2 November 2016

kisi-kisi kelas 7 semester 1 2016

            KISI-KISI PENULISAN SOAL
ULANGAN SEMESTER GASAL
TAHUN PELAJARAN 2016/2017

No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Bentuk soal
Nomor soal
1
3.       Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
3.1  Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara sepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai
Membaca memindai kamus
Disediakan wacana siswa mampu  mengurutkan kata sesuai urutan kamus.

Disediakan wacana siswa mampu  menemukan kata – kata tertentu dalam wacana itu dengan kamus.

PG
PG

PG
PG
PG
1
2

3
4
6


3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit
Teks
Disediakan wacana siswa mampu menyimpulkan isi bacaan.
PG
PG
PG
PG
PG
5
7
8
9
10


3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
Teks Perangkat Upacara
Disediakan penjedaan teks upacara, siswa dapat memilih penulisan penjedaan yang tepat.
PG
PG

11
12
2
4.       Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
Buku Harian
Disediakan sebuah ilustrasi siswa mampu menuliskan buku harian yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut.
PG
PG
PG
PG
PG
PG
13
14
15
16
17
18


4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi dan bahasa
Surat Pribadi
Disediakan penggalan surat pribadi, siswa mampu menentukan bagian alamat surat.
Disediakan penggalan surat siswa  dapat menentukan bagian penutup surat.                                                                                        
Disediakan penulisan alamat surat siswa mampu menentukan penulisan yang tepat.
Disediakan ilustrasi, siswa mampu menentukan isi balasan surat yang tepat.
Disediakan penggalan surat siswa dapat memilih kalimat pembuka surat pribadi yang tepat.
PG

PG

PG

PG

PG

19

20

21

22

23



4.3 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik dan benar
Teks Pengumuman
Disediakan ilustrasi pengumuman, siswa mampu memilih surat yang sesuai ilustrasi.
Disediakan pengumuman, siswa mampu menentukan kalimat penutup pengumuman.
Disediakan petikan pengumuman, siswa mampu menentukan bagian isi.
Disediakan pengumuman, siswa mampu menyebutkan pokok pengumuman.
Disediakan wacana, siswa mampu memilih isi pengumuman yang sesuai ilustrasi.
Disediakan kalimat pembuka pengumuman, siswa mampu memilih kalimat pengumuman yang efektif.
PG

PG

PG

PG
PG
PG

PG

24

25

26

27
28
29

30
3
7.       Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca
7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
Cerita Anak
Disediakan penggalan cerita anak, siswa mampu menentukan latar cerita terebut.
Disediakan penggalan cerita anak, siswa mampu menentukan ungkapan yang tepat sesuai watak tokoh.
PG

PG

31

32


7.2 Mengomentari buku cerita yang dibaca
Cerita Anak
Disediakan penggalan cerita, siswa mampu mengomentari tokoh cerita.
Disediakan penggalan cerita, siswa mampu menunjukkan amanat dalam cerita.
Disediakan penggalan cerita, siswa mampu menunjukkan watak tokoh dalam cerita.
Disediakan penggalan cerita, siswa mampu menunjukkan realitas kehidupan sekarang yang tercermin dalam cerita.
Disediakan penggalan cerita, siswa mampu menunjukkan hal yang menarik dari cerita.
PG

PG

PG

PG

PG

33

34

35

36

37
4
8.       Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng
8.1  Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun
Pantun
Disediakan pantun yang masih acak siswa mampu menentukan urutan pantun yang tepat.
Disediakan pantun, siswa mampu menentukan isi pantun tersebut.
Disediakan syarat-syarat pantun, siswa mampu menentukan syarat pantun yang tepat.
Disediakan puisi, siswa mampu menentukan jenis pantun.
Disediakan ilustrasi, siswa mampu menyebutkan pantun yang sesuai ilustrasi tersebut.
Disediakan pantun, siswa mampu menentukan kesalahan yang terdapat pada pantun tersebut.
PG

PG

PG

PG
PG

PG

40

41

42

43
44

45


8.2 Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar
Dongeng
Disediakan kutipan dongeng, siswa  mampu menentukan latar dongeng.
Disediakan kutipan dongeng, siswa mampu menyebutkan isi dongeng.
PG

PG

38

39




Disediakan sebuah ilustrasi siswa mampu membuat surat pribadi sesuai dengan ilustrasi.
Disediakan cerita anak, siswa mampu menuliskan kembali cerita tersebut dengan kalimat sendiri tanpa mengubah isi.
Disediakan sebuah ilustrasi pengumuman, siswa mampu membuat pengumuman sesuai dengan ilustrasi.
Disediakan ilustrasi siswa mampu menyusun buku harian sesuai dengan ilustrasi.
Disediakan ilustrasi siswa mampu membuat pantun sesuai dengan ilustrasii dengan syarat – syarat pantun.
Uraian


Uraian


Uraian


Uraian

Uraian

46


47


48


49

50


Tidak ada komentar:

Posting Komentar