KISI-KISI SOAL ULANGAN
TENGAH SEMESTER GASAL TAHUN 2017/2018
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS : IX PAKET A
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR BUTIR SOAL
|
BENTUK SOAL
|
NO.SOAL
|
1
|
3.
Memahami
ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai
|
3.1 Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar
melalui kegiatan membaca intensif
|
Teks iklan di
surat kabar
|
Disediakan
beberapa teks iklan dari surat kabar, siswa dapat membedakan pernyataan yang berupa
fakta, maupun pernyataan yang berupa opini
Disediakan
teks iklan, siswa dapat melengkapi dengan menggunakan kalimat opini
Disediakan
dua teks iklan, siswa dapat menentukan kesamaan fakta pada kedua teks iklan
|
PG
|
1,3,6,7,8,9,
10,11,46
2
5
|
2
|
3.2 Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca memindai
|
Buku-buku yang
berindeks
|
Disediakan
beberapa contoh indeks buku, siswa dapat menjawab pertanyaan seputar indeks
buku secara tepat
|
PG
|
12,13,14,15,
16,17,18,19,
20,21,50
|
|
3
|
4.
Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, resensi, dan karangan
|
4.1 Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas
|
Iklan baris di surat
kabar
|
Disediakan
teks iklan baris, siswa dapat menjelaskan isi iklan secara tepat
Siswa
dapat menjelaskan kepanjangan dari teks iklan baris secara benar
|
PG
|
4,37,38,39,
40,41
42
|
4
|
4.2 Meresensi buku pengetahuan
|
Resensi buku
|
Disediakan
beberapa contoh resensi, siswa dapat menunjukkan kalimat berupa kelemahan
buku
Siswa
dapat menyebutkan unsur yang dikemukakan dalam resensi
Siswa
dapat menyusun paragraf resensi sesuai ilustrasi
|
PG
|
32,35
33,34,
36, 47
|
|
5
|
7.
Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca buku
kumpulan cerita pendek (cerpen)
|
7.1 Menemukan tema, latar, penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku
kumpulan cerpen
|
Buku kumpulan
cerpen
|
Disediakan
beberapa kutipan cerpen, siswa dapat menjelaskan watak tokohnya
Siswa
dapat menentukan latar yang terdapat dalam kutipan cerpen
Siswa
dapat menyebutkan tema dari cerpen yang disediakan
Siswa
dapat penyebutkan amanat/pesan yang terkandung dari cerpen
|
PG
|
22,27,28,29,
49
23,26,
24,25
30,31
|
6
|
8.
Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan
pengalaman dalam cerita pendek
|
8.1 Menuliskan kembali dengan
kalimat sendiri cerita pendek yang
pernah dibaca
|
Cerpen yang pernah dibaca siswa
|
Disediakan
teks cerpen, siswa dapat menuliskan kembali isi cerita dengan benar
|
PG
|
44,45,48
|
KISI-KISI PENULISAN
SOAL MID SEMESTER I
TAHUN AJARAN 2017 / 2018
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia Bentuk
Soal : 45 Pilihan Ganda + 5 Uraian
Jenjang
Pendidikan : SMP/MTs
Jumlah
Soal : 50 Soal
Kelas /
Semester : VIII / Mid Smt I Kurikulum
: KTSP
No
|
Aspek
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
B . So
|
No S
|
1.
|
Membaca
|
Memahami ragam wacana tulis
Dengan membaca
memindai,membaca cepat
|
3.1 Menemukan informasi
secara cepat dan
tepat dari ensiklopedi /buku telepon dengan
membaca memindai
3.2 Mendeskripsikan tempat
Atau arah dalam konteks
yang sebenarnya
Sesuai dengan yang tertera dalam denah
|
Cara me
nemukan
informasi didalam
ensiklopedi/
buku telpon
dan implementasi
nya
Pendeskrepsi
an tempat
dan arah berdasarkan
denah
|
Disediakan teks
berita,siswa
Mampu memahami wacana tersebut.
Disajikan nama seseorang siswa mampu mencari no telepon
Disajikan paragraf siswa
mampu memahami bacaan tsb
Ditanyakan pada siswa informasi yang terdapat pada buku
telepon
Disajikan Sebuah kalimat siswa mampu menerangkan makna
imbuhan ke-an
Disajikan beberapa kata
baku siswa mampu memahaminya
Disajikan arah mata
angin
Siswa mampu
menunjukkan arah tersebut
“
“
|
PG
PG
PG
PG
uraian
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
uraian
|
1
2
3
4
46
5
6
7
8
9
10
11
12
47
|
2
|
Menulis
|
Mengungkapkan informasi dalam
Bentuk laporan,surat dinas,dan petunjuk
|
4.1 Menulis laporan
dengan bahasa
Yang
baik dan benar
4.2 Menulis Surat
dinas berkenaan dengan kegiatan
sekolah dengan sistematika
yang tepat dan
bahasa yang baku
4.3 Menulis petunjuk
melakukan sesuatu dengan urutan
yang tepat dan menggunakan bahasa
yang efektif
|
Penulisan laporan perjalanan
Penulisan Su
Rat dinas berkenaan dengan
kegiatan sekolah
Penulisan bahasa
petunjuk.
|
Disajikan sebuah laporan siswa mampu menyusun dengan baik
Disajikan sebuah paragraf siswa mampu menyebutkan jenis
laporan tersebut
Disajikan sebuah
pertaanyaan siswa memaha
mi laporan lesan dan
tulis
Disajikan sebuah paragraf siswa mampu membuat pertanyaan sesuai paragraf tersebut
Diminta siswa
membuat urutan surat dinas
Disajikan dua
kalimat siswa mampu menggunakan
kata penghubung dengan tepat
Disajikan
pertanyaan siswa membedakan surat resmi dan tidak resmi
Siswa mampu memahami penutup surat
dinas yang tepat
Siswa mampu
melengkapi kalimat dengan
kata yang tepat
Disajikan sebuah
paragraf
Siswa mampu
memahami isi paragraf tersebut.
Disajikan sebuah
petunjuk melakukan sesuatu,
minum ubat, membuat denah,membuat makanan
|
PG
PG
PG
PG
uraian
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
Uraian
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
13
14
15
16
48
17
18
19
20
21
22
23
24
49
25
26
27
28
29
30
31
33
34
35
36
37
38
39
40
41
|
Disajikan cara
penggunaan
Siswa mampu
memahami obat tersebut
Siswa memahami
bagian indeks buku telepon
Siswa dilatih
memahami petunjuk
|
PG
PG
PG
|
42
43
44
|
|||||
Disajikan cara
menyang
Kok siswa dapat
menyusun dengan baik
Disajikan sebuah
paragraf ,siswa mampu menyimpulkan paragraf
tersebut
Disajikan soal yang belum tersusundengan baik ,siswa mampu menyusun petunjuk tersebut
dengan baik.
|
PG
PG
uraian
|
32
45
50
|
|||||
KISI-KISI SOAL ULANGAN MID SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Jenjang
Pendidikan : SMP/MTs Jumlah soal : 50 butir
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia Bentuk Soal : 45 PG dan 5 Uraian
Kelas/Semester : VII/ MID GASAL
No.
|
Aspek
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
1
|
Membaca
|
3.
Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
|
3.1 Menemukan makna kata tertentu dalam
kamus secara cepat dan tepat dengan konteks yang diinginkan melalui
kegiatan membaca memindai
|
Cara mencari makna kata di
dalam kamus.
|
Disediakan teks
bacaan, siswa mampu menentukan
makna kata yang di cetak miring.
|
PG
|
1
|
Disediakan pilihan
jawaban, siswa mampu mengurutkan cara mencari makna dalam kamus.
|
PG
|
2
|
|||||
Disediakan teks
bacaan, siswa mampu menentukan makna kata.
|
PG
|
3
|
|||||
Disediakan teks
bacaan, siswa mampu menentukan makna kata.
|
PG
|
4
|
|||||
2.
|
Membaca
|
3.
Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
|
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200
kata per menit.
|
Cara menyimpulkan isi bacaan
|
Disediakan teks
bacaan, siswa dapat menyimpulkan isi teks bacaan.
|
PG
|
5
|
Disediakan sebuah
paragraf, siswa dapat menyimpulkan isi paragraf.
|
PG
|
6
|
Disediakan sebuah
paragraf, siswa dapat menyimpulkan isi paragraf dengan tepat.
|
PG
|
7
|
||||||
Disediakan pilihan
jawaban cara menghitung kecepatan membaca, siswa mampu menghitung
kecepatan membaca.
|
PG
|
8
|
||||||
3.
|
Menulis
|
4.
Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian danj surat pribadi
|
4.1 Menulis buku harian atau pengalam pribadi dengan memperhatikan cara
pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar.
|
Penulisan buku harian
|
Disediakan contoh
buku hariann, siswa mampu menentukan isi dari buku harian.
|
PG
|
9
|
|
Disediakan contoh
buku hariann, siswa mampu menentukan peristiwa dari buku harian.
|
PG
|
10
|
||||||
Disediakan
pilihan jawaban tentang unsur yang
harus ada dalam buku harian, siswa mampu menentukan yang tidak merupakan
unsur dalam buku harian.
|
11
|
|||||||
disediakan ilustrasi tentang kehidupan seseorang, siswa mampu menentukan kalimat yang tepat untuk ditulis dalam buku harian. |
PG
|
12
|
||||||
Disediakan
pilihan jawaban tentang hal-hal yang
perlu ditulis dalam buku harian, siswa mampu memilih hal yang tidak perlu
ada dalam buku harian
|
PG
|
13
|
||||||
4.
|
Menulis
|
4.
Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian danj surat pribadi
|
4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan
komposisi, isi, dan bahasa.
|
Cara menulis surat pribadi
|
Disediakan
pilihan jawaban tentang baian-bagian
surat pribadi, siswa mampu menentukan bagian-bagian surat pribadi
|
PG
|
14
|
|
Disediakan Kutipan bagian suarat ribadi, siswa
mampu menjawab bagian dari kutipan surat pribadi.
|
PG
|
15
|
||||||
Disediakan
pilihan jawaban, siswa mampu menentukan
kalimat santun dalam penutup surat pribadi.
|
PG
|
16
|
||||||
.
|
Disediakan pilihan jawaban tentang penulisan
tempat dan tanggal surat. Siswa mampu menentukan cara penulisan tempat
dan tanggal surat dengan benar.
|
PG
|
17
|
|||||
No.
|
Aspek
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
Disediakan pilihan jawaban tentang cara
penulisan pembuka surat pribadi. siswa mampu menentukan cara penulisan
pembuka surat pribadi dengan benar.
|
PG
|
18
|
|||||
5.
|
Membaca
|
7.Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan
membaca
|
7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
|
Menceritakan kembali cerita
anak
|
Disediakan pilihan jawaban tentang hal yang perlu diperhatikan dalam menceritakan kembali sebuah cerita.
Siswa mampu memilih jawaban tentang hal yang perlu diperhatikan dalam
menceritakan kembali sebuah cerita
.
|
PG
|
19
|
Disediakan cuplikan cerita anak, siswa mampu
menceritakan kembali cerita anak tersebut.
|
PG
|
20
|
|||||
Disediakan cuplikan cerita anak secara acak,
siswa mampu menyusun cuplikan cerita anak secara tepat.
|
PG
|
21
|
|||||
Disediakan teks cerita anak, siswa mampu menceritakan kembali cerita anak dengan
tepat.
|
PG
|
22
|
|||||
Disediakan teks cerita anak,
siswa mampu menentukan isi dalam
cerita anak tersebut.
|
PG
|
23
|
|||||
Disediakan teks cerita anak timun emas, siswa mampu
menceritakan kembali cerita tersebut.
|
PG
|
24
|
|||||
Disediakan teks cerita, siswamampu menceritakan kembali cerita tersebut
|
PG
|
25
|
|||||
Disediakan cuplikan cerita anak, siswa mampu menentukan isi cerita tersebut.
|
PG
|
26
|
|||||
Disediakan pilihan jawaban tentang cara menceritakan
kembali sebuah cerita. Siswa mampu
menentukan cara menceritakan kembali sebuah cerita dengan benar.
|
PG
|
27
|
No.
|
Aspek
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
.
|
Disediakan sebuah cerita, siswa mampu menceritakan kembali cerita tersebut dengan tepat.
|
PG
|
28
|
||||
6.
|
Menulis
|
8.
Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng.
|
8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun.
|
Cara menulis pantun dengan
syarat-syarat pantun
|
Disediakan pilihan jawaban tentang ciri-ciri pantun. Siswa mampu
menentukan yang bukan ciri-ciri pantun.
|
PG
|
29
|
Disediakan sebuah
pantun, siswa mampu menentukan jenis-
jenis pantun.
|
PG
|
30
|
|||||
Disediakan cuplikan sebuah
pantun, siswa mampu menentukan isi
dari pantun tersebut.
|
PG
|
31
|
|||||
Disediakan cuplikan pantun,
siswa mampu menentukan sampiran pantun
tersebut.
|
PG
|
32
|
|||||
Disediakan sebuah cuplikan pantun, siswa mampu menentukan sampiran pantun tersebut.
|
PG
|
33
|
|||||
Disediakan cuplikan sebuah
pantun, siswa mampu menentukan
sampiran pantun yang tepat.
|
PG
|
34
|
|||||
Disediakan sebuah pantun,
siswa mampu menentukan tema pada
pantun tersebut.
|
PG
|
35
|
|||||
Disediakan cuplikan sebuah
pantun, siswa mampu melengkapi isi
pantun tersebut.
|
PG
|
36
|
|||||
Disediakan pantun, siswa mampu melengkapi pantun tersebut
menjadi pantun yang utuh.
|
PG
|
37
|
|||||
Disediakan sebuah pantun yang
tidak utuh, siswa mampu menyempurnakan
pantun tersebut menjadi utuh.
|
PG
|
38
|
|||||
Disediakan pilihan tentang
macam-macam pantun, siswa mampu menentukan
yang termasuk jenis pantun jenaka.
|
PG
|
39
|
No.
|
Aspek
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
Disediakan sebuah pantun secara
acak, siswa mampu mengurutkan menjadi
sebuah pantun yang benar.
|
PG
|
40
|
|||||
Disediakan sebuah puisi, siswa mampu menentukan jenis puisi yang
disediakan.
|
PG
|
41
|
|||||
Disediakan sebuah pantun,
siswa mampu menentukan rima yang tepat
pada pantun tersebut.
|
PG
|
42
|
|||||
Disediakan pilihan jawaban
tentang macam-macam pantun. Siswa
mampu menentukan yang termasuk jenis pantun teka-teki.
|
PG
|
43
|
|||||
Disediakan sebuah pantun,
siswa mampu menentukan rima yang tepat
dalam pantun tersebut.
|
PG
|
44
|
|||||
Disediakan beberapa larik
pantun, siswa mampu menyusun larik
tersebut menjadi sebauah pantun.
|
PG
|
45
|
|||||
7.
|
Membaca
|
3. memahami ragam teks non
sastra dengan berbagai cara membaca.
|
3.1 menemukan makana kata tertentu dalam kamus
secaratepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan
membaca memindai.
|
Menemukan makna tertentu di
dalam kamus.
|
Siswa mampu menyebutkan
dengan lengkap cara membaca kamus yang
benar.
|
Uraian
|
46
|
8.
|
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit.
|
Menyimpulkan isi bacaan.
|
Disediakan sebuah
teks bacaan. Siswa mampu menyimpulkan
isi bacaan dengan tepat.
|
Uraian
|
47
|
||
9.
|
Menulis
|
4.
mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
|
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan
memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar.
|
Menulis buku harian
|
Siswa mampu menulis buku harian berdasarkan pengalaman
pribadinya, lengkap dengan identitas waktu dan tempat.
|
Uraian
|
48
|
No.
|
Aspek
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
10.
|
4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan
bahasa.
|
Menjelaskan unsur-unsur surat
pribadi
|
Siswa mampu menentukan
unsur-unsur yang terdapat dalam surat pribadi yang baik dan benar.
|
Uraian
|
49
|
||
11.
|
Menulis
|
8.
mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng.
|
8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun.
|
Menulis pantun
|
Siswa mampu menulis macam-macam pantun (jenaka,
nasihat, teka-teki) berdasarkan
syarat-syarat pantun.
|
Uraian
|
50
|
Do you understand there is a 12 word phrase you can speak to your crush... that will trigger intense emotions of love and impulsive attraction to you deep inside his chest?
BalasHapusThat's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's impulse to love, look after and protect you with all his heart...
12 Words Will Trigger A Man's Desire Response
This impulse is so hardwired into a man's mind that it will make him try harder than ever before to build your relationship stronger.
Matter-of-fact, fueling this influential impulse is absolutely binding to having the best ever relationship with your man that once you send your man a "Secret Signal"...
...You will instantly notice him open his mind and heart to you in a way he never experienced before and he'll distinguish you as the only woman in the galaxy who has ever truly fascinated him.