KISI-KISI PENULISAN SOAL
ULANGAN SEMESTER GASAL
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk soal
|
Nomor soal
|
1
|
3.
Memahami
ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
|
3.1 Menemukan makna kata
tertentu dalam kamus secara sepat dan tepat sesuai dengan konteks yang
diinginkan melalui kegiatan membaca memindai
|
Membaca memindai kamus
|
Disediakan wacana siswa
mampu mengurutkan kata sesuai urutan
kamus.
Disediakan wacana siswa
mampu menemukan kata – kata tertentu
dalam wacana itu dengan kamus.
|
PG
PG
PG
PG
PG
|
1
2
3
4
6
|
|
|
3.2
Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit
|
Teks
|
Disediakan wacana siswa mampu
menyimpulkan isi bacaan.
|
PG
PG
PG
PG
PG
|
5
7
8
9
10
|
|
|
3.3
Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
|
Teks Perangkat Upacara
|
Disediakan
penjedaan teks upacara, siswa dapat memilih penulisan penjedaan yang tepat.
|
PG
PG
|
11
12
|
2
|
4.
Mengungkapkan
pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
|
4.1
Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara
pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
|
Buku Harian
|
Disediakan sebuah ilustrasi siswa mampu
menuliskan buku harian yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut.
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
13
14
15
16
17
18
|
|
|
4.2
Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi dan bahasa
|
Surat Pribadi
|
Disediakan
penggalan surat pribadi, siswa mampu menentukan bagian alamat surat.
Disediakan
penggalan surat siswa dapat menentukan
bagian penutup surat.
Disediakan
penulisan alamat surat siswa mampu menentukan penulisan yang tepat.
Disediakan
ilustrasi, siswa mampu menentukan isi balasan surat yang tepat.
Disediakan
penggalan surat siswa dapat memilih kalimat pembuka surat pribadi yang tepat.
|
PG
PG
PG
PG
PG
|
19
20
21
22
23
|
|
|
4.3
Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik dan benar
|
Teks Pengumuman
|
Disediakan ilustrasi
pengumuman, siswa mampu memilih surat yang sesuai ilustrasi.
Disediakan
pengumuman, siswa mampu menentukan kalimat penutup pengumuman.
Disediakan
petikan pengumuman, siswa mampu menentukan bagian isi.
Disediakan
pengumuman, siswa mampu menyebutkan pokok pengumuman.
Disediakan
wacana, siswa mampu memilih isi pengumuman yang sesuai ilustrasi.
Disediakan
kalimat pembuka pengumuman, siswa mampu memilih kalimat pengumuman yang
efektif.
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
24
25
26
27
28
29
30
|
3
|
7.
Memahami
isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca
|
7.1
Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
|
Cerita Anak
|
Disediakan
penggalan cerita anak, siswa mampu menentukan latar cerita terebut.
Disediakan
penggalan cerita anak, siswa mampu menentukan ungkapan yang tepat sesuai
watak tokoh.
|
PG
PG
|
31
32
|
|
|
7.2
Mengomentari buku cerita yang dibaca
|
Cerita Anak
|
Disediakan
penggalan cerita, siswa mampu mengomentari tokoh cerita.
Disediakan
penggalan cerita, siswa mampu menunjukkan amanat dalam cerita.
Disediakan
penggalan cerita, siswa mampu menunjukkan watak tokoh dalam cerita.
Disediakan
penggalan cerita, siswa mampu menunjukkan realitas kehidupan sekarang yang
tercermin dalam cerita.
Disediakan
penggalan cerita, siswa mampu menunjukkan hal yang menarik dari cerita.
|
PG
PG
PG
PG
PG
|
33
34
35
36
37
|
4
|
8.
Mengekspresikan
pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng
|
8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat
pantun
|
Pantun
|
Disediakan
pantun yang masih acak siswa mampu menentukan urutan pantun yang tepat.
Disediakan
pantun, siswa mampu menentukan isi pantun
tersebut.
Disediakan
syarat-syarat pantun, siswa mampu menentukan syarat pantun yang tepat.
Disediakan
puisi, siswa mampu menentukan jenis pantun.
Disediakan
ilustrasi, siswa mampu menyebutkan pantun yang sesuai ilustrasi tersebut.
Disediakan
pantun, siswa mampu menentukan kesalahan yang terdapat pada pantun tersebut.
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
40
41
42
43
44
45
|
|
|
8.2
Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau
didengar
|
Dongeng
|
Disediakan
kutipan dongeng, siswa mampu
menentukan latar dongeng.
Disediakan
kutipan dongeng, siswa mampu menyebutkan isi dongeng.
|
PG
PG
|
38
39
|
|
|
|
|
Disediakan sebuah
ilustrasi siswa mampu membuat surat pribadi sesuai dengan ilustrasi.
Disediakan cerita anak,
siswa mampu menuliskan kembali cerita tersebut dengan kalimat sendiri tanpa
mengubah isi.
Disediakan sebuah
ilustrasi pengumuman, siswa mampu membuat pengumuman sesuai dengan ilustrasi.
Disediakan ilustrasi
siswa mampu menyusun buku harian sesuai dengan ilustrasi.
Disediakan
ilustrasi siswa mampu membuat pantun sesuai dengan ilustrasii dengan syarat –
syarat pantun.
|
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
|
46
47
48
49
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar