PEMERINTAH KOTA SURAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
PREDIKSI UJIAN NASIONAL
SMP KOTA SURAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
PETUNJUK
UMUM
1.
Berdoalah sebelum mengerjakan soal!
2.
Tulislah lebih dahulu identitas Anda pada lembar jawab yang tersedia!
3.
Bacalah setiap soal sebelum
mengerjakan!
4.
Kerjakan terlebih dahulu
soal-soal yang dianggap mudah!
5.
Periksalah kembali pekerjaan
sebelum diserahkan kepada pengawas!
SELAMAT MENGERJAKAN
PETUNJUK
KHUSUS
Pilihlah
salah satu jawaban yang paling tepat dengan cara menghitamkan bulatan pilihan
A, B, C, atau D pada lembar jawab!
Pernyataan berikut yang sesuai
dengan informasi tersurat teks tersebut adalah… .
A.
Nama verbena diambil dari nama pemiliknya, Verbena Brasiliensis Vell.
B.
Bunga verbena menjadi oase bagi para pejalan ketika siang
hari.
C.
Pada pagi hari, bunga verbena mampu berperan memberi
energi.
D.
Verbena membiaskan cahaya kemilauan pada siang hari.
2. Bacalah kutipan berikut!
Sikap yang pantas diteladani dari tokoh berikut
adalah ….
A. Dia adalah putra terbaik bangsa Indonesia dan menjadi kebanggaan bagi
banyak orang di Indonesia.
B. Bersifat tegas dan selalu
berpegang teguh pada prinsip
C.
Seorang genius dari
Indonesia
D. Presiden RI ke -3
3. Bacalah kutipan teks berikut!
Makna kalimat bercetak miring
pada teks di atas adalah… .
A. Merokok, mengonsumsi makanan berkolesterol, minuman beralkohol dapat
mengakibatkan jantung bekerja secara tidak wajar sehingga rentan mengalami
kerusakan
B. Mengonsumsi makanan dan minuman
secara berlebihan atau di luar batas kewajaran berakibat jantung bekerja di
luar batas normal sehingga akan sangat rentan rusak
C. Untuk menghindari terjadinya
kerusakan pada organ jantung, sebaiknya kita menghindari rokok, makanan
berkolesterol, dan minuman beralkohol.
D. Kerja
jantung yang tidak wajar atau melampaui batas normal dapat mengakibatkan
kerusakan yang serius pada organ tersebut.
Bacalah kutipan berikut no 4 dan 5!
4.
Kalimat
yang menunjukkan pertentangan
paragraf di atas ditunjukkan oleh
nomor … .
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
5.
Ide pokok paragraf kutipan diatas ditunjukkan nomor ….
- (1)
- (2)
- (3)
- (4)
6.
Bacalah kutipan teks berikut!
Simpulan isi teks di atas adalah … .
A.
Petugas menangkap siswa
yang sedang berpesta sabu-sabu diadakan di sebuah apartemen
mewah di sebuah kota besar.
B.
Bukti banyaknya peredaran
narkotika dan obat-obat terlarang adalah ditangkapnya siswa yang sedang
berpesta sabu-sabu.
C. Peredaran narkotika dan obat-obat terlarang semakin marak di kalangan
pelajar karena pelajar
memiliki pergaulan yang salah.
D. Peredaran narkotika dan obat-obat terlarang
semakin marak di kalangan pelajar karena mereka memiliki rasa penasaran
terhadap barang yang baru.
7.
Cermati teks berikut!
Pendapat yang mendukung dalam teks tersebut
ditunjukkan nomor...
A.
2
B.
3
C.
4
D.
5
8.
Bacalah dua kutipan teks berikut!
Perbedaan penggunaan bahasa dalam
kedua teks tersebut adalah ...
- Teks 1
menggunakan kata baku. Teks 2 menggunakan kata tidak baku.
- Teks 1
menggunakan istilah asing. Teks 2 menggunakan istilah daerah.
- Teks 1
menggunakan kata serapan. Teks 2 menggunakan gabungan kata asing.
- Teks 1
menggunakan konjungsi sebab akibat. Teks 2 menggunakan konjungsi
pertentangan.
9.
Bacalah kedua kutipan teks berikut!
Perbedaan pola penyajian dalam kedua teks
tersebut adalah ...
A.
Teks 1 berpola sebab-akibat. Teks 2 berpola
akibat-sebab.
B.
Teks 1 berpola perbandingan. Teks 2 berpola
pertentangan.
C.
Teks 1 berpola urutan tempat. Teks 2
berpola urutan waktu.
D.
Teks 1 berpola khusus-umum. Teks
2 berpola umum-khusus.
10. Cermati kutipan
teks berikut!
Ringkasan teks tersebut adalah ...
- Sungai Ciliwung adalah sungai
yang sering memunculkan banjir setiap tahunnya.
- Lingkungan hidup terdapat dua
ekosistem, yakni ekosistem darat dan ekosistem perairan. 2/3 bumi yakni
air.
- Lingkungan wajib dijaga supaya
keberlangsungan manusia konsisten berjalan sebagaimana mestinya.
- Lingkungan memberi pengaruh
kehidupan manusia. Lingkungan hidup terdapat 2 ekosistem, diantaranya
sungai Ciliwung.
10. Bacalah paragraf berikut ini!
Kalimat yang menyatakan keunggulan
film adalah nomor ...
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (5) dan (6)
11. Bacalah kutipan teks berikut!
Komentar yang
sesuai dengan isi teks tersebut adalah ...
A. Telepon genggam
membahayakan siswa SD,SMP, dan SMA.
B.
Karena mereka adalah remaja yang mudah
terpengaruh oleh teman-temannya.
C.
Sebaiknya anak menggunakan
telepon genggam untuk hal-hal yang positif, tidak untuk kebohongan.
D. Telepon genggam
bagi para siswa bisa bermanfaat dan bisa membawa maksiat.
13. Bacalah kutipan
fabel berikut!
Makna kata sigap yang tepat pada kutipan
fabel tersebut adalah ...
A. tangkas
B. hebat
C. kuat
D. rajin
14. Bacalah kutipan
cerpen berikut!
Tokoh utama pada kutipan cerpen
tersebut adalah ...
- Ibu
- Aku
- Eric
- Nyonya
15. Bacalah kutipan
teks berikut ini!
Kutipan teks di atas termasuk bagian ...
A. Konflik
B. Perkenalan
C. Penyelesaian
D. Permunculan masalah
16.
Bacalah kutipan teks berikut!
Makna kata mengambil langkah seribu pada teks
tersebut adalah …
A. berlari
dengan cepat
B. Berpamitan untuk pergi
C. berlari mendahului Landa
D. tergesa-gesa
meninggalkan Landa
17.
Bacalah kutipan berikut ini!
Amanat yang
terdapat dalam kutipan fabel di atas adalah ...
A. Saling menyayangi.
B.
Jadilah sahabat yang peduli.
C.
Berbuat baiklah terhadap sahabat.
D. Jadilah
sahabat yang memahami kondisi sahabatnya.
Bacalah kutipan
teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 18 dan 19!
18.
Watak aku dalam kutipan di atas adalah ...
A. Cepat putus asa
B. Percaya diri
C. Baik hati
D. Naif
19.
Nilai moral yang terdapat dalam kutipan di
atas adalah ...
A. Bertanggung jawab
terhadap apa yang kita lakukan
B. Tidak
mengharapkan sesuatu yang belum pasti.
C. Bersikap jujur
dalam persahabatan.
D. Jangan mudah
menyerah.
20.
Bacalah kutipan teks berikut ini!
Sebab konflik kutipan teks di atas adalah
...
A. Sakti pergi tanpa
pamit.
B.
Sakti belum bisa mengambil keputusan.
C.
Sudah dua bulan Sakti tidak
memberi kabar.
D. Sakti berharap aku
baik-baik saja menjalani hari-hariku.
21. Bacalah teks fabel
berikut!
Dugaan Tuta tidak keliru.Mereka adalah Aba dan Abi kera,si pencuri
itu. Kedua
pencuri tengah asyik memetik buah mangga. Seketika juga Tuta berteriak sekuat
tenaga.
“Kuki ,Cici tolong,pencurinya datang,”
kata Tuta.
Suara Tuta terdengar sangat lantang. Namun mereka yakin bahwa Tuta
berbohong lagi. oleh karena itu, mereka tak peduli dengan omongan Tuta.
Mangga Tuta habis dijarah pencuri. Ia sedih berlinang air matanya.
“Buah manggaku tidak ada lagi yang tersisa,”kata Tuta.
Akhirnya Tuta menemui Kuki dan Cici.
“Manggaku telah habis dibawa pencuri,mengapa kalian tidak cepat datang
menolong?” kata Tuta
“karena kamu suka berbohon,” jawab Kiku dan Cici.
“Ya sudah, maaf, aku sekarang menyadari,” jawab Tuta.
|
Akibat
terjadinya konflik pada penggalan teks fabel di atas adalah …
A. Pencuri
mangga Tuta ternyata kera.
B. Kiku
dan Cici tidak mau menolong.
C. Mangga
Tuta habis dijarah pencuri.
D. Tuta tidak mau berbohong lagi.
22.
Bacalah
teks fabel berikut!
Perbedaan
pola penyajian kedua teks tersebut adalah diawali dengan ... .
Teks 1
|
Teks 2
|
|
A
|
latar
|
aksi
|
B
|
aksi
|
latar
|
C
|
konflik
|
penyelesaian
|
D
|
permasalahan
|
koda
|
23.
Bacalah
teks fabel berikut!
Teks 1
|
Teks 2
|
Si kerbau seakan tak pernah menghiraukan keluhan burung-burung itu. Ia
hanya tertawa tanpa mau peduli. Sehingga kecongkakan kerbau semakin hari
semakin jadi. Suatu hari diadakanlah rapat besar penghuni hutan, kecuali
kerbau yang besar kepala. Dari sekian banyak usul, akhirnya keputusan
diberikan kepada si kelinci yang dikenal cerdik untuk memberi pelajaran
kepada kerbau sombong itu.
Kelinci pun mendatangi kerbau. Awalnya, si kerbau tak mau menanggapi kedatangan kelinci tersebut. Bahkan, si kerbau malah menghina dan menjelek-jelakan si kelinci. "Mau apa kemari hai binatang kerdil. He he he..." ujarnya dengan congkak. "Enggak. Aku hanya ingin melihat bulu dan tandukmu yang bagus pagi ini," kata kelinci. |
Hiduplah seekor rusa pada zaman dahulu. Ia
sangat sombong lagi pemarah. Sering ia meremehkan kemampuan hewan lain.Pada
suatu hari si rusa berjalan-jalan di pinggir danau.Ia bertemu dengan
kura-kura yang terlihat hanya mondar-mandir saja.
”Kura-kura apa yang sedang engkau lakukan di
sini?” kata kancil.
“Aku sedang mencari sumber penghidupan.” kata
kura-kura.
Si rusa tiba-tiba marah mendengar jawaban si
kura-kura.
“Jangan berlegak engkau ,hei kura-kura. Engkau hanya mondar -mandir
saja namun berlagak tengah mencari sumber penghidupan.” kata rusa.
|
Perbedaan
pola penyajian kedua teks tersebut adalah diawali dengan ... .
Teks 1
|
Teks 2
|
|
A.
|
bahasa sehari-hari
|
bahasa resmi
|
B.
|
menggunakan majas
|
tidak menggunakan majas
|
C.
|
Menggunakan ungkapan
|
Tidak menggunakan ungkapan
|
D.
|
menggunakan kalimat langsung
|
tidak menggunakan kalimat
langsung
|
24. Bacalah teks fabel
berikut!
(1)Di tempat yang jauh
terdapat sebuah pulau kecil, pulau itu masih berupa hutan yang lebat dan
dihuni banyak sekali binatang. Semua binatang hidup rukun dan saling
berdampingan satu sama lain. Salah satunya ada Mumut, semut kecil yang baik
hati dan suka menolong.
(2)Mumut sedang berjalan-jalan menikmati
indahnya pulau itu, sambil mencari makanan untuk persediaannya.
“Indah sekali pemandangan pulau ini, udaranya juga sangat sejuk,”
gumam Mumut.
(3)Ia terus berjalan sambil melihat-lihat
keadaan sekitar. Setelah lelah, ia berteduh di bawah dahan. Mumut memang
banyak disenangi oleh binatang-binatang di pulau ini. Setiap dimintai
pertolongan, ia selalu bersedia sesuai kemampuannya.
(4)Namun, ada salah satu semut yang tidak
menyukai Mumut. Namanya Kribo. Ia selalu iri sama Mumut dan merencanakan
sesuatu yang buruk terhadap Mumut. Sejak siang tadi, Ia terus mengikuti
Mumut, namun Mumut tidak tahu jika Kribo sedang mengikutinya.
Di tengah jalan, Mumut bertemu dengan Lala, seekor belalang yang ramah.
Lala adalah sahabat Mumut yang baik hati.
|
Bukti
latar terjadi pada siang hari terdapat pada kalimat nomor ....
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1
25. Bacalah teks fabel
berikut!
(1)“Maafkan kami, Lala. Kami sadar kami salah, Rumah kami terkena
banjir dan kami tidak mempunyai tempat tinggal, izinkan kami tinggal di sini
dan kami akan bersedia melakukan apa pun yang kamu inginkan” pinta Kribo
memelas.
(2)Lala tetap pada pendirianya, ia tidak mengizinkan Kribo dan
teman-temannya tinggal. Mumut yang mendengar kejadian itu langsung datang
menemui Kribo dan mengizinkan tinggal di sini. Lala pun tidak bisa apa-apa,
ia menuruti kemauan Mumut.
(3)“Kamu memang semut yang baik hati, Mumut. setelah apa yang mereka
perbuat kepadamu, tidak ada sedikit dendam di hatimu” kata Lala dalam hati.
(4)“Terima kasih, Mumut. Kamu sudah mengizinkan kami tinggal di sini”
ucap Kribo sambil memeluk Mumut.
|
Bukti watak tokoh Mumut yang suka menolong terdapat pada kalimat nomor
....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
26. Bacalah
kutipan teks fabel
berikut.
”Kurang ajar! Akan kucari dan kubunuh keparat
itu” teriakku dengan mengepalkan tangan kuat-kuat. Bagiku kehormatan istriku
adalah segala-galanya, jauh di atas kehormatan diriku sendiri. Kesucian
istriku sama dengan kesucian kitab suci, tidak boleh ada seorang pun yang
menodainya apalagi menginjak-injaknya. Kesucian istriku adalah nyawaku.
Ketika ada orang yang berusaha menjamah kesuciaanya maka nyawaku akan
kupertaruhkan untuk membelanya. Seandainya aku punya seribu nyawa akan
kukorbankan semuanya untuk menjaga kesucian istriku tercinta. Aku rela
dijuluki apa saja untuk membela kesucian istriku tercinta.
(Ayat-Ayat Cinta/AAC, Habiburrahman El Shirazy)
|
Kalimat yang mengungkapkan keunggulan unsur instrinsik pada kutipan
teks di atas adalah...
A.
Sebuah novel fiksi yang menyajikan sebuah kisah
seorang suami yang sangat mencintai dan melindungi istrinya.
B.
Latar tempatnya tidak jelas, tetapi latar
suasana yang menunjukkan emosi yang sangat mendalam dan meluap.
C. Menyajikan kisah keluarga bahagia yang tentu saja tidak mau diganggu
oleh orang lain dan akan mempertahankannya.
D.
Menggunakan sudut pandang orang pertama yang
akan lebih menghidupkan suasana dalam cerita keluarga.
27.Cermati
kalimat berikut!
Kata sandang
yang tepat untuk melengkapi
kalimat rumpang di atas adalah...
A.
ki
B. si
C. sang
D. para
28.
Perhatikan kalimat-kalimat acak berikut!
Kalimat-kalimat tersebut dapat disusun
menjadi laporan kegiatan yang baik dengan urutan ...
A. 5-1-3-6-2-4
B. 3-2-6-4-1-5
C. 5-2-4-1-6-3
D. 5-6-1-3-2-4
29. Bacalah petunjuk
pembuatan tempe di bawah ini!
(1) Pilih
jenis kedelai yang kuning mengilat!
(2) Cuci
kedelai dengan cara meremas-remas!
(3) ...
(4) Bersihkan
kedelai sampai kulit biji lepas dan masak lagi sampai empuk, lalu tiriskan!
(5) ...
(6) Masukkan
kedelai ke dalam kantong plastik, tusuk-tusuk dan biarkan semalam!
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang
teks di atas adalah ....
A.
Injak-injaklah
kedelai hingga bersih!; Campur kedelai
dengan ragi!
B.
Injak-injaklah kedelai
hingga bersih!; Campur kedelai dengan ragi!
C.
Rebus hingga setengah
matang!; Bungkus kedelai dengan daun!
D. Rebus hingga setengah matang!; Campur kedelai dengan ragi!
30. Bacalah kutipan teks berikut!
Buku berjudul
Menulis itu Mudah yang ditulis oleh Bartisya Rosyda ini memiliki tebal buku
145 halaman sehingga isinya sangat lengkap. ... Kertas yang digunakan pun putih dan tebal, serta dilengkapi gambar. Buku ini sangat cocok
dibaca oleh mereka yang memiliki hoby menulis. Sayangnya ketika dibuka
lembar demi lembar mudah lepas karena
penjilitannya kurang kuat. Hal
ini membuat malas pembacanya.
|
Kalimat keunggulan yang tepat untuk
melengkapi bagian rumpang teks ulasan di atas
adalah....
A. Tampilan buku ini sangat menarik.
B. Buku ini terdapat gambar ilustrasi.
C. Bahasanya banyak makna kias.
D. Cover buku ini berwarna.
31. Perhatikan kalimat berikut!
Zohri telah
mengukir prestasi di tingkat Asia sebagai juara lari 100 meter U-20 pada awal
tahun ini.
|
Variasi kalimat tersebut yang tepat adalah...
A. Pada ajang lari 100 meter, Zohri diharapkan
akan mengukir prestasi pada awalk tahun ini.
B. Di tingkat Asia Zohri telah mengukiur prestasi juara lari 100 meter
U-20 pada awal tahun ini.
C. Zohri pada awal tahun ini diprediksi akan
mengukir prestasi di ajang lari 100 meter U-20.
D. Pada awal tahun ini Zohri akan mengukir
prestasi pada lari 100 meter U-20 di tingkat
Asia.
32. Bacalah
teks berikut!
Judul buku :
Dilan
Pengarang : Pidi Baiq
Penerbit : Media Utama
Kota penerbit : Bandung
Keunggulan
: Bahasanya mudah dipahami dan menggunakan bahasa sehari-hari. Penulis
mampu menggambarkan karakter tokoh secara mendetail, dan menggambarkan
suasana yang cukup rinci.
Kelemahan
: Ceritanya sangat panjang, sehingga bagi
yang tidak mempunyai waktu lebih untuk membaca novel ini, sulit memahaminya.
|
Paragraf resensi yang sesuai data buku tersebut
adalah ... .
A.
Buku berjudul
Dilan ditulis Pidi Baiq diterbitkan
April 2014 dengan jumlah halaman 333. Bahasanya berbelit-belit, susah dipahami,
karakter tokoh secara detail , ceritanya panjang sehingga sulit dipahami.
B.
Dilan judul novel yang
ditulis Pidi Baiq , diterbitkan April 2014 dengan jumlah halaman 333. Buku ini mudah dipahami
meskipun ceritanya sangat panjang. Dalam menggambarkan karakter tokoh kurang
jelas meskipun susasana yang digambakan jelas.
C.
Dilan judul novel yang
ditulis Pidi Baiq diterbitkan April 2014 dengan jumlah halaman 333. Buku ini
mudah dipahami , meskipun ceritanya sangat panjang. Dalam menggambarkan
karakter tokoh kurang jelas meskipun susasana yang digambarkan jelas.
D.
Buku berjudul
Dilan ditulis Pidi Baiq diterbitkan April 2014 dengan jumlah halaman
333. Buku ini mudah dipahami , menggunakan suasana dan karakter secara jelas dan detail., meskipun ceritanya panjang sehingga orang yang tidak
mempunyai waktu untuk membaca akan susah memahami ceritanya
33. Bacalah kutipan cerpen
berikut ini!
Kutipan cerpen di
atas bersudut pandang orang ketiga, jika kutipan cerpen di atas diubah penceritaannya menjadi bersudut pandang orang pertama adalah…
A.
Sawah mungkin adalah tempat yang paling banyak memberi
kenangan bagi anak-anak di kampung. Setiap sore mereka mandi di pancuran sawah,
kecuali hari Jumat, mereka belajar mengaji di masjid. Kakek Arman awalnya
mengajar, tetapi akhirnya diteruskan Kang Hasim. Saya menjadi anak emas apabila
Kang Hasim mengajar. Selain dari Kang Hasim, saya juga belajar mengaji dari
kakek saya. Mengaji bukanlah hal baru bagi saya.
Pulang dari mengontrol
sawah, sering saya diajak Kakeknya jalan-jalan ke pasar yang buka seminggu
sekali. Arman selalu bersorak kegirangan,”Hore, aku jalan-jalan ke pasar”.
Kakeknya membeli berbagai keperluan sehari-hari dan Arman pun selalu punya
jajanan enak. Kalau tidak kue serabi, Arman memilih kue pukis. Para pedangan di
pasar bahkan memberikan sebungkus besar kue sebelum Arman memilih.
B.
Sawah adalah tempat yang paling banyak memberi kenangan.
Kami mandi sore di pancuran sawah. Setiap sore, kecuali hari jumat, anak-anak
belajar mengaji di masjid. Kakek awalnya mengajar, tetapi akhirnya diteruskan
oleh kang Hasim. Saya menjadi anak emas apabila Kang Hasim mengajar. Selain
dari kang Hasim, saya belajar mengaji dari Kakek, bagi saya mengaji bukan hal
baru.
Pulang dari mengontrol sawah sering saya diajak Kakek jalan-jalan ke
pasar yang buka seminggu sekali. Saya selalu bersorak kegirangan,,”Hore, aku
jalan-jalan ke pasar”. Kakek membeli berbagai keperluan sehari-hari dan saya
selalu punya jajanan enak. Kalau tidak kue serabi, saya memilih kue pukis. Para
pedangan itu saya dikasih sebungkus besar kue sebelum saya memilih.
C. Sawah
adalah tempat yang paling banyak memberi kenangan. Kita mandi sore di pancuran
sawah. Setiap sore, kecuali hari Jumat, anak-anak belajar mengaji di masjid.
Kakek awalnya mengajar, tetapi akhirnya diteruskan oleh kang Hasim. Kami
menjadi anak emas apabila Kang Hasim mengajar. Selain dari Kang Hasim, Arman
belajar mengaji dari Kakek, bagi saya mengaji bukan hal baru.
Pulang dari
mengontrol sawah sering saya diajak Kakek jalan-jalan ke pasar yang buka
seminggu sekali. Saya selalu bersorak kegirangan,”Hore, aku jalan-jalan ke
pasar”. Kakek membeli berbagai keperluan sehari-hari dan saya selalu punya
jajanan enak. Kalau tidak kue serabi, saya memilih kue pukis. Para pedangan itu
saya dikasih sebungkus besar kue sebelum saya memilih.
D.
Sawah
adalah tempat yang paling banyak memberi kenangan. Saya mandi sore di pancuran
sawah. Setiap sore, kecuali hari Jumat, anak-anak belajar mengaji di masjid.
Kakek awalnya mengajar, tetapi akhirnya diteruskan oleh Kang Hasim. Saya
menjadi anak emas apabila Kang Hasim mengajar. Selain dari Kang Hasim, saya
belajar mengaji dari Kakek, bagi saya mengaji bukan hal baru.
Pulang dari
mengontrol sawah sering saya diajak Kakek jalan-jalan ke pasar yang buka
seminggu sekali. Kami selalu bersorak kegirangan,”Hore, aku jalan-jalan ke
pasar”. Kakek membeli berbagai keperluan sehari-hari dan saya selalu punya
jajanan enak. Kalau tidak kue serabi, saya memilih kue pukis. Para pedangan itu
saya dikasih sebungkus besar kue sebelum saya memilih.
34. Bacalah teks drama berikut
ini :
Perubahan teks drama di atas menjadi cerpen
adalah…
A.
“Nak, kamu
sakitkah?”
Kupejamkan mataku sesaat merasakan getaran suara
yang mulai berubah. “Mm…Irma baik-baik saja Bu.Tidak apa-apa kok”. “Jangan
bohong sama ibu.Ibu tahu kau sedang sakit, suaramu melemah begitu, belumlagi
batukmu yang selalu terdengar.” Aku hanya terdiam mendengar suara beliau yang
mulai diiringi dengan tangisan kecil.
B.
“Nak, kamu sakitkah?”
Irma memejamkan matanya. Ia menjawab ibu dengan lemah, suaranya
bergetar. “Mm…Irma baik-baik saja Bu.Tidak apa-apa kok.” “Jangan bohong sama
ibu.Ibu tahu kau sedang sakit, suaramu melemah begitu, belumlagi batukmu yang
selalu terdengar.” Irma hanya terdiam sambil menangis mendengar suara ibu.
C.
“Nak, kamu sakitkah?” tanya
Ibu kepada Irma.
Irma menjawab kalau ia baik-baik
saja sambil meneteskan airmata. Namun, Ibu tahu kalau ia sedang sakit, Ibu
merasa kalau Irama bohong. Ibu hanya diam mendengar suara Irma dibarengi dengan
tangisan kecil.
D.
“Irma, apakah kamu sakit?”
Kupejamkan mataku sesaat, aku ragu menjawab pertanyaan ibu. “Mm…Irma
baik-baik saja Bu.Tidak apa-apa kok”. “Jangan bohong sama ibu.Ibu tahu kau
sedang sakit, suaramu melemah begitu, belumlagi batukmu yang selalu terdengar.”
Aku hanya terdiam mendengar suara beliau yang mulai diiringi dengan tangisan
kecil.
35. Cermati kutipan berikut!
Penggunaan pilihan kata yang tidak tepat pada paragraf tersebut adalah ...
A. traffic light, prakteknya
B. traffic light, kuantitasnya
C. prakteknya, kuantitasnya
D. pengendara, mengindahkan
36. Perhatikan
kutioan berikut!
.
Agar
kalimat tersebut efektif, kata yang dihilangkan adalah ...
A. semua,
lomba, masuk
B. kepada, siswa, segera
C. kepada, semua, lomba
D. semua,
peserta, agar
37.
Perhatikan kutipan berikut!
Kata
bentukan yang benar untuk melengkapi kutipan teks tersebut yaitu…
A.
tumbuhan - berkembang -
menciptakan
B. berhubungan
- memamah - menciptakan
C. berhubungan - berkembang - menciptakan
D. berhubungan
- berkembang – mewujudkan
38. Cermati kutipan berikut!
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut
adalah....
A. biarpun, untuk, kalau
B. meskipun, bahwa, jika
A. biarpun, untuk, kalau
B. meskipun, bahwa, jika
E.
walaupun,
bagi, bilamana
D. walaupun, karena, seandainya
D. walaupun, karena, seandainya
39. Cermatilah paragraf berikut!
Perbaikan
penulisan kata tidak baku yang tercetak miring pada paragraf tersebut
adalah....
A. otomotiv, tehnologi, sistem, monitoring
B. otomotif, tekhnologi, sistem, monitoring
B.
otomotif, tehnologi, sistem,
monitor
D. otomotif, teknologi, sistem, monitor
40. Bacalah
kutipan berikut!
Perbaikan kalimat tidak
efektif tersebut yang tepat adalah ...
A. Banyak anak-anak Indonesia yang mengalami
keterlantaran karena faktor ekonomi keluarga mereka. Mereka memiliki mimpi yang
sama untuk maju dan sejahtera.
B. Banyak anak Indonesia yang terlantar karena
faktor ekonomi keluarga. Mereka
memiliki mimpi yang sama untuk maju dan
sejahtera.
C. Banyak anak Indonesia yang mengalami
keterlantaran karena faktor ekonomi. Mereka memiliki mimpi yang sama untuk maju
dan sejahtera.
D.
Banyak anak Indonesia yang terlantar karena faktor ekonomi. Mereka memiliki
mimpi yang sama untuk maju dan
sejahtera.
41. Perhatikan
kalimat berikut!
Banyak
barang-barang merek luar negeri membanjiri pasar.
|
Alasan
ketidakefektifan kalimat tersebut adalah
….
A.
kata banyak bermakna jamak
B.
kata banyak merupakan pelengkap
C.
kata banyak seharusnya diikuti oleh jumlah
D.
kata banyak seharusnya tidak diletakkan di awal kalimat
42.
Perhatikan paragraf tidak padu
berikut!
(1) Kurangnya asupan zat besi disebabkan kurangnya makanan yang
mengandung zat besi. (2) Hal ini karena kurangnya konsumsi makanan kaya
sumber zat besi. (3) Umumnya orang lebih suka makanan siap saji. (4) Sumber
makanan yang kaya sumber zat besi berasal dari hewani. (5) Contoh sumber
makanan hewani yang kaya zat besi di antaranya hati, daging sapi, daging
kambing, unggas, dan ikan.
|
Alasan
ketidakpaduan paragraf tersebut adalah …
A.
Contoh pada kalimat (5) tidak
sesuai.
B.
Kalimat (2) kata rujukannya
tidak jelas.
C.
Isi kalimat (3)
menyimpang dari pembicaraan.
D.
Pokok yang dibicarakan pada
kalimat (1) tidak fokus.
43.
Cermati
kutipan berikut!
Perbaikan
penggunaan huruf kapital pada paragraf tersebut adalah....
A. Persib,
Seri, Kecewa, Hal, Dalam
B. Persija,
seri, kecewa, para, dalam
C.
Persija, Persib, seri,
kecewa, dalam
D. Persija,
Persib, Hal, Kecewa, Dalam
44. Cermati
kalimat berikut!
Penggunaan
tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah....
A.
Ibu Fat berpesan,
“Sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap
kalian belajar dengan sungguh-sungguh.”
B. Ibu Fat
berpesan; “Sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian belajar dengan
sungguh-sungguh.”
C. Ibu Fat
berpesan:”Sebelum mengikuti ujian Ibu berharap kalian belajar dengan
sungguh-sungguh.”
D. Ibu Fat
berpesan,”Sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian belajar dengan
sungguh-sungguh.”
45. Perhatikan kalimat berikut!
Liburan kali ini kami memulai perjalanan
dari kota kembang, kemudian ke ibu kota, berakhir di kota solo.
|
Penggunaan ejaan
yang tepat pada kalimat tersebut adalah...
A. Liburan kali ini
kami memulai perjalanan dari Kota kembang, kemudian ke ibu kota, berakhir di
Kota solo.
B. Liburan kali ini
kami memulai perjalanan dari Kota Kembang, kemudian ke Ibu Kota, berakhir di
Kota Solo.
C. Liburan
kali ini kami memulai perjalanan dari Kota Kembang, kemudian ke ibu kota,
berakhir di Kota Solo.
D. Liburan kali ini
kami memulai perjalanan dari kota kembang, kemudian ke ibu kota, berakhir di
Kota Solo.
46. Cermati kalimat berikut!
Pada dasarnya, yang kami lakukan saat ini
hanyalah membuat suatu adukan hidrokarbon, kemudian menyaringnya pada
suhu-suhu yang berbeda papar Adrian Haworth, Sales and Marketing Director
Recycling Technologies.
|
Penggunaan tanda
baca yang tepat pada kalimat di atas adalah...
A.
“Pada dasarnya, yang kami lakukan
saat ini hanyalah membuat suatu adukan hidrokarbon, kemudian menyaringnya pada
suhu-suhu yang berbeda,” papar Adrian Haworth, Sales and Marketing Director
Recycling Technologies.
B.
“Pada dasarnya, yang kami lakukan saat ini
hanyalah membuat suatu adukan hidrokarbon, kemudian menyaringnya pada suhu-suhu
yang berbeda”, papar Adrian Haworth, Sales and Marketing Director Recycling
Technologies.
C.
“Pada dasarnya, yang kami lakukan saat ini
hanyalah membuat suatu adukan hidrokarbon, kemudian menyaringnya pada suhu-suhu
yang berbeda.” papar Adrian Haworth, Sales and Marketing Director Recycling
Technologies.
D.
“Pada dasarnya, yang kami lakukan saat ini
hanyalah membuat suatu adukan hidrokarbon, kemudian menyaringnya pada suhu-suhu
yang berbeda”. papar Adrian Haworth, Sales and Marketing Director Recycling
Technologies.
47. Cermati kalimat berikut!
Direktorat Jenderal
Perhubungan Udara sebagai regulator penerbangan nasional akan mengatur
operator bandara baru internasional
yogyakarta (New Yogyakarta International Airport / NYIA) dan bandara-bandara
sekitarnya.
|
Perbaikan ejaan
pada kalimat terssebut adalah...
A. Direktorat
Jenderal Perhubungan Udara sebagai regulator penerbangan Nasional akan mengatur
operator bandara baru
Internasional Yogyakarta (New Yogyakarta International Airport / NYIA) dan
bandara-bandara sekitarnya.
B. Direktorat
Jenderal Perhubungan Udara sebagai regulator penerbangan Nasional akan mengatur
operator Bandara Baru
Internasional Yogyakarta (New Yogyakarta International Airport / NYIA) dan
bandara-bandara sekitarnya.
C. Direktorat
Jenderal Perhubungan Udara sebagai regulator penerbangan nasional akan mengatur
operator bandara baru
Internasional Yogyakarta (New Yogyakarta International Airport / NYIA) dan
bandara-bandara sekitarnya.
D. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara sebagai regulator penerbangan
nasional akan mengatur operator Bandara Baru Internasional Yogyakarta (New Yogyakarta International
Airport / NYIA) dan bandara-bandara sekitarnya.
48. Cermati kalimat berikut!
Hanum ke rumah nenek membawa kain batik
dan jarit, anggur, jeruk, dan mangga.
|
Perbaikan
penggunaan tanda baca pada kalimat terssebut adalah ....
- Hanum ke rumah
nenek membawa kain batik dan jarit; anggur, jeruk dan mangga.
- Hanum
ke rumah nenek membawa kain batik dan jarit; anggur, jeruk, dan mangga.
- Hanum ke rumah
nenek membawa kain batik, dan jarit, anggur, jeruk, dan mangga.
- Hanum ke rumah
nenek membawa kain batik, dan jarit, anggur, jeruk dan mangga.
49. Cermati kalimat berikut!
Kerjasama multi lateral
adalah kerjasama yang dilakukan beberapa negara yang jumlahnya lebih dari dua
negara.
|
Alasan ketidaktepatan penulisan kata pada kalimat tersebut adalah …
A. Penulisan unsur
gabungan kata yang berupa istilah ditulis terpisah.
B.
Penulisan bentuk terikat ditulis
serangkai dengan kata yang mengikutinya.
C.
Penulisan unsur gabungan kata yang lazim
disebut kata majemuk ditulis terpisah.
D. Penulisan bentuk
terikat yang diikuti oleh kata yang
berhuruf awal kapital dirangkai dengan
tanda hubung.
50. Cermati kalimat berikut!
Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat terakhir paragraf di atas adalah …
A.
Tanda koma tidak dipakai jika induk kalimat
mendahului anak kalimat.
B.
Tanda koma tidak dipakai di antara
unsur-unsur dalam suatu pemerincian atau pembilang.
C.
Tanda titik dua tidak dipakai pada akhir
suatu pernyataan lengkap yang diikuti pemerincian.
D.
Tanda titik dua tidak dipakai
jika perincian atau penjelasan itu merupakan pelengkap yang mengakhiri
pernyataan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar