Program Kerja MGMP
A. Program Strategis
Untuk mendukung visi dan misi MGMP
maka beberapa program strategis yang menjadi prioritas, sbb.:
1. Memotivasi guru untuk bergabung dan aktif dalam setiap kegiatan MGMP.
2. Melaksanakan kegiatan MGMP melalui pola kerja, metode dan strategi yang lebih baik.
3. Melakukan kegiatan-kegiatan yang lebih intensif bagi peningkatkan kualitas dan profesionalisme guru.
4. Melakukan pendekatan terhadap lembaga terkait, baik eksekutif maupun legislatif untuk lebih memerhatikan keberadaan MGMP beserta kegiatan-kegiatannya dengan memberikan dukungan dana yang dianggarkan dalam APBN dan APBD setiap tahun.
5. Melakukan pendekatan kepada sekolah/komite sekolah untuk memberikan motivasi bagi guru-guru yang ada di sekolah masing-masing untuk mengikuti kegiatan MGMP.
6. Memberdayakan dan mengembangkan potensi sumber daya guru secara berkelanjutan dalam mendukung kegiatan-kegiatan MGMPBahasa indonesia SMP Muhammadiyah Kota Surakarta
7. Melakukan kegiatan-kegiatan yang lebih intensif bagi peningkatkan kualitas dan profesionalisme guru.
8. Mendorong pihak stakeholder untuk membantu mengembangkan MGMP, misalnya sekolah, komite sekolah, MKKS, LPMP, P4TK, dan masyarakat.
11. Menjadikan MGMPBahasa indonesia SMP Muhammadiyah Kota Surakarta sebagai pilar utama bagi berkembangnya organisasi profesi guru dalam pembinaan profesionalisme guru di daerah.
12. Menjadikan MGMPBahasa indonesia SMP Muhammadiyah Kota Surakarta sebagai MGMP Percontohan Indonesia umumnya dalam kegiatan peningkatan profesi guru di daerah.
B. PROGRAM KERJA
Program Kerja I : PERTEMUAN BERKALA PER MATA PELAJARAN (up grade guru)
Rincian Program :
a. Pertemuan berkala sekali sebulan atau menurut keperluan, para guru mata pelajaran sejenis yang membahas: kurikulum/silabus, program tahunan, program semester, satuan pelajaran, rencana pelajaran, pendalaman materi, perakitan soal ulangan harian dan semester, analisis ulangan harian, pembuatan LKS dan praktikum
b. Pembuatan perangkat pembelajaran guru
c. Sarana pengembangan inisiatif dan inovatif dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran melalui berbagai metode pembelajaran yang efektif, menarik dan menyenangkan
d. Problem Solving
e. Pendalaman Materi
f. Kajian dan Evaluasi Pelaksanaan PBM
g. Inovasi dan Teknologi Pembelajaran
Program Kerja II : PENINGKATAN KUALITAS TENAGA FASILITATOR
Rincian Program :
Melaksanakan pelatihan dan pertemuan rutin bagi fasilitator (TOT) untuk membahas masalah-masalah:
a. Pengembangan dan Penyempurnaan silabus
b. Sistem Pengujian
c. Problem Solving dalam PBM
d. Teknologi dan Inovasi Pembelajaran
e. Pengembangan Profesi
f. Kajian Pelaksanaan PBM
g. Metode Pembelajaran Berbasis TIK
h. Menjajaki kerja sama dengan LPMP dan P4TK dalam pelatihan fasilitator tiap mata pelajaran.
Program Kerja III: PEMBENTUKAN TEAM WORK DAN TEAM
MONITORING DAN EVALUASI (Monev) INTERNAL
Rincian Program :
a. Pembentukan Team Work Pengembang Kurikulum
b. Pembentukan Team Work Penilaian
c. Pembentukan Team Work Fasilitator Mata Pelajaran
d. Pembentukan Team Work Pembina KIR
e. Pembentukan Team Monitoring dan Evaluasi Internal (Monev) MGMP
Program Kerja IV : PENGUSULAN DANA BLOCK GRANT MGMP DAN DANA OPERASIONAL MGMP
Rincian Program :
a. Peningkatan kualitas Proposal pengajuan Dana Block Grant ke LPMP
b. Bantuan teknis penyusunan proposal untuk pengusulan block grant bagi MGMP.
c. Melaksanakan monitoring dan evaluasi bagi mata pelajaran yang telah menerima block grant
.
Program Kerja V : PEMANTAPAN POLA KERJA DAN METODE
PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU
Rincian Program :
Pemantapan pola kerja, pemantapan personil, pemantapan arah dan tujuan bersama, pemantapan metode pencapaian tujuan, dan menghasilkan produk nyata.
Program Kerja VII : PEMBUATAN KISI-KISI UJIAN SEKOLAH/
PERAKITAN SOAL UJIAN SEKOLAH
Rincian Program :
Penyusunan kisi-kisi soal ujian sekolah untuk digunakan dalam penyusunan soal ujian sekolah . Peserta terdiri dari guru-guru mata pelajaran yang berkompeten dalam penyusunan kisi-kisi ujian sekolah.
C. PROGRAM JANGKA PANJANG
Pentahapan proses pengembangan profesioanlisme guru jangka panjang melalui MGMP yang meliputi tahap aktifasi, dinamisasi, akselerasi, dinamik-stabilitasasi. Pentahapan berdasarkan time table rencana kerja periode 2014-2018 adalah sebagai berikut:
Tahapan :
Tahun 1
Aktifasi-revitalisasi dengan sasaran mengaktifkan simpul-simpul network pengembangan profesionalisme guru dan legalitas MGMP Revitalisasi Kelompok/Musyawarah, Pemahaman terhadap pola kerja pengembangan. Reorientasi, pemikiran menuju kemauan berkembang dengan bergabung dan aktif dalam kegiatan MGMP, mengikuti kegiatan untuk meningkatkan wawasan dan networking
Tahun 2
Dinamisasi-dengan sasaran konsistensi gerakan dinamisasi dalam mencapai tujuan profesionalisme guru.
Pemantapan pola kerja, pemantapan personil, pemantapan arah dan tujuan bersama, pemantapan metode pencapaian tujuan, menghasilkan produk nyata.
Aktiv bergabung dalam MGMP secara mandiri tanpa paksaan, menyampaikan ide dan melaksanakan, senang bergabung dengan MGMP, dinamis dalam bekerja dan produktif
Tahun3
Akselerasi- dengan sasaran percepatan dan pertumbuhan ide-ide dari para guru dalam MGMP untuk mandiri meningkatkan kompetensi profesinya, sehingga peningkatan kulifikasi, sertifikasi dapat tercapai.
Dengan kemantapan organisasi, melangkah dengan dinamika tinggi, produktifitas tinggi dan semakin banyak kegiatan yang positif dan menarik untuk para guru. Kemandirian kelompok/musyawarah dimantapkan, peran masing-masing anggota diperkuat, kualifikasi dan sertifikasi serta kompentensi anggota meningkat tajam.
Guru berlomba-lomba meningkatkan profesionalismenya, diantaranya dengan lebih banyak jumlah guru yang dapat meningkat kualifikasinya dan semakin banyak guru yang berlomba-lomba untuk mendapatkan sertifikasi profesi serta semakin banyak jumlah guru yang bekerja keras dalam jalur profesinya.
Tahun 4
Stabilisasi kondusif.
Para guru mempunyai pengalaman selama menjalankan tahapan dinamisasi dan akselerasi. Aktivitas yang efektifitasnya tinggi dipilih untuk tetap dilakukan. Tahapan ini merupakan tahapan menjaga stabilitas kondisi dinamis dan ekonomis.
Stabilitas MGMP, sebagai organisasi/forum berbadan hukum, aktif dan konstruk dalam kegiatan bersama, mempunyai network lokal, nasional dan internasional yang yang kuat. Mempunyai metode-metode implementasi ide yang efektif, mengembangkan citra guru, mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan tuntutan zaman.
Kesejahteraan sebagian besar guru dalam MGMP meningkat, kulifikasi dan sertifikasi sebagian besar guru tuntas. Guru mampu mengekspresikan pemikirannya, guru mempunyai kepribadian proaktif untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengajar dan berkreasi dengan siswa.
Untuk mendukung visi dan misi MGMP
maka beberapa program strategis yang menjadi prioritas, sbb.:
1. Memotivasi guru untuk bergabung dan aktif dalam setiap kegiatan MGMP.
2. Melaksanakan kegiatan MGMP melalui pola kerja, metode dan strategi yang lebih baik.
3. Melakukan kegiatan-kegiatan yang lebih intensif bagi peningkatkan kualitas dan profesionalisme guru.
4. Melakukan pendekatan terhadap lembaga terkait, baik eksekutif maupun legislatif untuk lebih memerhatikan keberadaan MGMP beserta kegiatan-kegiatannya dengan memberikan dukungan dana yang dianggarkan dalam APBN dan APBD setiap tahun.
5. Melakukan pendekatan kepada sekolah/komite sekolah untuk memberikan motivasi bagi guru-guru yang ada di sekolah masing-masing untuk mengikuti kegiatan MGMP.
6. Memberdayakan dan mengembangkan potensi sumber daya guru secara berkelanjutan dalam mendukung kegiatan-kegiatan MGMPBahasa indonesia SMP Muhammadiyah Kota Surakarta
7. Melakukan kegiatan-kegiatan yang lebih intensif bagi peningkatkan kualitas dan profesionalisme guru.
8. Mendorong pihak stakeholder untuk membantu mengembangkan MGMP, misalnya sekolah, komite sekolah, MKKS, LPMP, P4TK, dan masyarakat.
11. Menjadikan MGMPBahasa indonesia SMP Muhammadiyah Kota Surakarta sebagai pilar utama bagi berkembangnya organisasi profesi guru dalam pembinaan profesionalisme guru di daerah.
12. Menjadikan MGMPBahasa indonesia SMP Muhammadiyah Kota Surakarta sebagai MGMP Percontohan Indonesia umumnya dalam kegiatan peningkatan profesi guru di daerah.
B. PROGRAM KERJA
Program Kerja I : PERTEMUAN BERKALA PER MATA PELAJARAN (up grade guru)
Rincian Program :
a. Pertemuan berkala sekali sebulan atau menurut keperluan, para guru mata pelajaran sejenis yang membahas: kurikulum/silabus, program tahunan, program semester, satuan pelajaran, rencana pelajaran, pendalaman materi, perakitan soal ulangan harian dan semester, analisis ulangan harian, pembuatan LKS dan praktikum
b. Pembuatan perangkat pembelajaran guru
c. Sarana pengembangan inisiatif dan inovatif dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran melalui berbagai metode pembelajaran yang efektif, menarik dan menyenangkan
d. Problem Solving
e. Pendalaman Materi
f. Kajian dan Evaluasi Pelaksanaan PBM
g. Inovasi dan Teknologi Pembelajaran
Program Kerja II : PENINGKATAN KUALITAS TENAGA FASILITATOR
Rincian Program :
Melaksanakan pelatihan dan pertemuan rutin bagi fasilitator (TOT) untuk membahas masalah-masalah:
a. Pengembangan dan Penyempurnaan silabus
b. Sistem Pengujian
c. Problem Solving dalam PBM
d. Teknologi dan Inovasi Pembelajaran
e. Pengembangan Profesi
f. Kajian Pelaksanaan PBM
g. Metode Pembelajaran Berbasis TIK
h. Menjajaki kerja sama dengan LPMP dan P4TK dalam pelatihan fasilitator tiap mata pelajaran.
Program Kerja III: PEMBENTUKAN TEAM WORK DAN TEAM
MONITORING DAN EVALUASI (Monev) INTERNAL
Rincian Program :
a. Pembentukan Team Work Pengembang Kurikulum
b. Pembentukan Team Work Penilaian
c. Pembentukan Team Work Fasilitator Mata Pelajaran
d. Pembentukan Team Work Pembina KIR
e. Pembentukan Team Monitoring dan Evaluasi Internal (Monev) MGMP
Program Kerja IV : PENGUSULAN DANA BLOCK GRANT MGMP DAN DANA OPERASIONAL MGMP
Rincian Program :
a. Peningkatan kualitas Proposal pengajuan Dana Block Grant ke LPMP
b. Bantuan teknis penyusunan proposal untuk pengusulan block grant bagi MGMP.
c. Melaksanakan monitoring dan evaluasi bagi mata pelajaran yang telah menerima block grant
.
Program Kerja V : PEMANTAPAN POLA KERJA DAN METODE
PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU
Rincian Program :
Pemantapan pola kerja, pemantapan personil, pemantapan arah dan tujuan bersama, pemantapan metode pencapaian tujuan, dan menghasilkan produk nyata.
Program Kerja VII : PEMBUATAN KISI-KISI UJIAN SEKOLAH/
PERAKITAN SOAL UJIAN SEKOLAH
Rincian Program :
Penyusunan kisi-kisi soal ujian sekolah untuk digunakan dalam penyusunan soal ujian sekolah . Peserta terdiri dari guru-guru mata pelajaran yang berkompeten dalam penyusunan kisi-kisi ujian sekolah.
C. PROGRAM JANGKA PANJANG
Pentahapan proses pengembangan profesioanlisme guru jangka panjang melalui MGMP yang meliputi tahap aktifasi, dinamisasi, akselerasi, dinamik-stabilitasasi. Pentahapan berdasarkan time table rencana kerja periode 2014-2018 adalah sebagai berikut:
Tahapan :
Tahun 1
Aktifasi-revitalisasi dengan sasaran mengaktifkan simpul-simpul network pengembangan profesionalisme guru dan legalitas MGMP Revitalisasi Kelompok/Musyawarah, Pemahaman terhadap pola kerja pengembangan. Reorientasi, pemikiran menuju kemauan berkembang dengan bergabung dan aktif dalam kegiatan MGMP, mengikuti kegiatan untuk meningkatkan wawasan dan networking
Tahun 2
Dinamisasi-dengan sasaran konsistensi gerakan dinamisasi dalam mencapai tujuan profesionalisme guru.
Pemantapan pola kerja, pemantapan personil, pemantapan arah dan tujuan bersama, pemantapan metode pencapaian tujuan, menghasilkan produk nyata.
Aktiv bergabung dalam MGMP secara mandiri tanpa paksaan, menyampaikan ide dan melaksanakan, senang bergabung dengan MGMP, dinamis dalam bekerja dan produktif
Tahun3
Akselerasi- dengan sasaran percepatan dan pertumbuhan ide-ide dari para guru dalam MGMP untuk mandiri meningkatkan kompetensi profesinya, sehingga peningkatan kulifikasi, sertifikasi dapat tercapai.
Dengan kemantapan organisasi, melangkah dengan dinamika tinggi, produktifitas tinggi dan semakin banyak kegiatan yang positif dan menarik untuk para guru. Kemandirian kelompok/musyawarah dimantapkan, peran masing-masing anggota diperkuat, kualifikasi dan sertifikasi serta kompentensi anggota meningkat tajam.
Guru berlomba-lomba meningkatkan profesionalismenya, diantaranya dengan lebih banyak jumlah guru yang dapat meningkat kualifikasinya dan semakin banyak guru yang berlomba-lomba untuk mendapatkan sertifikasi profesi serta semakin banyak jumlah guru yang bekerja keras dalam jalur profesinya.
Tahun 4
Stabilisasi kondusif.
Para guru mempunyai pengalaman selama menjalankan tahapan dinamisasi dan akselerasi. Aktivitas yang efektifitasnya tinggi dipilih untuk tetap dilakukan. Tahapan ini merupakan tahapan menjaga stabilitas kondisi dinamis dan ekonomis.
Stabilitas MGMP, sebagai organisasi/forum berbadan hukum, aktif dan konstruk dalam kegiatan bersama, mempunyai network lokal, nasional dan internasional yang yang kuat. Mempunyai metode-metode implementasi ide yang efektif, mengembangkan citra guru, mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan tuntutan zaman.
Kesejahteraan sebagian besar guru dalam MGMP meningkat, kulifikasi dan sertifikasi sebagian besar guru tuntas. Guru mampu mengekspresikan pemikirannya, guru mempunyai kepribadian proaktif untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengajar dan berkreasi dengan siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar