
2 - 3 paragraf, siswa dapat menentukan kalimat yang menyatakan perbandingan
pada teks tersebut.
8. Disajikan kutipan teks fabel,
siswa dapat menentukan makna kata tertentu pada teks tersebut.
9. Disajikan kutipan teks cerita
pendek, siswa dapat menentukan makna ungkapan yang terdapat pada teks tersebut.
10. Disajikan bagian teks cerita pendek
(perkenalan, pemunculan masalah, konflik, penurunan masalah, atau
penyelesaian), siswa dapat menentukan bagian teks cerita pendek tersebut.
11. Disajikan teks satu pararaf yang
beberapa katanya dirumpangkan, siswa dapat menentukan kata yang tepat untuk
melengkapi paragraf tersebut.
12. Disajikan satu paragraf teks yang
salah satu kalimatnya dirumpangkan, siswa dapat menentukan kalimat yang tepat
untuk melengkapi paragraf tersebut.
13. Disajikan sebuah kalimat yang salah
satu katanya tidak tepat penggunaannya, siswa dapat menentukan perbaikan
penggunaan kata tersebut.
14. Disajikan teks satu paragraf yang
salah satu kalimatnya tidak padu/ sumbang, siswa dapat menentukan kalimat yang
sumbang tersebut.
15. Disajikan teks satu paragraf yang
beberapa katanya tidak tepat ejaannya, siswa dapat menentukan kata-kata
tersebut.
16. Disajikan kalimat yang salah satu
penggunaan tanda bacanya tidak tepat, siswa dapat menentukan tanda baca yang
tepat tersebut.
17. Disajikan teks satu paragraf, siswa
dapat menentukan ide pokok teks tersebut.
18. Disajikan teks satu paragraf, siswa
dapat menentukan kalimat utama teks tersebut.
19. Disajikan teks satu paragraf, siswa
dapat menentukan simpulan teks tersebut.
20. Disajikan teks satu paragraf, siswa
dapat menentukan kalimat yang mendukung permasalahan pada teks tersebut.
21. Disajikan teks satu paragraf, siswa
dapat menentukan pendapat yang menolak terhadap permasalahan pada teks
tersebut.
22. Disajikan teks dua paragraf, siswa
dapat menentukan ringkasan teks tersebut.
23. Disajikan kutipan teks fabel, siswa
dapat menentukan makna simbol pada teks tersebut.
24. Disajikan teks cerita pendek, siswa
dapat menentukan makna simbol pada teks tersebut.
25. Disajikan kutipan teks fabel, siswa
dapat menentukan nilai moral pada teks tersebut.
26. Disajikan kutipan teks fabel, siswa
dapat menentukan latar pada teks tersebut.
27. Disajikan kutipan teks fabel, siswa
dapat menentukan tokoh utama pada teks tersebut.
28. Disajikan kutipan teks cerita pendek,
siswa dapat menentukan pada tema teks tersebut.
29. Disajikan kutipan teks cerita pendek,
siswa dapat menentukan amanat pada teks tersebut.
30. Disajikan kutipan teks cerita pendek,
siswa dapat menentukan bukti wakta salah satu tokohnya.
31. Disajikan kutipan teks cerita pendek,
siswa dapat menentukan penyebab terjadinya konflik pada teks tersebut.
32. Disajikan lima kalimat acak, siswa
dapat menentukan susunan teks laporan yang padu.
33. Disajikan langkah-langkah melakukan
sesuatu secara acak, siswa dapat menentukan urutan langkah-langkah tersebut
yang tepat.
34. Disajikan petunjuk melkukan sesuatu
yang salah satu langkah atau kalimatnya dirumpangkan, siswa dapat menentukan
kalimat pada tepat untuk melengkapinya.
35. Disajikan kalimat yang salah katanya
dirumpangkan, siswa dapat menentukan kata yang tepat untuk melengkapi kalimat
tersebut.
36. Disajikan kalimat yang dirumpangkan,
siswa dapat melengkapinya dengan istilah yang tepat.
37. Disajikan teks satu paragraf yang
salah satu penggunaan istilahnya tidak tepat, siswa dapat menentukan perbaikan
istilah tersebut.
38. Disajikan kalimat yang belum
menggunakan huruf kapital, siswa dapat menentukan penggunaan huruf kapital yang
tepat pada kalimat tersebut.
39. Disajikan kalimat yang belum
menggunakan tanda baca, siswa dapat menentukan penggunaan tanda baca pada
kalimat tersebut dengan tepat.
40. Disajikan dua teks laporan, siswa
dapat menentukan perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut.
41. Disajikan teks ulasan atau resensi
karya sastra, siswa dapat menentukan kalimat yang menyatakan keunggulan karya
sastra tersebut.
42. Disajikan dua teks cerpen/ fabel,
siswa dapat menentukan perbedaan pola pengembagan kedua teks tersebut.
43. Disajikan kutipan teks cerpen/ fabel,
siswa dapat menentukan komentar yang tepat terhadap isi teks tersebut.
44. Disajikan teks percakapan, siswa dapat
menentukan teks laporan sesuai teks tersebut.
45. Disajikan data buku yang disertai
keunggulan dan kelemahan buku tersebut, siswa dapat menentukan teks resensi/
ulasan sesuai data tersebut.
46. Disajikan kalimat yang salah satu kata
penggunaannya tidak tepat, siswa dapat menentukan perbaikan kata tersebut.
47. Disajikan kalimat yang salah satu kata
penggunaannya tidak tepat, siswa dapat menentukan alasan ketidaktepatnnya.
48. Disajikan kalimat yang salah satu kata
tidak tepat ejaannya, siswa dapat menentukan perbaikan ejaan kata tersebut.
49. Disajikan kalimat yang salah dalam
menggunakan tanda baca, siswa dapat menentukan perbaikan tanda baca tersebut.
50. Disajikan kalimat yang salah satu kata
tidak tepat ejaannya, siswa dapat menentukan alasan kesalahaan ejaan kata
tersebut.
MATERI PREDIKSI SOAL UN
2016
1. Makna kata
teks
2. Makna
kalimat pada teks
3. Kalimat
tanya sesuai isi teks
4. Kalimat
utama teks
5. Ide pokok
teks
6. Simpulan isi
teks
7. Simpulan
tanggapan
8. Ringkasan
(dua paragaraf)
9.
Membandingkan penggunaan bahasa
10. Membandingkan
pola penyajian dua jenis teks berbeda
11. Resensi
12. Makna kata
(fabel)
13. Makna tersurat
(cerpen)
14. Makna tersurat
(fabel)
15. Penokohan
(cerpen)
16. Konflik (fabel)
17. Makna simbol
(cerpen)
18. Makna simbol
(fabel)
19. Simpulan isi
tersirat (cerpen)
20. Simpulan isi
tersirat (fabel)
21. Simpulan sebab
akibat konflik (cerpen)
22. Simpulan sebab
akibat konflik (fabel)
23. Perbedaan pola
pengembangan karya sastra (cerpen dan fabel)
24. Perbedaan
penggunaan bahasa karya sastra (cerpen dan fabel)
25. Megomentari
karya sastra (cerpen)
26. Melengkapi
kalimat rumpang (kata konjungsi)
27. Melengkapi teks
prosedur yang rumpang
28. Mengurutkan
langkah-langkah
29. Penulisan kata
baku
30. Parafrase
cerpen ke naskah drama
31. Menulis singkat
resensi berdasarkan data
32. Menyunting kata
paragraf
33. Menyunting
kalimat pada paragraf
34. Melengkapi
kalimat pada paragraf
35. Menyunting kata
istilah pada kalimat
36. Melengkapi kata
turunan/ bentukan pada kalimat
37. Menyunting kata
baku/ tidak baku
38. Menyunting
kalimat efektif
39. Menyunting
kalimat efektif pada paragraf
40. Menyunting
struktur kalimat (SPOK)
41. Menganalisis
kalimat tdak efektif
42. Analisis
keterpaduan paragraf
43. EYD - ejaan
44. EYD - tanda
baca
45. EYD - huruf
kapital
46. EYD - tanda
baca
47. EYD - kata baku
48. EYD - tanda
baca
49. EYD - huruf kapital
50. EYD - tanda
baca
Tidak ada komentar:
Posting Komentar