KISI-KISI PENULISAN SOAL
ULANGAN SEMESTER GASAL
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
No.
|
Aspek
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk soal
|
Nomor soal
|
1.
|
Membaca
|
Memahami ragam wacana tulis
dengan membaca intensif dan membaca memindai
|
Membedakan antara fakta dan
opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif
|
Teks iklan
|
Disajikan teks iklan tentang jasa pengiriman paket barang, siswa mampu
menentukan fakta yang terdapat di
dalamnya.
|
PG
|
1
|
|
|
|
|
|
Disajikan teks iklan tentang mencari karyawan/karyawati untuk toko/gudang, siswa mampu
menentukan opini
yang terdapat di dalamnya.
|
PG
|
2
|
|
|
|
|
|
Disajikan teks iklan tentang jasa mengurus pasang baru telepon telkom
kabel,siswa mampu menjelaskan isi iklan
tersebut.
|
PG
|
3
|
|
|
|
|
|
Disajikan teks iklan tentang penjualan mobil,siswa mampu melengkapi opini iklan tersebut.
|
PG
|
4
|
|
|
|
|
|
Disediakan teks iklan tentang penerimaan siswa baru,siswa dapat
mencari dua fakta yang terdapat
dalam iklan tersebut
|
PG
|
5
|
|
|
|
|
|
Disediakan 2 teks iklan,siswa dapat mencari kesamaan isi 2 teks iklan tersebut.
|
PG
|
6
|
|
|
|
Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat da tepat dari indeks
buku melalui kegiatan membaca memindai
|
Indeks buku
|
Siswa mampu menemukan informasi tertentu dari indeks buku.
|
PG
|
7
|
|
|
|
|
|
Disediakan kalimat secara acak,cara menemukan penjelasan kata atau istilah dengan cepat melalui indeks.Siswa
mampu mengurutkannya dengan tepat
cara menemukan penjelasan kata istilah melalui indeks.
|
PG
|
8
|
|
|
|
|
|
Disajikan sebuah kata,siswa mampu mencari
penjelasan kata tersebut melalui indeks buku
|
PG
|
9
|
|
|
Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan cerita
pendek (cerpen)
|
Menemukan tema,latar,penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku
kumpulan cerpen.
|
Membaca cerpen
|
Disajikan kutipan cerpen,siswa mampu mencari latar waktu dan tempat kutipan cerpen tersebut.
|
PG
|
10
|
|
|
|
|
|
Disajikan kutipan cerpen ,siswa mampu mencari latar suasana kutipan cerpen tersebut.
|
PG
|
11
|
|
|
|
|
|
Disediakan kutipan cerpen yang
memuat beberapa tokoh, siswa mampu menentukan bukti watak seorang tokoh dalam cerpen
tersebut.
|
PG
|
12
|
|
|
|
|
|
Disajikan kutipan cerpen,siswa mampu mencari amanat
dari kutipan cerpen tersebut.
|
PG
|
13
|
|
|
|
|
|
Disajikan kutipan cerpen,siswa dapat menyebutkan cara pengarang menggambarkan watak tokoah dari kutipan cerpen
tersebut.
|
PG
|
14
|
|
|
|
|
|
Disajikan kutipan cerpen,siswa mampu menyebutkan
watak tokoh (protagonis) dalam kutipan cerpen tersebut.
|
PG
|
15
|
|
|
|
|
|
Disajikan kutipan cerpen,siswa dapat menyebutkan
watak tokoh (antagonis) dalam kutipan cerpen tersebut.
|
PG
|
16
|
|
|
|
Menganalisis nilai-nilai kehidupan pada cerpen-cerpen dalam satu buku
kumpulan cerpen
|
|
Disajikan kutipan cerpen,siswa dapat menyebutkan nilai yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut ( nilai moral
)
|
PG
|
17
|
|
|
|
|
|
Disajikan kutipan cerpen,siswa mampu menyebutkan
bukti kalimat yang mengandung nilai persahabatan dengan tepat
|
PG
|
18
|
|
|
|
|
|
Disajikan kutipan cerpen,siswa mampu menyebutkan
nilai yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut ( nilai ketaatan )
|
PG
|
19
|
2
|
Menulis
|
Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris,resensi,dan karangan
|
Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat,padat,dan jelas
|
Menulis iklan baris
|
Disajikan sebuah iklan,siswa dapat menyebutkan kepanjangan dari singkatan yang ada di dalam iklan tersebut
dengan benar
|
PG
|
20
|
|
|
|
|
|
Disajikan ilustrasi iklan baris menjual rumah,siswa dapat menulis teks iklan sesuai ilustrasi
tersebut dengan benar
|
PG
|
21
|
|
|
|
|
|
Disajikan teks iklan,siswa dapat menjelaskan salah satu isi kalimat pada iklan tersebut dengan tepat
|
PG
|
22
|
|
|
|
|
|
Disajikan ilustrasi iklan baris, siswa mampu menuliskan iklan baris dengan tepat
|
PG
|
23
|
|
|
|
|
|
Disajikan data tentang
penjualan ruko, siswa mampu menuliskan iklan baris sesuai dengan data
tersebut dengan tepat.
|
PG
|
24
|
|
|
|
|
|
Disajikan ilustrasi
iklan kehilangan STNK sepeda motor, siswa mampu menuliskan hal-hal penting yang dituliskan dalam iklan baris
tersebut.
|
PG
|
25
|
|
|
|
Meresensi buku pengetahuan
|
Resensi
|
Disajikan kutipan resensi yang diberi nomor, siswa
mampu menentukan kelemahan buku
yang diresensi tersebut.
|
PG
|
26
|
|
|
|
|
|
Disajikan kutipan resensi, siswa mampu menentukan kelebihan buku yang
diresensi tersebut.
|
PG
|
27
|
|
|
|
|
|
Disajikan data resensi, siswa mampu membuat
paragraf resensi dengan tepat.
|
PG
|
28
|
|
|
Mengungkapkan kembali pikiran,
perasaan, dan pengalaman dalam cerita pendek
|
Menuliskan kembali dengan
kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca
|
Cerpen
|
Disajikan kutipan cerpen, siswa
mampu menentukan jenis konflik dengan tepat.
|
PG
|
29
|
|
|
|
|
|
Siswa mampu menentukan bukti watak tokoh antagonis yang terdapat dalam kutipan cerpen yang
disediakan.
|
PG
|
30
|
|
|
|
|
|
Disediakan kutipan cerpen,
siswa mampu menentukan sudut pandang
tokoh secara tepat.
|
PG
|
31
|
|
|
|
|
|
Disajikan kutipan cerpen, siswa
mampu menentukan penggambaran
karakter tokoh.
|
PG
|
32
|
|
|
|
|
|
Siswa mampu menentukan bukti latar yang digunakan dalam kutipan cerpen yang
disediakan.
|
PG
|
33
|
|
|
|
|
|
Disajikan kutipan cerpen), siswa mampu menentukan nilai kehidupan tersebut.
|
PG
|
34
|
|
|
|
|
|
Siswa mampu menentukan bukti peristiwa yang terdapat dalam cerpen yang disediakan.
|
PG
|
35
|
|
|
|
|
|
Disajikan kutipan cerpen, siswa
mampu menuliskan suasana dengan tepat.
|
PG
|
36
|
|
|
|
|
|
Siswa mampu menentukan perwatakan tokoh tritagonis yang terkandung dalam cerpen yang
disediakan
|
PG
|
37
|
|
|
Mengungkapkan informasi dalam
bentuk iklan baris, resensi, dan karangan
|
Menyunting karangan dengan berpedoman
pada ketepatan ejaan,tanda baca,pilihan kata,keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana
|
Menyunting pilihan kata
|
Disajikan sebuah paragraf,siswa mampu menentukan
kesalahan dan perbaikan pilihan kata dalam paragraf tersebut.
|
PG
|
38
|
|
|
|
|
Kalimat efektif
|
Disajikan sebuah paragraf, siswa mampu memperbaiki
kalimat menjadi kalimat efektif.
|
PG
|
39
|
|
|
|
|
Tanda baca
|
Disajikan sebuah kalimat, siswa mampu memperbaiki
kalimat dengan tanda baca yang tepat.
|
PG
|
40
|
|
|
|
|
|
Disajikan sebuah paragraf, siswa mampu memperbaiki
kalimat dengan tepat.
|
PG
|
41
|
|
|
|
|
Huruf kapital
|
Disajikan sebuah kalimat, siswa
mampu menulis huruf kapital dengan tepat.
|
PG
|
42
|
|
|
|
|
Pilihan kata
|
Disajikan sebuah paragraf, siswa mampu melengkapi
paragraf dengan pilihan kata yang tepat.
|
PG
|
43
|
|
|
|
|
Kalimat efektif
|
Disajikan sebuah kalimat, siswa mampu memperbaiki menjadi
kalimat efektif.
|
PG
|
44
|
|
|
|
|
Huruf kapital
|
Disajikan sebuah kalimat, siswa mampu menulis huruf kapital dengan tepat.
|
PG
|
45
|
3.
|
Menulis
|
Mengungkapkan informasi dalam bentuk
iklan baris, resensi, dan karangan
|
Meresensi buku pengetahuan
|
Resensi buku
|
Disajikan kutipan resensi buku yang memuat kelebihan dan kekurangan isi buku,
siswa mampu menentukan kelebihan dan
kekurangan tersebut.
|
Uraian
|
46
|
4.
|
Membaca
|
Memahami wacana sastra melalui
kegiatan membaca buku kumpulan cerita pendek (cerpen)
|
Menemukan tema, latar,
penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen
|
Buku kumpulan cerpen
|
Disajikan kutipan cerpen, siswa
mampu menentukan tema, latar (tempat,
waktu, suasana), penokohan, dan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen
tersebut.
|
Uraian
|
47
|
|
|
Memahami ragam wacana tulis
dengan membaca intensif dan membaca memindai
|
Membedakan antara fakta dan
opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif
|
Teks iklan
|
Disajikan teks iklan, siswa
mampu menentukan fakta dan opini
yang terdapat dalam iklan tersebut.
|
Uraian
|
48
|
5.
|
Menulis
|
Mengungkapkan informasi dalam
bentuk iklan baris, resensi, dan karangan
|
Menulis iklan baris dengan
bahasa yang singkat, padat, dan jelas
|
Iklan baris
|
Disajikan ilustrasi tentang
penjualan rumah, siswa mampu menulis
iklan baris sesuai ilustrasi dengan tepat.
|
Uraian
|
49
|
|
|
|
Menyunting karangan dengan
berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata,keefektifan
kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan
wacana.
|
Menyunting
|
Disajikan sebuah teks bacaan,
siswa dapat menentukan kesalahan
penulisan ejaan, pilihan kata,dan kalimat kemudian dapat menuliskan kembali
teks dengan baik dan benar.
|
Uraian
|
50
|
Surakarta, 17
Oktober 2016
Penyusun,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar