|
PEMERINTAH KOTA SURAKARTA
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
LATIHAN UJIAN NASIONAL
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Hari, tanggal :
Waktu : 07.30
– 09.30 (120 menit)
PETUNJUK UMUM
1.
Berdoalah sebelum mengerjakan soal!
2.
Tulislah lebih dahulu nama, nomor peserta, dan kelas
pada lembar jawab yang tersedia!
3. Bacalah setiap soal sebelum
mengerjakan!
4. Kerjakan terlebih dahulu soal-soal yang
dianggap mudah!
5. Periksalah kembali pekerjaan sebelum
diserahkan kepada pengawas!
SELAMAT MENGERJAKAN
PETUNJUK KHUSUS
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat
dengan cara menghitamkan bulatan pilihan A, B, C, atau D pada lembar jawab!
1. Bacalah kutipan teks berikut!
Cara menanam hidroponik
sebenarnya
sangat cocok untuk diterapkan di daerah perkotaan atau daerah urban karena
banyak manfaatnya di antaranya
hemat tempat dan ramah lingkungan. Contoh
tanaman hidroponik yang
sangat mudah untuk ditanam dengan cara menanam hidroponik adalah jenis
tanaman sayuran daun seperti sawi, kangkung, pakcoy, kailan, seledri, kemangi,
dan lain sebangainya.
|
Makna kata bercetak miring pada kutipan
teks tersebut adalah ....
A.
menanam sayuran
yang hemat tempat dan ramah lingkungan
B.
cara
bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah
C.
cara menanam
sayuran di lahan yang sempit
D.
cara bercocok
tanam masyarakat urban
2. Bacalah kutipan teks berikut!
(1) “Surat Kecil
untuk Tuhan” merupakan salah satu novel karya Agnes
Danovar. (2) Novel ini mengisahkan ulang cerita pilu seorang
gadis bernama Keke atau Gita Sesa Wanda Cantika. (3) Ia terkena penyakit yang
terbilang langka bernama Rabdosmiosarkoma atau
yang dalam bahasa awam dikenal dengan nama kanker jaringan lunak. (4) Keke sendiri merupakan pasien pertama di Indonesia
yang terdeteksi terkena penyakit tersebut. (5) Hal
ini yang menjadikan kisahnya sangat menggugah.
|
Makna kalimat (5) pada kutipan teks tersebut adalah …
A. Penyakit
yang diderita Keke menjadikan kisah novel ini menyentuh hati pembaca.
B.
“Surat Kecil
untuk Tuhan” merupakan novel yang inspiratif.
C.
Penyakit
yang diderita Keke menjadikan novel ini menarik.
D.
Alur
cerita novel karya Agnes bagus.
3. Bacalah kutipan teks berikut!
Soekarno, yang
akrab dipanggil Bung Karno, lahir di Blitar pada 6 Juni 1901. Dia anak
seorang guru sekolah rakyat, Raden Soekami dan wanita Bali berdarah
bangsawan, Ida Ayu Rai. Sebagai anak priyayi yang memang pandai, Soekarno
bisa mengecap pendidikan tinggi dan lulus dari Sekolah Teknik Tinggi di
Bandung (kini ITB) pada 1925. Sebagai mahasiswa teknik, Soekarno terbilang
pandai. Akan tetapi, ide-ide nasionalisme rupanya telah membuat dirinya
terpikat. Tiga bulan setelah lulus, pada 1926, lelaki yang dikenal sebagai
orator ulung ini memuatkan ide-ide politiknya di media massa dalam artikel
yang berjudul “Nasionalisme, Islam, dan Marxisme”. Tulisan ini sangat
menekankan ide persatuan antarkelompok yang kemudian menandai pemikiran
politiknya sepanjang kariernya.
Sumber
:http://www.smansax1-edu.com/2014/10/menyusun-struktur-teks-biografi.html
|
Keistimewaan tokoh yang terdapat pada kutipan teks tersebut adalah ....
A.
anak priyayi dan
pandai
B.
berdarah
bangsawan dan mengecap pendidikan tinggi
C. menjadi orator ulung yang
menekankan ide-ide nasionalisme
D.
menjadi mahasiswa
teknik di Sekolah Teknik Tinggi di Bandung (ITB)
4. Bacalah
kutipan teks berikut!
(1)
Memenangkan peluang MEA membutuhkan adaptasi dan
ketangkasan (operational agality).
(2) Ketangkasan yang dimaksud adalah bagaimana merespon perubahan lansekap
ekonomi maupun ketidakpastian dengan
pergerakan cepat. (3) Berbeda dengan sebelumnya, birokrasi publik era baru
MEA dihadapkan pada situasi yang bersifat VOCA ( Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity). (4) Oleh
karena itu capaian birokrasi tidak
lagi harus bersifat rule based namun
harus bergerak maju ke arah yang lebih dinamis.
Disadur dari: asc.fisipol.ugm.ac.id
|
Kalimat utama kutipan teks
tersebut ditandai
nomor ....
A. (1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
5. Bacalah
kutipan teks berikut!
Meskipun
tidak semewah Air force One,
pesawat khusus kepresidenan ini tetap
merupakan pesawat baru dengan perlengkapan modern. Warna pesawat itu
didominasi biru di punggungnya dan putih di lambungnya. Garis lengkung merah
putih sebagai garis batas dua bagian. Tulisan Republik Indonesia terpampang
di sisi kanan dan kiri pesawat.
|
Ide pokok kutipan teks tersebut adalah ...
A. Pesawat
khusus kepresidenan merupakan pesawat baru dengan perlengkapan modern.
B.
Meskipun
tidak semewah Air force One, pesawat
ini mempunyai perlengkapan modern.
C.
Tulisan
Republik Indonesia terdapat di sisi kanan dan kiri pesawat.
D.
Warna
pesawat kepresidenan didominasi biru dan putih.
6.
Bacalah kutipan teks berikut!
Indonesia
merupakan negara yang kaya akan budaya dan kesenian. Di setiap daerah, pasti
akan dapat kita jumpai kesenian yang merupakan ciri khas daerah tersebut.
Sebagai contoh, di Ponorogo terdapat kesenian reog, di Bali terdapat tari
legong, di Jawa Barat ada angklung dan sebagainya.
Akan tetapi,
kekayaan kesenian tersebut perlahan-lahan hampir punah dari Indonesia.
Penyebabnya adalah para generasi muda sebagian besar enggan melestarikannya.
Sebagai seorang
pelajar hal-hal yang berkaitan dengan pelestarian kesenian yang berasal dari
Indonesia patut kita pahami agar wawasan kita bertambah.
|
Simpulan isi kutipan teks tersebut
adalah …
A. Kekayaan kesenian di Indonesia
hampir punah.
B. Setiap daerah di Indonesia mempunyai ciri khas kesenian.
C. Untuk menambah wawasan kita harus
memahami kesenian daerah.
D. Sebagai pelajar harus
melestarikan kesenian daerah supaya tidak punah.
7.
Bacalah kutipan teks berikut!
Sesungguhnya tari tradisional tidak kalah bagus
dengan tari modern. Tari tradisional sarat dengan nilai budaya. Namun,
kesadaran terhadap keindahan tari tradisional jauh dari benak para remaja.
Mereka justru dekat dengan tari modern
yang popular saat ini. Tarian modern tidak mencerminkan kepribadian bangsa
Indonesia.
|
Simpulan pendapat pro berdasar kutipan
teks tersebut adalah …
A.
Saya
setuju, para remaja menekuni tari modern agar tidak dikatakan ketinggalan
zaman.
B.
Saya setuju, para remaja menekuni tari
tradisional di sanggar tari tradisional agar tetap lestari.
C.
Saya setuju tari tradisional
tetap ditekuni para remaja karena mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia.
D.
Sebaiknya tari tradisional tetap dikenalkan kepada
generasi muda melalui program ekstra kurikuler di sekolah.
8.
Bacalah
dua kutipan dua teks berikut!
Nama kecil Ki
Hajar Dewantoro adalah Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Ia lahir di
Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Ia berasal dari lingkungan keluarga
Keraton Yogyakarta. Meskipun begitu, ia sangat sederhana dan ingin dekat
dengan rakyatnya. Ketika berusia 40 tahun, menurut hitungan Tahun Caka, Raden
Mas Soewardi Soeryaningrat berganti nama menjadi Ki Hajar Dewantoro.
Tujuannya agar ia dapat bebas dekat dengan rakyatnya.
Perjalanan
hidup Ki Hajar Dewantara benar-benar ditandai dengan perjuangan dan
pengabdian pada kepentingan bangsa dan negara. Ki Hajar Dewantara menamatkan
Sekolah Dasar di ELS (Sekolah Dasar Belanda), kemudian melanjutkan
pendidikannya ke STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera). Ia tidak dapat
menamatkan pendidikan di sekolah tersebut karena sakit. Setelah itu, ia
bekerja sebagai wartawan di beberapa surat kabar, seperti Sedyotomo,
Midden Java, De Express, Oetoesan Hindia, Tjahaja Timur dan Poesara.
Tulisan-tulisannya sangat komunikatif, tajam dan patriotik sehingga mampu
membangkitkan semangat antikolonial bagi pembacanya.
|
Ringkasan yang
tepat berdasarkan kutipan teks tersebut adalah ....
A.
Ki
Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Dia mulai menulis
tahun 1951 dan memenangkan beberapa penghargaan. Dia berasal dari keluarga
keraton.
B.
Ki
Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Dia mulai menulis
tahun 1951 dan memenangkan beberapa penghargaan. Tujuannya ganti nama adalah
agar dekat dengan rakyat.
C.
Ki
Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Dia mulai menulis
tahun 1951 dan memenangkan beberapa penghargaan. Nama kecilnya adalah Soewardi
Soeryaningrat.
D.
Ki Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Dia
mulai menulis tahun 1951 dan memenangkan beberapa penghargaan. Tulisannya
membangkitkan semangat antikolonial.
9.
Bacalah
dua kutipan teks berikut!
Teks 1
|
Teknologi pertanian dapat
direalisasikan kepada masyarakat agar pertanian semakin maju. Selain itu,
keanekaragaman hasil pertanian dapat meningkatkan ketahanan pangan. Apalagi
saat ini lahan pertanian cenderung tidak bertambah sehingga teknologi
pertanian menjadi salah satu jalan keluarnya
|
Teks 2
|
Salah satu
upaya pemerintah
untuk memperkuat ekonomi nasional adalah melindungi produk-produk lokal. Pemerintah
menghimbau agar peredaran barang-barang impor ilegal segera diberantas.
Selama ini, importir llegal melenggang sante mengoprasikan bisnisnya.
Dampaknya merugikan semua pihak
|
Perbedaan pola penyajian kedua kutipan teks
tersebut adalah ....
|
Teks 1
|
Teks 2
|
||
A
|
bahasa
berbelit-belit
|
bahasa mudah
difahami
|
||
B
|
menggunakan
kosa kata baku
|
menggunakan
kosa kata tidak baku
|
||
C
|
pilihan kata
populer
|
pilihankata
ilmiah
|
||
D
|
penggunaan kalimat tidak efektif
|
penggunaan
kalimat efektif
|
||
10. Bacalah kutipan
teks berikut!
Teks 1
|
Yogyakarta adalah tempat yang paling tepat untuk menikmati gamelan.
Hal ini dikarenakan di kota inilah Anda dapat menikmati versi aslinya.
Gamelan
yang berkembang di Yogyakarta adalah gamelan Jawa yang menonjolkan metafolon, gambang, gendang dan
gong. Musik yang tercipta pada gamelan
Jawa berasal dari paduan bunyi gong, kenong, dan alat musik Jawa lainnya.
Gamelan Jawa berbeda dengan gamelan Bali ataupun gamelan
Sunda. Gamelan Jawa mempunyai nada yang lebih lembut, berbeda dengan gamelan
Bali yang rancak dan gamelan
Sunda yang mendayu-dayu dan didominasi suara seruling.
Adanya perbedaan gamelan
Jawa, gamelan Bali ataupun gamelan Sunda mengindikasikan
bahwa masing-masing daerah memiliki pandangan hidup dan budaya sehingga
berpengaruh pada gamelannya.
|
Teks 2
|
Budaya adalah cara hidup
yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan
diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang
rumit, termasuk sistem agama, politik, adat istiadat, dan bahasa.
Indonesia adalah negara
satu-satunya yang mempunyai kebudayaan terbanyak. Dari data yang diperoleh,
setidaknya ada 27 hak kekayaan intelektual milik Indonesia diklaim oleh pihak
lain. Kebudayaan yang di klaim pihak lain itu antara lain: alat musik, lagu,
tarian, senjata tradisional, prasasti dan naskah kuno.
Untuk itu, sebagai
generasi muda kita harus terus menjaga kebudayaan kita dengan cara
melestarikan, dan memelihara supaya kebudayaan tersebut tetap lestari.
|
Perbedaan penyajian kedua kutipan teks tersebut adalah ....
|
Teks 1
|
Teks 2
|
a.
|
diawali dengan unsur mengapa
|
diawali dengan unsur apa
|
b.
|
diawali dengan unsur di mana
|
diawali dengan
unsur apa
|
c.
|
diakhiri dengan unsur mengapa
|
diakhiri dengan unsur apa
|
d.
|
diakhiri dengan unsur siapa
|
diakhiri dengan unsur
bagaimana
|
11. Cermatilah teks berikut!
Novel ini
membuka nuansa baru pada zamanya. Sutan Takdir Alisyahbana membawa
pembaharuan di bidang masalah yang diungkapkan. Wanita zaman sebelumnya adalah pengabdi
dalam keluarga yang bertanggung jaawab kepada rumah tangga, alias penunggu
rumah. Namun Sutan Takdir Alisyahbana menampilkan kedudukan wanita setara
dengan priabekerja, aktif diluar rumah dan memajukan kaumnya yang diwakilkan
oleh tokoh Tuti. Tokoh ini sebagai teladan masa sekarang dan masa depan khususnya
pelajar.
|
Keunggulan karya sastra tersebut adalah ...
A.
Wajarlah
novel “Layar
Terkembang” wajib dibaca para siswa.
B.
Memang
sepantasnya novel ini mendapat penghargaan dari dunia pendidikan.
C.
Masalah perjuangan emansipasi wanitalah yang membawa novel ini wajib
di dunia pendidikan.
D.
Sutan
Takdir Alisyahbana seorang yang ahli mengemukakan permasalahan dalam dunia
pendidikan.
12. Bacalah
kutipan teks berikut!
Ternyata kedua mata perempuan itu telah berkaca-kaca
tatkala ia mulai bicara lagi di hadapanku. “Tak sangka semuanya akan berakhir
begini,” katanya lirih. “Saya menyesal sekali atas segala apa yang telah saya
perbuat. Tak usahlah Anda menyeret
saya ke polisi dan ke pengadilan. Saya berjanji tak akan melakukannya lagi.
Saya rela melepas Suminten pulang ke negerinya kalau memang itu yang ia
inginkan. Saya bersedia membayar semua ongkos pulangnya dan membayar semua gajinya yang tersisa walau ia
tidak lagi bekerja pada saya. Saya bersedia membayar ganti rugi atas semua
perlakuan saya yang tidak pantas dan saya juga bersedia membayar semua ongkos
pengobatannya. Itu sama sekali tidak dapat saya bayangkan. Saya sangat
menyesal atas segala kelakuan saya yang tidak
terhormat itu.”
|
Makna kata bercetak miring dalam kutipan teks tersebut adalah ....
A.
memaksa ikut
turut
B.
melibatkan
C.
membawa
D.
menarik
13. Bacalah
kutipan teks berikut!
Para penghuni rimba merasa
kurang senang. Keangkuhan si merak
semakin menjadi-jadi. Setiap berjumpa penghuni hutan lainya, merak
selalu pamer bulu-bulunya itu. “Siapa yang bisa menandingi keelokan diriku?” kata merak berulang kali, tanpa
bosan-bosan. Tentu saja teman-teman kian jengkel kepada merak. “Ah, aku ada
akal untuk menyadarkan si merak,”
pikir kancil suatu hari. Lantas kancil mengajak teman lain. Di antaranya kijang, kelinci, dan tupai.
Pagi itu merak kembali pamer kepada teman-temanya. Jalanya dibuat miring agar
bagian bulunya kelihatan siapa saja.
Dikutip
dari Imam Muksbikin “Merak yang Angkuh” dalam
Sang Kodok dalam Tempayan.
|
Makna tersurat pada kutipan teks
tersebut adalah ...
A.
Kancil,
kijang, kelinci, dan tupai selalu
menghindari merak dan tidak mau berteman dengan merak karena bulunya yang
indah.
B.
Para
penghuni hutan hidup rukun dan damai walaupun ada salah satu di antara
mereka yang memiliki sifat sombong.
C.
Kancil,
kijang, kelinci dan tupai tidak
menghiraukan ulah merak yang selalu memamerkan bulu-bulunya.
D. Kancil,
kijang, kelinci, dan tupai ingin menyadarkan sifat merak yang sombong.
14. Bacalah kutipan teks berikut!
Siang begitu terik. Suta sedang menunggu angkutan yang membawanya
pulang. Tiba-tiba dia melihat selembar puluhan ribuan jatuh dari kantong
celana seorang pemuda. Diinjaknya uang sepuluh ribuan itu. Lumayan buat beli
jajan, pikir Suta. Setelah pemilik uang naik ke angkutan, dipungutnya uang
itu dengan suka cita.
|
Pesan yang terdapat pada kutipan teks
tersebut adalah ….
A. Jadilah anak yang jujur!
B. Jika ada uang jatuh injaklah!
C. Jangan terlalu banyak jajan!
D. Jangan sia-siakan rejeki yang datang!
15. Bacalah kutipan teks berikut!
Sang semut selalu membanggakan dirinya
yang bisa pergi ke tempat ia suka. Bahkan, sang semut kuat mengankat beban
yang lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya adalah
binatang yang paling hebat. Si kepompong hanya diam saja menerima ejekan
tersebut.
Pada suatu hari sang
semut kembali berjalan ke taman. Karena hujan, genangan lumpur terdapat di
mana-mana. Lumpur yang licin membuat semut tergelincir dan jatuh ke dalam
lumpur. Sang semut hampir tenggelam dalam genangan lumpur itu. Semut
berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan.
“Tolong,
bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong..., tolong...!
|
Tema kutipan teks tersebut adalah
….
A. persahabatan semut dan kepompong
B. kepompong yang rendah hati
C. kehebatan sang semut
D. kesombongan semut
16. Bacalah kutipan teks berikut!
Keluarga paman
Iwan baru saja sampai di rumah kami saat sang
raja siang berada di atas kepala. Mereka baru saja datang dari desa. Dari
wajah-wajah mereka tergambar kelelahan. Lalu, kami sekeluarga mempersilakan
mereka untuk beristirahat.
Setelah selesai
menyiapkan makanan, ibu mengajak paman Iwan dan keluarganya untuk makan. Ibu
terlihat senang melihat paman Iwan sekeluarga makan dengan lahap. Mereka juga
memuji masakan yang dibuat ibu.
|
|
Makna simbol kata bercetak miring pada kutipan teks tersebut adalah ....
- matahari
- harimau
- bulan
- singa
17. Bacalah kutipan teks berikut!
Pak Umar memilih tikar plastik yang akan
disewanya. Dalam hati Pak Umar ada
rasa tidak tega terhadap gadis itu. Gadis berusia delapan tahun itu harus
bekerja keras untuk mendapatkan uang.
”Kamu
sekolah?” tanya Pak Umar.
”Sekolah
Pak! Saya kelas empat SD,” jawabnya.
”Mengapa
kamu menyewakan tikar plastik ini?” tanya Pak Umar.
“Saya harus
membantu ibu saya,” jawab gadis itu.
“Ke mana ayahmu?” tanya Pak Umar lagi.
“Bapak saya
telah lama meninggal dunia. Untuk itu, saya harus membantu Ibu mencari uang,”
jawab gadis itu pelan.
Mendengar
cerita gadis tersebut, Pak Umar merasa terharu.
|
|
Isi tersirat yang
terdapat dalam kutipan teks tersebut adalah
...
A. Seorang
gadis yang manja pada ibunya.
B. Anak
yang pandai bergaul dengan siapa saja.
C. Gadis
yang suka bermain dengan tikar kepunyaannya.
D. Seorang anak yang berjuang untuk membantu ibunya.
18. Bacalah kutipan teks berikut!
Dahulu kala di
dalam hutan terdapat perkampungan binatang. Perkampungan itu dihuni oleh
berbagai jenis binatang seperti monyet, kambing, cicak, kadal, singa, burung
merak, ulat bulu, dan lain-lain. Setiap hari, burung merak selalu berkaca dan
memuji dirinya setelah selesai mandi.
“Siapa yang
paling tampan di hutan ini? Siapa yang paling memesona di hutan ini?” tanya
burung merak dalam hati.
“Akulah yang
paling tampan dan paling memesona,” jawabnya dengan bangga.
Selesai
berdandan, burung merak berjalan-jalan keliling kampung. Setiap bertemu dengan binatang lain, dia
selalu memamerkan keindahan bulunya dari binatang yang satu ke binatang yang
lain.
|
Isi tersirat yang terdapat dalam kutipan teks tersebut adalah ...
A.
Burung
merak senang berkeliling hutan untuk menyapa teman-temannya.
B. Burung
merak selalu menyombongkan keindahan yang dimilikinya.
C.
Teman-teman
burung merak sangat senang bersahabat dengannya.
D.
Teman-teman
burung merak selalu memuji keindahan bulunya.
19. Bacalah kutipan teks berikut!
Di sebuah taman tinggallah seekor
semut dan lebah. Mereka ingin sekali berebut kemenangan. Pada pagi yang cerah
ketika lebah sedang terbang ke sana-kemari, dia baru menemukan ide untuk
mempersiapkan kemenangan lomba dengan semut.
”Hai, semut aku sudah punya ide.
Bagaimana kalau kita berlomba mencari madu yang ada di taman ini?” tantang
lebah.
”Oke, aku setuju,” jawab semut.
Pada waktu perlombaan dimulai, semut berbuat
curang. Dia memanggil teman-temannya untuk menempatkan dirinya di beberapa
pohon. Ketika lebah sudah menemukan madu di sebuah pohon, dia sangat bahagia.
Lebah merasa dirinya yang paling hebat dan cerdik, tetapi dia terkejut ketika
melihat seekor semut sedang menghisap madu di pohon itu. Lebah merasa
dipermainkan.
|
Sebab
terjadinya konflik dalam kutipan teks tersebut adalah ….
A.
Lebah dan semut sepakat mengadakan
perlombaan.
B.
Lebah
tidak punya ide untuk mengalahkan semut.
C. Lebah
dan semut saling berebut kemenangan.
D.
Lebah
merasa paling hebat dan cerdik.
20. Bacalah kutipan teks berikut!
Dahulu kala
ada seorang petani yang memiliki seekor angsa sangan cantik. Setiap hari
angsa menelurkan sebuah telur emas yan berkilauan.petani mengambil dan
membawa telur emas ke pasar dan menjualnya. Dalam waktu singkat, petani
tersebut mulaimenjadi kaya, namun tidak lama kemudian keserahkaan dan
ketidaksabaran petani terhadap angsa muncul, karena angsa hanya memberikan
sebutir telur setiap hari.
Suatu hari setelah menghitung uangnya, sebuah gagasan
muncul di kepala petani. Gagasan dia akan mendapatkan semua telur emas sang
angsa dengan cara memotong angsa. Ketika gagasan dilaksananakan, tidak ada
sebuah telur yang dapat dia temukan. Angsanya yang sangat berharga terlanjur
mati dipotong.
|
Akibat
terjadinya konflik dalam kutipan teks tersebut adalah ...
- Petani
ingin mendapatkan banyak telur
- Angsa
bertelur satu butir sehari
- Angsa
mati setelah dipotong.
- Petani
ingin cepat kaya
21. Bacalah dua kutipan teks berikut!
Saat ini ada seekor burung hantu tua yang galak, terutama
jika ada yang mengganggu saat ia tidur. Suatu sore di musim panas yang
hangat, saat ia tertidur jauh di dalam lubang pohon tua, belalang di dekatnya
mulai menyanyikan lagu gembira, tetapi sangat menyesakkan telinga. Burung
hantu tua menengok dari lubang pohon yang digunakan sebagai pintu dan
jendela. “Pergi dari sini, Tuan!” katanya kepada belalang tersebut. “Apakah
Anda tidak memiliki sopan santun? Setidaknya Anda harus menghormati usia saya
dan membiarkan saya tidur dengan tenang!” Namun, sang Belalang menjawab dengan kasar bahwa
dia juga berhak menikmati sinar matahari di pohon tua tersebut.
|
Akibat terjadinya konflik dalam kutipan teks
tersebut adalah ….
A.
Belalang
yang sedang gembira dan bernyanyi dengan merdu.
B.
Belalang yang ingin menikmati sinar matahari
di pohon tua.
C.
Burung hantu yang sudah tua dan ingin
beristirahat di musim panas.
D. Burung Hantu yang
sedang tidur terganggu oleh nyanyian Belalang.
22. Bacalah dua kutipan teks berikut!
Teks
1
|
Saat
ini ada seekor burung hantu tua yang galak, terutama jika ada yang mengganggu
saat ia tidur.Suatu sore di musim panas yang hangat, saat ia tertidur jauh di
dalam lubang pohon tua, belalang di dekatnya mulai menyanyikan lagu gembira,
tetapi sangat menyesakkan telinga. Burung hantu tua menengok dari lubang
pohon yang digunakan sebagai pintu dan jendela. “Pergi dari sini, Tuan!”
katanya kepada belalang tersebut. “Apakah Anda tidak memiliki sopan santun?
Setidaknya Anda harus menghormati usia saya dan membiarkan saya tidur dengan
tenang!” Namun, sang Belalang menjawab dengan kasar
bahwa dia juga berhak menikmati sinar matahari di pohon tua tersebut.
|
Teks
2
|
Yosaku
cemas dengan kondisi istrinya yang makin lemah dan kurus setiap habis
menenun, maka ia berkeinginan melihat ke dalam ruangan tenun. Ia sangat
terkejut ketika di dalam ruang tenun terdapat seekor bangau sedang mencabuti
bulunya untuk ditenun menjadi kain. Badan bangau itu hampir gundul kehabisan
bulu. Bangau itu akhirnya sadar dirinya sedang diperhatikan oleh Yosaku,
bangau itupun berubah wujud kembali menjadi Otsuru, istri Yosaku. “Akhirnya
kau melihatnya juga, “ ujar Otsuru.
|
Persamaan pengembangan alur pada kedua kutipan teks tersebut adalah
....
|
Teks 1
|
Teks 2
|
A
|
maju
|
maju
|
B
|
mundur
|
mundur
|
C
|
campuran
|
campuran
|
D
|
flashback
|
sorot balik
|
23. Bacalah
kutipan teks berikut!
Teks 1
|
Begitu pertandingan dimulai, Sang Rusa
langsung berlari secepat-cepatnya mendahului Si Kulomang. Selang beberapa
jam,ia sudah sampai di tanjung kedua. Napasnya terengah-engah. Dalam hati, ia
yakin bahwa Si Kulomang mungkin hanya mencapai beberapa meter saja .
“Kulomang,sekarang kau ada di mana?”Sang Rusa berteriak-teriak dengan sombongnya.
Temannya Si Kulomang pun menjawab,”Aku ada tepat di belakangmu.” Betapa
terkejutnya Sang Rusa, ia tidak jadi beristirahat melainkan lari tunggang
langgang.
|
Teks 2
|
Taka menepukkan kedua tangannya untuk
memanggil bon makan . Dan seperti sebuah keniscayaan, sebentar lagi ia akan
mendengar dekak-dekak geta yang dipakai
Yuki mendekati pintu. Dan pintu sorong itu kemudian terkuak hampir tanpa
suara. Seperti sama seperti semua perempuan Jepang , Yuki selalu berlutut
sebelum membuka pintu. Ia membungkukkan badannya untuk menghormat sehingga
hanya ubun-ubun dan rambutnya yang tampak oleh Taka .
“Please come in, Snowflake,”kata Taka.
|
Perbandingan penggunaan bahasa pada dua kutipan teks tersebut adalah ...
|
Teks 1
|
Teks 2
|
A
|
menggunakan kata sandang si dan sang
|
menggunakan majas untuk meningkatkan efek
estetis
|
B
|
konjungsi lalu, kemudian, dan
|
konjungsi dan
|
C
|
kalimat pasif
|
Kalimat tunggal
|
D
|
Keterangan waktu
|
istilah-istilah
|
24. Bacalah
kutipan teks berikut
Untunglah, saat itu ada seekor
kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah
ranting ke arah semut. “Semut, peganglah erat-erat ranting itu! Nanti aku
akan mengangkat ranting itu.” Lalu, Sang Semut memegang erat ranting itu. Si
Kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkan di tempat yang aman.
Kemudian, Sang Semut berterima kasih kepada Si Kupu-kupu karena telah
menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatang yang hebat dan
terpuji. Mendengar pujian itu, Si Kupu-kupu berkata kepada Sang Semut, “Aku
adalah kepompong yang pernah kauejek,”kata Si Kupu-kupu.
|
Komentar terkait
penggunaan bahasa pada kutipan teks tersebut yang tepat adalah ...
A.
Bagian
orientasi tersebut sudah tepat karena menggambarkan penyelesaian konflik dengan
jelas.
B.
Bagian resolusi
kutipan fabel tersebut sangat baik karena menyajikan penyelesaian masalah yang
dihadapi oleh Sang Semut.
C.
Teks tersebut mencoba untuk menunjukkan sikap
terpuji yang dimiliki oleh kupu-kupu, tetapi tidak menunjukkan penggambaran
sikap tokoh semut.
D.
Bagian
resolusi kutipan fabel tersebut tidak berimbang karena terlalu memunculkan
tokoh semut, sedangkan kupu-kupu hanya dibahas sekilas.
25. Bacalah
kutipan teks berikut!
Setengah
jam yang lalu, ruangan ini hanya berisi dua orang gadis yang duduk berjauhan,
tetapi kini ruang kelas hampir terisi sepenuhnya. Rumi duduk di sisi paling
kanan dekat dinding, baris keempat dari depan. Disibaknya tirai, hujan sudah
mulai reda, menyisakan kota yang basah.
|
Komentar terkait pola pengembangan cerita yang
tepat kutipan
teks tersebut adalah …
A.
Bagian
orientasi kutipan cerpen tersebut terlalu fokus pada penggambaran fisik tokoh
Rumi.
B.
Teks
tersebut mencoba untuk menggambarkan suasana ruang kelas setelah turun hujan.
C. Bagian
orientasi kutipan cerpen tersebut menggambarkan latar tempat dan suasana dengan
baik.
D.
Teks
tersebut mencoba untuk menunjukkan karakteristik tokoh Rumi yang pendiam dan
menyukai hujan.
26. Bacalah dua kutipan teks
tersebut!
Teks 1
|
Wayan
mempunyai celengan berbentuk ayam.
Celengan itu sudah penuh dengan beratus-ratus uang logam dan lembaran ribuan.
Wayan bermaksud uang hasil tabungannya itu akan dibelikan playstation, sesuai dengan apa yang
telah diimpikannya selama ini.
Lain halnya
dengan Ibu Wayan. Beliau merencanakan memperluas kios mereka dengan
barang-barang kebutuhan rumah tangga lainnya. Maksud Ibu Wayan ini
disampaikan kepada Wayan. Perasaan dan angan-angan Wayan pun melayang
kemudian berandai-andai. Dia membayangkan seandainya ayahnya masih ada tentu
tak akan terjadi hal begini.
Walau
dengan perasaan berat, Wayan merelakan uang di celengan ayam itu digunakan
untuk tambahan modal kios ibunya. Wayan tidak tega kepada ibunya. Karena
semenjak ayahnya meninggal dunia Ibu Wayan terlihat semakin bertambah tua.
Itu semua dikarenakan beban hidup keluarga semakin berat dan harus dipikul
sendiri oleh Ibu Wayan.
|
Teks 2
|
Tak bisa Vera membiarkan semua ini terus terjadi. Jika dibiarkan
makin banyak cewek yang kena korbannya, karena itulah Vera punya suatu
rencana.
“Tapi ati-ati! Jangan sampe elu jatuh cinta beneran ama die,” pesen
Nila.
“Tenang aja Nil, gue tak akan cinta beneran ama play boy tengik itu,” balas Vera.
Waktu istirahat di taman sekolah tiba-tiba datang cowok ganteng
nyamperin Vera.
“Hai...! sori mengganggu,” sapa cowok itu sambil duduk di sampingnya.
“Nggak papa kok,” bales si Vera.
“Elu anak baru ya, soalnya gue kagak pernah lihat lu,” tanya cowok
tadi. Mendengar itu Vera tertawa lirih.
“Bener gue anak baru di sini, karena bokap ama nyokap pindah dari
Surabaya”.
“Pantesan, kemaren-kemaren gue kagak pernah liat cewek sekece elu,”
gumam si cowok sambil tersenyum.
Vera sudah menduga semua akan akan berlangsung cepat.
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
|
Komentar terkait pola pengembangan cerita yang tepat kutipan teks tersebut adalah ….
A.
Bahasa
teks 1: berbelit-belit sulit dipahami
Bahasa teks 2: banyak menggunakan
istilah asing
B.
Bahasa
teks 1: mudah dipahami, runtut, dan santun
Bahasa teks 2: banyak menggunakan
istilah asing
C.
Bahasa
teks 1: menggunakan bahasa baku sehari-hari
Bahasa teks 2: mudah dipahami dan santun
D. Bahasa
teks 1: mudah dipahami, runtut, dan santun
Bahasa
teks 2: mengunakan bahasa gaul
27. Bacalah kutipan teks berikut!
Pada suatu hari si rusa berjalan-jalan di
pinggir danau. Ia bertemu dengan kura-kura yang terlihat hanya mondar-mandir
saja. “Kura-kura, apa yang sedang engkau lakukan di sini?”. “Aku sedang
mencari sumber penghidupan,” jawab si kura-kura.
Si rusa tiba-tiba marah mendengar jawaban si
kura-kura. “Jangan berlagak engkau, hei kura- kura! Engkau hanya
mondar-mandir saja namun berlagak tengah mencari sumber penghidupan!”
Si kura-kura berusaha menjelaskan, namun si
rusa tetap marah. Bahkan, si rusa mengancam akan menginjak tubuh si
kura-kura. Si kura-kura yang jengkel akhirnya menantang untuk mengadu
kekuatan betis kaki.
|
Penggunaan
bahasa kutipan teks tersebut
menggunakan ....
A.
kata kerja yang tidak sewajarnya
B.
kata
kerja yang biasa digunakan untuk hewan
C.
kata kerja yang biasa
digunakan untuk manusia
D.
kata kerja yang biasa digunakan untuk manusia
dan hewan
28. Bacalah kutipan teks yang
tersusun secara acak berikut!
Pemerintah
dan DPR mesti revisi UU Tipikor. Pejabat publik yang menyalahgunakan wewenang
harusnya mendapatkan hukuman yang lebih berat dibandingkan pihak swasta.
Ancaman [ ... 1] minimal pidana ringan tidak tepat. Kepada pejabat
publik, minimal hukuman yang pantas adalah di atas empat tahun,” jelas
anggota Indonesia Corruption Watch
(ICW) Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan Indonesia Aradila Caesar di
kantor ICW, Jakarta, Minggu (7/2).
Saat
pejabat pemda yang terlibat korupsi meningkat, vonis [ ...2 ] koruptor
punya kecenderungan turun. Rata-rata, vonis bagi koruptor pada 2015 hanya dua
tahun dua bulan. Hukuman itu masih bisa dipotong jika koruptor mendapatkan
remisi atau pembebasan bersyarat.
|
Kata yang tepat untuk
melengkapi teks tanggapan kritis tersebut adalah ....
A.
1. hukuman
2.
bagi
B.
1.
penjara
2. bagi
C.
1. sangsi
D.
1. hukuman
2. kepada
29. Bacalah kutipan teks berikut!!
Petunjuk membuat madu mongso
(1) Tape ketan hitam ditiriskan supaya airnya
keluar, sisihkan.
(2) Masak santan
sampai kental dan minyaknya keluar.
(3) Tambahkan
gula jawa dan aduk-aduk sampai larut.
(4) [ . . . ]
(5) Saring
supaya minyaknya keluar.
(6) Tuangkan
kedalam loyang/tampah yang sudah dilapisi daun pisang.
(7) Tekan-tekan
supaya padat.
(8) [ . . . ]
(9) Madu mongso siap dihidangkan.
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian
rumpang kutipan teks tersebut adalah ….
A.
A. (4)
Masukkan ketan hitam mentah dan aduk-aduk hingga merata.
(8) Ambil daun pisang untuk pembungkus.
B.
(4)
Ambil kira-kira satu sendok makan dan bentuk lonjong kemudian bungkus.
(8) Masukkan tape ketan dan aduk-aduk
sampai kering.
C. (4) Masukkan tape ketan
hitam dan aduk-aduk sampai kering.
(8) Ambil kira-kira satu sendok makan dan bentuk
lonjong kemudian bungkus
dengan ketas minyak.
D.
(4) Masukkan tape ketan dan aduk-aduk sampai
merata.
(8)
Ambil kira-kira satu sendok makan dan bentuk lonjong kemudian siap di-
Jual.
30. Perhatikan
kalimat berikut!
1. Kami berjalan-jalan mencari wahana permainan yang menantang.
2. Kami beristirahat, mandi,
sholat shubuh, dan sarapan pagi
3. Kami tiba di kawasan
Lamongan pukul 05.00 WIB
4. Kami mulai menuju wahana permainan di Wisata Bahari Lamongan.
5. Kami senang menikmati wahana permainan yang selama ini hanya kami
lihat di televisi.
|
Kalimat-kalimat
tersebut akan menjadi laporan perjalanan sistematis bila disusun dengan urutan…
A.
3
– 1 – 2 – 4 – 5
B.
4
– 3 – 2 – 1 – 5
C.
4
– 2 – 1 – 3 – 5
D.
3 – 2 – 4 – 1 – 5
31. Bacalah kutipan teks berikut!
(1). Masukkan parutan wortel
dan daun bawang, aduk-aduk hingga rata.
(2). Setelah dingin,potong
persegi panjang, celupkan ke dalam telur kocok.
(3). Campur dada ayam, udang,
tahu, dan bumbu halus, aduk hingga rata.
(4). Kini nugget siap
digoreng.
(5). Tambahkan telur, susu,
tepung sagu, merica, dan gula aduk hingga rata.
(6). Siapkan loyang yang telah
diolesi minyak goreng, tuangkan adonan, lalu kukus 20 menit lalu angkat dan
dinginkan.
|
Kalimat tersebut disusun menjadi paragraf
baku dengan susunan yang tepat adalah ....
A.
(1)-(3)-(5)-(2)-(4)-(6)
B.
(1)-(6)-(2)-(4)-(3)-(5)
C. (3)-(5)-(1)-(6)-(2)-(4)
D.
(3)-(1)-(6)-(5)-(2)-(4)
32. Cermati ilustrasi berikut!
Indonesia merupakan paru-paru dinia kedua yang memiliki hutan-hutan
lebat yang memberikan banyak oksigen. Alam yang indah ini harus dicintai,
dijaga, dan [...] . Usaha itu juga harus kita lakukan agar alam
Indonesia tetap menjadi paru-paru dunia yang bermanfaat bagi kehidupan
seluruh makhluk hidup dari masa ke masa. Seluruh makhluk yang terpelihara ini
dapat menyelamatkan [...] manusia. Rasa cinta itu juga
harus terus[...] agar alam Indonesia tetap
menjadi paru-paru dunia.
|
Kata
yang tepat untuk melengkapi kalimat yang rumpang tersebut adalah ....
A.
dilestarikan,
habitat, ditanam
B.
ditanamkan,
dilestarikan, dijaga
C. dilestarikan,
ekosistem, ditanamkan
D.
dilestarikan,
ditanamkan, dikembangkan
33. Cermati data-data
berikut!
Nama kecil
Ki Hajar Dewantara adalah Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Ia lahir di
Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Ia berasal dari lingkungan keluarga
keraton Yogyakarta. Meskipun demikian, ia sangat sederhanadan ingin dekat
dengan rakyatnya. Ketika berusia 40 tahun, menurut hitungan tahun Caka, Raden
Mas Soewardi Soeryaningrat berganti
nama Ki Hajar Dewantara. Tujuannya berganti nama adalah agar ia dapat bebas
dekat dengan rakyatnya.
Perjalanan
hidup Ki Hajar Dewantara benar-benar ditandai dengan perjuangan dan
pengabdian pada kepentingan bangsa dan negara. Ki Hajar Dewantara menamatkan
Sekolah Dasar di ELS (Sekolah Dasar Belanda), kemudian melanjutkan
pendidikannya ke Stovia (Sekolah Dasar Bumi Putera). Ia tidak dapat
menamatkan pendidikan di sekolah tersebut karena sakit. Setelah itu, ia
bekerja sebagai wartawan di beberapa surat kabar, seperti: Sedyotomo, Midden Java, De Express, Oetoesan
Hindia Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer, dan Poesara. Tulisan-tulisannya sangat
komunikatif
[...]
|
Bagian penutup yang tepat dari
teks biografi di atas adalah ...
- Pada
tanggal 3 Juli 1922 Ki Hajar Dewantara bersama dengan rekan-rekan seperjuangannya
mendirikan perguruan yang bercorak nasional, yaitu National Onderwijs,
Institut Taman Siswa (Perguruan Nasional Taman Siswa)
- Semangat
Ki Hajar Dewantara terus menggebu. Pada bulan November 1913 ia membentuk
komite Bumipoetra . Koemite Boemipoetra melancarkan kritik terhadap
pemerintah Belanda yang ingin merayakan seratus tahun kebebasan Belanda
dari penjajahan Perancis dengan menarik uang dari rakyat jajahannya.
- Ki
Hajar Dewantara tidak hanya dianggap sebagai tokoh dan pahlawan Pendidikan
yang tanggal kelahirannya 2 Mei dijadikan Hari Pendidikan Nasional, tetapi
juga ditetapkan sebagai pahlawan Pergerakan Nasional melalui surat
keputusan Presiden RI nomor 305 1959, tanggal 28 November 1959.
- Sebagai
pahlawan yang dijuluki Bapak Pendidikan Indonesia , semangat dan jasa Ki
Hajar Dewantara sepantasnya dikenang dan tidak dilupakan. Semoga apa yang
dilakukannya itu dapat menginspirasi rakyat Indonesia menuju masa depan
yang lebih baik.
34. Bacalah kutipan teks berikut!
Nama
: Annisaa Hayyu Fitriani
Tempat tanggal lahir : Grobogan, 19 April 1984
Alamat : Kadilangu Rt 002/003 Baki, Sukoharjo
Pendidikan : Lulus Program Studi/Prodi Kimia Fakultas
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam(MIPA) Universitas Gajah Mada (UGM)
Yogyakarta tahun 2007
Pengalaman Kerja : Pernah bekerja
di salah satu industri bidang farmasi di Purwodadi selama 3 tahun, Guru SMP
Islam Al-Azhar 21 Solo. Mengajar kelas VII sampai IX.
Prestasi : Tahun 2012 mengantar siswanya menjadi
juara 1 OSN Biologi Tingkat Kabupaten Sukoharjo. Tahun 2013 berhasil
mengantar siswanya menyabet uara III OSN Al-Aszar se-Indonesia untuk bidang
yang sama, menjadi wakil bidang kurikulum setempat.
(Sumber:Solo Pos,13 April 2013)
|
Penulisan teks cerpen
berdasarkan teks tersebut adalah ...
A.
Annisaa Hayyu Fitriani dilahirkan di Desa Grobogan pada
tanggal 19 April 1984. Ia bertempat tinggal di Kadilangu Rt 002/003 Baki,
Sukoharjo. Ia lulusan Program Studi/Prodi Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) di Universitas
Gajah Mada (UGM) Yogyakarta TAHUN 2007. Pengalaman kerja yang pernah ia jalani
bekerja di salah satu industri bidang farmasi di Purwodadi selama 3 tahun, Guru
SMP Islam Al-Aszar 21 Solo. Mengajar kelas VII sampai IX. Prestasi yang pernah
diraihnya Tahun 2012 mengantar siswanya menjadi juara 1 OSN Biologi Tingkat
Kabupaten Sukoharjo. Tahun 2013 berhasil mengantar siswanya menyabet juara III OSN Al-Azhar
se-Indonesia untuk bidang yang sama, menjadi wakil bidang kurikulum setempat.
B. Annisaa
Hayyu Fitriani dilahirkan di Desa Grobogan pada tanggal 19 April 1984. Ia
bertempat tinggal di Kadilangu Rt 002/003 Baki, Sukoharjo. Ia lulusan Program
Studi /Prodi Kimia Fakultas Matematika
dan Ilmu Pengetahuan Alam(MIPA) di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta
TAHUN 2007. Pengalaman kerja yang pernah ia jalani bekerja di salah satu
industri bidang farmasi di Purwodadi selama 3 tahun, Guru SMP Islam Al-Azhar 21 Solo. Mengajar kelas VII
sampai IX. Prestasi yang pernah diraihnya Tahun 2012 mengantar siswanya menjadi
juara 1 OSN Biologi Tingkat nasional tahun 2013 berhasil mengantar siswanya
menyabet juara III OSN Al-Azhar se-Indonesia untuk bidang yang
sama, menjadi wakil bidang kurikulum setempat.
C. Annisaa
Hayyu Fitriani dilahirkan di Desa Grobogan pada tanggal 19 April 1984.Ia
bertempat tinggal di Kadilangu Rt 002/003 Baki, Sukoharjo. Ia lulusan Program
Studi/Prodi Kimia Fakultas Matematika
dan Ilmu Pengetahuan Alam(MIPA) di Universitas Sebelas Maret
Surakarta(UNS)TAHUN 2007. Pengalaman kerja yang pernah ia jalani bekerja di
salah satu industri bidang farmasi di Purwodadi selama 3 tahun, Guru SMP Islam
Al-Azhar 21 Solo. Mengajar
kelas VII sampai IX. Prestasi yang pernah diraihnya Tahun 2012 mengantar
siswanya menjadi juara 1 OSN Biologi Tingkat Kabupaten Sukoharjo. Tahun 2013
berhasil mengantar siswanya menyabet
juara III OSN Al-Azhar
se-Indonesia untuk bidang yang sama, menjadi wakil bidang kurikulum setempat.
D. Annisaa
Hayyu Fitriani dilahirkan di Desa Grobogan pada tanggal 19 April 1984. Ia
bertempat tinggal di Kadilangu Rt 002/003, Kota Surakarta. Ia lulusan Program
Studi/Prodi Kimia Fakultas Matematika
dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) di Universitas Gajah Mada (UGM)
Yogyakarta TAHUN 2007. Pengalaman kerja yang pernah ia jalani bekerja di salah
satu industri bidang farmasi di Purwodadi selama 3 tahun, Guru SMP Islam Al-Azhar 21 Solo. Mengajar kelas VII
sampai IX. Prestasi yang pernah diraihnya Tahun 2012 mengantar siswanya menjadi
juara 1 OSN Biologi Tingkat Kota Surakarta. Tahun 2013 berhasil mengantar
siswanya menyabet juara III OSN Al-Azhar se-Indonesia untuk bidang yang
sama, menjadi wakil bidang kurikulum setempat.
35. Bacalah kutipan teks berikut!
(1). Kebiasaan jabat tangan
merupakan upaya pembentukan karakter siswa. Setiap pagi siswa datang di sekolah melakukan jabat tangan di
pintu gerbang sekolah dengan Bapak dan
Ibu Guru piket . Kegiatan ini
berlangsung secara rutin, sehingga
menjadi kebiasaan bagi peserta didik.
(2). Pemanasan global akan
mengganggu pola hujan dan menyebabkan kenaikan risiko banjir secara
signifikan. Di sisi lain, risiko
kekeringan juga makin tinggidi daerah yang tandus. Hal itu akan berdampak serta pada sektor pertanian dan kesehatan
dan pada gilirannya bisa memicu gejolak serta konflik sebagaakibat migrasi
massal daerah-daerah yang tak lagi bisa dihuni.
(3). Dr. Mohammad Hatta yang juga
dikenal dengan panggilan Bung Hatta wafat di Jakarta pada tanggal 14 Maret 1980. Sesuai dengan amanatnya, jenazahnya dimakamkan di pemakaman umum Taman Kusir
Jakarta.Selain sebagai pahlawan, Hatta
dikenal sebagai Bapak Koperasi .
(4). Keempat bersaudara sedang dilanda duka. Ramli anak tertua itu sangat terpukul dengan kematian ibunya. Rusli adiknya dari kemarin tak lepas
dari tasbihnya, bibirnya basah
dengan zikir-zikirnya. Anak ketiga
yang bernama Rafiah mengurung diri di kamar menelungkup di atas sprei.Si Bungsu
Ramadan bergelayut di lengan ayahnya, tetapi tak tahu apa yang harus diperbuat.
|
Teks biografi ditunjukkan nomor ….
A. Nomor
(1)
B. Nomor
(2)
C. Nomor (3)
D. Nomor (4)
36. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
(1) Kompleks Istana Kepresidenan terdiri atas Istana Merdeka dan Istana Negara.
(2) Selanjutnya, kami mulai menjelajahi seisi kompleks
Istana Kepresidenan.
(3) Istana Negara menghadap ke Jalan Veteran.
(4) Pukul 09.00 WIB rombongan kami tiba di Istana
Kepresidenan.
(5) Istana Merdeka menghadap ke Taman Monumen Nasional
(Monas).
|
Penulisan teks laporan yang tepat berdasarkan data tersebut adalah ....
A.
(5), (2), (1),
(3), (4)
B. (4),
(2), (1), (5), (3)
C.
(3),
(1), (2), (5), (4)
D.
(2),
(4), (3), (1), (5)
37. Bacalah
kutipan teks berikut!
Ujian nasional telah selesai
dilaksanakan. Banyak siswa yang cemas menunggu hari pengumuman kelulusan.
Siswa yang memiliki nilai rata-rata di bawah (1) standar kelulusan harus menanggung (2) risiko untuk mengikuti perbaikan ujian nasional. Sebelumnya,
agar lebih (3) afdol para guru sudah mengantisipasi hal ini dengan memberikan (4) nasihat sebelum ujian nasional
dilaksanakan.
|
Penulisan kata tidak baku yang
terdapat pada nomor ....
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
38.Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Kakak
menekuni bidang olahraga sportivitas.
(2) Ayah
membeli radiator di toko
buku.
(3) Dokter
memakai teleskop untuk memeriksa pasiennya.
(4) Bidang
ekonomis mempunyai relevansi yang tinggi dengan pembangunan.
|
Penggunaan istilah yang tepat
terdapat pada nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
39. Perhatikan
kalimat berikut!
Dengan program … pertanian, pemerintah
membuka lahan-lahan pertanian baru di luar Jawa.
|
Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ….
A. ekstensifikasi
B.
tumpangsari
C.
intensifikasi
D.
suprainsus
40. Bacalah
kutipan teks berikut!
Cara yang harus dilakukan dalam membuat bunga
dari kulit jagung, yaitu
Pertama, pilihlah kulit jagung yang sudah (1) dianggap cukup umur, sekitar 3 bulan!
(2)Ke dua, lepaskan kulit jagung satu per satu, pilah
sesuai lembarannya, dan pilih lembaran yang berkualitas baik!
(3) Ke tiga, rebus kulit jagung tersebut dan beri
pewarna!
(4) Ke empat, tiriskan dan keringkan kulit jagung
tersebut!
(5) Kelima, setrika kulit jagung tersebut dengan suhu sedang!
(6)Ke enam, lapis kulit jagung tersebut menjadi dua
sebelum dipola!
(7) Ke tujuh,
pola sesuai dengan bentuk yang diinginkan!
(8) Ke delapan, serutlah sesuai lengkung yang
diinginkan!
(9) Ke sembilan,
rangkailah bahan sesuai bentuk bunga dan beri tangkai berupa kawat
yang dibalut floral tape!
|
Penulisan kata bentukan yang tepat terdapat pada
kalimat nomor ....
A. 1
B. 3
C. 6
D. 9
41. Perhatikan
kalimat berikut!
Pada hakekatnya pihak sekolah harus selalu
meningkatkan kreatifitas siswanya
dengan aksi nyata dan tidak hanya berupa nasehat.
|
Perbaikan kata bercetak miring menjadi kata baku adalah ....
A.
hakikat,
kreativitas, nasehat
B.
hakikat,
kreatifitas, nasihat
C.
hakekat,
kreatifitas, nasihat
D. hakikat,
kreativitas, nasihat
42. Perhatikan kalimat
berikut!
(1) Penelitian
tidak bisa dilakukan dengan serampangan. (2) Untuk
membuat sebuah penelitian harus menguasai metodologi penelitian.
|
Perbaikan kalimat kedua teks tersebut adalah ...
A. Pembuatan
sebuah penelitian harus menguasai metodologi penelitian.
B.
Membuat
sebuah penelitian harus menguasai metodologi penelitian.
C.
Untuk
membuat sebuah penelitian kita harus menguasai metodologi penelitian.
D. Untuk membuat
sebuah penelitian harus dikuasai metodologi penelitian.
43. Bacalah kutipan teks berikut!
Manusia ikut
menyumbang kepunahan binatang karena manusia memburu jenis binatang tertentu
tanpa kendali. Perburuan dilakukan untuk mendapatkan daging yang akan dimakan
oleh manusia itu sendiri. Tujuan
perburuan dilakukan untuk perdagangan binatang secara tidak sah. Bahkan,
ada pula untuk dibunuh agar tubuhnya dapat dijual dengan harga mahal.
|
Perbaikan kalimat yang dicetak miring
tersebut agar tidak sumbang adalah ...
A.
Di
mana saja ada juga perburuan yang dilakukan dengan tujuan memperdagangkan
binatang secara tidak sah.
B.
Semua
itu dilakukan untuk mendapatkan binatang langka karena selama itu perburuan
yang dilakukan tidak sah.
C. Di
samping itu, ada juga perburuan yang dilakukan untuk tujuan memperdagangkan
binatang secara tidak sah.
D.
Sebaiknya
perburuan itu dilakukan karena untuk tujuan perdagangan binatang secara tidak
sah.
44. Bacalah kutipan teks berikut!
Sebagai ilmuwan, cendikiawan memberikan sumbangan
berupa analisis, melihat masalah secara holistis, dan menawarkan solusi,
termasuk mendudukkan persoalan. Mereka menjadi pendamping masyarakat yang
sering bingung oleh perubahan yang serba cepat.
|
Penggunaan
kata cendikiawan pada paragraf
tersebut salah karena penulisan kata
tersebut ....
A.
bersifat ambigu
B.bermakna ganda
C.tidak
baku
D.
tidak
sesuai dengan konteks kalimat
45. Bacalah kutipan teks berikut!
Kelapa banyak diusahakan oleh
masyarakat secara turun-temurun. Hampir semua bagian tanaman kelapa dapat
dimanfaatkan dan mampu memberikan nilai tambah secara ekonomi. Salah satu bagian dari buah kelapa yang
dapat dimanfaatkan dengan diolah adalah air kelapa. Air kelapa dapat
dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan nata de coco yang memiliki nilai
ekonomi cukup tinggi. Proses pembuatannya yang sederhana dapat dilakukan
dalam skala rumah tangga. Pembuatan dalam skala kecil ini dapat menyerap
tenaga kerja dan mendapatkan tambahan
penghasilan.
|
Kalimat bercetak
miring tidak efektif karena ....
A.
kalimat
tersebut tidak koheren
B.
kalimat tersebut tidak efektif
C.
kalimat
tersebut tidak efisien
D.
kalimat
tersebut tidak padu
46. Bacalah kutipan teks berikut!
(1) Pada tanggal 15 Desember 2015,kami mengunjungi PT Sinar Sosro.
(2) Kami menonton pemutaran
film sejarah berdirinya PT Sinar Sosro. (3) Kemudian dilanjutkan dengan pemutaran film mengenai proses pembuatan teh botol
sosro, meliputi proses awal sampai pada proses pengolahan limbah cair dan
padat yg dihasilkan. (4)Setelah
kegiatan ini diharapkan siswa lebih rajin belajar agar sukses meraih
cita-cita.
|
Kalimat ke-4 termasuk kalimat sumbang karena ....
A.
tidak ada keterpaduan dengan kalimat sebelumnya
B.
kalimat tersebut
kurang efektif
C.
kalimat tersebut
berlebihan
D.
kalimat tersebut
salah
47. Bacalah kutipan teks berikut!
Permasalahan
lingkungan saat ini semakin jelas terlihat di berbagai tempat, dari skala
global seperti pemanasan global hingga bencana banjir. Masalah-masalah itu
mendesak pemikiran kita agar lingkungan tidak menjadi sumber bencana.
Salah satu cara peduli lingkungan
adalah melakukan daur ulang sampah, yang dapat
menghemat energi dan membantu menjaga lingkungan. Sampah yang dimaksud
meliputi, kertas, plastik, karet, kaca,
dan kaleng. Cara ini diharapkan dapat meningkatkan kwalitas lingkungan yang
bersih dan sehat serta tidak menjadi sumber bencana.
|
Kesalahan
penulisan ejaan terdapat pada kata
atau frasa ....
A.
pemanasan global
B.
skala global
C.
kwalitas
D.
energi
48. Bacalah kutipan teks berikut!
Petunjuk menggunakan jilbab
kreasi
1). Kenakan bergo atau dasaran kerudung sesuai keinginan
2). Lipat kerudung segi empat anda menjadi segitiga.
3). Rapikan bagian leher, lalu semat dengan peniti di belakang
tengkuk.
4). Rapikan semua sisi agar
tampilan anda lebih menarik.
5). Kemudian tarik dari belakang ke sisi kanan: bentuk pita atau
sesuai keinginan, semat dengan beberapa jarum pentul,lalu rapikan.
|
Penggunaan
tanda baca yang tidak tepat terdapat pada kalimat bernomor ....
A.
2
B.
3
C.
4
D. 5
49. Bacalah kutipan teks berikut!
(1) Novel “Hafalan
Salat Delisa” disajikan dengan
bahasa yang komunikatif. (2) Jalan cerita
sama dengan peristiwa di dunia nyata. (3) Oleh karena itu, pembaca dapat
berimajinasi lebih jauh tentang cerita novel itu sendiri. (4) Namun novel ini tersusun seperti film dokumenter. (5) Alur cerita awal terkesan kurang menarik. (6) Selain itu, penulis terlalu tinggi menggambarkan
sifat tokoh.
|
Kesalahan
penggunaan tanda baca pada kutipan teks tersebut seharusnya.....
A.
Pada
kalimat ke-3 terdapat tanda koma setelah kata namun
B. Pada
kalimat ke- 4 terdapat tanda koma setelah kata namun
C.
Pada
kalimat ke-6 tanda koma dihilangkan
D.
Pada
kalimat ke-2 tanda koma dihilangkan
50. Bacalah kutipan teks berikut!
Museum merupakan tempat untuk
memamerkan benda-benda bersejarah, salah satu museum yang sering di kunjungi
adalah museum Etnobotani di kota Bogor. Museum ini resmi berdiri sejak 18 Mei
1982. Pada awalnya museum tersebut merupakan bagian dari Bidang Biologi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI ). Pemanfaatan gedung Herbarium
Bogoriense untuk dijadikan museum digagas Pada tahun 1973 dan baru terwujud
pada tahun 1982. Keunikan museum ini adalah ditampilkannya segala hal yang
berkaitan dengan tumbuhan.
|
Penulisan kata di kunjungi pada teks
tersebut salah karena ....
A.
di
pada kata tersebut merupakan kata depan yang penulisannya disatukan oleh kata keterangan tempat.
B. di
pada kata tersebut merupakan awalan yang penulisannya harus disatukan dengan
kata kerja yang mengikutinya.
C.
di
pada kata tersebut merupakan kata depan yang penulisannya harus disatukan
dengan kata kerja yang mengikutinya.
D.
di
pada pada kata tersebut merupakan awalan yang penulisannya harus disatukan
dengan kata keterangan yang mengikutinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar