10 Januari 2019

soal un past a 2019


PEMERINTAH KOTA SURAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
PREDIKSI UJIAN NASIONAL
SMP KOTA SURAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
 

PETUNJUK UMUM
1.      Berdoalah sebelum mengerjakan soal!
2.      Tulislah lebih dahulu identitas Anda pada lembar jawab yang tersedia!
3.      Bacalah setiap soal sebelum mengerjakan!
4.      Kerjakan terlebih dahulu soal-soal yang dianggap mudah!
5.      Periksalah kembali pekerjaan sebelum diserahkan kepada pengawas!

SELAMAT MENGERJAKAN
 

PETUNJUK KHUSUS
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan cara menghitamkan bulatan pilihan A, B, C, atau D pada lembar jawab!

 Bunga verbena memang merupakan bunga dengan mahkota berwarna ungu. Pemilik nama asli Verbena brasiliensis vell itu tumbuh memenuhi sabana seluas 20 hektare. Pada pagi hari, verbena akan membiaskan cahaya kemilauan seperti kristal karena tersapu embun. Semengtara itu, pada siang hari, bunga itu memiliki peran sebagai oase yang memberi energi untuk pejalan. (Sumber:http://travel.tempo.co/read/1082182/menikmati-mekar-bunga-verbana-di-oro-oro-ombo-gunung-semeru)1.    Bacalah paragraf berikut ini!








Pernyataan berikut yang sesuai dengan informasi tersurat teks tersebut adalah… .
A.  Nama verbena diambil dari nama pemiliknya, Verbena Brasiliensis Vell.
B.  Bunga verbena menjadi oase bagi para pejalan ketika siang hari.
C.  Pada pagi hari, bunga verbena mampu berperan memberi energi.
D.  Verbena membiaskan cahaya kemilauan pada siang hari.
2.    Bacalah kutipan berikut!
Text Box: Biografi B.J Habibie - Banyak orang mencari mengenai kisah, profil atau biografi singkat B.J Habibie. Dia adalah putra terbaik bangsa Indonesia dan menjadi kebanggaan bagi banyak orang di Indonesia. Presiden ketiga Republik Indonesia, dialah Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie dilahirkan di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada tanggal 25 Juni 1936. Beliau merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo. Habibie yang menikah dengan Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962 ini dikaruniai dua orang putra yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal. Masa kecil Habibie dilalui bersama saudara-saudaranya di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Sifat tegas berpegang pada prinsip telah ditunjukkan Habibie sejak kanak-kanak.
         Sumber: Biografi B.J. Habibie
 













Sikap yang pantas diteladani dari tokoh berikut adalah ….
A.    Dia adalah putra terbaik bangsa Indonesia dan menjadi kebanggaan bagi banyak orang di Indonesia.
B.     Bersifat tegas dan selalu  berpegang teguh pada prinsip
C.     Seorang genius dari Indonesia
D.    Presiden RI ke -3

3.    Bacalah kutipan teks berikut!
Text Box:  Hindari kebiasaan-kebiasan buruk seperti merokok, makanan berkolestrol dan minuman alkohol. Makanan-makanan tersebut akan memacu organ jantung untuk bekerja di luar batas normalnya sehingga akan sangat rentan rusak. Selain itu, makanan berkolesterol yang tinggi dapat menumpuk di pembuluh darah sehingga menyumbat pembuluh darah coroner, yaitu pembuluh darah yang memberikan makanan kepada jantung.    
       Sumber:http://lifestyle.hidup sehat.com
 









Makna kalimat bercetak miring pada teks di atas adalah… .
A.  Merokok, mengonsumsi makanan berkolesterol, minuman beralkohol dapat mengakibatkan jantung bekerja secara tidak wajar sehingga rentan mengalami kerusakan
B.  Mengonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan atau di luar batas kewajaran berakibat jantung bekerja di luar batas normal sehingga akan sangat rentan rusak
C.  Untuk menghindari terjadinya kerusakan pada organ jantung, sebaiknya kita menghindari rokok, makanan berkolesterol, dan minuman beralkohol.
D.  Kerja jantung yang tidak wajar atau melampaui batas normal dapat mengakibatkan kerusakan yang serius pada organ tersebut.

Bacalah kutipan berikut no 4 dan 5!
Text Box: 1) Kacang-kacangan, termasuk kacang tanah, kaya akan nutrisi nabati yang diperlukan tubuh. 2) Nutrisi tersebut antara lain adalah protein, lemak, serat, zat besi, dan vitamin E. (3) Semua ini bisa menganggu kerja sistem tubuh. (4) Hasil penelitian Gary Faser, Ph.D. di Loma Linda University Amerika Serikat, membuktikan bahwa dengan mengonsumsi kacang seminggu sekali, seseorang memiliki kemungkinan terkena penyakit jantung 25% lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak pernah mengonsumsi kacang. (5) Hal ini dimungkinkan karena kacang-kacangan memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang sangat tinggi.
Sumber:http://lifestyles.hidupsehat.com.


      









4.        Kalimat yang menunjukkan pertentangan  paragraf  di atas ditunjukkan oleh nomor … .
A.    (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.    (4)

5.        Ide pokok paragraf kutipan diatas ditunjukkan nomor ….
  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)



6.        Bacalah kutipan teks berikut!
Text Box: Peredaran narkotika dan obat-obat terlarang, semakin marak di kalangan generasi penerus bangsa. Buktinya pada Minggu petang petugas menangkap empat siswa yang sedang berpesta sabu-sabu. Mereka mengadakan pesta di salah satu apartemen mewah di sebuah kota besar. Banyak dari mereka terbawa arus zaman dengan cara yang salah. Tanpa pikir panjang, akhirnya para tunas bangsa ini menyelesaikan masalah dengan mengonsumsi obat-obat terlarang. Uniknya, pelajar yang biasa mendapat pengarahan baik dari guru maupun kepolisian saat orientasi siswa justru mulai memakai barang haram ini. Barang haram ini cepat beredar di kalangan pelajar karena anak-anak muda memiliki rasa penasaran yang besar terhadap sesuatu yang baru.
 






    




Simpulan isi teks di atas adalah … .
A.  Petugas menangkap siswa yang sedang berpesta sabu-sabu diadakan di sebuah apartemen mewah di sebuah kota besar.
B.  Bukti banyaknya peredaran narkotika dan obat-obat terlarang adalah ditangkapnya siswa yang sedang berpesta sabu-sabu.
C.  Peredaran narkotika dan obat-obat terlarang semakin marak di kalangan pelajar karena pelajar memiliki pergaulan yang salah.
D.  Peredaran narkotika dan obat-obat terlarang semakin marak di kalangan pelajar karena mereka memiliki rasa penasaran terhadap barang yang baru.

7.        Cermati teks berikut!
Text Box: 1)Dalam waktu dekat pemerintah akan mengujicobakan Sekolah Seharian di beberapa kota. (2)Sekolah Seharian diharapkan dapat menanggulangi aktivitas negatif anak saat orang tua mereka belum pulang. (3)Namun beberapa pihak menganggap Sekolah Seharian membrangus hak main dan hak sosialisasi anak. (4)Terlepas dari pro kontra di beberapa negara program ini sudah dilaksanakan. (5)Ujicoba Sekolah Seharian sebaiknya di kota yang tepat sasaran.

     






Pendapat yang mendukung dalam teks tersebut ditunjukkan nomor...
A.  2
B.  3
C.  4
D.  5

8.    Bacalah dua kutipan teks berikut!
 
















Perbedaan penggunaan bahasa dalam kedua teks tersebut adalah ...
  1. Teks 1 menggunakan kata baku. Teks 2 menggunakan kata tidak baku.
  2. Teks 1 menggunakan istilah asing. Teks 2 menggunakan istilah daerah.
  3. Teks 1 menggunakan kata serapan. Teks 2 menggunakan gabungan kata asing.
  4. Teks 1 menggunakan konjungsi sebab akibat. Teks 2 menggunakan konjungsi pertentangan.

9.    Bacalah kedua kutipan teks berikut!
Text Box: Teks 1
Belajar di masa tua memerlukan usaha yang lebih karena daya tangkap yang dimiliki saat tua sudah berkurang. Selain itu motivasi yang dimiliki sudah melemah karena terlalu banyak pikiran. Alasan itulah yang menggambarkan bahwa belajar di waktu tua seperti melukis di atas air.                  
     Sumber:http://www.yuksinau.id/contoh-paragraf-deduktif-induktif-campuran/#!
Text Box: Teks 2
Orang pendiam tidak sepantasnya dijauhi maupun dianggap aneh. Karena tidak selamanya orang yang pendiam adalah pecandu narkoba, berkepribadian sombong, penderita kelainan jiwa, atau seorang teroris. Orang pendiam hanyalah orang yang tidak pandai banyak bicara sekaligus tidak terlalu senang berada di tempat ramai terlalu lama.

Sumber:http://www.yuksinau.id/contoh-paragraf-deduktif-induktif-campuran/#!
 














Perbedaan pola penyajian dalam kedua teks tersebut adalah ...
A.    Teks 1 berpola sebab-akibat. Teks 2 berpola akibat-sebab.
B.     Teks 1 berpola perbandingan. Teks 2 berpola pertentangan.
C.     Teks 1 berpola urutan tempat. Teks 2 berpola urutan waktu.
D.    Teks 1 berpola khusus-umum. Teks 2 berpola umum-khusus.

10. Cermati kutipan teks berikut!
Text Box: Banjir Kali Ciliwung
 Lingkungan yakni sesuatu yang ada di sekitar manusia, menopang kehidupannya, sekaligus memberi pengaruh kehidupan manusia. Lingkungan hidup yakni kesatuan yang terbentuk dari saling terhubungnya ruang, benda, dan makhluk hidup di dalamnya. Termasuk manusia. Oleh sebab itu lingkungan wajib dijaga supaya keberlangsungan hidup manusia konsisten berjalan sebagaimana mestinya.
 Dalam lingkungan hidup terdapat 2 ekosistem yakni, ekosistem darat dan ekosistem perairan. Di antara keduanya, ekosistem airlah yang paling berakibat terhadap kehidupan manusia. 2/3 bumi yakni air. 60% – 70% kandungan dalam tubuh manusia juga air.
 Ciliwung yakni sungai yang sering memunculkan banjir setiap tahunnya. Menurut di komponen hilir. Sungai ini melalui wilayah DKI Jakarta, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, dan Kota Depok. Sungai ini menjadi salah satu sungai lebih-lebih di Tatar Pasundan dengan panjang aliran utama 120 km.
Sumber: http://kompas.com
 
















Ringkasan teks tersebut adalah ...
  1. Sungai Ciliwung adalah sungai yang sering memunculkan banjir setiap tahunnya.
  2. Lingkungan hidup terdapat dua ekosistem, yakni ekosistem darat dan ekosistem perairan. 2/3 bumi yakni air.
  3. Lingkungan wajib dijaga supaya keberlangsungan manusia konsisten berjalan sebagaimana mestinya.
  4. Lingkungan memberi pengaruh kehidupan manusia. Lingkungan hidup terdapat 2 ekosistem, diantaranya sungai Ciliwung.

10.    Bacalah paragraf berikut ini!
Text Box: (1) Film ini sangat memotivasi para pelajar terutama pelajar SMA. (2) Kisah yang mengharukan tetapi menyenangkan ketika dilihat. (3) Sekaligus bercerita mengenai persahabatan dan rasa setia kawan yang bagus, dan juga menyadarkan pentingnya pendidikan yang dijelaskan begitu dalam. (4) Banyak juga kejadian lucu yang menarik untuk penontonnya. (5) Penonton film Sang Pemimpi mencapai 2 juta lebih penonton dan menjadi film terlaris sepanjang masa. (6) Film ini dapat dilihat oleh semua kalangan.
 









Kalimat yang menyatakan keunggulan film adalah nomor ...
A.  (1) dan (2)
B.  (1) dan (3)
C.  (3) dan (4)
D.  (5) dan (6)

11.    Bacalah kutipan teks berikut!
Text Box: Ia mengatakan bahwa komunikasi telepon genggam yang dilakukan oleh siswa adalah aktivitas yang penuh risiko kebohongan. Siswa SD, SMP, dan SMA adalah remaja yang belum bisa membedakan perbuatan yang baik dan buruk sepenuhnya. Mereka adalah remaja yang mudah terpengaruh oleh teman-temannya. Ketika seorang siswa terlambat pulang ke rumah dan sebenarnya ia hanya ingin bermain game di rumah temannya, ia biasanya berbohong kepada orang tuanya. Orang tua yang tidak suka apabila anaknya terlalu banyak bermain video game, menerima pesan singkat "kebohongan" dari anak tersebut. Pesan yang disampaikan berisi izin bahwa sang anak tidak dapat pulang tepat waktu karena harus mengerjakan tugas di rumah teman. Padahal, anaknya hanya bermain game.
 











Komentar yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ...
A.  Telepon genggam membahayakan siswa SD,SMP, dan SMA.
B.   Karena mereka adalah remaja yang mudah terpengaruh oleh teman-temannya.
C.   Sebaiknya anak menggunakan telepon genggam untuk hal-hal yang positif, tidak untuk kebohongan.
D.  Telepon genggam bagi para siswa bisa bermanfaat dan bisa membawa maksiat.



13. Bacalah kutipan fabel berikut!
Text Box: “Semua sudah hadir. Peserta dimohon untuk bersiap,”kata sang Gagak yang kali ini bertugas sebagai wasit pertandingan. Dengan sigap Kelinci muncul dari balik tenda. Ia berjalan lincah, melompat ke sana- ke mari menunjukkan kegesitannya dalam berlari. Sang Kelinci berdiri di samping kura-kura.
 





Makna kata sigap yang tepat pada kutipan fabel tersebut adalah ...
A.  tangkas
B.   hebat
C.   kuat
D.  rajin

14. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Text Box: Dengan memberanikan diri, aku pun bertanya, "Apa Ibu kenal dengan seorang anak bernama Eric yang dulu tinggal di sana itu?" Ia menjawab, "Silakan masuk, Nyonya! Kalau Anda ibunya Eric, sungguh Anda tak punya hati!”. Ia membuka pintu tempat tinggalnya.  "Tolong katakan, di mana ia sekarang? Saya janji menyayanginya dan tidak akan meninggalkannya lagi!” Aku berlari memeluk tubuhnya yang bergetar keras. "Nyonya, semua sudah terlambat. Sehari sebelum nyonya datang, Eric telah meninggal dunia. Jasadnya ditemukan di kolong jembatan,” jawabnya dengan suara terbata-bata.  ”Eric... maafkan Ibu, Nak!” Aku sungguh menyesal, mengapa anakku Eric, dulu kutinggalkan.
 











Tokoh utama pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
  1. Ibu
  2. Aku
  3. Eric
  4. Nyonya

15.    Bacalah kutipan teks berikut ini!
Text Box: Di sebuah hutan yang sangat lebat di daerah Kalimantan hiduplah sekelompok hewan yang sangat rukun dan damai. Mereka saling menghargai dan menghormati serta tidak mempermasalahkan perbedaan di antara mereka. Harimau, sang raja hutan memimpin dengan adil dan bijaksana. Si Kancil, sebagai penasihat raja selalu memberikan masukan yang membangun untuk kerajaan rimba. Setiap permasalahan yang terjadi selalu diselesaikan dengan kekeluargaan.
 








Kutipan teks di atas termasuk bagian ...
A.  Konflik
B.  Perkenalan
C.  Penyelesaian
D.  Permunculan masalah





16.    Bacalah kutipan teks berikut!
Text Box: Akhinya serigala mengambil langkah seribu meninggalkan Landa dan teman-temannya.
“Hore, hidup Landa!” Terima kasih Landa, kami minta maaf atas sikap kami selama ini,” kata monyet sambal tersenyum tulus.
Akhirnya, Landa tidak lagi kesepian. Kini, dia mempunyai banyak teman yang membuat hidupnya lebih bahagia.
 







Makna kata mengambil langkah seribu pada teks tersebut  adalah 
A. berlari dengan cepat
B. Berpamitan untuk pergi
C. berlari mendahului Landa
D. tergesa-gesa meninggalkan Landa

17.    Bacalah kutipan berikut ini!
Text Box: Musang dan burung bangau adalah dua sahabat yang saling menyayangi. Pada suatu hari musang mengundang burung bangau untuk makan siang di rumahnya. Dia memasak berbagai hidangan lezat. Tak lama kemudian burung bangau sampai di rumah musang. Bau makanan yang lezat segera mengusik indera penciuman burung bangau. Ia tak sabar lagi ingin segera mencicipi masakan sahabatnya itu. Musang segera mengajak sahabatnya itu untuk segera melahap masakan yang tersedia di atas meja itu. Dengan lahapnya musang makan makanan yang tersedia di piring ceper. Berbeda halnya dengan burung bangau yang begitu kesulitan untuk mematuk makananya. Musang berpikir jika sahabatnya itu tidak suka dengan makanannya karena dari tadi makanan di piring ceper itu tidak segera habis.
 












Amanat yang terdapat dalam kutipan fabel di atas adalah ...
A.  Saling menyayangi.
B.   Jadilah sahabat yang peduli.
C.   Berbuat baiklah terhadap sahabat.
D.  Jadilah sahabat yang memahami kondisi sahabatnya.

Bacalah kutipan teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 18 dan 19!
Text Box: Senja belum beranjak dari singgasananya. Begitu juga aku yang masih berkutat dengan pikiranku. Perkataan Rama barusan di telepon masih terngiang di telingaku. Sakti akan menikah kata Rama. Kuhela nafasku yang tiba-tiba sesak. Aku tak habis pikir kenapa Sakti tega melakukan ini padaku setelah sekian lama aku menunggu, menunggu hubungan yang ia gantung ini. Dan yang lebih menyakitkan lagi, dia tidak langsung menemui aku akan keputusannya ini. Atau dia memang sengaja tidak mau memberitahu aku. Ah...
 









18.    Watak aku dalam kutipan di atas adalah ...
A.  Cepat putus asa
B.  Percaya diri
C.  Baik hati
D.  Naif


19.    Nilai moral yang terdapat dalam kutipan di atas adalah ...
A.  Bertanggung jawab terhadap apa yang kita lakukan
B.  Tidak mengharapkan sesuatu yang belum pasti.
C.  Bersikap jujur dalam persahabatan.
D.  Jangan mudah menyerah.

20.    Bacalah kutipan teks berikut ini!
Text Box: Sudah dua bulan ini aku tidak mendapat kabar Sakti. Terakhir dia meninggalkan pesan jika ia belum bisa mengambil keputusan. Dia berharap agar aku menjalani hari-hariku seperti biasanya dan tidak usah terlalu memikirkannya. Aku tersiksa dengan keadaan seperti ini.
 






Sebab konflik kutipan teks di atas adalah ...
A.  Sakti pergi tanpa pamit.
B.   Sakti belum bisa mengambil keputusan.
C.   Sudah dua bulan Sakti tidak memberi kabar.
D.  Sakti berharap aku baik-baik saja menjalani hari-hariku.

21.    Bacalah teks fabel berikut!
    Dugaan Tuta tidak keliru.Mereka adalah Aba dan Abi kera,si pencuri itu. Kedua pencuri tengah asyik memetik buah mangga. Seketika juga Tuta berteriak sekuat tenaga.
    “Kuki ,Cici tolong,pencurinya datang,” kata Tuta.
    Suara Tuta terdengar sangat lantang. Namun mereka yakin bahwa Tuta berbohong lagi. oleh karena itu, mereka tak peduli dengan omongan Tuta. Mangga Tuta habis dijarah pencuri. Ia sedih berlinang air matanya.
    “Buah manggaku tidak ada lagi yang tersisa,”kata Tuta.
    Akhirnya Tuta menemui Kuki dan Cici.
    “Manggaku telah habis dibawa pencuri,mengapa kalian tidak cepat datang menolong?” kata Tuta
    “karena kamu suka berbohon,” jawab Kiku dan Cici.
    “Ya sudah, maaf, aku sekarang menyadari,” jawab Tuta.

Akibat terjadinya konflik pada penggalan teks fabel di atas adalah …
A.  Pencuri mangga Tuta ternyata kera.
B.   Kiku dan Cici tidak mau menolong.
C.   Mangga Tuta habis dijarah pencuri.
D.  Tuta tidak mau berbohong lagi.

22.    Bacalah teks fabel berikut!
Text Box:  Teks 1
  Di tempat yang jauh terdapat sebuah pulau kecil, pulau itu masih berupa hutan yang lebat dan dihuni banyak sekali binatang. Semua binatang hidup rukun dan saling berdampingan satu sama lain. Salah satunya ada Mumut, semut kecil yang baik hati dan suka menolong. Mumut sedang berjalan-jalan menikmati indahnya pulau itu, sambil mencari makanan untuk persediaannya.
  “Indah sekali pemandangan pulau ini, udaranya juga sangat sejuk,” gumam Mumut.
  Ia terus berjalan sambil melihat-lihat keadaan sekitar. Mumut sangat disenangi oleh binatang-binatang di pulau ini. Setiap dimintai pertolongan, ia selalu bersedia sesuai kemampuannya. Namun, ada salah satu semut yang tidak menyukai Mumut. Namanya Kribo. Ia selalu iri sama Mumut dan merencanakan sesuatu yang buruk terhadap Mumut. Ia terus mengikuti Mumut, namun Mumut tidak tahu jika Kribo sedang mengikutinya.
 










     



Text Box: Teks 2
       Mumut melanjutkan perjalanan mencari makanan, setelah mendapat makanan yang cukup, Mumut kembali pulang ke rumah. Tapi tiba-tiba di tengah jalan, Mumut dihadang segerombolan semut teman-teman Kribo.
        “Ada yang bisa saya bantu, teman?” sapa Mumut.
        “Emang kami teman kamu!, jangan sok jadi temanlah, sekarang cepat serahkan makanan itu” gertak Kribo.
        “Aku tidak akan menyerahkan makanan ini, aku mencarinya dengan susah payah” jawab Mumut.
         Mumut tidak ingin berdebat dengan Kribo, ia segera pergi. Nampaknya Kribo mengerjar Mumut dari belakang bersama teman-temannya.
          “Hei, kamu mau kemana semut kurus?” teriak Kribo.
           Mumut tak mempedulikannya, ia terus berjalan cepat menghindari Kribo dan teman-temannya. Namun, Mumut terkena perangkap Kribo, dan ia tercebur dalam kubangan air.
           “Tolong aku, aku tidak bisa berenang. Tolong aku teman-teman” teriak Mumut.
   Melihat Mumut tercebur di perangkap, Kribo malah tertawa terbahak-bahak sambil mengejek Mumut yang terkena perangkapnya.
        “Hahahahhaa.. Rasakan akibatnya bila melawanku, selamat berenang di perangkapku” ejek Kribo sambil meninggalkannya.
           Sementara, Lala sedang terbang mencari makanan, ia mendengar suara minta tolong, segera ia mencari sumber suara itu.
        “Itu seperti suara Mumut?, apa yang terjadi sama Mumut?” tanya Lala dalam hati.
Setelah ketemu sumber suara itu, Lala kaget. Ternyata benar dugaan Lala, itu suara    
Mumut. Segera Lala menolong Mumut naik keatas, Mumut lemas tak berdaya dan pingsan.  Tak lama kemudian, Mumut siuman dan Lala menanyainya.
 



























Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah diawali dengan ... .
Teks 1
Teks 2
A
latar
aksi
B
aksi
latar
C
konflik
penyelesaian
D
permasalahan
koda

23.    Bacalah teks fabel berikut!

Teks 1
Teks 2
       Si kerbau seakan tak pernah menghiraukan keluhan burung-burung itu. Ia hanya tertawa tanpa mau peduli. Sehingga kecongkakan kerbau semakin hari semakin jadi. Suatu hari diadakanlah rapat besar penghuni hutan, kecuali kerbau yang besar kepala. Dari sekian banyak usul, akhirnya keputusan diberikan kepada si kelinci yang dikenal cerdik untuk memberi pelajaran kepada kerbau sombong itu.
        Kelinci pun mendatangi kerbau. Awalnya, si kerbau tak mau menanggapi kedatangan kelinci tersebut. Bahkan, si kerbau malah menghina dan menjelek-jelakan si kelinci.
       "Mau apa kemari hai binatang kerdil. He he he..." ujarnya dengan congkak.
      "Enggak. Aku hanya ingin melihat bulu dan tandukmu yang bagus pagi ini," kata kelinci.

 Hiduplah seekor rusa pada zaman dahulu. Ia sangat sombong lagi pemarah. Sering ia meremehkan kemampuan hewan lain.Pada suatu hari si rusa berjalan-jalan di pinggir danau.Ia bertemu dengan kura-kura yang terlihat hanya mondar-mandir saja.
”Kura-kura apa yang sedang engkau lakukan di sini?” kata kancil. 
“Aku sedang mencari sumber penghidupan.” kata kura-kura.
Si rusa tiba-tiba marah mendengar jawaban si kura-kura.
  “Jangan berlegak engkau ,hei kura-kura. Engkau hanya mondar -mandir saja namun berlagak tengah mencari sumber penghidupan.” kata rusa.

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah diawali dengan ... .
Teks 1
Teks 2
A.
bahasa sehari-hari
bahasa resmi
B.
menggunakan majas
tidak menggunakan majas
C.
Menggunakan ungkapan
Tidak menggunakan ungkapan
D.
menggunakan kalimat langsung
tidak menggunakan kalimat langsung


24.    Bacalah teks fabel berikut!
(1)Di tempat yang jauh terdapat sebuah pulau kecil, pulau itu masih berupa hutan yang lebat dan dihuni banyak sekali binatang. Semua binatang hidup rukun dan saling berdampingan satu sama lain. Salah satunya ada Mumut, semut kecil yang baik hati dan suka menolong.
(2)Mumut sedang berjalan-jalan menikmati indahnya pulau itu, sambil mencari makanan untuk persediaannya.
           “Indah sekali pemandangan pulau ini, udaranya juga sangat sejuk,” gumam Mumut.
(3)Ia terus berjalan sambil melihat-lihat keadaan sekitar. Setelah lelah, ia berteduh di bawah dahan. Mumut memang banyak disenangi oleh binatang-binatang di pulau ini. Setiap dimintai pertolongan, ia selalu bersedia sesuai kemampuannya.
(4)Namun, ada salah satu semut yang tidak menyukai Mumut. Namanya Kribo. Ia selalu iri sama Mumut dan merencanakan sesuatu yang buruk terhadap Mumut. Sejak siang tadi, Ia terus mengikuti Mumut, namun Mumut tidak tahu jika Kribo sedang mengikutinya.
           Di tengah jalan, Mumut bertemu dengan Lala, seekor belalang yang ramah. Lala adalah sahabat Mumut yang baik hati.


Bukti latar terjadi pada siang hari terdapat pada kalimat nomor ....
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1


25.    Bacalah teks fabel berikut!
      (1)“Maafkan kami, Lala. Kami sadar kami salah, Rumah kami terkena banjir dan kami tidak mempunyai tempat tinggal, izinkan kami tinggal di sini dan kami akan bersedia melakukan apa pun yang kamu inginkan” pinta Kribo memelas.
       (2)Lala tetap pada pendirianya, ia tidak mengizinkan Kribo dan teman-temannya tinggal. Mumut yang mendengar kejadian itu langsung datang menemui Kribo dan mengizinkan tinggal di sini. Lala pun tidak bisa apa-apa, ia menuruti kemauan Mumut.
        (3)“Kamu memang semut yang baik hati, Mumut. setelah apa yang mereka perbuat kepadamu, tidak ada sedikit dendam di hatimu” kata Lala dalam hati.
         (4)“Terima kasih, Mumut. Kamu sudah mengizinkan kami tinggal di sini” ucap Kribo sambil memeluk Mumut.

Bukti watak tokoh Mumut yang suka menolong terdapat pada kalimat nomor ....
A.  1
B.   2
C.   3
D.  4

26.  Bacalah kutipan teks fabel berikut.
”Kurang ajar! Akan kucari dan kubunuh keparat itu” teriakku dengan mengepalkan tangan kuat-kuat. Bagiku kehormatan istriku adalah segala-galanya, jauh di atas kehormatan diriku sendiri. Kesucian istriku sama dengan kesucian kitab suci, tidak boleh ada seorang pun yang menodainya apalagi menginjak-injaknya. Kesucian istriku adalah nyawaku. Ketika ada orang yang berusaha menjamah kesuciaanya maka nyawaku akan kupertaruhkan untuk membelanya. Seandainya aku punya seribu nyawa akan kukorbankan semuanya untuk menjaga kesucian istriku tercinta. Aku rela dijuluki apa saja untuk membela kesucian istriku tercinta.
(Ayat-Ayat Cinta/AAC, Habiburrahman El Shirazy)

Kalimat yang mengungkapkan keunggulan unsur instrinsik pada kutipan teks di atas adalah...
A.  Sebuah novel fiksi yang menyajikan sebuah kisah seorang suami yang sangat mencintai dan melindungi istrinya.
B.   Latar tempatnya tidak jelas, tetapi latar suasana yang menunjukkan emosi yang sangat mendalam dan meluap.
C.   Menyajikan kisah keluarga bahagia yang tentu saja tidak mau diganggu oleh orang lain dan akan mempertahankannya.
D.  Menggunakan sudut pandang orang pertama yang akan lebih menghidupkan suasana dalam cerita keluarga.


27.Cermati kalimat berikut!
Text Box: ” Ayo kita keroyok ...belalang!” kata  Raja Semut.
 


      Kata sandang  yang  tepat untuk  melengkapi  kalimat rumpang di atas adalah...
A.    ki                                                                    
B.  si
C. sang
D. para                                                                  

28. Perhatikan kalimat-kalimat  acak berikut!
Text Box: 1) Pelaksanaan lomba berjalan dengan tertib dan lancar.
2) Kegiatan itu dipusatkan di kantor Dinas Pendidikan.
3) Juara pertama tingkat kota ditunjuk mewakili ke tingkat provinsi.
4) Tiap-tiap sekolah mengirimkan wakilnya untuk mengikuti perlombaan.
5) Dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional diadakan berbagai kegiatan.
6) Setelah pelaksanaan lomba berakhir, dilanjutkan pembagian hadiah.
 








Kalimat-kalimat tersebut dapat disusun menjadi laporan kegiatan yang baik dengan urutan ...
A.    5-1-3-6-2-4                                                     
B.     3-2-6-4-1-5
C.     5-2-4-1-6-3
D.    5-6-1-3-2-4                                                     

29. Bacalah petunjuk pembuatan tempe di bawah ini!

(1)       Pilih jenis kedelai yang kuning mengilat!
(2)       Cuci kedelai dengan cara meremas-remas!
(3)       ...
(4)       Bersihkan kedelai sampai kulit biji lepas dan masak lagi sampai empuk, lalu tiriskan!
(5)       ...
(6)       Masukkan kedelai ke dalam kantong plastik, tusuk-tusuk dan biarkan semalam!  

Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks di atas adalah ....
A.    Injak-injaklah kedelai  hingga bersih!; Campur kedelai dengan ragi!
B.     Injak-injaklah kedelai hingga bersih!; Campur kedelai dengan ragi!
C.     Rebus hingga setengah matang!; Bungkus kedelai dengan daun!
D.    Rebus hingga setengah matang!; Campur kedelai dengan ragi!

30.  Bacalah kutipan teks berikut!
           
Buku berjudul Menulis itu Mudah yang ditulis oleh Bartisya Rosyda ini memiliki tebal buku 145 halaman sehingga isinya sangat lengkap. ... Kertas yang digunakan pun putih dan tebal, serta dilengkapi gambar. Buku ini sangat cocok dibaca oleh mereka yang memiliki hoby menulis. Sayangnya ketika dibuka lembar demi lembar mudah lepas karena penjilitannya kurang kuat.  Hal ini  membuat malas pembacanya.

Kalimat keunggulan yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks ulasan di atas  adalah....
A.    Tampilan buku ini sangat menarik.
B.     Buku ini terdapat gambar ilustrasi.
C.     Bahasanya banyak makna kias.
D.    Cover buku ini berwarna.

31. Perhatikan kalimat berikut!
      
Zohri telah mengukir prestasi di tingkat Asia sebagai juara lari 100 meter U-20 pada awal tahun ini.

Variasi kalimat tersebut yang tepat  adalah...
A.    Pada ajang lari 100 meter, Zohri diharapkan akan mengukir prestasi pada awalk tahun ini.
B.     Di tingkat Asia Zohri telah mengukiur prestasi juara lari 100 meter U-20 pada awal tahun ini.
C.     Zohri pada awal tahun ini diprediksi akan mengukir prestasi di ajang lari 100 meter U-20.
D.    Pada awal tahun ini Zohri akan mengukir prestasi pada lari 100 meter U-20 di tingkat  Asia.

32. Bacalah teks berikut!
Judul buku           : Dilan
Pengarang           : Pidi Baiq
Penerbit                : Media Utama
Kota penerbit       : Bandung
Keunggulan     : Bahasanya mudah dipahami dan menggunakan bahasa sehari-hari.   Penulis  mampu menggambarkan karakter tokoh secara mendetail, dan menggambarkan suasana yang cukup rinci.
Kelemahan             :  Ceritanya sangat panjang, sehingga bagi yang tidak mempunyai waktu lebih untuk membaca novel ini, sulit memahaminya.


Paragraf resensi yang sesuai data buku tersebut adalah ... .
A. Buku berjudul Dilan  ditulis Pidi Baiq diterbitkan April 2014 dengan jumlah halaman 333. Bahasanya berbelit-belit, susah dipahami, karakter tokoh secara detail , ceritanya panjang sehingga sulit dipahami.
B.  Dilan judul novel yang ditulis Pidi Baiq , diterbitkan April 2014 dengan jumlah       halaman 333. Buku ini mudah dipahami meskipun ceritanya sangat panjang. Dalam menggambarkan karakter tokoh kurang jelas meskipun susasana yang digambakan jelas.
C.  Dilan judul novel yang ditulis Pidi Baiq diterbitkan April 2014 dengan jumlah halaman 333. Buku ini mudah   dipahami , meskipun  ceritanya sangat panjang. Dalam menggambarkan karakter tokoh kurang jelas meskipun susasana yang digambarkan jelas.
D. Buku berjudul Dilan  ditulis Pidi Baiq diterbitkan April 2014 dengan jumlah halaman 333. Buku ini mudah dipahami , menggunakan suasana dan karakter  secara jelas dan detail., meskipun  ceritanya panjang sehingga orang yang tidak mempunyai waktu untuk membaca akan susah memahami ceritanya

33.  Bacalah kutipan cerpen berikut ini!
Text Box:                 Sawah mungkin adalah tempat yang paling banyak memberi kenangan bagi anak-anak di kampung itu. Setiap sore mereka mandi di pancuran sawah, kecuali hari Jumat, mereka belajar mengaji di masjid. Kakek Arman awalnya mengajar, tetapi akhirnya diteruskan oleh kang Hasim. Arman menjadi anak emas apabila Kang Hasim mengajar. Selain dari kang Hasim, Arman juga belajar mengaji dari Kakeknya. Mengaji bukanlah hal baru bagi Arman.
                Pulang dari mengontrol sawah sering Arman diajak Kakeknya jalan-jalan ke pasar yang buka seminggu sekali. Arman selalu bersorak kegirangan,”Hore, aku jalan-jalan ke pasar”. Kakeknya membeli berbagai keperluan sehari-hari dan Arman pun selalu punya jajanan enak. Kalau tidak kue serabi, Arman memilih kue pukis. Para pedangan di pasar bahkan memberikan sebungkus besar kue sebelum Arman memilih.
 










       


     Kutipan cerpen di atas bersudut pandang orang ketiga, jika kutipan cerpen di atas diubah penceritaannya menjadi bersudut pandang orang pertama adalah…
A.                Sawah mungkin adalah tempat yang paling banyak memberi kenangan bagi anak-anak di kampung. Setiap sore mereka mandi di pancuran sawah, kecuali hari Jumat, mereka belajar mengaji di masjid. Kakek Arman awalnya mengajar, tetapi akhirnya diteruskan Kang Hasim. Saya menjadi anak emas apabila Kang Hasim mengajar. Selain dari Kang Hasim, saya juga belajar mengaji dari kakek saya. Mengaji bukanlah hal baru bagi saya.
            Pulang dari mengontrol sawah, sering saya diajak Kakeknya jalan-jalan ke pasar yang buka seminggu sekali. Arman selalu bersorak kegirangan,”Hore, aku jalan-jalan ke pasar”. Kakeknya membeli berbagai keperluan sehari-hari dan Arman pun selalu punya jajanan enak. Kalau tidak kue serabi, Arman memilih kue pukis. Para pedangan di pasar bahkan memberikan sebungkus besar kue sebelum Arman memilih.
B.                 Sawah adalah tempat yang paling banyak memberi kenangan. Kami mandi sore di pancuran sawah. Setiap sore, kecuali hari jumat, anak-anak belajar mengaji di masjid. Kakek awalnya mengajar, tetapi akhirnya diteruskan oleh kang Hasim. Saya menjadi anak emas apabila Kang Hasim mengajar. Selain dari kang Hasim, saya belajar mengaji dari Kakek, bagi saya mengaji bukan hal baru.
              Pulang dari mengontrol sawah sering saya diajak Kakek jalan-jalan ke pasar yang buka seminggu sekali. Saya selalu bersorak kegirangan,,”Hore, aku jalan-jalan ke pasar”. Kakek membeli berbagai keperluan sehari-hari dan saya selalu punya jajanan enak. Kalau tidak kue serabi, saya memilih kue pukis. Para pedangan itu saya dikasih sebungkus besar kue sebelum saya memilih.
C.                 Sawah adalah tempat yang paling banyak memberi kenangan. Kita mandi sore di pancuran sawah. Setiap sore, kecuali hari Jumat, anak-anak belajar mengaji di masjid. Kakek awalnya mengajar, tetapi akhirnya diteruskan oleh kang Hasim. Kami menjadi anak emas apabila Kang Hasim mengajar. Selain dari Kang Hasim, Arman belajar mengaji dari Kakek, bagi saya mengaji bukan hal baru.
              Pulang dari mengontrol sawah sering saya diajak Kakek jalan-jalan ke pasar yang buka seminggu sekali. Saya selalu bersorak kegirangan,”Hore, aku jalan-jalan ke pasar”. Kakek membeli berbagai keperluan sehari-hari dan saya selalu punya jajanan enak. Kalau tidak kue serabi, saya memilih kue pukis. Para pedangan itu saya dikasih sebungkus besar kue sebelum saya memilih.

D.                Sawah adalah tempat yang paling banyak memberi kenangan. Saya mandi sore di pancuran sawah. Setiap sore, kecuali hari Jumat, anak-anak belajar mengaji di masjid. Kakek awalnya mengajar, tetapi akhirnya diteruskan oleh Kang Hasim. Saya menjadi anak emas apabila Kang Hasim mengajar. Selain dari Kang Hasim, saya belajar mengaji dari Kakek, bagi saya mengaji bukan hal baru.
              Pulang dari mengontrol sawah sering saya diajak Kakek jalan-jalan ke pasar yang buka seminggu sekali. Kami selalu bersorak kegirangan,”Hore, aku jalan-jalan ke pasar”. Kakek membeli berbagai keperluan sehari-hari dan saya selalu punya jajanan enak. Kalau tidak kue serabi, saya memilih kue pukis. Para pedangan itu saya dikasih sebungkus besar kue sebelum saya memilih.

34.  Bacalah teks drama berikut ini :
Text Box:        Ibu     :  Nak, kamu sakitkah?
       Irma : Mm…aku baik-baik saja, Bu. Tidak apa-apa kok. (memejamkan mata sebentar sambil     merasakan getaran suara yang mulai berubah)
       Ibu   :  Jangan bohong sama Ibu, Ibu tahu kau sedang sakit, suaramu melemah begitu, belum lagi batukmu yang selalu terdengar.(sambil meneteskan air mata)
       Irma  :   (memandang ibunya dengan terdiam beku)
 






     


         Perubahan teks drama di atas menjadi cerpen adalah…
A.         “Nak, kamu sakitkah?”
Kupejamkan mataku sesaat merasakan getaran suara yang mulai berubah. “Mm…Irma baik-baik saja Bu.Tidak apa-apa kok”. “Jangan bohong sama ibu.Ibu tahu kau sedang sakit, suaramu melemah begitu, belumlagi batukmu yang selalu terdengar.” Aku hanya terdiam mendengar suara beliau yang mulai diiringi dengan tangisan kecil.
B.          “Nak, kamu sakitkah?”
Irma memejamkan matanya. Ia menjawab ibu dengan lemah, suaranya bergetar. “Mm…Irma baik-baik saja Bu.Tidak apa-apa kok.” “Jangan bohong sama ibu.Ibu tahu kau sedang sakit, suaramu melemah begitu, belumlagi batukmu yang selalu terdengar.” Irma hanya terdiam sambil menangis mendengar suara ibu.
C.          “Nak, kamu sakitkah?” tanya Ibu kepada Irma.
 Irma menjawab kalau ia baik-baik saja sambil meneteskan airmata. Namun, Ibu tahu kalau ia sedang sakit, Ibu merasa kalau Irama bohong. Ibu hanya diam mendengar suara Irma dibarengi dengan tangisan kecil.
D.         “Irma, apakah kamu sakit?”
Kupejamkan mataku sesaat, aku ragu menjawab pertanyaan ibu. “Mm…Irma baik-baik saja Bu.Tidak apa-apa kok”. “Jangan bohong sama ibu.Ibu tahu kau sedang sakit, suaramu melemah begitu, belumlagi batukmu yang selalu terdengar.” Aku hanya terdiam mendengar suara beliau yang mulai diiringi dengan tangisan kecil.

35.   Cermati kutipan berikut!
Text Box: Di persimpangan yang ada traffic light, sering terpampang tulisan “Belok kiri ikuti lampu”. Pada prakteknya, para pengendara langsung belok kiri tanpa mengindahkan rambu-rambu tersebut. Hal ini merupakan pelanggaran lalu lintas yang kuantitasnya terbanyak.
 





Penggunaan pilihan kata yang  tidak tepat pada paragraf tersebut adalah ...
A. traffic light, prakteknya
B. traffic light, kuantitasnya
C. prakteknya, kuantitasnya
D. pengendara, mengindahkan

36. Perhatikan kutioan berikut!
Text Box: (1) Kepada semua siswa peserta lomba, agar segera masuk ke dalam ruang seleksi. (2)  Pelaksanaan lomba akan segera dimulai
 


.

Agar kalimat tersebut efektif, kata yang dihilangkan adalah ...
A. semua, lomba, masuk
B. kepada, siswa, segera
C. kepada, semua, lomba
D. semua, peserta, agar

     37.   Perhatikan kutipan berikut!
Text Box: Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan .... timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan .... biak seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat .... masyarakat yang sehat, aman, tenteram, lahir dan batin.
 




           


            Kata bentukan yang benar untuk melengkapi kutipan teks tersebut  yaitu…
A.  tumbuhan - berkembang - menciptakan
B.  berhubungan - memamah - menciptakan
C.  berhubungan - berkembang - menciptakan
D.  berhubungan - berkembang – mewujudkan

     38.  Cermati kutipan berikut! 
Text Box: Beberapa kawasan di Kalimantan Tengah masih tertutup kabut asap, [...] pemerintah sudah menurunkan hujan buatan untuk mengurangi ketebalan kabut. Kabut asap yang terjadi di Kalimantan Tengah dan menutupi beberapa negara tetangga menunjukkan [...] sistem pembakaran untuk pembukaan lahan baru masih buruk [...] tidak segera diantisipasi, dampak kabut asap akan semakin meluas.
 






            Konjungsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
A. biarpun, untuk, kalau
B. meskipun, bahwa, jika
E.   walaupun, bagi, bilamana
D. walaupun, karena, seandainya





39. Cermatilah paragraf  berikut!
Text Box: Lembaga otomotip menunjukkan bahwa kedua tekhnologi itu memiliki kelebihan untuk membantu pengemudi agar tetap aman saat berkendara. Namun, dari hasil tes ditemukan beberapa skenario yang bisa membuat system gagal bekerja. System monitoring yang digunakan bergantung pada radar jarak pendek.
 






Perbaikan penulisan kata tidak baku yang tercetak miring pada paragraf tersebut adalah....
A.    otomotiv, tehnologi, sistem, monitoring
B.     otomotif, tekhnologi, sistem, monitoring
B.             otomotif, tehnologi, sistem, monitor
D.             otomotif, teknologi, sistem, monitor

40.  Bacalah kutipan berikut!
Text Box: Banyak anak-anak Indonesia yang mengalami keterlantaran dan penelantaran karena faktor ekonomi keluarga mereka. Mereka memiliki mimpi yang sama untuk maju dan sejahtera.
 




       Perbaikan kalimat tidak efektif tersebut yang tepat adalah ...
A. Banyak anak-anak Indonesia yang mengalami keterlantaran karena faktor ekonomi keluarga mereka. Mereka memiliki mimpi yang sama untuk maju dan sejahtera.
B. Banyak anak Indonesia yang terlantar karena faktor ekonomi keluarga. Mereka
     memiliki mimpi yang sama untuk maju dan sejahtera.
C. Banyak anak Indonesia yang mengalami keterlantaran karena faktor ekonomi. Mereka memiliki mimpi yang sama untuk maju dan sejahtera.
D. Banyak anak Indonesia yang terlantar karena faktor ekonomi. Mereka memiliki mimpi    yang sama untuk maju dan sejahtera.

41.  Perhatikan kalimat berikut!
Banyak barang-barang merek luar negeri membanjiri pasar.
Alasan ketidakefektifan kalimat tersebut  adalah ….
A.    kata banyak bermakna jamak
B.     kata banyak merupakan pelengkap
C.     kata banyak seharusnya diikuti oleh jumlah
D.    kata banyak seharusnya tidak diletakkan di awal kalimat

42.    Perhatikan paragraf tidak padu berikut!
(1) Kurangnya asupan zat besi disebabkan kurangnya makanan yang mengandung zat besi. (2) Hal ini karena kurangnya konsumsi makanan kaya sumber zat besi. (3) Umumnya orang lebih suka makanan siap saji. (4) Sumber makanan yang kaya sumber zat besi berasal dari hewani. (5) Contoh sumber makanan hewani yang kaya zat besi di antaranya hati, daging sapi, daging kambing, unggas, dan ikan.
                        
Alasan ketidakpaduan paragraf tersebut adalah …
A.    Contoh pada kalimat (5) tidak sesuai.
B.     Kalimat (2) kata rujukannya tidak jelas.
C.     Isi kalimat (3) menyimpang dari pembicaraan.
D.    Pokok yang dibicarakan pada kalimat (1) tidak fokus.

43.    Text Box: Pertandingan persija dan persib berakhir Seri. Hal itu membuat para pendukungnya Kecewa. Para pendukung menginginkan idolanya menjadi pemenang Dalam pertandingan tersebut.

Cermati kutipan berikut!




  Perbaikan penggunaan huruf kapital pada paragraf tersebut adalah....
A.  Persib, Seri, Kecewa, Hal, Dalam
B.   Persija, seri, kecewa, para, dalam
C.   Persija, Persib, seri, kecewa, dalam
D.  Persija, Persib, Hal, Kecewa, Dalam

44.    Cermati kalimat berikut!
Text Box: Ibu Fat berpesan sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian belajar dengan sungguh-sungguh.
 



Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah....
A.       Ibu Fat berpesan, “Sebelum mengikuti ujian, Ibu  berharap kalian belajar dengan sungguh-sungguh.”
B.       Ibu Fat berpesan; “Sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian belajar dengan sungguh-sungguh.”
C.       Ibu Fat berpesan:”Sebelum mengikuti ujian Ibu berharap kalian belajar dengan sungguh-sungguh.”
D.       Ibu Fat berpesan,”Sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian belajar dengan sungguh-sungguh.”

45.  Perhatikan kalimat berikut!
Liburan kali ini kami memulai perjalanan dari kota kembang, kemudian ke ibu kota, berakhir di kota solo.

Penggunaan ejaan yang tepat pada kalimat tersebut adalah...
A.  Liburan kali ini kami memulai perjalanan dari Kota kembang, kemudian ke ibu kota, berakhir di Kota solo.
B.  Liburan kali ini kami memulai perjalanan dari Kota Kembang, kemudian ke Ibu Kota, berakhir di Kota Solo.
C.  Liburan kali ini kami memulai perjalanan dari Kota Kembang, kemudian ke ibu kota, berakhir di Kota Solo.
D.  Liburan kali ini kami memulai perjalanan dari kota kembang, kemudian ke ibu kota, berakhir di Kota Solo.

46.  Cermati kalimat berikut!
Pada dasarnya, yang kami lakukan saat ini hanyalah membuat suatu adukan hidrokarbon, kemudian menyaringnya pada suhu-suhu yang berbeda papar Adrian Haworth, Sales and Marketing Director Recycling Technologies.

Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat di atas adalah...
A.    “Pada dasarnya, yang kami lakukan saat ini hanyalah membuat suatu adukan hidrokarbon, kemudian menyaringnya pada suhu-suhu yang berbeda,” papar Adrian Haworth, Sales and Marketing Director Recycling Technologies.
B.     “Pada dasarnya, yang kami lakukan saat ini hanyalah membuat suatu adukan hidrokarbon, kemudian menyaringnya pada suhu-suhu yang berbeda”, papar Adrian Haworth, Sales and Marketing Director Recycling Technologies.
C.     “Pada dasarnya, yang kami lakukan saat ini hanyalah membuat suatu adukan hidrokarbon, kemudian menyaringnya pada suhu-suhu yang berbeda.” papar Adrian Haworth, Sales and Marketing Director Recycling Technologies.
D.    “Pada dasarnya, yang kami lakukan saat ini hanyalah membuat suatu adukan hidrokarbon, kemudian menyaringnya pada suhu-suhu yang berbeda”. papar Adrian Haworth, Sales and Marketing Director Recycling Technologies.

47.  Cermati kalimat berikut!
Direktorat Jenderal Perhubungan Udara sebagai regulator penerbangan nasional akan mengatur operator bandara baru internasional yogyakarta (New Yogyakarta International Airport / NYIA) dan bandara-bandara sekitarnya.

Perbaikan ejaan pada kalimat terssebut adalah...
A.  Direktorat Jenderal Perhubungan Udara sebagai regulator penerbangan Nasional akan mengatur operator bandara baru Internasional Yogyakarta (New Yogyakarta International Airport / NYIA) dan bandara-bandara sekitarnya.
B.  Direktorat Jenderal Perhubungan Udara sebagai regulator penerbangan Nasional akan mengatur operator Bandara Baru Internasional Yogyakarta (New Yogyakarta International Airport / NYIA) dan bandara-bandara sekitarnya.
C.  Direktorat Jenderal Perhubungan Udara sebagai regulator penerbangan nasional akan mengatur operator bandara baru Internasional Yogyakarta (New Yogyakarta International Airport / NYIA) dan bandara-bandara sekitarnya.
D.  Direktorat Jenderal Perhubungan Udara sebagai regulator penerbangan nasional akan mengatur operator Bandara Baru Internasional Yogyakarta (New Yogyakarta International Airport / NYIA) dan bandara-bandara sekitarnya.

48.  Cermati kalimat berikut!
Hanum ke rumah nenek membawa kain batik dan jarit, anggur, jeruk, dan mangga. 

Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat terssebut adalah ....
  1. Hanum ke rumah nenek membawa kain batik dan jarit; anggur, jeruk dan mangga.
  2. Hanum ke rumah nenek membawa kain batik dan jarit; anggur, jeruk, dan mangga.
  3. Hanum ke rumah nenek membawa kain batik, dan jarit, anggur, jeruk, dan mangga.
  4. Hanum ke rumah nenek membawa kain batik, dan jarit, anggur, jeruk dan mangga.

49.  Cermati kalimat berikut!
Kerjasama multi lateral adalah kerjasama yang dilakukan beberapa negara yang jumlahnya lebih dari dua negara.

Alasan ketidaktepatan penulisan kata pada kalimat tersebut adalah …
A.  Penulisan unsur gabungan kata yang berupa istilah ditulis terpisah.
B.   Penulisan bentuk terikat ditulis serangkai dengan kata yang mengikutinya.
C.   Penulisan unsur gabungan kata yang lazim disebut kata majemuk ditulis terpisah.
D.  Penulisan bentuk terikat  yang diikuti oleh kata yang berhuruf awal kapital  dirangkai dengan tanda hubung.


50.  Cermati kalimat berikut!
Text Box: Sebenarnya kebersihan kelas merupakan tanggung jawab seluruh siswa. Akan tetapi,  pembagian piket kelas jadi salah satu langkah untuk mengawasi kebersihan lingkungan sekolah. Petugas piket umumnya: menyapu kelas, membersihkan papan tulis, dan  mempersiapkan spidol.
 






Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat terakhir paragraf di atas  adalah …
A.    Tanda koma tidak dipakai jika induk kalimat mendahului anak kalimat.
B.     Tanda koma tidak dipakai di antara unsur-unsur dalam suatu pemerincian atau pembilang.
C.     Tanda titik dua tidak dipakai pada akhir suatu pernyataan lengkap yang diikuti pemerincian.
D.    Tanda titik dua tidak dipakai jika perincian atau penjelasan itu merupakan pelengkap yang mengakhiri pernyataan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar