NASKAH SOAL
1.
Bacalah kutipan teks di
bawah ini dengan saksama!
Sistem pendidikan di Indonesia dewasa ini
mengalami suatu perubahan yang sangat signifikan.
Perubahan tersebut berkaitan dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia
pendidikan Indonesia. Kurikulum 2006 yang sejak lama dipakai diganti dengan
Kurikulum 2013. Walaupun tidak semua sekolah menggunakan kurikulum ini,
pembelajaran tetap berjalan sebagaimana mestinya.
|
Makna
kata tercetak miring dalam paragraph tersebut adalah….
A.
cepat
B. penting
C.
sulit
D.
maju
2.
Bacalah kutipan teks
ulasan di bawah ini!
Buku Pencegahan Pencemaran Pupuk
dan Pestisida menggunakan bahasa yang mudah sekali untuk dimengerti. Cara penyampaian isi buku ini pun tidak
terkesan bertele-tele. Sayangnya, pemberian sampul pada buku ini kurang
tepat. Warna sampul buku tidak menarik. Apabila sampulnya diberi warna
sedikit lebih cerah, buku ini akan lebih bagus. Keinginan membaca seseorang
biasanya tergantung dari sampulnya.
|
Makna
kalimat yang tercetak miring pada teks di atas adalah …
A.
Cara penyampaian isi
buku tersebut kurang jelas.
B.
Cara penyampaian isi
buku tersebut melantur.
C. Cara penyampaian isi buku tersebut mudah dipahami.
D.
Cara penyampaian isi
buku tersebut tidak jelas pangkal ujungnya.
3. Bacalah kutipan teks di bawah ini dengan saksama!
Ki Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta,
2 Mei 1889. Terlahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Ia berasal
dari lingkungan keluarga keraton Yogyakarta. Saat berusia 40 tahun, ia
berganti nama menjadi Ki Hadjar Dewantara. Sejak saat itu, ia tidak lagi
menggunakan gelar kebangsawanan di depan namanya. Hal ini dimaksudkan supaya
ia dapat bebas dekat dengan rakyat. Ia ulet sebagai seorang wartawan muda,
juga aktif dalam organisasi sosial dan politik. Pada tahun 1908, ia aktif di
seksi propaganda Boedi Oetomo untuk mensosialisasikan dan menggugah kesadaran
masyarakat Indonesia mengenai pentingnya persatuan dan kesatuan dalam
berbangsa dan bernegara.
|
Hal yang patut
diteladani pada tokoh tersebut adalah...
A.
ulet sebagai
seorang wartawan dan aktif dalam berorganisasi.
B. berganti nama supaya dapat dekat dengan rakyat.
C. bangga mendapat sahabat seperti Boedi Oetomo.
D. dilahirkan di keluarga keraton.
3.
Bacalah
paragraf teks prosedur berikut!
(1)
Perkembangbiakan tanaman dapat dilakukan melalui pencangkokan. (2) Selain
mudah dilakukan, pencangkokan juga murah biayanya. (3)Pencangkokan dilakukan
untuk mendapatkan keturunan yang lebih baik pada suatu tumbuhan sehingga
pemanfaatannya terhadap tumbuhan tersebut lebih maksimal. (4)Cara ini dapat
dilakukan pada tumbuhan berkayu yang mudah dicangkok.
|
Kalimat utama pada paragraf di atas
ditunjukkan oleh kalimat nomor….
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1
5. Bacalah penggalan teks tanggapan kritis di bawah ini!
Minuman tradisional merupakan warisan nenek moyang yang harus
dilestarikan. Minuman tradisonal tanpa bahan pengawet. Minuman tradisional
lebih sehat daripada minuman kemasan ala luar negeri. Sebaliknya, minuman
kemasan ala luar negeri menggunakan bahan pengawet. Minuman tradisional lebih
mudah dibuat sendiri daripada minuman kemasan ala luar negeri. Bahannya pun
mudah didapatkan.
|
Ide pokok teks di atas adalah ….
A.
minuman tradisional menyegarkan
B.
minuman tradisional mudah dibuat
C.
minuman tradisional menyehatkan
D.
minuman tradisional harus dilestarikan
6.
Bacalah teks – teks
berikut dengan saksama !
Dalam artikel “ Fenomena Tas KW dan
ancaman pidana” di situs kompasiana.com,
Widi Kurniawan mengulas adanya ancaman hukuman pidana tujuh tahun bagi
pembeli tas KW atau tiruan. Kita tidak perlu malu untuk membeli produk asli
dalam negeri tanpa embel – embel merek terkenal, tetapi tiruan.
Saya setuju dengan kalimat terakhir
tulisan tersebut. Lebih baik kita membeli produk asli dalam negeri. Para
pemburu tas KW itu sebenarnya tahu jika tas – tas tersebut palsu. Mereka
sengaja membelinya agar terlihat keren karena untuk membeli yang asli tidak
mampu.
|
Simpulan teks tanggapan kritis
tersebut adalah ...........
A. Kita
harus menabung dahulu agar dapat membeli produk tas yang asli.
B. Kita
lebih baik membeli produk buatan dalam negeri yang serupa.
C. Kita lebih baik membeli produk asli dalam negeri sesuai kemampuan.
D. Kita
harus teliti saat membeli produk agar tidak tertipu produk palsu.
7.
Bacalah teks berikut
dengan saksama!
Sepak bola adalah
salah satu olahraga yang disukai remaja laki – laki. Berawal dari hobinya,
remaja diharapkan dapat membangun kembali persepakbolaan Indonesia yang
pernah berjaya di Asia.
Pada saat ini, PSSI telah memberikan
banyak perhatian bagi remaja yang berprestasi dibidang sepak bola, sebut saja
sekarang sudah ada tim Indonesia U-15 dan liga Pendidikan Indonesia usaha pemerintah
tersebut telah memunculkantalenta talenta muda berbakat tanah air ,seperti
Evan Dimas ,Ravi Murdianta, dan Maldini Pali.
Kita harus membantu usaha PSSI dalam
mencari remaja yang berprestasi dibidang sepak bola. Marilah dukung pesepak
bola Indonesia agar suatu hari nanti sepak bola Indonesia bisa kembali
berjaya di Asia.
|
Simpulan isi paragraf ketiga teks
eksposisi tersebut adalah ...
A. Indonesia
punya banyak remaja berbakat dibidang sepak bola.
B. Kita harus mendukung usaha membangkitkan kembali persepakbolaan
Indonesia.
C. Indonesia
adalah macan Asia dibidang sepak bola .
D. Pemerintah
gencar mencari bibit pesepak bola melalui Liga Pendidikan Indonesia.
8. Bacalah teks berikut
dengan seksama !
Selama lebih dari tiga bulan, para korban kabut asap kebakaran hutan
di Provinsi Sumatra dan Kalimantan hidup terpapar asap. Paru – paru mereka
terpaksa harus menghirup oksigen bercampur asap yang berbahaya bagi
kesehatan. Mereka tidak punya pilihan lain. Jika mau aman, mereka harus
meninggalkan rumah dan mengungsi sejenak di provinsi tetangga. Akan tetapi,
tidak semua warga sanggup.
Dalam tekanan seperti ini, warga Sumatra dan Kalimantan mempunyai
motivasi hidup yang tinggi. Mereka bukan hanya bertahan, tetapi menjadi
penyintas. Berjuang mempertahankan hidupnya, hidup keluarganya, bahkan
hiduporang lain.
|
Ringkasan teks yang tepat adalah
...
A. Para
korban kabut asap kebakaran hutan hidup terpapar asap. Akibatnya mereka
menderita berbagai penyakit.
B. Warga
Sumatra dan Kalimantan berjuang mempertahankan hidupnya.
C. Selama lebih dari tiga bulan para korban kebakaran huutan di Sumatra
dan Kalimantan hidup terpapar asap. Akan tetapi, mereka memiliki motivasi hidup
yang tinggi.
D. Para
warga mengungsi ke provinsi tetangga untuk menghindari dampak kabut asap.
9. Bacalah
teks–teks berikut dengan saksama !
Teks
1
Syekh
Yusuf Tajul Khalwati lahir pada 3 Juli 1626 di Gowa, Sulawesi Selatan, dengan
nama Muhammad Yusuf. Nama ini di berikan oleh Sultan Alauddin, Raja Gowa,
yang juga adalah kerabat ibunda beliau. Pada usia 18 tahun, beliau melakukan
perjalanan untuk berhaji. Sekembalinya dari Mekah pada tahun 1664, Syekh Yusuf kembali ke Banten dan
membantu perjuangan Sultan Banten melawan VOC. Belanda yang masih menganggap Syekh Yusuf berbahaya kemudian
mengasingkan beliau ke Afrika Selatan.
Teks
2
Nelson Mandela ternyata terinspirasi oleh Syekh Yusuf dari Makassar.
Syekh Yusuf merupakan tokoh agama sekaligus pejuang melawan Belanda yang
diasingkan ke Afrika Selatan oleh Belanda. Teranyata, perjuangannya telah
menginspirasi Nelson Mandela, Bapak Pejuang Hak Asasi Manusia Dunia untuk
menghapus apharteid atau pemisahan
ras yang pernah berlaku di Afrika Selatan. Apa yang dilakukan Syekh Yusuf
telah memberi andil bagi perusahaan dunia. Bahkan, Nelson Mandela pernah
berkata tentang Syekh Yusuf “pahlaawan Indonesia tersebut adalah salah
seorang putra terbaik Afrika”.
|
Perbedaan
penggunaan bahasa dalam kedua teks tersebut adalah ...
A. Teks
1 mengunakan kalimat pasif. Teks 2 menggunakan kalimat aktif.
B. Teks 1 menggunakan kata “beliau” karena ditulis dengan sudut pandang
orang ketiga. Teks 2 tidak menggunakan kata tersebut.
C. Teks
1 menggunakan kalimat tak langsung. Teks 2 menggunakan kalimat langsung.
D. Teks
1 diawali dengan penjelassan siapa.
Teks 2 diawali dengan penjelasan apa.
10.
Bacalah kedua teks
berikut dengan seksama !
Teks
1
John Ronald Reuel Tolkien atau lebih
dikenal dengan nama J. R. R. Tolkien lahir pada tanggal 3 Januari 1982 di
Orange Free State, Bloemfontein, Afrika Selatan. Ia biasa dipanggil Ronald
oleh teman – teman dan keluarganya. Ia bersekolah di King’s Edward School. Di
sana, ia mempelajari sastra Anglo – Saxon kuno dan Inggris kuno pertengahan.
Ia mempunyai talenta yang hebat di bidang linguistik.
Teks
2
Novel
The Hobbit mungkin terlihat seperti
buku cerita fantasi biasa. Akan tetapi, penting untuk diketahui bahwa buku
inilah yang memberikan pengaruh besar pada genre novel fantasi ketika buku
ini diterbitkan pertama kali pada tahun 1937. Si pengarang J. R. R. Tolkien,
tak hanya menulis cerita tentang makhluk – makhluk aneh, tetapi juga menciptakan
sebuah dunia fantasi, lengkap dengan sejarahnya sendiri, geografi, dan
bahasa.
|
Perbedaan
penggunaan bahsaa dalam kedua teks tersebut adalah ..................
A. Teks
1 menggunakan kalimat aktif. Teks 2 menggunakan kalimat pasif.
B. Teks
1 menggunakan kalimat tak langsung. Teks 2 menggunakan kalimat langsung.
C. Teks
1diawali dengan penjelasan apa. Teks
2 diawali dengan penjelasan siapa.
D. Teks 1 menggunakan kata “ia” karena ditulis dengan sudut pandang
orang ketiga. Teks 2 meggunakan kata “buku ini”.
11.
Bacalah kutipan teks di
bawah ini dengan saksama!
Kelebihan
buku Supernova episode Akar tidak
lagi banyak dicantumkan footnote.
Di sini pengarang juga menyampaikan arti kesetiakawanan tinggi antar sesama backpakker. Dalam cerita ini pengarang
juga mengajarkan kita dalam penguasaan beberapa bahasa asing dan tidak adanya
diskriminasi dalam suatu komunitas.
Hanya
dalam penggunaan bahasa, terkadang menggunakan bahasa yang tingkat tinggi
yang tidak semua kalangan dapat memahaminya walaupun penggunaannya tidak sebanyak
novel Supernova episode pertama yang berjudul, Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh.
|
Kalimat
yang tepat untuk menyatakan kelemahan buku tersebut adalah ... .
A.
Buku Supernova episode
Akar tidak lagi banyak dicantumkan Footnote.
B.
Dalam buku ini pengarang
mengajarkan kita dalam penguasaan beberapa bahasa asing.
C. Masih menggunakan bahasa tingkat tinggi yang kadang pembaca kesulitan untuk memahaminya.
D.
Pengarang menyampaikan
kesetiakawanan tinggi anta sesama.
12. Bacalah
kutipan fabel berikut!
Seekor beruang mengelilingi hutan mencari
buah-buahan. Ia menemukan pohon tumbang.
Pohon tersebut terdapat sarang tempat lebah menyimpan madu. Beruang itu mulai
mengendus- endus dengan hati-hati di sekitar pohon tumbang tersebut. Tepat pada saat itu, sekumpulan
kecil lebah terbang pulang dengn membawa banyak madu. Lebah –lebah tersebut
tahu maksud sang beruang. Mereka terbang mendekati sang beruang, lalu
menyengatnya dengan tajam. Kemudian, mereka terbang ke lubang batang pohon.
|
Kata
yang bercetak miring tersebut mengandung makna....
A.
jatuh
B. rebah
C.
patah
D.
runtuh
13. Bacalah
kutipan cerpen berikut !
Murni
sakit hati. Ia tahu racun api itu mahal. Kalau pun ada uang untuk membeli
baru, tentulah berkurang uang pengganti kalungnya yang telah terjual dulu.
Oleh karena itu, ia tidak bermaksud
untuk memberi tahu suaminya. Jika petugas itu datang lagi, ia akan
berusaha menghindar. Sementara hari-hari yang dinantikan itu makin dekat,
saat sebuah mobil pengangukatn barang datang menjemput pesanannya.
Diperhatikannya mobil-mobil yang lewat. Kalau-kalau di antara mobil yang
ditunggunya.
|
Pernyataan yang
menunjukkan tokoh Murni pengecut adalah ... .
A. Murni akan menghindar jika pegawai dari Balai Kota datang
B. Murni
mengatakan kepada petugas bahwa racun apinya masih baru
C. Murni
tidak memberi tahu suaminya tentang kedatangan petugas
D. Murni
tidak akan membeli racun api karena mahal harganya.
14. Perhatikan
kutipan cerpen berikut !
Dan waktu pun berlalu. Akhirnya, aku lulus dari
SMK. Seperti anak yang lainnya, pasti ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.
Akan tetapi, tidak denganku. Aku hanya ingin cepat membuat mamaku tersenyum
ikhlas untuk kami. Tanpa ada beban yang mengganjal senyum indahnya. Aku
berniat untuk bekerja ke luar negeri. Tujuanku untuk melunasi hutang-hutang
bank milik keluargaku. Berat hati inimeninggalkan mama dan yang lainnya. Akan
tetapi, aku yakin bahwa saat aku pulang nanti akan kulihat senyum terindah
dari mamaku.
|
Amanat
kutipan cerpen tersebut adalah ... .
A.
raihlah cita-cita
setinggi langit
B. membalas budi orang tua
C.
bekerjalah dengan tekun
D.
bersikaplah sopan
kepada orang tua
15. Cermatilah
teks berikut!
Pada suatu hri, ketika kancil sedang mandi di tepi
sungai, kakinya digigit oleh buaya.
Kancil lalu berkata,” Hai, Buaya, kamu salah. Bukan kakiku yang kamu gigit,
tetapi sebatang kayu yang mengapung.” Kancil mencocokan sebatang kayu dan
berkata, “Inilah kakiku.” Lalu, buaya melepaskan kaki kancil dan menggigitkan
dahan kayu itu. Segera Kancil melompat jauh ke darat sambil menertawakan
Buaya.
|
Tema
cerita tersebut adalah ...
A.
kesombongan kancil
B.
kemalasan kancil
C. kecerdikan kancil
D.
tipu daya buaya
16. Perhatikan
kutipan teks fabel berikut !
Ketika sedang sibuk mencari batu tajam
tersebut, ia mendengar suara-suara aneh di belakangnya. Alangkah terkejutnya
Towjatuwa ketika ia melihat seekor buaya besar di depannya. Ia sangat
ketakutan dan hampir pingsan.Buaya besar itu pelan-pelan bergerak ke arah
Towjatuwa. Tidak seperti buaya lainnya, binatang ini memilikibulu-bulu dari
burung Kaswari di punggungnya. Sehingga ketika buaya itu bergerak, binatang
itu tampak sangatmenakutkan.
Namun, saat Towjatuwa hendak melarikan diri,
buaya itu menyapanya dengan ramah dan bertanya apa yang sedang ia lakukan.
Towjatuwa pun menceritakan keadaan isterinya. Buaya ajaib ini pun berkata:
”Tidak usah khawatir, saya akan datang ke rumahmu nanti saat purnama separuh
bayang dalam pelukan kelam. Saya akan menolong isterimu melahirkan.”Towjatuwa
pulang menemui isterinya. Dengan sangat berbahagia, ia pun menceritakan perihal
pertemuannya dengan seekor buaya ajaib.
|
Frasa
purnama separuh bayang dalam pelukan
kelam dalam cerita tersebut dapat disimpulkan sebagai ....
A. keputusasaan
B. Kesedihan
C. suasana mendung
D. malam
17. Bacalah kutipan cerpen berikut !
“Patut ayah bersedih. Wajar
kiranya ia kehilangan senyum,” kataku lirih menatap Pak Jupri .
“Itulah yang memprihatinkan ayahmu, juga kami para guru di sini,”
tanggap Pak Jupri.
Sepulang dari menemui Pak Jupri, aku
menemui adikku, Elina. “ Jadi, ayah
bersedih karena dari perintah soal yang diberikannya itu tidak seorang pun anak-anak
yang bercita-cita menjadiguru,” Elina brtanya nyaris tak percaya.
“Ya. Bahkan, alasan mereka, jadi guru itu
susah. Gajinya juga kecil. Kalau tak ada pilihan lain, baru jadi guru.
Umumnya anak-anak bercita-cita ingin menjadi dokter,” terangku.
“Lalu
apa tanggapan Pak Jupri?”
“Ia menyadari ketika anak-anaknya pun di
rumah tak ada yang bercita-cita jadi guru, persis dengan kita anak ayah ini!”
|
Isi
tersirat kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Menjadi
seorang guru bukanlah pekerjaan mudah karena diperlukan kesabaran dan keiklasan
dalam menerima gaji.
B.
Kekhawatiran tokoh aku
melihat perubahan pada senyum Pak Jupri yang disebabkan murid-muridnya
bercita-cita menjadi dokter.
C. Kesedihan dan kekecewaan seorang ayah karena diantara murid dan
anak-anaknya tidak ada yang bercita-cita menjadi guru seperti dirinya.
D. Kesedihan
seorang Pak Jupri melihat murid-muridnya lebih memilih bercita-cita menjadi
guru daripada menjadi seoarang dokter.
18 . Cermati Kutipan teks fabel berikut!
“ Kera, bagi aku pisangnya!” pinta Katak dari
bawah pohon. “
Kamu ‘kan tidak bisa memanjat, Tak! Ini kamu makan kulitnya saja! Jawab kera.
Katak terus memakasa Kera untuk memberikan buah pisangnya, tetapi kera tidak
peduli dan terus memakan pisang sehingga Katak marah.
“Cepatlah kamu habiskan buah pisangnya karena
pohon ini sebentar lagi akan kutebang”kata katak. Namun kera tidak
mengacuhkan Katak sehingga Katak makin marah. Akhirnya Katak menebang pohon
pisangnya.
|
Penyebab
konflik dalam kutipan fabel tersebut adalah ....
A. Kera
makan pisang.
B.
Kera memberi kulit
pisang pada Katak.
C. Kera tidak mau membagi pisang pada Katak.
D.
Katak menebang pohon
pisang.
19.
Perhatikan kutipan cerpen berikut!
Siang itu begitu terik pancaran sinar matahari
membakar punggung Emak yang tengah mengumpulkan batu-batu kali dari sungai
yang mengering. Tampaknya kemarau sudah kelewatan. Padahal, sekarang sudah
memasuki bulan Desember. Bulan yang disebut-sebut sebagai bulan hujan. Namun,
hujan justru di bulan ini tidak turun meski setetes. Hal inilah yang
menyebabkan penduduk di desaku termasuk Emak berganti pekerjaan
mengumpulkanbatu-batu di sungai karena tanah persawahan kering kerontang.
|
Akibat konflik dalam kutipan cerpen tersebut
adalah ....
A. sungai
mengering
B.
kemarau berkepanjangan
C.
sinar matahari membakar
punggung Emak
D. penduduk berganti pekerjaan mengumpulkan batu-batu di sungai
20. Bacalah kedua kutipan cerpen berikut!
Kutipan cerpen I
Pekerjaan
ini bukan pilihanku sendiri. Ketika lulus SD, orang tuaku menasihati agar aku
masuk sekolah guru. Katanya sangat cocok bagi wanita. Untuk membujukku ibuku
menambahkan bahwa libur guru sama panjangnya dengan libur anak sekolah
melebihi orang yang bekerja di kantor. Kata-kata itu diucapkan orang tuaku
karena mereka mengetahui pekerjaan apa yang sebenarnya kuinginkan. Aku
bercita-cita menjadi sekretaris
Kutipan cerpen
II
“ Maaa ….” Shasa
mengetuk pintu kamar mandi. Tak ada jawaban. Dengan cemas, Shasa mengulangi ketukannya dengan lebih
keras.
“ Mamaaaa ….”
Tanpa sadar Shasa setengah menjerit. Rasa takut melanda hatinya. Aduhh…
kenapa mama tidak menjawab panggilannya? Diputarnya pegangan pintu kamar
mandi. Terkunci! Aduhh …. Bagaimana ini? Bagaimana kalau mama pingsan?
“Mamaaaa ….”Kali
ini Shasa benar-benar menjerit. Jantungnya terasa berdetak lebih cepat. Shasa
benar-benar ketakutan digedor-gedornya pintu kamar mandi. Air matanya sudah
hampir menetes ketika pintu kamar mandi itu akhirnya terbuka. Mama berdiri di sana dengan wajah pucat dan basah.
“M …a…Ma …Mama
kenapa?” Shasa bertanya terbata-bata. Mama tidak menjawab, hanya memegangi
perutnya. “Maag mama kambuh ya? Tanya Shasa lagi .Kadang-kadang kalau penyakit maag mama kambuh, mama
suka muntah-muntah.
|
Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan cerpen tersebut
adalah ....
Kutipan Cerpen I
|
Kutipan Cerpen II
|
||||
A.
|
menggunakan alur maju
|
menggunakan alur sorot balik
|
|||
B.
|
menggunakan alur sorot balik
|
menggunakan alur maju
|
|||
C.
|
menggunakan alur maju
|
menggunakan alur campuran
|
|||
D.
|
menggunakan alur sorot balik
|
menggunakan alur campuran
|
21. Bacalah kedua kutipan fabel berikut!
Kutipan
Fabel I
Seekor singa merungut dan menderam kepada seekor
nyamuk yang asyik terbang berlegar di kepalanya ketika dia cuba melelapkan
mata.
"Pergi kamu dari sini sebelum aku memijakmu
dengan kakiku," ngaumnya.
"Aku tidak takut'padamu," kata nyamuk.
"Kamu mungkin digelar Raja Rimba, tapi aku
lebih kuat daripada kamu. Aku juga boleh membuktikannya. Mari berlawan dan
lihat siapa yang menang," singa pun bersetuju.
Nyamuk dengan pantas menjunam ke arah singa dan menggigitnya bertalu-talu di hidung dan telinganya. Ketika cuba memijak nyamuk itu, singa tercakar diri sendiri dengan kukunya yang tajam hingga berdarah.
"Cukup, cukuplah! Kamu, menang," jerit
singa.
Kutipan Fabel II
Pada suatu musim yang sangat kering, di mana saat
itu burung-burung pun sangat sulit mendapatkan sedikit air untuk diminum,
seekor burung gagak menemukan sebuah kendi yang berisikan sedikit air. Tetapi
kendi tersebut merupakah sebuah kendi yang tinggi dengan leher kendi sempit.
Bagaimanapun burung gagak tersebut berusaha untuk mencoba meminum air yang
berada dalam kendi, dia tetap tidak dapat mencapainya.
Burung gagak tersebut hampir merasa putus asa dan merasa akan meninggal karena kehausan. |
Perbedaan
penggunaan bahasa pada kutipan fabel tersebut adalah ....
A. Kutipan
I menggunakan majas.
Kutipan II menggunakan ungkapan.
B. Kutipan
I bahasa mudah dipahami.
Kutipan II bahasa sulit dipahami.
C. Kutipan
I kalimat menggunakan dialog.
Kutipan II
kalimat tidak menggunakan dialog.
D. Kutipan I menggunakan bahasa Melayu.
Kutipan II menggunakan bahasa Indonesia
22. Simak
kutipan teks cerita fabel berikut:
Pada
suatu pagi sang Semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, genangan
lumpur terdapat di mana-mana. Lumpur yang licin membuat semut tergelincir dan
jatuh ke dalam Lumpur. Sang Semut hampir tenggelam dalam genangan lumpur itu.
Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan.“Tolong, bantu aku!
Aku mau tenggelam, tolong..., tolong...!”
Untunglah
saat itu ada seekor Kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupu-kupu
menjulurkan sebuah ranting ke arah semut. “Semut, peganglah erat-erat ranting
itu! Nanti aku akan mengangkat ranting itu.” Lalu, sang semut memegang erat
ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat
yang aman.
|
Kupu-kupu
dikatakan memiliki hati yang mulia karena ....
A.
sang Semut kembali berjalan ke taman
B. sang
Semut hampir tenggelam dalam genangan lumpur
C. kupu-kupu
menjulurkan sebuah ranting ke arah semut
D. kupu-kupu tetap mau menolong semut yang pernah mengejeknya
23. Bacalah
kutipan cerita fabel berikut ini!
Burung Hantu dan Belalang
Burung hantu selalu tidur di siang hari. Ia
akan bangun setelah matahari terbenam, ketika cahaya merah memudar dari
langit. Dia menggeliat dan berkedip dari lubang pohon tua. Sekarang dia
berseru, “Hoo hoo hoo” bergema melalui kayu yang rimbun dan ia mulai berburu
serangga.
Ia
adalah seekor Burung Hantu Tua yang galak, terutama jika ada yang mengganggu
saat ia tidur. Suatu sore musim panas yang hangat, saat ia tertidur jauh di
dalam lubang pohon tua. Belalang di dekatnya mulai menyanyikan lagu gembira
namun sangat menyesakkan telinga. Burung Hantu Tua itu menengok dari lubang
pohon yang digunakan sebagai pintu dan jendela.
“Pergi dari sini, Tuan,” katanya
kepada Belalang tersebut. “Apakah Anda tidak memiliki sopan santun?”
lanjutnya. “Anda setidaknya harusmenghormati usia saya dan membiarkan saya
tidur dengan tenang!” lanjut Sang Burung Hantu Tua itu.
Akan
tetapi, Belalang menjawab dengan kasar bahwa ia juga berhak beradadi tempat
ini. Lalu ia meneriakkan suara lebih keras dan lagu yang lebih berisik.
Burung Hantu yang bijak tahu benar bahwa tak ada gunanya berdebat dengan
Belalang keras kepala ini. Selain itu, matanya semakin rabun untuk
memungkinkan dirinya menghukum Belalang. Akhirnya, dia melupakan semua
kata keras dan kembali berbicara dengan sangat ramah kepada Belalang.
“Tuang
Belalang yang baik hati, jika saya harus tetap terjaga, saya akan datang
untuk menikmati nyanyian Anda. Namun, saat ini saya memiliki anggur lezat di
sini, kiriman dari Olympus. Silakan datang dan rasakan minuman lezat ini
bersama saya.” sanjung Burung Hantu Tua.
Belalang terhanyut oleh kata-kata sanjungan
Burung Hantu Tua. Akhirnya, dia melompat ke sarang Burung Hantu Tua. Ketika
Belalang cukup dekat dalam jangkauan penglihatan, Burung Hantu Tua itu
menerkam dan memakannya.
|
Pernyataan
berikut ini yang tepat digunakan pada bagian klimaks dalam
sebuah fabel adalah….
A. Cici akhirnya tau ternyata neneknya dimangsa
oleh si Kucing yang jahat. Ia berniat membalas dendam.
B. Di
sebuah rumah manusia, hiduplah Cici si Cicak bersama dengan neneknya.
C. Cici
si Cicak yang cerdik selalu membantu neneknya bekerja baik di dalam maupun di
luar sarang.
D. Akhirnya
kedua binatang yang saling bermusuhan itu sepakat untuk berdamai dan saling
memaafkan.
24. Bacalah
kutipan cerpen berikut ini!
Dengan memberanikan diri, aku pun bertanya;
"Apa Ibu kenal dengan seorang anak bernama Eric yang dulu tinggal di
sana itu?" Ia menjawab, "silakan masuk, Nyonya! Ia membuka pintu
tempat tinggalnya. (1) "Tolong katakan, di mana ia sekarang? Saya janji
menyayanginya dan tidak akan meninggalkannya lagi!” (2) Aku berlari memeluk
tubuhnya yang bergetar keras. "Nyonya, semua sudah terlambat. Sehari sebelum
nyonya datang, Eric telah meninggal dunia. Jasadnya ditemukan di kolong
jembatan,” jawabnya dengan suara terbata-bata. (3) ”Eric... maafkan Ibu,
Nak!” Aku sungguh menyesal, mengapa anakku Eric, dulu kutinggalkan. (4)
|
Kesalahan
penulisan kalimat langsung pada kutipan cerpen tersebut ditandai nomor ...
A. ( 1 )
B.
( 2 )
C.
( 3 )
D.
( 4 )
25. Cermati
paragraf rumpang berikut ini!
Seberapa penting dan
menentukankah pelemahan nilai tukar rupiah terhadap kehidupan masyarakat? … .
berlebihan kalau kita katakana … . pengaruh itu tidak ada. Pelemahan nilai
tukar yang terus terjadi menimbulkan efek psikologis yang tidak baik.
Apalagi, masyarakat pernah merasakan pengalaman pahit … . nilai terpuruk
sehingga mengakibatkan barang-barang menghilang dari pasaran … . ada, harganya
tidak terjangkau lagi.
|
Kata
penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah…
A. tentu saja, kalau, begitu, barangkali
A. tentu saja, kalau, begitu, barangkali
B. tentunya, bahwa, ketika, kalau
C.
namun, bahwa, begitu, bahkan
D.
namun, ketika, begitu, barangkali
26. Bacalah petunjuk di bawah ini dengan saksama!
Petunjuk
mengakses internet
(1) Hidupkan computer
(2) Hubungkan computer dengan jaringan internet
(3) (…….)
(4) Masukkan alamat alamat website yang diinginkan
(5) Tekan tombol enter(…..)
|
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi petunjuk
tersebut adalah
A
.(3) Buka program pembaca internet
(5 ) kemudian akan muncul permintaan
alamat
B.
(3)Hubungkan ke situs internet
(5)kemudian masukkan alamat situs yang diinginkan
C.
(3)Hubungkan ke situs internet
(5) kemudian baca perintah
yang muncul otomatis
D.
(3) Buka program pembaca internet
(5) kemudian akan terhubung
ke situs internet
27. Perhatikan
kalimat-kalimat berikut!
(1) Di sana kami disambut oleh
puluhan anak-anak yang bekerja sebagai pemulung dan para pejabat setempat.
(2) Tepat pukul 08.00 WIB kami
bergerak dari sekolah ke permukiman di sekitar pembuangan akhir sampah.
(3) Suasana haru meliputi kami
hingga derai air mata membasahi pipi.
(4) Setelah dilakukan upacara
penyambutan, penyerahan sumbangan dilaksanakan secara sederhana.
(5) Perjalanan panjang pun
dilakukan dan pada pukul 10.00 WIB rombongan tiba di lokasi.
|
Susunan paragraf laporan yang padu berdasarkan kalimat-kalimat
tersebut adalah ….
A. (1) – (3) – (2) – (5) – (4)
B. (2) – (5) – (1) – (4) – (3)
C. (3) – (4) – (1) – (2) – (5)
D. (5) – (2) – (1) – (4) – (5)
28. Bacalah teks dibawah ini dengan saksama!
(1) Sebagian besar tenaga kerja yang mencari pekerjaan itu
hanya berpendidikan Sekolah Dasar. (2) Rendahnya kualitas tenaga kerja
merupakan masalah dalam dunia ketenagakerjaan. (3) Sementara yang telah
menamatkan pendidikan SLTP dan SMA belum menjamin bahwa pendidikan yang
mereka peroleh di bangku sekolah cocok dengan kebutuhan tenaga kerja di
lapangan. (4) Bahkan banyak yang belum sempat menamatkan pendidikan Sekolah
Dasar. (5) Oleh sebab itu, mereka tidak mempunyai pengetahuan dan
keterampilan yang memadai sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan.
|
Susunan kalimat tersebut agar menjadi paragraf yang padu
adalah ....
A. 1-2-3-4-5
B. 2-1-4-3-5
C.
2-3-1-4-5
D. 5-3-2-1-4
29. Perhatikan
kalimat di bawah ini!
Ia … gambar yang
dipamerkan itu satu per satu.
|
Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....
A.memandang
B.menatap
C.melotot
D.melirik
30.Bacalah teks di bawah ini!
(1) Rambut rontok akan menganggu penampilan
seseorang,terutama wanita. (2) Seperti yang kita ketahui ekstrak lidah buaya
dapat membantu mengatasi kerontokan rambut secara cepat dan alami. (3)Kandungan
di dalam lidah buaya dapat membantu mengembalikan tekstur sel-sel kulit rusak
dan meremajakan ,serta membentuk sel-sel jaringan rambut menjadi lebih sehat.
(4)Cara menggunakannya pun cukup mudah
hanya mengambil potongan lidah buaya berukuran besar dengan daging
tebal. (5)…. (6) Usapkan bagian lidah buaya ke seluruh bagian kepala dari
kulit hingga ujung rambut secara merata dan diamkan selama 15 menit sebelum
kamu mencucinya hingga bersih.
|
Isian yang tepat untuk melengkapi teks di atas
adalah….
A.
Kemudian,potong kecil-kecil lidah buaya usapkan ke kulit kepala,biarkan
mengering.
B.
Ambil lidah buaya secukupnya.
C. Kemudian,belah potongan
lidah buaya tersebut menjadi dua bagian dan ambil bagian dalamnya
D.
Kemudian , potong lidah buaya tersebut menjadi dua bagian.
31 Bacalah teks di bawah ini!
Ki Hajar Dewantoro
Bapak Pendidikan Indonesia
Nama
kecil Ki Hajar Dewantara adalah Soewardi Soeryaningrat. Ia lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei
1889. Ia berasal dari lingkungan keluarga Keraton Yogyakarta. Meskipun
demikian ia sangat sederhana dan dekat dengan rakyatnya.
Pada
tanggal 3 Juli 1922 Ki Hajar Dewantara bersama dengan rekan-rekan
seperjuangannya mendirikan perguruan yang bercorak nasional, yaitu Nationaal Onderwijs Instituut Taman
Siswa dan tulisan-tulisannnya yang berjumlah ratusan. Ki Hajar Dewantara
berhasil meletakkan dasar-dasar pendidikan bagi bangsa Indonesia. Ki Hajar
Dewantara dijuluki sebagai Bapak Pendidikan Indonesia.
... .
|
Paragraf penutup dari biografi di atas adalah...
A. Sebagai pahlawan yang dijuluki Bapak Pendidikan Indonesia, semangat
dan jasa Ki Hajar Dewantara sepantasnya dikenang dan tidak dilpakan. Semoga apa
yang dilakukannya itu dapat menginspirasi rakyat Indonesia menuju masa depan
yang lebih baik.
B.
Nama kecil Ki Hajar
Dewantara adalah Soewardi Soeryaningrat.
Ia lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Ia berasal dari
lingkungan keluarga Keraton Yogyakarta. Meskipun demikian ia sangat sederhana
dan dekat dengan rakyatnya.
C.
Pada tanggal 3 Juli
1922 Ki Hajar Dewantara bersama dengan rekan-rekan seperjuangannya mendirikan
perguruan yang bercorak nasional, yaitu Nationaal
Onderwijs Instituut Taman Siswa dan tulisan-tulisannnya yang berjumlah
ratusan. Ki Hajar Dewantara berhasil meletakkan dasar-dasar pendidikan bagi
bangsa Indonesia. Ki Hajar Dewantara dijuluki sebagai Bapak Pendidikan
Indonesia.
D. Perjalanan
hidup Ki Hajar Dewantoro ditandai dengan perjuangan dan pengabdian pada
kepentingan bangsa dan negara. Ki Hajar Dewantata menamatkan sekolah dasar di
ELS (Sekolah Dasar Belanda), kemudian melanjutkan pendidikan di STOVIA (Sekolah
Dokter Bumi Putera). Ia tidak menamatkan pendidikan di sekolah tersebut karena sakit.
32. Perhatikan ilustrasi di bawah ini!
Raden Ajeng Kartini dilahirkan di Jepara, Jawa
Tengah, 21 April 1879. Ibunya bernama M.A. Ngasirah, sedangkan ayahnya
bernama Raden Mas Adipati Aryo Sastroningrat. Beliau adalah anak ke-5 dari 11
bersaudara kandung dan tiri.
|
\ Teks cerpen yang tepat berdasarkan ilustrasi di atas adalah...
A.
Saat
itu, pagi terasa segar. Bu Ani mulai memberi pertanyaan mengenai pelajaran yang
telah lalu, tepatnya materi perjuangan R.A. Kartini. Aku bisa menjawab. Aku
merasa bangga.
B.
Saat itu, Bu Ani mulai menerangkan pada kami bahwa R.A.Kartini
dilahirkan di Jepara , Jawa Tengah, 21 April 1879. Ibunya bernama M.A.
Ngasirah, sedangkan ayahnya bernama Raden Mas Adipati Aryo Sastroningrat. Beliau adalah anak ke-5 dari 11 bersaudara
kandung dan tiri.
‘‘Bu Ani
menerangkan dengan fasih. Haruskah aku turut meragukan kehebatan bu Ani? Meski
beliau guru baru, tapi aku percaya beliau berpengalaman.“
C.
Sampai
usia 12 tahun, Kartini diperbolehkan bersekolah di ELS (Europese Legre School).
Di sekolah tersebut, beliau belajar bahasa Belanda.
D.
Karena
Kartini bisa berbahasa Belanda, beliau rajin membaca buku-buku, surat kabar,
dan majalah Eropa.
33. Bacalah ilustrasi berikut!
Nama :
Bambang pamungkas
Tempat dan tanggal lahir : Salatiga, 10 Juni 1980
Karir :
1. Pemain terbaik piala Haornas
2. Pemain klub Persija, Jakarta
3. Anggota tim devisi 3 Belanda, EHC Norad
|
Biografi yang tepat berdasarkan ilustrasi di atas
adalah...
A.
Bambang Pamungkas atau lebih dikenal dengan
sebutan BePe ini adalah atlet sepakbola Indonesia yang lahir di Salatiga, Kabupaen
Semarang, Jawa Tengah, 10 Juni 1980. Hingga 2010 tercatat BePe masih membela
tim Persija Jakarta untuk Liga SLI (Super Liga Indonesia) dan
BePe juga sering membela Timnas Indonesia dalam ajang internasional.
Karirnya dimulai ketika dirinya bergabung dalam sebuah
klub di Jawa Tengah saat itu ia dinobatkan menjadi pemain terbaik Piala
Haornas. Karirnya pun meningkat ketika ia beranjak dewasa. Bambang pun
bergabung dengan klub Persija Jakarta. Selain di Indonesia, BePe juga sempat
bergabung dengan sebuah tim devisi 3 Belanda, EHC Norad. Ternyata BePe harus
meninggalkan klub itu karena ada masalah keluarga dan tidak terbiasanya dengan
cuaca sejuk Eropa.
B.
Karirnya dimulai ketika dirinya
bergabung dalam sebuah klub di Jawa Tengah saat itu ia dinobatkan menjadi
pemain terbaik Piala Haornas. Karirnya pun meningkat ketika ia beranjak dewasa.
Bambang pun bergabung dengan klub Persija Jakarta. Selain di Indonesia, BePe
juga sempat bergabung dengan sebuah tim devisi 3 Belanda, EHC Norad. Ternyata
BePe harus meninggalkan klub itu karena ada masalah keluarga dan tidak
terbiasanya dengan cuaca sejuk Eropa.
Bambang tercatat telah mencetak sebanyak 18 gol dalam
35 penampilannya hingga penampilan
terakhirnya untuk Indonesia dikualifikasi Piala Dunia 2006 melawan Sri Lanka
pada September 2004.
C.
Bambang tercatat telah mencetak
sebanyak 18 gol dalam 35 penampilannya hingga
penampilan terakhirnya untuk Indonesia dikualifikasi Piala Dunia 2006
melawan Sri Lanka pada September 2004.
Kini BePe masih eksis membela klub Persija dalam ajang ISL dan ajang lainnya di
tanah air.
D.
Bambang Pamungkas atau lebih dikenal
dengan sebutan BePe ini adalah atlet sepakbola Indonesia yang lahir di Salatiga, Kabupaen
Semarang, Jawa Tengah, 10 Juni 1980. Hingga 2010 tercatat BePe masih membela
tim Persija Jakarta untuk Liga SLI (Super Liga Indonesia) dan
BePe juga sering membela Timnas Indonesia dalam ajang internasional.
Kini
BePe masih eksis membela klub
Persija dalam ajang ISL dan ajang lainnya di tanah air.
34. Bacalah
data-data objek berikut!
·
Bank sampah dikelola
oleh warga, khususnya ibu-ibu PKK di lingkungan RT.
·
Nasabah bank sampah
adalah warga setempat.
·
Nasabah mengumpulkan
sampah kering di rumah masing-masing, seperti kardus dan botol plastik
minuman, lalu menyetornya ke bank sampah dan mendapat uang.
·
Nasabah mendapat buku
tabungan dan uang hasil setoran sampah dapat diambil jika sudah banyak.
·
Sebagian sampah
kering dimanfaatkan oleh ibu-ibu PKK menjadi barang kerajinan.
|
Laporan hasil observasi yang sesuai
dengan data-data objek tersebut adalah…
A.
Bank sampah merupakan konsep pengumpulan
sampah kering di lungkungan RT. Bank sampah dikelola oleh warga, khususnya
ibu-ibu PKK di lingkungan RT.
Proses
pelaksanaannya seperti bank. Ada nasabah yang merupakan warga setempat, ada
sampah yang disetorkan, dan ada buku tabungan. Sampah berupa sampah kering,
seperti kardus dan botol plastik minuman, disetorkan nasabah dan ditimbang oleh
petugas pengelola. Sampah tersebut dihargai dengan uang yang jumlahnya tertera
di buku tabungan. Nasabah dapat mengambil uang tersebut setelah terkumpul dalam
jumlah tertentu.
B.
Lingkungan rumah yang bersih, bebas
sampah, dan nyaman tentu didamba setiap warga. Setiap RT dapat membuat bank
sampah untuk membantu terwujudnya hal tersebut.
Cara mengadakan bank sampah sangat
mudah. Warga membentuk petugas bank sampah, dan
mendapat uang.
Sebagian sampah yang disetorkan dapat
diolah menjadi barang kerajinan.
C.
Bank sampah merupakan konsep pengumpulan sampah kering
di lingkungan RT. Bank sampah dikelola oleh ibu-ibu PKK.
Bank sampah tidak memerlukan tempat
khusus yang permanen. Proses
pengumpulan sampah dilaksanakan di satu tempat, misalnya pos hansip.
Di tempat
itu, ada petugas yang siap menerima sampah dan ada alat timbang. Warga penyetor
atau nasabah mendapat buku tabungan. Uang hasil setoran sampah dapat ditabung.
Sebagian sampah yang terkumpul diolah
kembali oleh warga menjadi barang kerajinan.
D.
Bank sampah dikelola oleh ibu-ibu PKK
di lingkungan RT. Petugas dan nasabah bank sampah adalah warga setempat.
Nasabah tidak menyetorkan uang, melainkan sampah kering, seperti kardus dan
botol plastik minuman.
Nasabah mengumpulkan sampah kering di rumah masing-masing. Lalu
menyetorkannya ke bank sampah. Petugas bank menimbang dan menilai uang yang
didapat dari sampah tersebut. Petugas menulis nominal uang tersebut di buku
tabungan. Uang tersebut dapat diambil oleh nasabah setelah terkumpul dalam
jumlah tertentu.
Dengan adanya
bank sampah, lingkungan menjadi bersih dan warga mendapat tambahan uang.
35. Bacalah
paragraf di bawah ini!
1) Manusia ikut menyumbang kepunahan
binatang karena manusia memburu jenis
binatang tertentu tanpa kendali. 2) Perburuan yang dilakukan untuk
mendapatkan daging yang akan dimakan oleh manusia itu sendiri. 3)Tujuan
perburuan dilakukan untuk perdagangan binatang secara tidak sah. 4) Bahkan,
ada pula untuk dibunuh agar bagian tubuhnya dapat dijual dengan harga yang
mahal.
|
Berdasarkan
paragraf di atas kalimat yang tidak padu terdapat pada nomor!
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
36.
Bacalah
teks dibawah ini dengan saksama!
Ki
Hajar Dewantara tidak hanya dianggap sebagai tokoh dan pahlawan sejarah yang
tanggal kelahirannya 2 Mei
dijadikan hari Pendidikan Nasional
tetapi juga ditetapkan sebagai pahlawan pergerakan nasional melalui
surat keputusan Presiden RI No.305 Tahun 1959, tanggal 28 November 1959.
Ki Hajar Dewantara meninggal dunia pada tanggal, 28 April 1959 di
Yogyakarta. Untuk melestarikan nilai dan semangat perjuangannya, penerus Taman
Siswa mendirikan Museum Dewantara Kirti Griya di Yogyakarta.
|
Tentukan kalimat sumbang yang terdapat dalam
paragraf tersebut . . . . . .
A. Ki Hajar Dewantara
dianggap sebagai tokoh pahlawan sejarah
B. Ki Hajar Dewantara meninggal dunia tanggal
,28 April 1959
C. Museum Dewantara Kirti di Yogyakarta
D. Tanggal, 2 Mei dijadikan hari Pendidikan
Nasional
37. Bacalah teks dibawah ini dengan
saksama!
Suku Baduy (1) ...... dalam masyarakat terasing. (2)
...... mendiami 53 kampung di Desa Kanekes, kawasan Pegunungan Kandeng,
Banten. Kondisi (3) ...... daerah mereka berbukit-bukit dengan ketinggian
500-1.200 meter (4) ...... atas permukaan laut.
|
Istilah
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah . . . . .
A. (1)
tergolong, (2) mereka, (3) tempat, (4) dari
B. (1)
masuk, (2) kami, (3) di, (4) dalam
C. (1)
tergolong, (2) mereka, (3) alam, (4) di
D. (1) masuk, (2) mereka, (3) alam, (4) dalam
38.
Bacalah
teks dibawah ini dengan saksama!
Sejak
itulah aku mengetahui bahwa perpustakaan sekolah bukan saja sebagai tempat
membaca-baca, melainkan juga tempat sebagai [. . . .] dan melakukan praktek
penelitian sederhana. Syukurlah aku dapat membantu mengurusnya.
|
Istilah
yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang paragraf tersebut adalah . . . .
A. Diskusi
B. Orientasi
C. Eksposisi
D. Transaksi
39.
Penggunaan kata bentukan dalam kalimat berikut yang tepat adalah . . . .
A. Dia
menyadari bahwa dirinya kini telah berpetualang.
B. Anak itu jatuh telentang di jalan yang licin.
C. Pemain
itu diperingati oleh wasit karena bermain kasar.
D. Kulihat
adik tidur terlengkup di kasur.
40.
Bacalah
teks dibawah ini dengan saksama!
Namun,
bagi saya facebook lebih banyak
merugikan. Bagaimana tidak? Sebagai seorang pelajar, yang tentu mempunyai
kewajiban belajar, facebook sangat
mengganggu terhadap pelajaran saya, baik dari segi waktu maupun konsentrasi
untuk belajar.
Hampir
setiap hari, orang-orang membuka facebook
hanya sekedar untuk update status,
chatting, dan banyak lagi. Itu hanya membuang-buang waktu, padahal masih banyak
yang lebih penting yang harus dikerjakan.
|
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi teks eksposisi tersebut adalah . . . .
A. Namun, keberadaan facebook
saat ini seakan mampu menyihir para penggunanya.
B. Para
orang tua harus mengontrol pemakaian internet anak-anaknya.
C. Banyak
para pelajar yang tidak menyadari pengaruh negatif facebook.
D. Hendaknya
para pelajar mengendalikan diri dalam menggunakan facebook.
41. Cermati teks laporan berikut.
Darah adalah merupakan cairan merah yang kental. Terdapat sekitar 3,5 liter
darah
pada rata-rata tubuh manusia dan dapat digolongkan menjadi golongan A,B,O,dan AB. |
Perbaikan
kalimat pertama dalam teks tersebut yang tepat adalah ….
A. antara kata cairan dan merah diberi kata berwarna
A. antara kata cairan dan merah diberi kata berwarna
B.
menggunakan salah satu kata adalah atau merupakan saja
C. diberi tanda koma setelah kata merupakan
D. setelah
kata kental ditambah di dalam tubuh
42.
Bacalah
teks dibawah ini dengan saksama!
Penyakit tulang rawan sendi atau osteoartritis
rentan menimpa para perempuan–perempuan berusia 40 tahun ke atas. Pemicunya berbagai
faktor, di antaranya berat badan berlebih dan gaya hidup tidak sehat, seperti
kurang olahraga dan sering memakai sepatu hak tinggi.
|
Perbaikan kalimat tidak efektif pada kalimat kedua teks bacaan tersebut adalah . . .
A. Penyakit tulang rawan sendi atau osteoartritis rentan menimpa para perempuan
perempuan berusia 40 tahun ke atas.
B. Penyakit tulang rawan sendi atau osteoartritis rentan menimpa para perempuan
berusia 40 tahun ke atas.
C. Penyakit tulang rawan sendi atau osteoartritis renta menimpa perempuan
perempuan berusia 40 tahun ke atas.
D.Penyakit tulang rawan sendi atau osteoartritis renta menimpa perempuan berusia
40 tahun ke atas.
43.
Cermatilah
kutipan teks berikut.
(1) Pada bagian awal novel Senja di Tebing Desa pengarang
mengajak pembaca untuk berimajinasi tentang dunia magis, tentang tokoh
Kembara yang bergulat melawan roh jahat yang menguasai pamannya. (2) Tokoh
paman Kembara ini mengingatkan kita pada tokoh adik dari ibu Kembara yang
bisa mendengar suara – suara aneh. (3) Pilihan kata – kata, gaya bahasa, dan
cara mendeskripsikan kejadian demi kejadian aneh dengan sangat detail menjadi
kekuatan tersendiri untuk menghipnotis pembaca. (4) Sayangnya, kekuatan latar
waktu dalam novel ini belum begitu banyak.
|
Kalimat yang tidak padu dalam teks ulasan
tersebut adalah nomor …
A. (1)
B. (2)
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
44.
Cermatilah
kutipan teks prosedur berikut.
Cara membuat masker jeruk nipis
1. Ambil beberapa jeruk nipis yang cukup tua agar airnya lebih banyak. 2. Potong kecil-kecil dan peras jeruk nipis untuk mendapatkan airnya, kemudian saring hasil perasan. 3. Tambahkan air perasan jeruk nipis dengan satu sendok madu lalu aduk hingga merata. 4. Untuk mendapatkan kasiat yang lebih baik, Anda dapat menambahkan sedikit minyak zaitun, aduk. 5. Masker jeruk nipis siap digunakan. |
Kesalahan ejaan
pada kutipan tersebut adalah …
A. kata perasan seharusnya perahan
B. kata kasiat seharusnya khasiat
C. kata zaitun seharusnya zhaitun
D. kata digunakan diganti dipakai
A. kata perasan seharusnya perahan
B. kata kasiat seharusnya khasiat
C. kata zaitun seharusnya zhaitun
D. kata digunakan diganti dipakai
45.
Cermati teks
berikut.
Para Bapak-bapak dan Ibu-ibu sekalian, perpustakaan
merupakan salah satu sumber belajar. Melalui buku-buku koleksi di
perpustakaan, pengunjung dapat memperoleh ilmu pengetahuan dan mempelajari
berbagai hal.
|
Perbaikan kalimat pertama dalam teks terssebut adalah
…
A. Para
Bapak-bapak dan Ibu, perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar.
B. Para
Bapak-bapak dan Ibu-ibu, perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar.
C. Bapak-bapak
dan Ibu-ibu sekalian, perpustakaan adalah salah satu sumber belajar.
D. Para
hadirin, perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar.
46. Bacalah teks prosedur membuat jamu jerawat
dengan saksama!
(1) Siapkan
kunyit dan temulawak
(2) Rebus
kunyit dan temulawak 3 gelas air
(3) Tunggu
hingga mendidih
(4) Masukkan
gula (pemanis)
(5) Kecilkan
api tunggu hingga air tinggal 1 gelas
(6) Siap
untuk diminum
|
Alasan
kesalahan prosedur membuat jamu jerawat adalah…
A. Kunyit
dan temulawak dicuci, direbus biar higienis. Siap untuk diminum.
B. Cuci
kunyit dan temulawak supaya bersih, kemudian direbus. Siap untuk diminum.
C. Kupas, cuci kunyit dan temulawak agar bersih dan higienis. Kemudian
direbus. Siap untuk diminum.
D. Kupas
kunyit dan temulawak kemudian direbus agar cepat bisa diminum.
47. Cermati teks berikut!
Sir Isaac Newton, (4 Januari 1643- 31 Maret 1727)
merupakan seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi dan juga ahli
kimia yang berasal dari Inggris. Beliau merupakan pengikut aliran
heliosentris dan ilmuwan yang sangat berpengaruh sepanjang sejarah, bahkan
dikatakan sebagai bapak ilmu fisikawan modern. Dengan berbagai hasil karya
ilmiah yang dicapainya, Newton menulis sebuah buku The Philosophiae Naturalis
Principia Matematica, dimana pada buku tersebut di deskripsikan mengenai
teori gravitasi secara umum, berdasarkan hukum gerak yang ditemukannya,dimana
benda akan tertarik ke bawah karena gravitasi.
|
Kesalahan
penulisan ejaan dalam teks biografi tersebut terdapat pada kata….
A. Matematika
B. Gravitasi
C. Fisikawan
D. Naturalis
48. Cermati teks berikut!
Sudah banyak pengarang yang menulis
buku Cara Mudah Merawat dan Memperbaiki Komputer karangan Phil Laplante ini
merupakan buku yang tepat dan mudah dipelajari agar anda dapat memperbaiki
komputer sendiri. Buku ini terbitan PT Elex Media Komputindo, Jakarta. Warna
sampul: kuning, tulisan merah, besar dan jelas. Isi buku mudah dibaca,
tulisan terang, serta gambar besar.
|
Kesalahan
penulisan tanda baca dalam teks ulasan tersebut terdapat pada kalimat…
A. Warna sampul: kuning, tulisan merah, besar dan jelas
B. Warna
sampul kuning, tulisan merah, besar dan jelas
C. Isi
buku mudah dibaca, tulisan terang, serta gambar besar
D. Buku
terbitan PT Elex Media Komputindo Jakarta
49. Bacalah paragraph teks exposisi
berikut dengan saksama!
Pada era gelobalisasi,kita
dituntut mempunyai kreatifitas yang
tinggi dan tidak gagap tehnologi modern. Tuntutan ini merupakan suatu
keharusan agar kita tidak kalah dalam kompetisi.
|
Perbaikan
penulisan kata yang bercetak miring tersebut adalah … .
A. globalisasi,
kreatifitas, teknologi, modern, komfetesi.
B. globalisasi,
kreativitas, tehnologi, modern, kompetisi.
C. globalisasi, kreativitas, teknologi, modern, kompetisi.
D. globalisasi,
kreatifitas, teknologi, modern, komfetisi.
50.Bacalah
teks prosedur berikut ini dengan saksama!
Mempertahankan kesegaran bunga mawar, sangat mudah
dilakukan. Anda cukup mengganti air dan memotong pangkal, tangkai bunga Anda
pun bisa menikmati keindahan mawar lebih lama.
|
Perbaikan
tanda baca koma (,)
A. Tanda koma (,) pada kalimat ke 1 dan ke 2 dihilangkan dan menganti
dengan tanda titik (.) dibelakang kata bunga pada kalimat ke 2.
B. Tanda
koma (,) pada kalimat ke 1 diganti dengan tanda titik dua (:) dan pada kalimat
ke 2 dihilangkan.
C. Tanda
titik (.) pada kalimat ke 1 diganti dengan tanda koma (,) sedangkan pada
kalimat ke 2 tanda koma (,) dihilangkan.
D. Tanda
koma (,) pada kalimat ke 2 diganti dengan tanda titik (.)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar