KISI-KISI UN 2019 KTSP DAN KURTILAS
Satuan Pendidikan : SMP Alokasi Waktu : 120 menit
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia Bentuk Soal : 50 (PG)
Kelas : IX urikulum : Irisan Kur 2006 dan 2013
Jenis Teks yang digunakan: Teks
Laporan, Eksposisi, Ulasan, Biografi, Prosedur, Tanggapan Kritis, Cerpen, dan
Fabel
NO
|
LEVEL KOGNITIF
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
JUMLAH SOAL
|
NOMOR SOAL
|
1
|
Pengetahuan dan pemahaman
· Mengidentifikasi
· Menentukan
· Memaknai
|
Membaca Nonsastra
|
Disajikan satu kalimat bagian dariteks
eksposisi, siswa mampumenentukan makna kata/kalimat pada
teks.
|
1
|
1
|
Disajikan sebuahparagraf teks
eksposisi, siswa menentukaninformasi tersurat dalam teks
tersebut.
|
1
|
2
|
|||
Disajikan sebuah paragraf teks eksposisi, siswa menentukanbagian
teks.
|
1
|
3
|
|||
Membaca Sastra
|
Disajikan kutipan teks cerpen
dan fabel, siswa mampu menentukanmakna tersurat dalam
cerpen dan fabel.
|
2
|
4
|
||
5
|
|||||
Disajikan kutipan teks cerpen
dan fabel, siswa mampu menentukanmakna kata dalam cerpen
dan fabel.
|
2
|
6
|
|||
7
|
|||||
Disajikan kutipan teks cerpen
dan fabel, siswa mampu menentukan bagian cerpen
dan fabel.
|
2
|
8
|
|||
9
|
|||||
Menulis Terbatas
|
Disajikan teks prosedurberupa paragraf rumpang, siswa
mampu melengkapi teks dengan kata atau kalimat.
|
2
|
10
|
||
11
|
|||||
Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
|
Disajikan paragraf berupa teks
laporan, siswa mampumenunjukkan kesalahan penggunaan kata,
kalimat, kepaduan paragraf.
|
3
|
12
|
||
13
|
|||||
14
|
|||||
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
|
Disajikan teks laporan dengan
kalimat tidak efektif, siswa mampumenunjukkan kesalahan
penggunaan ejaan atau tanda baca.
|
2
|
15
|
||
16
|
|||||
2
|
Aplikasi
· Menunjukkan
· Menyimpulkan
· Menemukan
Ide
· Menginterpretasikan
· Menggunakan
· Menyusun
|
Membaca Nonsastra
|
Disajikan kutipan teks
biografi, siswa mampu menentukan ide pokok teks
tersebut.
|
1
|
17
|
Disajikan kutipan teks
biografi,menyimpulkan isi teks tersebut.
|
1
|
18
|
|||
Disajikan kutipan teks
biografi,menyimpulkan pendapat (pro/kontra) dalam teks
tersebut.
|
1
|
19
|
|||
Disajikan kutipan teks
biografi, siswa dapat meringkas isi teks.
|
1
|
20
|
|||
Membaca Sastra
|
Disajikan kutipan teks
cerpen/fabel, siswa mampu menyimpulkanmakna simbol dalam
teks cerpen.
|
1
|
21
|
||
Disajikan kutipan teks
cerpen/fabel, siswa mampu menyimpulkan isi tersurat dalam
teks cerpen.
|
1
|
22
|
|||
Disajikan kutipan teks
cerpen/fabel, siswa mampu menyimpulkansebab/akibat
konfliks dalam teks fabel.
|
1
|
23
|
|||
Menulis Terbatas
|
Disajikan beberapa kalimat, siswa mampu menyusun urutan
kalimat sehingga membentuk teks proseduryang
runtut.
|
1
|
24
|
||
Disajikan teks prosedur yang
masih rumpang, siswa mampumelengkapi kata/kalimat/paragraf.
|
1
|
25
|
|||
Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
|
Disajikan kutipan teks
tanggapan kritis, siswa mampu menggunakanejaan yang tepat.
|
1
|
26
|
||
Disajikan kutipan teks
tanggapan kritis, siswa mampu menggunakantanda baca dengan
tepat.
|
1
|
27
|
|||
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
|
Disajikan kutipan teks
tanggapan kritistanpa ejaan, siswa mampumenggunakan ejaan
dengan tepat.
|
1
|
28
|
||
Disajikan kutipan teks
tanggapan kritistanpa tanda baca, siswa mampu menggunakan tanda
baca dengan tepat.
|
1
|
29
|
|||
3
|
Penalaran
· Mengevaluasi
· Membandingkan
· Menanggapi
· Merefleksi
|
Membaca Nonsastra
|
Disajikan beberapa kutipan teks
tanggapan kritis, siswa mampumembandingkan
penggunaan bahasa dan pola penyajianbeberapa jenis teks.
|
2
|
30
|
31
|
|||||
Membaca Sastra
|
Disajikan kutipan teks cerpen
dan fabel, siswa mampumembandingkan pola pengembangancerpen dan
fabel.
|
2
|
32
|
||
33
|
|||||
Disajikan kutipan teks cerpen dan fabel, siswa mampumembandingkan
penggunaan bahasadalam cerpen dan fabel.
|
2
|
34
|
|||
35
|
|||||
Disajikan kutipan teks cerpen
dan fabel, siswa mampumengomentari isi, polapengembangan/bahasanya.
|
2
|
36
|
|||
37
|
|||||
Menulis Terbatas
|
Disajikan kutipan teks laporan, siswa
mampu mengubah teks tersebut dalam bentuk teks biografi.
|
1
|
38
|
||
Disajikan satu ilustrasi sebagi konteks, siswa mampu menulisteks ulasan sesuai dengan konteks tersebut.
|
2
|
39
|
|||
40
|
|||||
Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
|
Sisajikan teks ulasan,
siswa dapatmemperbaiki kesalahanpenggunaan kata, kalimat, dan
ketidakpaduan paragraf
|
3
|
41
|
||
42
|
|||||
43
|
|||||
Disajikan teks eksposisi,
siswa mampu menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan
ketidakpaduan paragraf.
|
3
|
44
|
|||
45
|
|||||
46
|
|||||
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
|
Disajikan teks prosedur,
siswa mampu memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan dan tanda
baca.
|
2
|
47
|
||
48
|
|||||
Disajikan teks prosedur,
siswa mampu menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan dan
tanda baca.
|
2
|
49
|
|||
50
|
KETERANGAN JENIS TEKS DALAM KISI-KISI SOAL PENJAJAKAN UJIAN
NASIONAL
NO
|
JENIS TEKS
|
JUMLAH
|
SEBARAN NOMOR SOAL
|
1
|
Teks Laporan
|
5
|
12, 13, 14, 15, 16
|
2
|
Teks Eksposisi
|
6
|
1, 2, 3, 44, 45, 46
|
3
|
Teks Ulasan
|
5
|
39, 40, 41, 42, 43
|
4
|
Teks Biografi
|
5
|
17, 18, 19, 20, 38
|
5
|
Teks Prosedur
|
8
|
10, 11,24, 25, 47, 48, 49, 50
|
6
|
Teks Tanggapan Kritis
|
6
|
26, 27, 28, 29, 30, 31
|
7
|
Teks Cerpen
|
8
|
4, 6, 8, 21, 22, 32, 34, 36
|
8
|
Teks Fabel
|
7
|
5, 7, 9, 23, 33, 35, 37
|
JUMLAH
|
50
|
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar