2 November 2016

kisi-kisi kelas 9 semester 2016


         KISI-KISI PENULISAN SOAL
ULANGAN SEMESTER GASAL
TAHUN PELAJARAN 2016/2017

No.
Aspek
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Bentuk soal
Nomor soal
1.
Membaca
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai
Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif
Teks iklan
Disajikan teks iklan tentang jasa pengiriman paket barang, siswa mampu menentukan fakta yang terdapat di dalamnya.
PG
1






Disajikan teks iklan tentang mencari karyawan/karyawati untuk toko/gudang, siswa mampu menentukan opini yang terdapat di dalamnya.
PG
2





Disajikan teks iklan tentang jasa mengurus pasang baru telepon telkom kabel,siswa mampu menjelaskan isi iklan tersebut.
PG
3





Disajikan teks iklan tentang penjualan mobil,siswa mampu melengkapi opini iklan tersebut.
PG
4





Disediakan teks iklan tentang penerimaan siswa baru,siswa dapat mencari dua fakta yang terdapat dalam iklan tersebut
PG
5





Disediakan 2 teks iklan,siswa dapat mencari kesamaan isi 2 teks iklan tersebut.
PG
6



Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat da tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca memindai
Indeks buku
Siswa mampu menemukan informasi tertentu dari indeks buku.
PG
7





Disediakan kalimat secara acak,cara menemukan penjelasan kata atau istilah dengan cepat melalui indeks.Siswa mampu mengurutkannya dengan tepat cara menemukan penjelasan kata istilah melalui indeks.


PG


8





Disajikan sebuah kata,siswa mampu mencari penjelasan kata tersebut melalui indeks buku
PG
9


Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan cerita pendek (cerpen)
Menemukan tema,latar,penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen.
Membaca cerpen
Disajikan kutipan cerpen,siswa mampu mencari latar waktu dan tempat kutipan cerpen tersebut.
PG
10





Disajikan kutipan cerpen ,siswa mampu mencari latar suasana kutipan cerpen tersebut.
PG
11





Disediakan kutipan cerpen yang memuat beberapa tokoh, siswa mampu menentukan bukti watak seorang tokoh dalam cerpen tersebut.
PG
12





Disajikan kutipan cerpen,siswa mampu mencari amanat dari kutipan cerpen tersebut.
PG
13





Disajikan kutipan cerpen,siswa dapat menyebutkan cara pengarang menggambarkan watak tokoah dari kutipan cerpen tersebut.
PG
14





Disajikan kutipan cerpen,siswa mampu menyebutkan watak tokoh (protagonis) dalam kutipan cerpen tersebut.
PG
15





Disajikan kutipan cerpen,siswa dapat menyebutkan watak tokoh (antagonis) dalam kutipan cerpen tersebut.
PG
16



Menganalisis nilai-nilai kehidupan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen

Disajikan kutipan cerpen,siswa dapat menyebutkan nilai yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut ( nilai moral )
PG
17





Disajikan kutipan cerpen,siswa mampu menyebutkan bukti kalimat yang mengandung nilai persahabatan dengan tepat
PG
18





Disajikan kutipan cerpen,siswa mampu menyebutkan nilai yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut ( nilai ketaatan )



PG


19
2
Menulis
Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris,resensi,dan karangan
Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat,padat,dan jelas
Menulis iklan baris
Disajikan sebuah iklan,siswa dapat menyebutkan kepanjangan dari singkatan yang ada di dalam iklan tersebut dengan benar
PG
20






Disajikan ilustrasi iklan baris menjual rumah,siswa dapat menulis teks iklan sesuai ilustrasi tersebut dengan benar
PG
21





Disajikan teks iklan,siswa dapat menjelaskan salah satu isi kalimat pada iklan tersebut dengan tepat
PG
22





Disajikan ilustrasi iklan baris, siswa mampu menuliskan iklan baris dengan tepat
PG
23





Disajikan data tentang penjualan ruko, siswa mampu menuliskan iklan baris sesuai dengan data tersebut dengan tepat.
PG
24





 Disajikan ilustrasi iklan kehilangan STNK sepeda motor, siswa mampu menuliskan hal-hal penting yang dituliskan dalam iklan baris tersebut.
PG
25



Meresensi buku pengetahuan
Resensi
Disajikan  kutipan resensi yang diberi nomor, siswa mampu menentukan kelemahan buku yang diresensi tersebut.
PG
26





Disajikan  kutipan resensi, siswa mampu menentukan kelebihan buku yang diresensi tersebut.
PG
27





Disajikan data resensi, siswa mampu membuat paragraf resensi dengan tepat.
PG
28


Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan pengalaman dalam cerita pendek
Menuliskan kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca
Cerpen
Disajikan kutipan cerpen, siswa mampu menentukan jenis konflik dengan tepat.
PG
29





Siswa mampu menentukan  bukti watak tokoh antagonis yang terdapat dalam kutipan cerpen yang disediakan.
PG
30






Disediakan kutipan cerpen, siswa mampu menentukan sudut pandang tokoh secara tepat.


PG


31





Disajikan kutipan cerpen, siswa mampu menentukan penggambaran karakter tokoh.
PG
32





Siswa mampu menentukan  bukti latar  yang digunakan dalam kutipan cerpen yang disediakan.
PG
33





Disajikan kutipan cerpen), siswa mampu menentukan  nilai kehidupan  tersebut.
PG
34





Siswa mampu menentukan bukti peristiwa  yang terdapat dalam cerpen yang disediakan.
PG
35





Disajikan kutipan cerpen, siswa mampu menuliskan suasana  dengan tepat.
PG
36





Siswa mampu menentukan perwatakan tokoh tritagonis  yang terkandung dalam cerpen yang disediakan
PG
37


Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, resensi, dan karangan
Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan,tanda baca,pilihan kata,keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana
Menyunting pilihan kata
Disajikan sebuah paragraf,siswa mampu menentukan kesalahan dan perbaikan pilihan kata dalam paragraf tersebut.
PG
38




Kalimat efektif
Disajikan sebuah paragraf, siswa mampu memperbaiki kalimat menjadi kalimat efektif.
PG
39




Tanda baca
Disajikan sebuah kalimat, siswa mampu memperbaiki kalimat dengan tanda baca yang tepat.
PG
40





Disajikan sebuah paragraf, siswa mampu memperbaiki kalimat dengan tepat.
PG
41




Huruf kapital
Disajikan sebuah kalimat, siswa mampu menulis huruf kapital dengan tepat.
PG
42




Pilihan kata
Disajikan sebuah paragraf, siswa mampu melengkapi paragraf dengan pilihan kata yang tepat.
PG
43




Kalimat efektif
Disajikan  sebuah kalimat, siswa mampu memperbaiki menjadi kalimat efektif.
PG
44





Huruf kapital
Disajikan sebuah kalimat, siswa mampu menulis huruf kapital dengan tepat.
PG
45
3.
Menulis
Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, resensi, dan karangan
Meresensi buku pengetahuan
Resensi buku
Disajikan kutipan resensi buku yang memuat kelebihan dan kekurangan isi buku, siswa mampu menentukan kelebihan dan kekurangan tersebut.
Uraian
46
4.
Membaca
Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan cerita pendek (cerpen)
Menemukan tema, latar, penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen
Buku kumpulan cerpen
Disajikan kutipan cerpen, siswa mampu menentukan tema, latar (tempat, waktu, suasana), penokohan, dan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen tersebut.
Uraian
47


Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai
Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif
Teks iklan
Disajikan teks iklan, siswa mampu menentukan fakta dan opini yang terdapat dalam iklan tersebut.
Uraian
48
5.
Menulis
Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, resensi, dan karangan
Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas
Iklan baris
Disajikan ilustrasi tentang penjualan rumah, siswa mampu menulis iklan baris sesuai ilustrasi dengan tepat.
Uraian
49



Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata,keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana.
Menyunting
Disajikan sebuah teks bacaan, siswa dapat menentukan kesalahan penulisan ejaan, pilihan kata,dan kalimat kemudian dapat menuliskan kembali teks dengan baik dan benar.
Uraian
50
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     





                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      Surakarta, 17 Oktober 2016

                                               
                                                                                                                                                                                                                        Penyusun,
                                   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar