KISI-KISI PENULISAN SOAL
ULANGAN SEMESTER GASAL
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
kelas 8
No.
|
Aspek
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk soal
|
Nomor soal
|
1.
|
Membaca
|
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai,membaca cepat
|
Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/buku telepon dengan
membaca memindai
|
Membaca cepat ensiklopedi/
buku telepon
|
Disediakan urutan langkah cepat dan tepat menemukan nama,alamat,dan nomor telepon, ,siswa mampu
mengurutkannya dengan tepat.
|
PG
|
1
|
Siswa dapat menemukan cara yang
cepat dan tepat menemukan alamat dan nomor telepon sebuah SMP di Solo.
|
PG
|
2
|
|||||
Disajikan langkah-langkah menemukan informasi suatu artikel dalam
ensiklopedi,siswa dapat mengurutkan langkah-langkah tersebut dengan cepat dan tepat.
|
PG
|
3
|
|||||
Disajikan kutipan buku telepon,siswa dapat mencari pernyataan yang tidak sesuai dengan kutipan buku telepon
tersebut.
|
PG
|
4
|
|||||
Disediakan sebuah artikel ensiklopedi,siswa mampu mencari isi artikel ensiklopedi tersebut
dengan tepat.
|
PG
|
5
|
|||||
Siswa mampu menuliskan nama
seseorang dalam buku telepon dengan tepat
|
PG
|
6
|
|||||
Siswa mampu menyebutkan beberapa
fungsi/manfaat membaca memindai dengan tepat
|
PG
|
7
|
|||||
Siswa mampu menyebutkan isi
halaman putih buku telepon dengan tepat
|
PG
|
8
|
|||||
Menemukan tempat atau arah dalam konteks yang
sebenarnya sesuai dengan yang tertera pada denah
|
denah
|
Disajikan pernyataan,siswa
mampu menyebutkan hal yang perlu
diperhatikan dalam memahami denah dengan tepat
|
PG
|
9
|
|||
Siswa mampu mendiskripsikan sebuah denah yang
disajikan dengan tepat.
|
PG
|
10
|
|||||
Disajikan sebuah denah,siswa mampu
mendiskripsikan pernyataan yang paling tepat yang sesuai dengan denah.
|
PG
|
11
|
|||||
Disediakan sebuah denah,siswa mampu mendiskripsikan perjalanan paling efisian sesuai yang tertera di denah dengan
tepat.
|
PG
|
12
|
|||||
Menyimpulkan isi suatu teks
|
Teks bacaan
|
Disajikan teks ,siswa mampu
membuat pertanyaan bacaan teks tersebut dengan tepat.
|
PG
|
13
|
|||
Disajikan teks bacaan,siswa mampu menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi teks dengan benar.
|
PG
|
14
|
|||||
Disajikan sebuah paragraf,siswa mampu menyimpulkan isi paragraf tersebut dengan tepat
|
PG
|
15
|
|||||
Mengidentifikasi unsur intrinsik
teks drama
|
Drama
|
Siswa mampu menentukan tema
kutipan teks drama yang dibacanya
dengan tepat
|
PG
|
16
|
|||
Disajikan kutipan teks drama,siswa mampu menunjukkan
kalimat yang ada keterangan lakuannya dengan tepat
|
PG
|
17
|
|||||
Disajikan kutipan teks drama.,siswa mampu menunjukkan latar kutipan teks drama
tersebut dengan benar
|
PG
|
18
|
|||||
Disajikan kutipan teks drama,siswa mampu menunjukkan
kalimat yang menggambarkan bentuk fisik tokoh dengan benar
|
PG
|
19
|
|||||
Disajikan kutipan teks drama,siswa dapat menyebutkan amanat kutipan teks drama tersebut dengan tepat
|
PG
|
20
|
|||||
Membuat sinopsis novel remaja Indonesia
|
Sinopsis novel
|
Siswa dapat menyebutkan urutan membuat sinopsis novel dengan
tepat
|
PG
|
21
|
|||
Disajikan teks bacaan,siswa dapat menyebutkan
kalimat yang mengandung keterangan kesertaan dengan benar
|
PG
|
22
|
|||||
2.
|
Menulis
|
Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan,surat dinas,dan petunjuk
|
Menulis laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
|
Menulis laporan
|
Disajikan beberapa kerangka laporan,siswa dapat
menentukan kerangka laporan yang paling tepat
|
PG
|
23
|
Siswa dapat menyebutkan tujuan
penulisan laporan suatu kegiatan dengan tepat
|
PG
|
24
|
|||||
Disajikan teks laporan,siswa dapat menyebutkan
hal-hal penting yang terdapat dalam laporan tersebut dengan benar
|
PG
|
25
|
|||||
Disajikan sebuah teks
laporan,siswa dapat menyebutkan pola urutan ruang yang terdapat dalam
teks tersebut dengan benar
|
PG
|
26
|
|||||
Disajikan kutipan
laporan,siswa dapat menyebutkan pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan
laporan dengan tepat
|
PG
|
27
|
|||||
Disajikan teks hasil pengamatan,siswa
mampu menyimpulkan hasil pengamatan
dengan benar
|
PG
|
28
|
|||||
Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika
yang tepat dan bahasa baku
|
Menulis surat dinas
|
Siswa dapat menulis alamat surat
dinas dengan tepat
|
PG
|
29
|
|||
Siswa mampu menulis kop surat
dinas dengan tepat
|
PG
|
30
|
|||||
Siswa mampu menulis pembuka surat
permohonan izin tidak dapat mengikuti kegiatan sekolah dengan benar
|
PG
|
31
|
|||||
Disajikan surat dinas tentang kerja sama
sebuah sekolah dengan sebuah perusahaan,siswa mampu membuat bagian penutup surat dengan
tepat
|
PG
|
32
|
|||||
Siswa dapat menyebutkan bagian/urutan surat dinas dengan tepat
|
PG
|
33
|
|||||
Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan
menggunakan bahasa yang efektif
|
Menulis Petunjuk
|
Disajikan beberapa kalimat petunjuk,siswa
mampu menentukan kalimat petunjuk yang
paling efektif
|
PG
|
35
|
|||
Siswa mampu menyebutkan
bahasa yang dipakai dalam menulis petunjuk
dengan tepat
|
PG
|
34
|
|||||
Disajikan petunjuk cara memasak agar-agar,siswa mampu mengurutkan cara memasak agar-agar dengan tepat
|
PG
|
36
|
|||||
Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif
naskah drama
|
Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide
|
Menulis drama
|
Siswa dapat menyebutkan unsur-unsur yang
harus dipersiapkan sebelum menulis naskah drama dengan benar.
|
PG
|
37
|
||
Siswa dapat menulis nama tokoh
drama sesuai dengan kaidah penulisan
naskah drama dengan tepat
|
PG
|
38
|
|||||
Disajikan kutipan teks drama,siswa
mampu melengkapi bagian teks yang
rumpang dengan tepat
|
PG
|
39
|
|||||
Disajikan kutipan teks drama,siswa mampu
menunjukkan bagian prolog dengan benar
|
PG
|
40
|
|||||
Menulis kreatif naskah
drama satu babak dengan
memperhatikan kaidah penulisan naskah drama
|
Menulis naskah drama
|
Siswa dapat menulis nama tokoh
dalam kutipan teks drama sesuai
kaidah penulisan drama dengan
tepat
|
PG
|
41
|
|||
Siswa dapat menggunakan tanda baca
titik dua dan tanda kurung
dalam kaidah penulisan naskah drama dengan tepat
|
PG
|
42
|
|||||
Siswa dapat menyebutkan langkah-langkah mengubah narasi menjadi naskah drama
dengan tepat
|
PG
|
43
|
|||||
Disajikan teks bacaan,siswa mampu menemukan
kata-kata yang mengalami perluasan makna dengan tepat
|
PG
|
44
|
|||||
Disediakan teks bacaan,siswa mampu
melengkapi paragraf
tersebut dengan kata ganti
yang tepat
|
PG
|
45
|
|||||
3.
|
Menulis
|
Memahami teks drama dan novel
remaja
|
Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama
|
Teks drama
|
Disajikan kutipan teks drama,siswa mampu menjelaskan unsur-unsur intrinsik kutipan naskah drama tersebut
dengan benar .
|
Uraian
|
46
|
4.
|
Membaca
|
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca
memindai,membaca cepat
|
Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit
|
Membaca cepat
|
Disajikan sebuah teks,siswa dapat menyimpulkan isi teks tersebut dengan tepat
|
Uraian
|
47
|
5
|
Menulis
|
Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan,surat dinas dan petunjuk
|
Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika
yang tepat dan bahasa baku
|
Surat Dinas
|
Disajikan .ilustrasi,siswa mampu membuat surat dinas sesuai ilustrasi dengan benar
|
Uraian
|
48
|
Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan
menggunakan bahasa yang efektif
|
Siswa dapat membuat petunjuk cara
membuat jus buah dengan tepat
|
Uraian
|
49
|
||||
Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama
|
Menulis drama
|
Siswa mampu menulis naskah drama satu babak sesuai ilustrasi dengan tepat
|
Uraian
|
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar