soal 2

Smartphone


NASKAH SOAL

1.   Bacalah kutipan teks di bawah ini dengan saksama!
Sistem pendidikan di Indonesia dewasa ini mengalami suatu perubahan yang sangat signifikan. Perubahan tersebut berkaitan dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia pendidikan Indonesia. Kurikulum 2006 yang sejak lama dipakai diganti dengan Kurikulum 2013. Walaupun tidak semua sekolah menggunakan kurikulum ini, pembelajaran tetap berjalan sebagaimana mestinya.

     Makna kata tercetak miring dalam paragraph tersebut adalah….
A.    cepat     
B.     penting
C.     sulit
D.    maju

2.   Bacalah kutipan teks ulasan di bawah ini!
Buku Pencegahan Pencemaran Pupuk dan Pestisida menggunakan bahasa yang mudah sekali untuk dimengerti. Cara penyampaian isi buku ini pun tidak terkesan bertele-tele. Sayangnya, pemberian sampul pada buku ini kurang tepat. Warna sampul buku tidak menarik. Apabila sampulnya diberi warna sedikit lebih cerah, buku ini akan lebih bagus. Keinginan membaca seseorang biasanya tergantung dari sampulnya.

    Makna kalimat yang tercetak miring pada teks di atas adalah …
A.    Cara penyampaian isi buku tersebut kurang jelas.
B.     Cara penyampaian isi buku tersebut melantur.
C.     Cara penyampaian isi buku tersebut mudah dipahami.
D.    Cara penyampaian isi buku tersebut tidak jelas pangkal ujungnya.

3. Bacalah kutipan teks di bawah ini dengan saksama!
Ki Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta, 2 Mei 1889. Terlahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Ia berasal dari lingkungan keluarga keraton Yogyakarta. Saat berusia 40 tahun, ia berganti nama menjadi Ki Hadjar Dewantara. Sejak saat itu, ia tidak lagi menggunakan gelar kebangsawanan di depan namanya. Hal ini dimaksudkan supaya ia dapat bebas dekat dengan rakyat. Ia ulet sebagai seorang wartawan muda, juga aktif dalam organisasi sosial dan politik. Pada tahun 1908, ia aktif di seksi propaganda Boedi Oetomo untuk mensosialisasikan dan menggugah kesadaran masyarakat Indonesia mengenai pentingnya persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara.

    Hal yang patut diteladani pada tokoh tersebut adalah...
A.      ulet sebagai seorang wartawan dan aktif dalam berorganisasi.
B.       berganti nama supaya dapat dekat dengan rakyat.
C.       bangga mendapat sahabat seperti Boedi Oetomo.
D.      dilahirkan di keluarga keraton.
3.      Bacalah paragraf teks prosedur berikut!
(1) Perkembangbiakan tanaman dapat dilakukan melalui pencangkokan. (2) Selain mudah dilakukan, pencangkokan juga murah biayanya. (3)Pencangkokan dilakukan untuk mendapatkan keturunan yang lebih baik pada suatu tumbuhan sehingga pemanfaatannya terhadap tumbuhan tersebut lebih maksimal. (4)Cara ini dapat dilakukan pada tumbuhan berkayu yang mudah dicangkok.

    Kalimat utama pada paragraf di atas ditunjukkan oleh kalimat nomor….
A.    4                 
B.     3                       
C.     2                                   
D.    1

5. Bacalah penggalan teks tanggapan kritis di bawah ini!
Minuman tradisional merupakan warisan nenek moyang yang harus dilestarikan. Minuman tradisonal tanpa bahan pengawet. Minuman tradisional lebih sehat daripada minuman kemasan ala luar negeri. Sebaliknya, minuman kemasan ala luar negeri menggunakan bahan pengawet. Minuman tradisional lebih mudah dibuat sendiri daripada minuman kemasan ala luar negeri. Bahannya pun mudah didapatkan.

       Ide pokok teks di atas adalah ….
A.    minuman tradisional menyegarkan
B.     minuman tradisional mudah dibuat
C.     minuman tradisional menyehatkan
D.    minuman tradisional harus dilestarikan

6.        Bacalah teks – teks berikut dengan saksama !
     Dalam artikel “ Fenomena Tas KW dan ancaman pidana” di situs kompasiana.com, Widi Kurniawan mengulas adanya ancaman hukuman pidana tujuh tahun bagi pembeli tas KW atau tiruan. Kita tidak perlu malu untuk membeli produk asli dalam negeri tanpa embel – embel merek terkenal, tetapi tiruan.
    Saya setuju dengan kalimat terakhir tulisan tersebut. Lebih baik kita membeli produk asli dalam negeri. Para pemburu tas KW itu sebenarnya tahu jika tas – tas tersebut palsu. Mereka sengaja membelinya agar terlihat keren karena untuk membeli yang asli tidak mampu.

Simpulan teks tanggapan kritis tersebut adalah ...........
A.  Kita harus menabung dahulu agar dapat membeli produk tas yang asli.
B.  Kita lebih baik membeli produk buatan dalam negeri yang serupa.
C.  Kita lebih baik membeli produk asli dalam negeri sesuai kemampuan.
D.  Kita harus teliti saat membeli produk agar tidak tertipu produk palsu.

7.        Bacalah teks berikut dengan saksama!
Sepak bola adalah salah satu olahraga yang disukai remaja laki – laki. Berawal dari hobinya, remaja diharapkan dapat membangun kembali persepakbolaan Indonesia yang pernah berjaya di Asia.
    Pada saat ini, PSSI telah memberikan banyak perhatian bagi remaja yang berprestasi dibidang sepak bola, sebut saja sekarang sudah ada tim Indonesia U-15 dan liga Pendidikan Indonesia usaha pemerintah tersebut telah memunculkantalenta talenta muda berbakat tanah air ,seperti Evan Dimas ,Ravi Murdianta, dan Maldini Pali.
    Kita harus membantu usaha PSSI dalam mencari remaja yang berprestasi dibidang sepak bola. Marilah dukung pesepak bola Indonesia agar suatu hari nanti sepak bola Indonesia bisa kembali berjaya di Asia.

Simpulan isi paragraf ketiga teks eksposisi tersebut adalah ...
A.  Indonesia punya banyak remaja berbakat dibidang sepak bola.
B.  Kita harus mendukung usaha membangkitkan kembali persepakbolaan Indonesia.
C.  Indonesia adalah macan Asia dibidang sepak bola .
D.  Pemerintah gencar mencari bibit pesepak bola melalui Liga Pendidikan Indonesia.

8.    Bacalah teks berikut dengan seksama !
     Selama lebih dari tiga bulan, para korban kabut asap kebakaran hutan di Provinsi Sumatra dan Kalimantan hidup terpapar asap. Paru – paru mereka terpaksa harus menghirup oksigen bercampur asap yang berbahaya bagi kesehatan. Mereka tidak punya pilihan lain. Jika mau aman, mereka harus meninggalkan rumah dan mengungsi sejenak di provinsi tetangga. Akan tetapi, tidak semua warga sanggup.
     Dalam tekanan seperti ini, warga Sumatra dan Kalimantan mempunyai motivasi hidup yang tinggi. Mereka bukan hanya bertahan, tetapi menjadi penyintas. Berjuang mempertahankan hidupnya, hidup keluarganya, bahkan hiduporang lain.
  
Ringkasan teks yang tepat adalah ...
A.  Para korban kabut asap kebakaran hutan hidup terpapar asap. Akibatnya mereka menderita berbagai penyakit.
B.  Warga Sumatra dan Kalimantan berjuang mempertahankan hidupnya.
C.  Selama lebih dari tiga bulan para korban kebakaran huutan di Sumatra dan Kalimantan hidup terpapar asap. Akan tetapi, mereka memiliki motivasi hidup yang tinggi.
D.  Para warga mengungsi ke provinsi tetangga untuk menghindari dampak kabut asap.

9.    Bacalah teks–teks berikut dengan saksama !
Teks 1
    Syekh Yusuf Tajul Khalwati lahir pada 3 Juli 1626 di Gowa, Sulawesi Selatan, dengan nama Muhammad Yusuf. Nama ini di berikan oleh Sultan Alauddin, Raja Gowa, yang juga adalah kerabat ibunda beliau. Pada usia 18 tahun, beliau melakukan perjalanan untuk berhaji. Sekembalinya dari Mekah pada tahun 1664, Syekh Yusuf kembali ke Banten dan membantu perjuangan Sultan Banten melawan VOC. Belanda yang masih menganggap Syekh Yusuf berbahaya kemudian mengasingkan beliau ke Afrika Selatan.
Teks 2
    Nelson Mandela ternyata terinspirasi oleh Syekh Yusuf dari Makassar. Syekh Yusuf merupakan tokoh agama sekaligus pejuang melawan Belanda yang diasingkan ke Afrika Selatan oleh Belanda. Teranyata, perjuangannya telah menginspirasi Nelson Mandela, Bapak Pejuang Hak Asasi Manusia Dunia untuk menghapus apharteid atau pemisahan ras yang pernah berlaku di Afrika Selatan. Apa yang dilakukan Syekh Yusuf telah memberi andil bagi perusahaan dunia. Bahkan, Nelson Mandela pernah berkata tentang Syekh Yusuf “pahlaawan Indonesia tersebut adalah salah seorang putra terbaik Afrika”.

Perbedaan penggunaan bahasa dalam kedua teks tersebut adalah ...
A.  Teks 1 mengunakan kalimat pasif. Teks 2 menggunakan kalimat aktif.
B.  Teks 1 menggunakan kata “beliau” karena ditulis dengan sudut pandang orang ketiga. Teks 2 tidak menggunakan kata tersebut.
C.  Teks 1 menggunakan kalimat tak langsung. Teks 2 menggunakan kalimat langsung.
D.  Teks 1 diawali dengan penjelassan siapa. Teks 2 diawali dengan penjelasan apa.

10.    Bacalah kedua teks berikut dengan seksama !
Teks 1
         John Ronald Reuel Tolkien atau lebih dikenal dengan nama J. R. R. Tolkien lahir pada tanggal 3 Januari 1982 di Orange Free State, Bloemfontein, Afrika Selatan. Ia biasa dipanggil Ronald oleh teman – teman dan keluarganya. Ia bersekolah di King’s Edward School. Di sana, ia mempelajari sastra Anglo – Saxon kuno dan Inggris kuno pertengahan. Ia mempunyai talenta yang hebat di bidang linguistik.
Teks 2
        Novel The Hobbit mungkin terlihat seperti buku cerita fantasi biasa. Akan tetapi, penting untuk diketahui bahwa buku inilah yang memberikan pengaruh besar pada genre novel fantasi ketika buku ini diterbitkan pertama kali pada tahun 1937. Si pengarang J. R. R. Tolkien, tak hanya menulis cerita tentang makhluk – makhluk aneh, tetapi juga menciptakan sebuah dunia fantasi, lengkap dengan sejarahnya sendiri, geografi, dan bahasa.

Perbedaan penggunaan bahsaa dalam kedua teks tersebut adalah ..................
A.  Teks 1 menggunakan kalimat aktif. Teks 2 menggunakan kalimat pasif.
B.  Teks 1 menggunakan kalimat tak langsung. Teks 2 menggunakan kalimat langsung.
C.  Teks 1diawali dengan penjelasan apa. Teks 2 diawali dengan penjelasan siapa.
D.  Teks 1 menggunakan kata “ia” karena ditulis dengan sudut pandang orang ketiga. Teks 2 meggunakan kata “buku ini”.

11.    Bacalah kutipan teks di bawah ini dengan saksama!
     Kelebihan buku Supernova episode Akar tidak lagi banyak dicantumkan footnote. Di sini pengarang juga menyampaikan arti kesetiakawanan tinggi antar sesama backpakker. Dalam cerita ini pengarang juga mengajarkan kita dalam penguasaan beberapa bahasa asing dan tidak adanya diskriminasi dalam suatu komunitas.
     Hanya dalam penggunaan bahasa, terkadang menggunakan bahasa yang tingkat tinggi yang tidak semua kalangan dapat memahaminya walaupun penggunaannya tidak sebanyak novel Supernova episode pertama yang berjudul, Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh.

Kalimat yang tepat untuk menyatakan kelemahan buku tersebut adalah ... .
A.    Buku Supernova episode Akar tidak lagi banyak dicantumkan Footnote.
B.     Dalam buku ini pengarang mengajarkan kita dalam penguasaan beberapa bahasa asing.
C.     Masih menggunakan bahasa tingkat tinggi yang kadang  pembaca kesulitan untuk memahaminya.
D.    Pengarang menyampaikan kesetiakawanan tinggi anta sesama.

12.    Bacalah kutipan fabel berikut!
Seekor beruang mengelilingi hutan mencari buah-buahan. Ia menemukan pohon tumbang. Pohon tersebut terdapat sarang tempat lebah menyimpan madu. Beruang itu mulai mengendus- endus dengan hati-hati di sekitar pohon  tumbang tersebut. Tepat pada saat itu, sekumpulan kecil lebah terbang pulang dengn membawa banyak madu. Lebah –lebah tersebut tahu maksud sang beruang. Mereka terbang mendekati sang beruang, lalu menyengatnya dengan tajam. Kemudian, mereka terbang ke lubang batang pohon.

Kata yang bercetak miring tersebut mengandung makna....
A.    jatuh
B.  rebah
C.     patah
D.    runtuh

13.    Bacalah kutipan cerpen berikut !
Murni sakit hati. Ia tahu racun api itu mahal. Kalau pun ada uang untuk membeli baru, tentulah berkurang uang pengganti kalungnya yang telah terjual dulu. Oleh karena itu, ia tidak bermaksud  untuk memberi tahu suaminya. Jika petugas itu datang lagi, ia akan berusaha menghindar. Sementara hari-hari yang dinantikan itu makin dekat, saat sebuah mobil pengangukatn barang datang menjemput pesanannya. Diperhatikannya mobil-mobil yang lewat. Kalau-kalau di antara mobil yang ditunggunya.

Pernyataan yang menunjukkan tokoh Murni pengecut adalah ... .
A.  Murni akan menghindar jika pegawai dari Balai Kota datang
B.     Murni mengatakan kepada petugas bahwa racun apinya masih baru
C.     Murni tidak memberi tahu suaminya tentang kedatangan petugas
D.    Murni tidak akan membeli racun api karena mahal harganya.

14.    Perhatikan kutipan cerpen berikut !
Dan waktu pun berlalu. Akhirnya, aku lulus dari SMK. Seperti anak yang lainnya, pasti ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Akan tetapi, tidak denganku. Aku hanya ingin cepat membuat mamaku tersenyum ikhlas untuk kami. Tanpa ada beban yang mengganjal senyum indahnya. Aku berniat untuk bekerja ke luar negeri. Tujuanku untuk melunasi hutang-hutang bank milik keluargaku. Berat hati inimeninggalkan mama dan yang lainnya. Akan tetapi, aku yakin bahwa saat aku pulang nanti akan kulihat senyum terindah dari mamaku.

       Amanat kutipan cerpen tersebut adalah ... .
A.  raihlah cita-cita setinggi langit
B.  membalas budi orang tua
C.  bekerjalah dengan tekun
D.  bersikaplah sopan kepada orang tua

15.    Cermatilah teks berikut!
Pada suatu hri, ketika kancil sedang mandi di tepi sungai, kakinya digigit  oleh buaya. Kancil lalu berkata,” Hai, Buaya, kamu salah. Bukan kakiku yang kamu gigit, tetapi sebatang kayu yang mengapung.” Kancil mencocokan sebatang kayu dan berkata, “Inilah kakiku.” Lalu, buaya melepaskan kaki kancil dan menggigitkan dahan kayu itu. Segera Kancil melompat jauh ke darat sambil menertawakan Buaya.

Tema cerita tersebut adalah ...
A.  kesombongan kancil
B.  kemalasan kancil
C.  kecerdikan kancil
D.  tipu daya buaya

16.    Perhatikan kutipan teks fabel berikut !
     Ketika sedang sibuk mencari batu tajam tersebut, ia mendengar suara-suara aneh di belakangnya. Alangkah terkejutnya Towjatuwa ketika ia melihat seekor buaya besar di depannya. Ia sangat ketakutan dan hampir pingsan.Buaya besar itu pelan-pelan bergerak ke arah Towjatuwa. Tidak seperti buaya lainnya, binatang ini memilikibulu-bulu dari burung Kaswari di punggungnya. Sehingga ketika buaya itu bergerak, binatang itu tampak sangatmenakutkan.
     Namun, saat Towjatuwa hendak melarikan diri, buaya itu menyapanya dengan ramah dan bertanya apa yang sedang ia lakukan. Towjatuwa pun menceritakan keadaan isterinya. Buaya ajaib ini pun berkata: ”Tidak usah khawatir, saya akan datang ke rumahmu nanti saat purnama separuh bayang dalam pelukan kelam. Saya akan menolong isterimu melahirkan.”Towjatuwa pulang menemui isterinya. Dengan sangat berbahagia, ia pun menceritakan perihal pertemuannya dengan seekor buaya ajaib.

Frasa purnama separuh bayang dalam pelukan kelam dalam cerita tersebut dapat disimpulkan sebagai ....                                                                                           
A.     keputusasaan                                                     
B.      Kesedihan       
C.      suasana mendung
D.     malam               
                                    
17. Bacalah kutipan cerpen berikut !
“Patut ayah bersedih. Wajar kiranya ia kehilangan senyum,” kataku lirih menatap Pak  Jupri .  “Itulah yang memprihatinkan ayahmu, juga kami para guru di sini,” tanggap Pak Jupri.
Sepulang dari menemui Pak Jupri, aku menemui adikku, Elina.  “ Jadi, ayah bersedih karena dari perintah soal yang diberikannya itu tidak seorang pun anak-anak yang bercita-cita menjadiguru,” Elina brtanya nyaris tak percaya.
      “Ya. Bahkan, alasan mereka, jadi guru itu susah. Gajinya juga kecil. Kalau tak ada pilihan lain, baru jadi guru. Umumnya anak-anak bercita-cita ingin menjadi dokter,” terangku.
     “Lalu apa tanggapan Pak Jupri?”
     “Ia menyadari ketika anak-anaknya pun di rumah tak ada yang bercita-cita jadi guru, persis dengan kita anak ayah ini!”

        Isi tersirat kutipan cerpen tersebut adalah ....
A.    Menjadi seorang guru bukanlah pekerjaan mudah karena diperlukan kesabaran dan keiklasan dalam menerima gaji.
B.     Kekhawatiran tokoh aku melihat perubahan pada senyum Pak Jupri yang disebabkan murid-muridnya bercita-cita menjadi dokter.
C.     Kesedihan dan kekecewaan seorang ayah karena diantara murid dan anak-anaknya tidak ada yang bercita-cita menjadi guru seperti dirinya.
D.    Kesedihan seorang Pak Jupri melihat murid-muridnya lebih memilih bercita-cita menjadi guru daripada menjadi seoarang dokter.

18 . Cermati Kutipan teks fabel berikut!                                                                                                                                                    
“ Kera, bagi aku pisangnya!” pinta Katak dari bawah pohon.                                                                                                                   “ Kamu ‘kan tidak bisa memanjat, Tak! Ini kamu makan kulitnya saja! Jawab kera. Katak terus memakasa Kera untuk memberikan buah pisangnya, tetapi kera tidak peduli dan terus memakan pisang sehingga Katak marah.
“Cepatlah kamu habiskan buah pisangnya karena pohon ini sebentar lagi akan kutebang”kata katak. Namun kera tidak mengacuhkan Katak sehingga Katak makin marah. Akhirnya Katak menebang pohon pisangnya.

        Penyebab konflik dalam kutipan fabel tersebut adalah ....
A.    Kera makan pisang.
B.     Kera memberi kulit pisang pada Katak.
C.     Kera tidak mau membagi pisang pada Katak.
D.    Katak menebang pohon pisang.

19.   Perhatikan kutipan cerpen berikut!
Siang itu begitu terik pancaran sinar matahari membakar punggung Emak yang tengah mengumpulkan batu-batu kali dari sungai yang mengering. Tampaknya kemarau sudah kelewatan. Padahal, sekarang sudah memasuki bulan Desember. Bulan yang disebut-sebut sebagai bulan hujan. Namun, hujan justru di bulan ini tidak turun meski setetes. Hal inilah yang menyebabkan penduduk di desaku termasuk Emak berganti pekerjaan mengumpulkanbatu-batu di sungai karena tanah persawahan kering kerontang.
    
         Akibat konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A.    sungai mengering
B.     kemarau berkepanjangan
C.     sinar matahari membakar punggung Emak
D.    penduduk berganti pekerjaan mengumpulkan batu-batu di sungai

20.  Bacalah kedua kutipan cerpen berikut!                       
Kutipan cerpen I
Pekerjaan ini bukan pilihanku sendiri. Ketika lulus SD, orang tuaku menasihati agar aku masuk sekolah guru. Katanya sangat cocok bagi wanita. Untuk membujukku ibuku menambahkan bahwa libur guru sama panjangnya dengan libur anak sekolah melebihi orang yang bekerja di kantor. Kata-kata itu diucapkan orang tuaku karena mereka mengetahui pekerjaan apa yang sebenarnya kuinginkan. Aku bercita-cita menjadi sekretaris

Kutipan cerpen  II
  “ Maaa ….” Shasa mengetuk pintu kamar mandi. Tak ada jawaban. Dengan cemas, Shasa mengulangi ketukannya dengan lebih keras.
  “ Mamaaaa ….” Tanpa sadar Shasa setengah menjerit. Rasa takut melanda hatinya. Aduhh… kenapa mama tidak menjawab panggilannya? Diputarnya pegangan pintu kamar mandi. Terkunci! Aduhh …. Bagaimana ini? Bagaimana kalau mama pingsan?
  “Mamaaaa ….”Kali ini Shasa benar-benar menjerit. Jantungnya terasa berdetak lebih cepat. Shasa benar-benar ketakutan digedor-gedornya pintu kamar mandi. Air matanya sudah hampir menetes ketika pintu kamar mandi itu akhirnya terbuka. Mama berdiri di sana dengan wajah pucat dan basah.
  “M …a…Ma …Mama kenapa?” Shasa bertanya terbata-bata. Mama tidak menjawab, hanya memegangi perutnya. “Maag mama kambuh ya? Tanya Shasa lagi .Kadang-kadang kalau penyakit maag mama kambuh, mama suka muntah-muntah.

        Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan cerpen tersebut adalah ....



Kutipan Cerpen I

Kutipan Cerpen II


A.
menggunakan alur maju
menggunakan alur sorot balik
B.
menggunakan alur sorot balik
menggunakan alur maju

C.
menggunakan alur maju
menggunakan alur campuran
D.
menggunakan alur sorot balik
menggunakan alur campuran

21.  Bacalah kedua kutipan fabel berikut!
Kutipan Fabel I
Seekor singa merungut dan menderam kepada seekor nyamuk yang asyik terbang berlegar di kepalanya ketika dia cuba melelapkan mata. 
"Pergi kamu dari sini sebelum aku memijakmu dengan kakiku," ngaumnya.
"Aku tidak takut'padamu," kata nyamuk.
"Kamu mungkin digelar Raja Rimba, tapi aku lebih kuat daripada kamu. Aku juga boleh membuktikannya. Mari berlawan dan lihat siapa yang menang," singa pun bersetuju.
Nyamuk dengan pantas menjunam ke arah singa dan menggigitnya bertalu-talu di hidung dan telinganya. Ketika cuba memijak nyamuk itu, singa tercakar diri sendiri dengan kukunya yang tajam hingga berdarah.
"Cukup, cukuplah! Kamu, menang," jerit singa.

Kutipan Fabel II
Pada suatu musim yang sangat kering, di mana saat itu burung-burung pun sangat sulit mendapatkan sedikit air untuk diminum, seekor burung gagak menemukan sebuah kendi yang berisikan sedikit air. Tetapi kendi tersebut merupakah sebuah kendi yang tinggi dengan leher kendi sempit. Bagaimanapun burung gagak tersebut berusaha untuk mencoba meminum air yang berada dalam kendi, dia tetap tidak dapat mencapainya.
Burung gagak tersebut hampir merasa putus asa dan merasa akan meninggal karena kehausan.

Perbedaan penggunaan bahasa pada kutipan fabel tersebut adalah ....
A.    Kutipan I menggunakan majas.
Kutipan II menggunakan ungkapan.
B.     Kutipan I bahasa mudah dipahami.
Kutipan II bahasa sulit dipahami.
C.     Kutipan I kalimat menggunakan dialog.
Kutipan II kalimat tidak menggunakan dialog.
D. Kutipan I menggunakan bahasa Melayu.
Kutipan II menggunakan bahasa Indonesia

22.   Simak kutipan teks cerita fabel berikut:
     Pada suatu pagi sang Semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, genangan lumpur terdapat di mana-mana. Lumpur yang licin membuat semut tergelincir dan jatuh ke dalam Lumpur. Sang Semut hampir tenggelam dalam genangan lumpur itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan.“Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong..., tolong...!”
     Untunglah saat itu ada seekor Kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah semut. “Semut, peganglah erat-erat ranting itu! Nanti aku akan mengangkat ranting itu.” Lalu, sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman.
                             
Kupu-kupu dikatakan memiliki hati yang mulia karena ....
A.   sang Semut kembali berjalan ke taman
B.    sang Semut hampir tenggelam dalam genangan lumpur
C.    kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah semut
D.    kupu-kupu tetap mau menolong semut yang pernah mengejeknya

23. Bacalah kutipan cerita fabel berikut ini!
            Burung Hantu dan Belalang
 Burung hantu selalu tidur di siang hari. Ia akan bangun setelah matahari terbenam, ketika cahaya merah memudar dari langit. Dia menggeliat dan berkedip dari lubang pohon tua. Sekarang dia berseru, “Hoo hoo hoo” bergema melalui kayu yang rimbun dan ia mulai berburu serangga.
     Ia adalah seekor Burung Hantu Tua yang galak, terutama jika ada yang mengganggu saat ia tidur. Suatu sore musim panas yang hangat, saat ia tertidur jauh di dalam lubang pohon tua. Belalang di dekatnya mulai menyanyikan lagu gembira namun sangat menyesakkan telinga. Burung Hantu Tua itu menengok dari lubang pohon yang digunakan sebagai pintu dan jendela.
“Pergi dari sini, Tuan,” katanya kepada Belalang tersebut. “Apakah Anda tidak memiliki sopan santun?” lanjutnya. “Anda setidaknya harusmenghormati usia saya dan membiarkan saya tidur dengan tenang!” lanjut Sang Burung Hantu Tua itu.
     Akan tetapi, Belalang menjawab dengan kasar bahwa ia juga berhak beradadi tempat ini. Lalu ia meneriakkan suara lebih keras dan lagu yang lebih berisik. Burung Hantu yang bijak tahu benar bahwa tak ada gunanya berdebat dengan Belalang keras kepala ini. Selain itu, matanya semakin rabun untuk memungkinkan dirinya menghukum Belalang.   Akhirnya,  dia melupakan semua kata keras dan kembali berbicara dengan sangat ramah kepada Belalang.
    “Tuang Belalang yang baik hati, jika saya harus tetap terjaga, saya akan datang untuk menikmati nyanyian Anda. Namun, saat ini saya memiliki anggur lezat di sini, kiriman dari Olympus. Silakan datang dan rasakan minuman lezat ini bersama saya.” sanjung Burung Hantu Tua.
 Belalang terhanyut oleh kata-kata sanjungan Burung Hantu Tua. Akhirnya, dia melompat ke sarang Burung Hantu Tua. Ketika Belalang cukup dekat dalam jangkauan penglihatan, Burung Hantu Tua itu menerkam dan memakannya.

Pernyataan berikut ini yang tepat digunakan pada bagian klimaks dalam sebuah fabel adalah….
A.    Cici akhirnya tau ternyata neneknya dimangsa oleh si Kucing yang jahat. Ia berniat membalas dendam.
B.    Di sebuah rumah manusia, hiduplah Cici si Cicak bersama dengan neneknya.
C.    Cici si Cicak yang cerdik selalu membantu neneknya bekerja baik di dalam maupun di luar sarang.
D.   Akhirnya kedua binatang yang saling bermusuhan itu sepakat untuk berdamai dan saling memaafkan.

24.  Bacalah kutipan cerpen berikut ini!
Dengan memberanikan diri, aku pun bertanya; "Apa Ibu kenal dengan seorang anak bernama Eric yang dulu tinggal di sana itu?" Ia menjawab, "silakan masuk, Nyonya! Ia membuka pintu tempat tinggalnya. (1) "Tolong katakan, di mana ia sekarang? Saya janji menyayanginya dan tidak akan meninggalkannya lagi!” (2) Aku berlari memeluk tubuhnya yang bergetar keras. "Nyonya, semua sudah terlambat. Sehari sebelum nyonya datang, Eric telah meninggal dunia. Jasadnya ditemukan di kolong jembatan,” jawabnya dengan suara terbata-bata. (3) ”Eric... maafkan Ibu, Nak!” Aku sungguh menyesal, mengapa anakku Eric, dulu kutinggalkan. (4)

Kesalahan penulisan kalimat langsung pada kutipan cerpen tersebut ditandai nomor ...
A.    ( 1 )
B.     ( 2 )
C.     ( 3 )
D.    ( 4 )

25.  Cermati paragraf rumpang berikut ini!
Seberapa penting dan menentukankah pelemahan nilai tukar rupiah terhadap kehidupan masyarakat? … . berlebihan kalau kita katakana … . pengaruh itu tidak ada. Pelemahan nilai tukar yang terus terjadi menimbulkan efek psikologis yang tidak baik. Apalagi, masyarakat pernah merasakan pengalaman pahit … . nilai terpuruk sehingga mengakibatkan barang-barang menghilang dari pasaran … . ada, harganya tidak terjangkau lagi.

Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah…
A. tentu saja, kalau, begitu, barangkali
B. tentunya, bahwa, ketika, kalau
C. namun, bahwa, begitu, bahkan
D. namun, ketika, begitu, barangkali

26. Bacalah petunjuk di bawah ini dengan saksama!
Petunjuk mengakses internet
(1) Hidupkan computer
(2) Hubungkan computer dengan jaringan internet
(3)  (…….)
(4) Masukkan alamat alamat website yang diinginkan
(5) Tekan tombol enter(…..)

       Kalimat yang tepat  untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah
A .(3) Buka program pembaca internet
     (5 ) kemudian akan muncul permintaan alamat
B. (3)Hubungkan ke situs internet
    (5)kemudian masukkan alamat  situs yang diinginkan
C. (3)Hubungkan ke situs internet
    (5) kemudian baca perintah yang muncul otomatis
D. (3) Buka program pembaca internet
     (5) kemudian akan  terhubung  ke situs internet

27. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Di sana kami disambut oleh puluhan anak-anak yang bekerja sebagai pemulung dan para pejabat setempat.
(2) Tepat pukul 08.00 WIB kami bergerak dari sekolah ke permukiman di sekitar pembuangan akhir sampah.
(3) Suasana haru meliputi kami hingga derai air mata membasahi pipi.
(4) Setelah dilakukan upacara penyambutan, penyerahan sumbangan dilaksanakan secara sederhana.
(5) Perjalanan panjang pun dilakukan dan pada pukul 10.00 WIB rombongan tiba di lokasi.

Susunan paragraf  laporan yang padu berdasarkan kalimat-kalimat tersebut adalah ….
A. (1) – (3) – (2) – (5) – (4)
B. (2) – (5) – (1) – (4) – (3)
C. (3) – (4) – (1) – (2) – (5)
D. (5) – (2) – (1) – (4) – (5)

28. Bacalah teks dibawah ini dengan saksama!
(1) Sebagian besar tenaga kerja yang mencari pekerjaan itu hanya berpendidikan Sekolah Dasar. (2) Rendahnya kualitas tenaga kerja merupakan masalah dalam dunia ketenagakerjaan. (3) Sementara yang telah menamatkan pendidikan SLTP dan SMA belum menjamin bahwa pendidikan yang mereka peroleh di bangku sekolah cocok dengan kebutuhan tenaga kerja di lapangan. (4) Bahkan banyak yang belum sempat menamatkan pendidikan Sekolah Dasar. (5) Oleh sebab itu, mereka tidak mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang memadai sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan.

Susunan kalimat tersebut agar menjadi paragraf yang padu adalah ....
A.       1-2-3-4-5
B.       2-1-4-3-5
C.       2-3-1-4-5
D.       5-3-2-1-4

 29. Perhatikan kalimat di bawah ini!
Ia … gambar yang dipamerkan itu satu per satu.
     Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....
A.memandang
B.menatap
C.melotot
D.melirik

30.Bacalah teks di bawah ini!
(1) Rambut rontok akan menganggu penampilan seseorang,terutama wanita. (2) Seperti yang kita ketahui ekstrak lidah buaya dapat membantu mengatasi kerontokan rambut secara cepat dan alami. (3)Kandungan di dalam lidah buaya dapat membantu mengembalikan tekstur sel-sel kulit rusak dan meremajakan ,serta membentuk sel-sel jaringan rambut menjadi lebih sehat. (4)Cara menggunakannya pun cukup mudah  hanya mengambil potongan lidah buaya berukuran besar dengan daging tebal. (5)…. (6) Usapkan bagian lidah buaya ke seluruh bagian kepala dari kulit hingga ujung rambut secara merata dan diamkan selama 15 menit sebelum kamu mencucinya hingga bersih.

     Isian  yang tepat untuk melengkapi teks di atas adalah….
A. Kemudian,potong kecil-kecil lidah buaya usapkan ke kulit kepala,biarkan mengering.
B. Ambil lidah buaya  secukupnya.
C. Kemudian,belah potongan lidah buaya tersebut menjadi dua bagian dan ambil bagian   dalamnya
D. Kemudian , potong lidah buaya tersebut menjadi dua bagian.

31 Bacalah teks di bawah ini!
Ki Hajar Dewantoro Bapak Pendidikan Indonesia
        Nama kecil Ki Hajar Dewantara adalah Soewardi Soeryaningrat.  Ia lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Ia berasal dari lingkungan keluarga Keraton Yogyakarta. Meskipun demikian ia sangat sederhana dan dekat dengan rakyatnya.
        Pada tanggal 3 Juli 1922 Ki Hajar Dewantara bersama dengan rekan-rekan seperjuangannya mendirikan perguruan yang bercorak nasional, yaitu Nationaal Onderwijs Instituut Taman Siswa dan tulisan-tulisannnya yang berjumlah ratusan. Ki Hajar Dewantara berhasil meletakkan dasar-dasar pendidikan bagi bangsa Indonesia. Ki Hajar Dewantara dijuluki sebagai Bapak Pendidikan Indonesia.
        ... .

Paragraf penutup dari biografi di atas adalah...
A.    Sebagai pahlawan yang dijuluki Bapak Pendidikan Indonesia, semangat dan jasa Ki Hajar Dewantara sepantasnya dikenang dan tidak dilpakan. Semoga apa yang dilakukannya itu dapat menginspirasi rakyat Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.
B.     Nama kecil Ki Hajar Dewantara adalah Soewardi Soeryaningrat.  Ia lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Ia berasal dari lingkungan keluarga Keraton Yogyakarta. Meskipun demikian ia sangat sederhana dan dekat dengan rakyatnya.
C.     Pada tanggal 3 Juli 1922 Ki Hajar Dewantara bersama dengan rekan-rekan seperjuangannya mendirikan perguruan yang bercorak nasional, yaitu Nationaal Onderwijs Instituut Taman Siswa dan tulisan-tulisannnya yang berjumlah ratusan. Ki Hajar Dewantara berhasil meletakkan dasar-dasar pendidikan bagi bangsa Indonesia. Ki Hajar Dewantara dijuluki sebagai Bapak Pendidikan Indonesia.
D.    Perjalanan hidup Ki Hajar Dewantoro ditandai dengan perjuangan dan pengabdian pada kepentingan bangsa dan negara. Ki Hajar Dewantata menamatkan sekolah dasar di ELS (Sekolah Dasar Belanda), kemudian melanjutkan pendidikan di STOVIA (Sekolah Dokter Bumi Putera). Ia tidak menamatkan pendidikan  di sekolah tersebut karena sakit.
32. Perhatikan ilustrasi di bawah ini!
Raden Ajeng Kartini dilahirkan di Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879. Ibunya bernama M.A. Ngasirah, sedangkan ayahnya bernama Raden Mas Adipati Aryo Sastroningrat. Beliau adalah anak ke-5 dari 11 bersaudara kandung dan tiri.
\    Teks cerpen yang tepat berdasarkan ilustrasi di atas adalah...
A.    Saat itu, pagi terasa segar. Bu Ani mulai memberi pertanyaan mengenai pelajaran yang telah lalu, tepatnya materi perjuangan R.A. Kartini. Aku bisa menjawab. Aku merasa bangga.
B.     Saat itu, Bu Ani mulai menerangkan pada kami bahwa R.A.Kartini dilahirkan di Jepara , Jawa Tengah, 21 April 1879. Ibunya bernama M.A. Ngasirah, sedangkan ayahnya bernama Raden Mas Adipati Aryo Sastroningrat. Beliau adalah anak ke-5 dari 11 bersaudara kandung dan tiri.
‘‘Bu Ani menerangkan dengan fasih. Haruskah aku turut meragukan kehebatan bu Ani? Meski beliau guru baru, tapi aku percaya beliau berpengalaman.“
C.     Sampai usia 12 tahun, Kartini diperbolehkan bersekolah di ELS (Europese Legre School). Di sekolah tersebut, beliau belajar bahasa Belanda.
D.    Karena Kartini bisa berbahasa Belanda, beliau rajin membaca buku-buku, surat kabar, dan majalah Eropa.
33. Bacalah ilustrasi berikut!
Nama                                      : Bambang pamungkas
Tempat dan tanggal lahir        : Salatiga, 10 Juni 1980
Karir                                        : 1. Pemain terbaik piala Haornas
                                                   2. Pemain klub Persija, Jakarta
                                                   3. Anggota tim devisi 3 Belanda, EHC Norad
Biografi yang tepat berdasarkan ilustrasi di atas adalah...
A.           Bambang Pamungkas atau lebih dikenal dengan sebutan BePe ini adalah atlet sepakbola  Indonesia yang lahir di Salatiga, Kabupaen Semarang, Jawa Tengah, 10 Juni 1980. Hingga 2010 tercatat BePe masih membela tim  Persija Jakarta untuk Liga SLI (Super Liga Indonesia) dan BePe juga sering membela Timnas Indonesia dalam ajang internasional.
Karirnya dimulai ketika dirinya bergabung dalam sebuah klub di Jawa Tengah saat itu ia dinobatkan menjadi pemain terbaik Piala Haornas. Karirnya pun meningkat ketika ia beranjak dewasa. Bambang pun bergabung dengan klub Persija Jakarta. Selain di Indonesia, BePe juga sempat bergabung dengan sebuah tim devisi 3 Belanda, EHC Norad. Ternyata BePe harus meninggalkan klub itu karena ada masalah keluarga dan tidak terbiasanya dengan cuaca sejuk Eropa.

B.            Karirnya dimulai ketika dirinya bergabung dalam sebuah klub di Jawa Tengah saat itu ia dinobatkan menjadi pemain terbaik Piala Haornas. Karirnya pun meningkat ketika ia beranjak dewasa. Bambang pun bergabung dengan klub Persija Jakarta. Selain di Indonesia, BePe juga sempat bergabung dengan sebuah tim devisi 3 Belanda, EHC Norad. Ternyata BePe harus meninggalkan klub itu karena ada masalah keluarga dan tidak terbiasanya dengan cuaca sejuk Eropa.
Bambang tercatat telah mencetak sebanyak 18 gol dalam 35 penampilannya hingga  penampilan terakhirnya untuk Indonesia dikualifikasi Piala Dunia 2006 melawan Sri Lanka pada September 2004.

C.                Bambang tercatat telah mencetak sebanyak 18 gol dalam 35 penampilannya hingga  penampilan terakhirnya untuk Indonesia dikualifikasi Piala Dunia 2006 melawan Sri Lanka pada September 2004.
           Kini BePe masih eksis membela klub Persija dalam ajang ISL dan ajang lainnya di tanah air.
D.            Bambang Pamungkas atau lebih dikenal dengan sebutan BePe ini adalah atlet sepakbola  Indonesia yang lahir di Salatiga, Kabupaen Semarang, Jawa Tengah, 10 Juni 1980. Hingga 2010 tercatat BePe masih membela tim  Persija Jakarta untuk Liga SLI (Super Liga Indonesia) dan BePe juga sering membela Timnas Indonesia dalam ajang internasional.
          Kini BePe masih eksis membela klub Persija dalam ajang ISL dan ajang lainnya di tanah air.
34. Bacalah data-data objek berikut!
·         Bank sampah dikelola oleh warga, khususnya ibu-ibu PKK di lingkungan RT.
·         Nasabah bank sampah adalah warga setempat.
·         Nasabah mengumpulkan sampah kering di rumah masing-masing, seperti kardus dan botol plastik minuman, lalu menyetornya ke bank sampah dan mendapat uang.
·         Nasabah mendapat buku tabungan dan uang hasil setoran sampah dapat diambil jika sudah banyak.
·         Sebagian sampah kering dimanfaatkan oleh ibu-ibu PKK menjadi barang kerajinan.

Laporan hasil observasi yang sesuai dengan data-data objek tersebut adalah…
A.            Bank sampah merupakan konsep pengumpulan sampah kering di lungkungan RT. Bank sampah dikelola oleh warga, khususnya ibu-ibu PKK di lingkungan RT.
           Proses pelaksanaannya seperti bank. Ada nasabah yang merupakan warga setempat, ada sampah yang disetorkan, dan ada buku tabungan. Sampah berupa sampah kering, seperti kardus dan botol plastik minuman, disetorkan nasabah dan ditimbang oleh petugas pengelola. Sampah tersebut dihargai dengan uang yang jumlahnya tertera di buku tabungan. Nasabah dapat mengambil uang tersebut setelah terkumpul dalam jumlah tertentu.
B.           Lingkungan rumah yang bersih, bebas sampah, dan nyaman tentu didamba setiap warga. Setiap RT dapat membuat bank sampah untuk membantu terwujudnya hal tersebut.
        Cara mengadakan bank sampah sangat mudah. Warga membentuk petugas bank sampah, dan mendapat uang.
         Sebagian sampah yang disetorkan dapat diolah menjadi barang kerajinan.
C.            Bank sampah merupakan konsep pengumpulan sampah kering di lingkungan RT. Bank sampah dikelola oleh ibu-ibu PKK.
        Bank sampah tidak memerlukan tempat khusus yang permanen. Proses pengumpulan sampah dilaksanakan di satu tempat, misalnya pos hansip.
Di tempat itu, ada petugas yang siap menerima sampah dan ada alat timbang. Warga penyetor atau nasabah mendapat buku tabungan. Uang hasil setoran sampah dapat ditabung.
      Sebagian sampah yang terkumpul diolah kembali oleh warga menjadi barang kerajinan.
D.            Bank sampah dikelola oleh ibu-ibu PKK di lingkungan RT. Petugas dan nasabah bank sampah adalah warga setempat. Nasabah tidak menyetorkan uang, melainkan sampah kering, seperti kardus dan botol plastik minuman.
Nasabah mengumpulkan sampah kering di rumah masing-masing. Lalu menyetorkannya ke bank sampah. Petugas bank menimbang dan menilai uang yang didapat dari sampah tersebut. Petugas menulis nominal uang tersebut di buku tabungan. Uang tersebut dapat diambil oleh nasabah setelah terkumpul dalam jumlah tertentu.
Dengan adanya bank sampah, lingkungan menjadi bersih dan warga mendapat tambahan uang.



35. Bacalah paragraf di bawah ini!
1) Manusia ikut menyumbang kepunahan binatang karena manusia memburu jenis  binatang tertentu tanpa kendali. 2) Perburuan yang dilakukan untuk mendapatkan daging yang akan dimakan oleh manusia itu sendiri. 3)Tujuan perburuan dilakukan untuk perdagangan binatang secara tidak sah. 4) Bahkan, ada pula untuk dibunuh agar bagian tubuhnya dapat dijual dengan harga yang mahal.
Berdasarkan paragraf di atas kalimat yang tidak padu terdapat pada nomor!
A.             1                                                        
B.            2         
C.            3
D.            4                                             
36. Bacalah teks dibawah ini dengan saksama!
Ki Hajar Dewantara tidak hanya dianggap sebagai tokoh dan pahlawan sejarah  yang      tanggal kelahirannya  2 Mei dijadikan hari Pendidikan Nasional  tetapi juga ditetapkan sebagai pahlawan pergerakan nasional melalui surat keputusan Presiden  RI  No.305 Tahun 1959, tanggal 28 November  1959.  Ki Hajar Dewantara meninggal dunia pada tanggal, 28 April 1959 di Yogyakarta. Untuk melestarikan nilai dan semangat perjuangannya, penerus Taman Siswa mendirikan Museum Dewantara Kirti Griya di Yogyakarta.
Tentukan kalimat sumbang yang terdapat dalam paragraf  tersebut . . . . . .
A.      Ki Hajar Dewantara dianggap sebagai tokoh pahlawan sejarah
B.      Ki Hajar Dewantara meninggal dunia tanggal ,28 April 1959
C.      Museum Dewantara  Kirti di Yogyakarta
D.      Tanggal, 2 Mei dijadikan hari Pendidikan Nasional

37.  Bacalah teks dibawah ini dengan saksama!
Suku Baduy  (1) ...... dalam masyarakat terasing. (2) ...... mendiami 53 kampung di Desa Kanekes, kawasan Pegunungan Kandeng, Banten. Kondisi (3) ...... daerah mereka berbukit-bukit dengan ketinggian 500-1.200 meter (4) ...... atas permukaan laut.
 
Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah . . . . .
A.  (1) tergolong, (2) mereka, (3) tempat, (4) dari
B.   (1) masuk, (2) kami, (3) di, (4) dalam
C.   (1) tergolong, (2) mereka, (3) alam, (4) di
D.  (1) masuk, (2) mereka, (3) alam, (4) dalam

38. Bacalah teks dibawah ini dengan saksama!
Sejak itulah aku mengetahui bahwa perpustakaan sekolah bukan saja sebagai tempat membaca-baca, melainkan juga tempat sebagai [. . . .] dan melakukan praktek penelitian sederhana. Syukurlah aku dapat membantu mengurusnya.

Istilah yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang paragraf tersebut adalah . . . .
A.    Diskusi
B.     Orientasi
C.     Eksposisi
D.    Transaksi

39. Penggunaan kata bentukan dalam kalimat berikut yang tepat adalah . . . .
A.    Dia menyadari bahwa dirinya kini telah berpetualang.
B.     Anak itu jatuh telentang di jalan yang licin.
C.     Pemain itu diperingati  oleh wasit karena bermain kasar.
D.    Kulihat adik tidur terlengkup di kasur.

40. Bacalah teks dibawah ini dengan saksama!
Namun, bagi saya facebook lebih banyak merugikan. Bagaimana tidak? Sebagai seorang pelajar, yang tentu mempunyai kewajiban belajar, facebook sangat mengganggu terhadap pelajaran saya, baik dari segi waktu maupun konsentrasi untuk belajar.
Hampir setiap hari, orang-orang membuka facebook hanya sekedar untuk update status, chatting, dan banyak lagi. Itu hanya membuang-buang waktu, padahal masih banyak yang lebih penting yang harus dikerjakan.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks eksposisi tersebut adalah . . . .
A.    Namun, keberadaan facebook saat ini seakan mampu menyihir para penggunanya.
B.     Para orang tua harus mengontrol pemakaian internet anak-anaknya.
C.     Banyak para pelajar yang tidak menyadari pengaruh negatif facebook.
D.    Hendaknya para pelajar mengendalikan diri dalam menggunakan facebook.

41.       Cermati teks laporan berikut.
Darah adalah merupakan cairan merah yang kental. Terdapat sekitar 3,5 liter darah
 pada rata-rata tubuh manusia dan dapat digolongkan menjadi golongan A,B,O,dan AB.

       Perbaikan kalimat pertama dalam teks tersebut yang tepat adalah ….
       A. antara kata cairan dan merah diberi kata berwarna
       B.                                                            menggunakan salah satu kata adalah atau merupakan saja
       C. diberi tanda koma setelah kata merupakan
       D. setelah kata kental ditambah di dalam tubuh

42. Bacalah teks dibawah ini dengan saksama!
Penyakit tulang rawan sendi atau osteoartritis rentan menimpa para perempuan–perempuan berusia  40 tahun ke atas. Pemicunya berbagai faktor, di antaranya berat badan berlebih dan gaya hidup tidak sehat, seperti kurang olahraga dan sering memakai sepatu hak tinggi.

Perbaikan kalimat tidak efektif pada kalimat kedua teks bacaan tersebut adalah . . .
A. Penyakit tulang rawan sendi atau osteoartritis rentan menimpa para perempuan
 
   perempuan berusia 40 tahun ke atas.
B. Penyakit tulang rawan sendi atau osteoartritis rentan menimpa para perempuan
 
   berusia 40 tahun ke atas.
C. Penyakit tulang rawan sendi atau osteoartritis renta menimpa perempuan
 
    perempuan berusia 40 tahun ke atas.
D.Penyakit tulang rawan sendi atau osteoartritis renta menimpa perempuan berusia
 
   40 tahun ke atas.

43.    Cermatilah kutipan teks berikut.
(1) Pada bagian awal novel Senja di Tebing Desa pengarang mengajak pembaca untuk berimajinasi tentang dunia magis, tentang tokoh Kembara yang bergulat melawan roh jahat yang menguasai pamannya. (2) Tokoh paman Kembara ini mengingatkan kita pada tokoh adik dari ibu Kembara yang bisa mendengar suara – suara aneh. (3) Pilihan kata – kata, gaya bahasa, dan cara mendeskripsikan kejadian demi kejadian aneh dengan sangat detail menjadi kekuatan tersendiri untuk menghipnotis pembaca. (4) Sayangnya, kekuatan latar waktu dalam novel ini belum begitu banyak.

       Kalimat yang tidak padu dalam teks ulasan tersebut adalah nomor …
       A. (1)                                                      
       B. (2)
  C. (3)
       D. (4)

44.    Cermatilah kutipan teks prosedur berikut.
Cara membuat masker jeruk  nipis
 1.        Ambil beberapa jeruk nipis yang cukup tua agar airnya lebih banyak.
 2. Potong kecil-kecil dan peras jeruk nipis untuk mendapatkan airnya, kemudian saring
      hasil perasan.
 3.        Tambahkan air perasan jeruk nipis dengan satu sendok madu lalu aduk hingga
     merata.
 4.        Untuk mendapatkan kasiat yang lebih baik, Anda dapat menambahkan sedikit
     minyak zaitun, aduk.
 5. Masker jeruk nipis siap digunakan.
      
     Kesalahan ejaan pada kutipan tersebut adalah …
       A. kata perasan seharusnya perahan
       B. kata kasiat seharusnya khasiat
       C.                                                            kata zaitun seharusnya zhaitun
       D. kata digunakan diganti dipakai       
                                                                                                                                                    
45.    Cermati teks berikut.
Para Bapak-bapak dan Ibu-ibu sekalian, perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar. Melalui buku-buku koleksi di perpustakaan, pengunjung dapat memperoleh ilmu pengetahuan dan mempelajari berbagai hal.
Perbaikan kalimat pertama dalam teks terssebut adalah …
A. Para Bapak-bapak dan Ibu, perpustakaan merupakan salah satu sumber   belajar.
       B.                                                            Para Bapak-bapak dan Ibu-ibu, perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar.
       C.                                                            Bapak-bapak dan Ibu-ibu sekalian, perpustakaan adalah salah satu sumber belajar.
       D. Para hadirin, perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar.                  

46. Bacalah teks prosedur membuat jamu jerawat dengan saksama!
(1)   Siapkan kunyit dan temulawak
(2)   Rebus kunyit dan temulawak 3 gelas air
(3)   Tunggu hingga mendidih
(4)   Masukkan gula (pemanis)
(5)   Kecilkan api tunggu hingga air tinggal 1 gelas
(6)   Siap untuk diminum

Alasan kesalahan prosedur membuat jamu jerawat adalah…
A.    Kunyit dan temulawak dicuci, direbus biar higienis. Siap untuk diminum.
B.     Cuci kunyit dan temulawak supaya bersih, kemudian direbus. Siap untuk diminum.
C.     Kupas, cuci kunyit dan temulawak agar bersih dan higienis. Kemudian direbus. Siap untuk diminum.
D.    Kupas kunyit dan temulawak kemudian direbus agar cepat bisa diminum.

47. Cermati teks berikut!
Sir Isaac Newton, (4 Januari 1643- 31 Maret 1727) merupakan seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi dan juga ahli kimia yang berasal dari Inggris. Beliau merupakan pengikut aliran heliosentris dan ilmuwan yang sangat berpengaruh sepanjang sejarah, bahkan dikatakan sebagai bapak ilmu fisikawan modern. Dengan berbagai hasil karya ilmiah yang dicapainya, Newton menulis sebuah buku The Philosophiae Naturalis Principia Matematica, dimana pada buku tersebut di deskripsikan mengenai teori gravitasi secara umum, berdasarkan hukum gerak yang ditemukannya,dimana benda akan tertarik ke bawah karena gravitasi.

Kesalahan penulisan ejaan dalam teks biografi tersebut terdapat pada kata….
A.    Matematika
B.     Gravitasi
C.     Fisikawan
D.    Naturalis

48. Cermati teks berikut!
Sudah banyak pengarang yang menulis buku Cara Mudah Merawat dan Memperbaiki Komputer karangan Phil Laplante ini merupakan buku yang tepat dan mudah dipelajari agar anda dapat memperbaiki komputer sendiri. Buku ini terbitan PT Elex Media Komputindo, Jakarta. Warna sampul: kuning, tulisan merah, besar dan jelas. Isi buku mudah dibaca, tulisan terang, serta gambar besar.

Kesalahan penulisan tanda baca dalam teks ulasan tersebut terdapat pada kalimat…
A.    Warna sampul: kuning, tulisan merah, besar dan jelas
B.     Warna sampul kuning, tulisan merah, besar dan jelas
C.     Isi buku mudah dibaca, tulisan terang, serta gambar besar
D.    Buku terbitan PT Elex Media Komputindo Jakarta

49. Bacalah paragraph teks exposisi berikut dengan saksama!
Pada era gelobalisasi,kita dituntut mempunyai kreatifitas yang tinggi dan tidak gagap tehnologi modern. Tuntutan ini merupakan suatu keharusan agar kita tidak kalah dalam kompetisi.

Perbaikan penulisan kata yang bercetak miring tersebut adalah … .
A.    globalisasi, kreatifitas, teknologi, modern, komfetesi.
B.     globalisasi, kreativitas, tehnologi, modern, kompetisi.
C.     globalisasi, kreativitas, teknologi, modern, kompetisi.
D.    globalisasi, kreatifitas, teknologi, modern, komfetisi.
50.Bacalah teks prosedur berikut ini dengan saksama!
Mempertahankan kesegaran bunga mawar, sangat mudah dilakukan. Anda cukup mengganti air dan memotong pangkal, tangkai bunga Anda pun bisa menikmati keindahan mawar lebih lama.

Perbaikan tanda baca koma (,)
A.    Tanda koma (,) pada kalimat ke 1 dan ke 2 dihilangkan dan menganti dengan tanda titik (.) dibelakang kata bunga pada kalimat ke 2.
B.     Tanda koma (,) pada kalimat ke 1 diganti dengan tanda titik dua (:) dan pada kalimat ke 2 dihilangkan.
C.     Tanda titik (.) pada kalimat ke 1 diganti dengan tanda koma (,) sedangkan pada kalimat ke 2 tanda koma (,) dihilangkan.
D.    Tanda koma (,) pada kalimat ke 2 diganti dengan tanda titik (.)














Tidak ada komentar:

Posting Komentar