Kisi UN 2019



KISI-KISI UN 2019 KTSP DAN KURTILAS


Satuan Pendidikan      : SMP                                                  Alokasi Waktu : 120 menit
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia                              Bentuk Soal      : 50 (PG)
Kelas                           : IX                                                      urikulum          Irisan Kur 2006 dan 2013
Jenis Teks yang digunakan: Teks Laporan, Eksposisi, Ulasan, Biografi, Prosedur, Tanggapan Kritis, Cerpen, dan Fabel

NO
LEVEL KOGNITIF
KOMPETENSI
INDIKATOR
JUMLAH SOAL
NOMOR SOAL
1
Pengetahuan dan pemahaman
·    Mengidentifikasi
·    Menentukan
·    Memaknai
Membaca Nonsastra
Disajikan satu kalimat bagian dariteks eksposisi, siswa mampumenentukan makna kata/kalimat pada teks.
1
1
Disajikan sebuahparagraf teks eksposisi, siswa menentukaninformasi tersurat dalam teks tersebut.
1
2
Disajikan sebuah  paragraf teks eksposisi, siswa menentukanbagian teks.
1
3
Membaca Sastra
Disajikan kutipan teks cerpen dan fabel, siswa mampu menentukanmakna tersurat dalam cerpen dan fabel.
2
4
5
Disajikan kutipan teks cerpen dan fabel, siswa mampu menentukanmakna kata dalam cerpen dan fabel.
2
6
7
Disajikan kutipan teks cerpen dan fabel, siswa mampu  menentukan bagian cerpen dan fabel.
2
8
9
Menulis Terbatas
Disajikan teks prosedurberupa paragraf rumpang, siswa mampu melengkapi teks dengan kata atau kalimat.
2
10
11
Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Disajikan paragraf berupa teks laporan, siswa mampumenunjukkan kesalahan penggunaan kata, kalimat, kepaduan paragraf.
3
12
13
14
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Disajikan teks laporan dengan kalimat tidak efektif, siswa mampumenunjukkan kesalahan penggunaan ejaan atau tanda baca.
2
15
16
2
Aplikasi
·      Menunjukkan
·      Menyimpulkan
·      Menemukan Ide
·      Menginterpretasikan
·      Menggunakan
·      Menyusun
Membaca Nonsastra
Disajikan kutipan teks biografi, siswa mampu menentukan ide pokok teks tersebut.
1
17
Disajikan kutipan teks biografi,menyimpulkan isi teks tersebut.
1
18
Disajikan kutipan teks biografi,menyimpulkan pendapat (pro/kontra) dalam teks tersebut.
1
19
Disajikan kutipan teks biografi, siswa dapat meringkas isi teks.
1
20
Membaca Sastra
Disajikan kutipan teks cerpen/fabel, siswa mampu menyimpulkanmakna simbol dalam teks cerpen.
1
21
Disajikan kutipan teks cerpen/fabel, siswa mampu menyimpulkan isi tersurat dalam teks cerpen.
1
22
Disajikan kutipan teks cerpen/fabel, siswa mampu menyimpulkansebab/akibat konfliks dalam teks fabel.
1
23
Menulis Terbatas
Disajikan beberapa kalimat, siswa mampu menyusun urutan kalimat sehingga membentuk teks proseduryang runtut.
1
24
Disajikan teks prosedur yang masih rumpang, siswa mampumelengkapi kata/kalimat/paragraf.
1
25
Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Disajikan kutipan teks tanggapan kritis, siswa mampu menggunakanejaan yang tepat.
1
26
Disajikan kutipan teks tanggapan kritis, siswa mampu menggunakantanda baca dengan tepat.
1
27
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Disajikan kutipan teks tanggapan kritistanpa ejaan, siswa mampumenggunakan ejaan dengan tepat.
1
28
Disajikan kutipan teks tanggapan kritistanpa tanda baca, siswa mampu menggunakan tanda baca dengan tepat. 
1
29
3
Penalaran
·      Mengevaluasi
·      Membandingkan
·      Menanggapi
·      Merefleksi
Membaca Nonsastra
Disajikan beberapa kutipan teks tanggapan kritis, siswa mampumembandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajianbeberapa jenis teks.
2
30
31
Membaca Sastra
Disajikan kutipan teks cerpen dan fabel, siswa mampumembandingkan pola pengembangancerpen dan fabel.
2
32
33
Disajikan kutipan teks cerpen dan fabel, siswa mampumembandingkan penggunaan bahasadalam cerpen dan fabel.
2
34
35
Disajikan kutipan teks cerpen dan fabel, siswa mampumengomentari isi, polapengembangan/bahasanya.
2
36
37
Menulis Terbatas
Disajikan kutipan teks laporan, siswa mampu mengubah teks tersebut dalam bentuk teks biografi.
1
38
Disajikan satu ilustrasi sebagi konteks, siswa mampu menulisteks ulasan sesuai dengan konteks tersebut.
2
39
40
Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Sisajikan teks ulasan, siswa dapatmemperbaiki kesalahanpenggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
3
41
42
43
Disajikan teks eksposisi, siswa mampu menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf.
3
44
45
46
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Disajikan teks prosedur, siswa mampu memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca.
2
47
48
Disajikan teks prosedur, siswa mampu menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca.
2
49
50

KETERANGAN JENIS TEKS DALAM KISI-KISI SOAL PENJAJAKAN UJIAN NASIONAL
NO
JENIS TEKS
JUMLAH
SEBARAN NOMOR  SOAL
1
Teks Laporan
5
12, 13, 14, 15, 16
2
Teks Eksposisi
6
1, 2, 3, 44, 45, 46
3
Teks Ulasan
5
39, 40, 41, 42, 43
4
Teks Biografi
5
17, 18, 19, 20, 38
5
Teks Prosedur
8
10, 11,24, 25, 47, 48, 49, 50
6
Teks Tanggapan Kritis
6
26, 27, 28, 29, 30, 31
7
Teks Cerpen
8
4, 6, 8, 21, 22, 32, 34, 36
8
Teks Fabel
7
5, 7, 9, 23, 33, 35, 37
JUMLAH
50
50


Tidak ada komentar:

Posting Komentar