16 Februari 2016

SOAL UN BAHASA INDONESIA DAN KUNCI PEMBAHASAN

KLP
8
 
PEMERINTAH KOTA SURAKARTA
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
LATIHAN UJIAN NASIONAL

 


Mata Pelajaran            :           Bahasa Indonesia
Hari, tanggal   :          
Waktu                         :           07.30 – 09.30 (120 menit)
 


PETUNJUK UMUM
1.      Berdoalah sebelum mengerjakan soal!
2.      Tulislah lebih dahulu nama, nomor peserta, dan kelas pada lembar jawab yang tersedia!
3.      Bacalah setiap soal sebelum mengerjakan!
4.      Kerjakan terlebih dahulu soal-soal yang dianggap mudah!
5.      Periksalah kembali pekerjaan sebelum diserahkan kepada pengawas!

SELAMAT MENGERJAKAN
 


PETUNJUK KHUSUS
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan cara menghitamkan bulatan pilihan A, B, C, atau D pada lembar jawab!

1.   Bacalah kutipan teks berikut!
Cara menanam  hidroponik sebenarnya sangat cocok untuk diterapkan di daerah perkotaan atau daerah urban karena banyak manfaatnya di antaranya hemat tempat dan ramah lingkungan. Contoh tanaman hidroponik yang sangat mudah untuk ditanam dengan cara menanam hidroponik adalah jenis tanaman sayuran daun seperti sawi, kangkung, pakcoy, kailan, seledri, kemangi, dan lain sebangainya.


Makna kata bercetak miring pada kutipan teks tersebut adalah  ....
A.       menanam sayuran yang hemat tempat dan ramah lingkungan
B.       cara bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah
C.       cara menanam sayuran di lahan yang sempit
D.       cara bercocok tanam masyarakat urban

2.   Bacalah kutipan teks berikut!
(1) “Surat Kecil untuk Tuhan” merupakan salah satu novel karya Agnes Danovar. (2) Novel ini mengisahkan ulang cerita pilu seorang gadis bernama Keke atau Gita Sesa Wanda Cantika.  (3) Ia terkena penyakit yang terbilang langka bernama Rabdosmiosarkoma atau yang dalam bahasa awam dikenal dengan nama kanker jaringan lunak. (4) Keke sendiri merupakan pasien pertama di Indonesia yang terdeteksi terkena penyakit tersebut. (5) Hal ini yang menjadikan kisahnya sangat menggugah.

      Makna kalimat (5) pada kutipan teks tersebut adalah …
A.       Penyakit yang diderita Keke menjadikan kisah novel ini menyentuh hati pembaca.
B.       Surat Kecil untuk Tuhan  merupakan novel yang inspiratif.
C.       Penyakit yang diderita Keke menjadikan novel ini menarik.
D.       Alur cerita novel karya Agnes bagus.

3.   Bacalah kutipan teks berikut!
Soekarno, yang akrab dipanggil Bung Karno, lahir di Blitar pada 6 Juni 1901. Dia anak seorang guru sekolah rakyat, Raden Soekami dan wanita Bali berdarah bangsawan, Ida Ayu Rai. Sebagai anak priyayi yang memang pandai, Soekarno bisa mengecap pendidikan tinggi dan lulus dari Sekolah Teknik Tinggi di Bandung (kini ITB) pada 1925. Sebagai mahasiswa teknik, Soekarno terbilang pandai. Akan tetapi, ide-ide nasionalisme rupanya telah membuat dirinya terpikat. Tiga bulan setelah lulus, pada 1926, lelaki yang dikenal sebagai orator ulung ini memuatkan ide-ide politiknya di media massa dalam artikel yang berjudul “Nasionalisme, Islam, dan Marxisme”. Tulisan ini sangat menekankan ide persatuan antarkelompok yang kemudian menandai pemikiran politiknya sepanjang kariernya.
Sumber :http://www.smansax1-edu.com/2014/10/menyusun-struktur-teks-biografi.html

      Keistimewaan tokoh yang terdapat pada kutipan teks tersebut adalah ....
A.       anak priyayi dan pandai
B.       berdarah bangsawan dan mengecap pendidikan tinggi
C.       menjadi orator ulung yang menekankan ide-ide nasionalisme
D.       menjadi mahasiswa teknik di Sekolah Teknik Tinggi di Bandung (ITB)

4.   Bacalah kutipan teks berikut!
(1)               Memenangkan peluang MEA membutuhkan adaptasi dan ketangkasan (operational agality). (2) Ketangkasan yang dimaksud adalah bagaimana merespon perubahan lansekap ekonomi maupun ketidakpastian  dengan pergerakan cepat. (3) Berbeda dengan sebelumnya, birokrasi publik era baru MEA dihadapkan pada situasi yang bersifat VOCA ( Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity). (4) Oleh karena itu capaian birokrasi  tidak lagi harus bersifat rule based namun harus bergerak maju ke arah yang lebih dinamis.
Disadur dari: asc.fisipol.ugm.ac.id

      Kalimat utama kutipan  teks tersebut ditandai nomor ....
A.       (1)
B.       (2)
C.       (3)
D.       (4)

5.   Bacalah kutipan teks berikut!
Meskipun tidak semewah Air force One, pesawat khusus kepresidenan ini  tetap merupakan pesawat baru dengan perlengkapan modern. Warna pesawat itu didominasi biru di punggungnya dan putih di lambungnya. Garis lengkung merah putih sebagai garis batas dua bagian. Tulisan Republik Indonesia terpampang di sisi kanan dan kiri pesawat.

      Ide pokok kutipan  teks tersebut adalah ...
A.       Pesawat khusus kepresidenan merupakan pesawat baru dengan perlengkapan modern.
B.       Meskipun tidak semewah Air force One, pesawat ini mempunyai perlengkapan modern.
C.       Tulisan Republik Indonesia terdapat di sisi kanan dan kiri pesawat.
D.       Warna pesawat kepresidenan didominasi biru dan putih.

6.        Bacalah kutipan teks berikut!
Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan kesenian. Di setiap daerah, pasti akan dapat kita jumpai kesenian yang merupakan ciri khas daerah tersebut. Sebagai contoh, di Ponorogo terdapat kesenian reog, di Bali terdapat tari legong, di Jawa Barat ada angklung dan sebagainya.
Akan tetapi, kekayaan kesenian tersebut perlahan-lahan hampir punah dari Indonesia. Penyebabnya adalah para generasi muda sebagian besar enggan melestarikannya.
Sebagai seorang pelajar hal-hal yang berkaitan dengan pelestarian kesenian yang berasal dari Indonesia patut kita pahami agar wawasan kita bertambah.
     
Simpulan isi kutipan teks tersebut adalah …
A.    Kekayaan kesenian di Indonesia hampir punah.
B.                Setiap daerah di Indonesia mempunyai ciri khas kesenian.
C.    Untuk menambah wawasan kita harus memahami kesenian daerah.
D.    Sebagai pelajar harus melestarikan kesenian daerah supaya tidak punah.


7.        Bacalah kutipan teks berikut!
Sesungguhnya tari tradisional tidak kalah bagus dengan tari modern. Tari tradisional sarat dengan nilai budaya. Namun, kesadaran terhadap keindahan tari tradisional jauh dari benak para remaja. Mereka justru dekat dengan  tari modern yang popular saat ini. Tarian modern tidak mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia.
     
Simpulan pendapat pro berdasar kutipan teks tersebut adalah …
A.                 Saya setuju, para remaja menekuni tari modern agar tidak dikatakan ketinggalan zaman.
B.        Saya setuju, para remaja menekuni tari tradisional di sanggar tari tradisional agar tetap lestari.
C.       Saya setuju tari tradisional tetap ditekuni para remaja karena mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia.
D.       Sebaiknya tari tradisional tetap dikenalkan kepada generasi muda melalui program ekstra kurikuler di sekolah.

8.        Bacalah dua kutipan dua teks berikut!
Nama kecil Ki Hajar Dewantoro adalah Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Ia lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Ia berasal dari lingkungan keluarga Keraton Yogyakarta. Meskipun begitu, ia sangat sederhana dan ingin dekat dengan rakyatnya. Ketika berusia 40 tahun, menurut hitungan Tahun Caka, Raden Mas Soewardi Soeryaningrat berganti nama menjadi Ki Hajar Dewantoro. Tujuannya agar ia dapat bebas dekat dengan rakyatnya.
Perjalanan hidup Ki Hajar Dewantara benar-benar ditandai dengan perjuangan dan pengabdian pada kepentingan bangsa dan negara. Ki Hajar Dewantara menamatkan Sekolah Dasar di ELS (Sekolah Dasar Belanda), kemudian melanjutkan pendidikannya ke STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera). Ia tidak dapat menamatkan pendidikan di sekolah tersebut karena sakit. Setelah itu, ia bekerja sebagai wartawan di beberapa surat kabar, seperti Sedyotomo, Midden Java, De Express, Oetoesan Hindia, Tjahaja Timur dan Poesara. Tulisan-tulisannya sangat komunikatif, tajam dan patriotik sehingga mampu membangkitkan semangat antikolonial bagi pembacanya.


Ringkasan yang tepat  berdasarkan  kutipan teks tersebut adalah ....
A.       Ki Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Dia mulai menulis tahun 1951 dan memenangkan beberapa penghargaan. Dia berasal dari keluarga keraton.
B.       Ki Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Dia mulai menulis tahun 1951 dan memenangkan beberapa penghargaan. Tujuannya ganti nama adalah agar dekat dengan rakyat.
C.       Ki Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Dia mulai menulis tahun 1951 dan memenangkan beberapa penghargaan. Nama kecilnya adalah Soewardi Soeryaningrat.
D.       Ki Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Dia mulai menulis tahun 1951 dan memenangkan beberapa penghargaan. Tulisannya membangkitkan semangat antikolonial.
9.        Bacalah dua kutipan teks berikut!
Teks  1
        Teknologi pertanian dapat direalisasikan kepada masyarakat agar pertanian semakin maju. Selain itu, keanekaragaman hasil pertanian dapat meningkatkan ketahanan pangan. Apalagi saat ini lahan pertanian cenderung tidak bertambah sehingga teknologi pertanian menjadi salah satu jalan keluarnya
Teks  2
Salah satu upaya  pemerintah untuk memperkuat ekonomi nasional adalah melindungi produk-produk lokal. Pemerintah menghimbau agar peredaran barang-barang impor ilegal segera diberantas. Selama ini, importir llegal melenggang sante mengoprasikan bisnisnya. Dampaknya merugikan semua pihak


Perbedaan pola penyajian kedua kutipan teks tersebut adalah ....

Teks 1
Teks 2

A
bahasa berbelit-belit
bahasa mudah difahami
B
menggunakan kosa kata baku
menggunakan kosa kata tidak baku
C
pilihan kata populer
pilihankata ilmiah
D
penggunaan  kalimat tidak efektif
penggunaan kalimat efektif

10.       Bacalah kutipan teks berikut!
Teks  1
Yogyakarta adalah tempat yang paling tepat untuk menikmati gamelan. Hal ini dikarenakan di kota inilah Anda dapat menikmati versi aslinya.
Gamelan yang berkembang di Yogyakarta adalah gamelan Jawa yang menonjolkan metafolon, gambang, gendang dan gong. Musik yang tercipta pada gamelan Jawa berasal dari paduan bunyi gong, kenong, dan alat musik Jawa lainnya.
Gamelan Jawa berbeda dengan gamelan Bali ataupun gamelan Sunda. Gamelan Jawa mempunyai nada yang lebih lembut, berbeda dengan gamelan Bali yang rancak dan gamelan Sunda yang mendayu-dayu dan didominasi suara seruling.
Adanya perbedaan gamelan Jawa, gamelan Bali ataupun gamelan Sunda mengindikasikan bahwa masing-masing daerah memiliki pandangan hidup dan budaya sehingga berpengaruh pada gamelannya.
Teks  2
Budaya adalah cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama, politik, adat istiadat, dan bahasa. 
Indonesia adalah negara satu-satunya yang mempunyai kebudayaan terbanyak. Dari data yang diperoleh, setidaknya ada 27 hak kekayaan intelektual milik Indonesia diklaim oleh pihak lain. Kebudayaan yang di klaim pihak lain itu antara lain: alat musik, lagu, tarian, senjata tradisional, prasasti dan naskah kuno.
Untuk itu, sebagai generasi muda kita harus terus menjaga kebudayaan kita dengan cara melestarikan, dan memelihara supaya kebudayaan tersebut tetap lestari.

     Perbedaan penyajian kedua kutipan teks tersebut adalah ....

Teks 1
Teks  2
a.        
diawali dengan unsur mengapa
diawali dengan unsur apa
b.       
diawali dengan unsur di mana
diawali dengan unsur apa
c.        
diakhiri dengan unsur mengapa
diakhiri dengan unsur apa
d.       
diakhiri dengan unsur siapa   
diakhiri dengan unsur bagaimana

11. Cermatilah teks berikut!
Novel ini membuka nuansa baru pada zamanya. Sutan Takdir Alisyahbana membawa pembaharuan di bidang masalah yang diungkapkan.  Wanita zaman sebelumnya adalah pengabdi dalam keluarga yang bertanggung jaawab kepada rumah tangga, alias penunggu rumah. Namun Sutan Takdir Alisyahbana menampilkan kedudukan wanita setara dengan priabekerja, aktif diluar rumah dan memajukan kaumnya yang diwakilkan oleh tokoh Tuti. Tokoh ini sebagai teladan masa sekarang dan masa depan khususnya pelajar.

      Keunggulan karya sastra tersebut adalah ...
A.       Wajarlah novelLayar Terkembang wajib dibaca para siswa.
B.       Memang sepantasnya novel ini mendapat penghargaan dari dunia pendidikan.
C.       Masalah perjuangan emansipasi wanitalah yang membawa novel ini wajib di dunia pendidikan.
D.       Sutan Takdir Alisyahbana seorang yang ahli mengemukakan permasalahan dalam dunia pendidikan.


12. Bacalah kutipan teks berikut!
Ternyata  kedua mata perempuan itu telah berkaca-kaca tatkala ia mulai bicara lagi di hadapanku. “Tak sangka semuanya akan berakhir begini,” katanya lirih. “Saya menyesal sekali atas segala apa yang telah saya perbuat. Tak usahlah Anda menyeret saya ke polisi dan ke pengadilan. Saya berjanji tak akan melakukannya lagi. Saya rela melepas Suminten pulang ke negerinya kalau memang itu yang ia inginkan. Saya bersedia membayar semua ongkos pulangnya dan  membayar semua gajinya yang tersisa walau ia tidak lagi bekerja pada saya. Saya bersedia membayar ganti rugi atas semua perlakuan saya yang tidak pantas dan saya juga bersedia membayar semua ongkos pengobatannya. Itu sama sekali tidak dapat saya bayangkan. Saya sangat menyesal  atas segala kelakuan saya yang tidak terhormat itu.”

Makna kata bercetak miring dalam kutipan teks tersebut adalah ....
A.    memaksa ikut turut
B.     melibatkan
C.     membawa
D.    menarik

13. Bacalah kutipan teks berikut!
Para penghuni rimba merasa kurang senang. Keangkuhan si merak  semakin menjadi-jadi. Setiap berjumpa penghuni hutan lainya, merak selalu pamer bulu-bulunya itu. “Siapa yang bisa menandingi keelokan diriku?” kata merak berulang kali, tanpa bosan-bosan. Tentu saja teman-teman kian jengkel kepada merak. “Ah, aku ada akal untuk menyadarkan  si merak,” pikir kancil suatu hari. Lantas kancil mengajak teman lain. Di antaranya kijang, kelinci, dan tupai. Pagi itu merak kembali pamer kepada teman-temanya. Jalanya dibuat miring agar bagian bulunya kelihatan siapa saja.
Dikutip dari Imam Muksbikin “Merak yang Angkuh” dalam  Sang Kodok dalam Tempayan.

Makna tersurat pada kutipan teks tersebut adalah  ...
A.    Kancil, kijang, kelinci, dan tupai  selalu menghindari merak dan tidak mau berteman dengan merak karena bulunya yang indah.
B.     Para penghuni hutan hidup rukun dan damai walaupun ada salah satu di antara mereka yang memiliki sifat sombong.
C.     Kancil, kijang, kelinci dan tupai  tidak menghiraukan ulah merak yang selalu memamerkan bulu-bulunya.
D.    Kancil, kijang, kelinci, dan tupai ingin menyadarkan sifat merak yang sombong.

14. Bacalah kutipan teks berikut!
Siang begitu terik. Suta sedang menunggu angkutan yang membawanya pulang. Tiba-tiba dia melihat selembar puluhan ribuan jatuh dari kantong celana seorang pemuda. Diinjaknya uang sepuluh ribuan itu. Lumayan buat beli jajan, pikir Suta. Setelah pemilik uang naik ke angkutan, dipungutnya uang itu dengan suka cita.

      Pesan yang terdapat pada kutipan teks tersebut adalah ….                    
A.      Jadilah anak yang jujur!                               
B.       Jika ada uang jatuh injaklah!
C.       Jangan terlalu banyak jajan!
D.      Jangan sia-siakan rejeki yang datang!

15. Bacalah kutipan teks berikut!
Sang semut selalu membanggakan dirinya yang bisa pergi ke tempat ia suka. Bahkan, sang semut kuat mengankat beban yang lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya adalah binatang yang paling hebat. Si kepompong hanya diam saja menerima ejekan tersebut.
            Pada suatu hari sang semut kembali berjalan ke taman. Karena hujan, genangan lumpur terdapat di mana-mana. Lumpur yang licin membuat semut tergelincir dan jatuh ke dalam lumpur. Sang semut hampir tenggelam dalam genangan lumpur itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan.
            “Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong..., tolong...!

      Tema kutipan teks tersebut adalah ….
A.    persahabatan semut dan kepompong
B.     kepompong yang rendah hati
C.     kehebatan sang semut
D.    kesombongan semut

16. Bacalah kutipan teks berikut!
Keluarga paman Iwan baru saja sampai di rumah kami saat sang raja siang berada di atas kepala. Mereka baru saja datang dari desa. Dari wajah-wajah mereka tergambar kelelahan. Lalu, kami sekeluarga mempersilakan mereka untuk beristirahat.
Setelah selesai menyiapkan makanan, ibu mengajak paman Iwan dan keluarganya untuk makan. Ibu terlihat senang melihat paman Iwan sekeluarga makan dengan lahap. Mereka juga memuji masakan yang dibuat ibu. 


Makna simbol kata bercetak miring  pada kutipan teks tersebut adalah ....
  1. matahari                                             
  2. harimau                                              
  3. bulan
  4. singa   

17. Bacalah kutipan teks berikut!
Pak  Umar memilih tikar plastik yang akan disewanya. Dalam hati  Pak Umar ada rasa tidak tega terhadap gadis itu. Gadis berusia delapan tahun itu harus bekerja keras untuk mendapatkan uang.
”Kamu sekolah?” tanya Pak Umar.
”Sekolah Pak! Saya kelas empat SD,” jawabnya.
”Mengapa kamu menyewakan tikar plastik ini?” tanya Pak Umar.
“Saya harus membantu ibu saya,” jawab gadis itu.
 “Ke mana ayahmu?” tanya Pak Umar lagi.
“Bapak saya telah lama meninggal dunia. Untuk itu, saya harus membantu Ibu mencari uang,” jawab gadis itu pelan.
Mendengar cerita gadis tersebut, Pak Umar merasa terharu.


Isi tersirat yang terdapat dalam kutipan teks tersebut adalah  ...
A.  Seorang gadis yang manja pada ibunya.
B.  Anak yang pandai bergaul dengan siapa saja.
C.  Gadis yang suka bermain dengan tikar kepunyaannya.
D.  Seorang anak yang berjuang untuk membantu ibunya.


18. Bacalah kutipan teks berikut!
Dahulu kala di dalam hutan terdapat perkampungan binatang. Perkampungan itu dihuni oleh berbagai jenis binatang seperti monyet, kambing, cicak, kadal, singa, burung merak, ulat bulu, dan lain-lain. Setiap hari, burung merak selalu berkaca dan memuji dirinya setelah selesai mandi.
“Siapa yang paling tampan di hutan ini? Siapa yang paling memesona di hutan ini?” tanya burung merak  dalam hati.
“Akulah yang paling tampan dan paling memesona,” jawabnya dengan bangga.
Selesai berdandan, burung merak berjalan-jalan keliling kampung.  Setiap bertemu dengan binatang lain, dia selalu memamerkan keindahan bulunya dari binatang yang satu ke binatang yang lain.

Isi tersirat yang terdapat dalam kutipan teks tersebut adalah  ...
A.    Burung merak senang berkeliling hutan untuk menyapa teman-temannya.
B.     Burung merak selalu menyombongkan keindahan yang dimilikinya.
C.     Teman-teman burung merak sangat senang bersahabat dengannya.
D.    Teman-teman burung merak selalu memuji keindahan bulunya.      

19. Bacalah kutipan teks berikut!
Di sebuah taman tinggallah seekor semut dan lebah. Mereka ingin sekali berebut kemenangan. Pada pagi yang cerah ketika lebah sedang terbang ke sana-kemari, dia baru menemukan ide untuk mempersiapkan kemenangan lomba dengan semut.
”Hai, semut aku sudah punya ide. Bagaimana kalau kita berlomba mencari madu yang ada di taman ini?” tantang lebah.
”Oke, aku setuju,” jawab semut.
Pada waktu perlombaan dimulai, semut berbuat curang. Dia memanggil teman-temannya untuk menempatkan dirinya di beberapa pohon. Ketika lebah sudah menemukan madu di sebuah pohon, dia sangat bahagia. Lebah merasa dirinya yang paling hebat dan cerdik, tetapi dia terkejut ketika melihat seekor semut sedang menghisap madu di pohon itu. Lebah merasa dipermainkan.

      Sebab terjadinya konflik dalam kutipan teks tersebut adalah ….
A.               Lebah dan semut sepakat mengadakan perlombaan.
B.     Lebah tidak punya ide untuk mengalahkan semut.
C.     Lebah dan semut saling berebut kemenangan.
D.    Lebah merasa paling hebat dan cerdik.

20. Bacalah kutipan teks berikut!
Dahulu kala ada seorang petani yang memiliki seekor angsa sangan cantik. Setiap hari angsa menelurkan sebuah telur emas yan berkilauan.petani mengambil dan membawa telur emas ke pasar dan menjualnya. Dalam waktu singkat, petani tersebut mulaimenjadi kaya, namun tidak lama kemudian keserahkaan dan ketidaksabaran petani terhadap angsa muncul, karena angsa hanya memberikan sebutir telur setiap hari.
            Suatu hari setelah menghitung uangnya, sebuah gagasan muncul di kepala petani. Gagasan dia akan mendapatkan semua telur emas sang angsa dengan cara memotong angsa. Ketika gagasan dilaksananakan, tidak ada sebuah telur yang dapat dia temukan. Angsanya yang sangat berharga terlanjur mati dipotong.

      Akibat terjadinya konflik dalam kutipan teks tersebut adalah  ...
  1. Petani ingin mendapatkan banyak telur
  2. Angsa bertelur satu butir sehari
  3. Angsa mati setelah dipotong.
  4. Petani ingin cepat kaya

21. Bacalah dua kutipan teks berikut!
Saat ini ada seekor burung hantu tua yang galak, terutama jika ada yang mengganggu saat ia tidur. Suatu sore di musim panas yang hangat, saat ia tertidur jauh di dalam lubang pohon tua, belalang di dekatnya mulai menyanyikan lagu gembira, tetapi sangat menyesakkan telinga. Burung hantu tua menengok dari lubang pohon yang digunakan sebagai pintu dan jendela. “Pergi dari sini, Tuan!” katanya kepada belalang tersebut. “Apakah Anda tidak memiliki sopan santun? Setidaknya Anda harus menghormati usia saya dan membiarkan saya tidur dengan tenang!” Namun, sang Belalang menjawab dengan kasar bahwa dia juga berhak menikmati sinar matahari di pohon tua tersebut.

Akibat terjadinya konflik dalam kutipan teks tersebut adalah ….
A.    Belalang yang sedang gembira dan bernyanyi dengan merdu.
B.      Belalang yang ingin menikmati sinar matahari di pohon tua.
C.      Burung hantu yang sudah tua dan ingin beristirahat di musim panas.
D.     Burung Hantu yang sedang tidur terganggu oleh nyanyian Belalang.

22. Bacalah dua kutipan teks berikut!
Teks  1
Saat ini ada seekor burung hantu tua yang galak, terutama jika ada yang mengganggu saat ia tidur.Suatu sore di musim panas yang hangat, saat ia tertidur jauh di dalam lubang pohon tua, belalang di dekatnya mulai menyanyikan lagu gembira, tetapi sangat menyesakkan telinga. Burung hantu tua menengok dari lubang pohon yang digunakan sebagai pintu dan jendela. “Pergi dari sini, Tuan!” katanya kepada belalang tersebut. “Apakah Anda tidak memiliki sopan santun? Setidaknya Anda harus menghormati usia saya dan membiarkan saya tidur dengan tenang!” Namun,  sang Belalang menjawab dengan kasar bahwa dia juga berhak menikmati sinar matahari di pohon tua tersebut.
Teks  2
Yosaku cemas dengan kondisi istrinya yang makin lemah dan kurus setiap habis menenun, maka ia berkeinginan melihat ke dalam ruangan tenun. Ia sangat terkejut ketika di dalam ruang tenun terdapat seekor bangau sedang mencabuti bulunya untuk ditenun menjadi kain. Badan bangau itu hampir gundul kehabisan bulu. Bangau itu akhirnya sadar dirinya sedang diperhatikan oleh Yosaku, bangau itupun berubah wujud kembali menjadi Otsuru, istri Yosaku. “Akhirnya kau melihatnya juga, “ ujar Otsuru.

Persamaan pengembangan alur pada kedua kutipan teks tersebut adalah ....

Teks 1
Teks 2
A
maju
maju
B
mundur
mundur
C
campuran
campuran
D
flashback
sorot balik

23. Bacalah kutipan teks berikut!
Teks  1
Begitu pertandingan dimulai, Sang Rusa langsung berlari secepat-cepatnya mendahului Si Kulomang. Selang beberapa jam,ia sudah sampai di tanjung kedua. Napasnya terengah-engah. Dalam hati, ia yakin bahwa Si Kulomang mungkin hanya mencapai beberapa meter saja . “Kulomang,sekarang kau ada di mana?”Sang Rusa berteriak-teriak dengan sombongnya. Temannya Si Kulomang pun menjawab,”Aku ada tepat di belakangmu.” Betapa terkejutnya Sang Rusa, ia tidak jadi beristirahat melainkan lari tunggang langgang.
Teks  2
Taka menepukkan kedua tangannya untuk memanggil bon makan . Dan seperti sebuah keniscayaan, sebentar lagi ia akan mendengar dekak-dekak geta yang dipakai Yuki mendekati pintu. Dan pintu sorong itu kemudian terkuak hampir tanpa suara. Seperti sama seperti semua perempuan Jepang , Yuki selalu berlutut sebelum membuka pintu. Ia membungkukkan badannya untuk menghormat sehingga hanya ubun-ubun dan rambutnya yang tampak oleh Taka .
Please come in, Snowflake,”kata Taka.

Perbandingan penggunaan bahasa pada dua kutipan teks tersebut adalah ...

Teks 1
Teks 2
A
menggunakan kata sandang si dan sang
menggunakan majas untuk meningkatkan efek estetis
B
konjungsi lalu, kemudian, dan
konjungsi dan
C
kalimat pasif
Kalimat tunggal
D
Keterangan waktu
istilah-istilah

24. Bacalah kutipan teks berikut
Untunglah, saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah semut. “Semut, peganglah erat-erat ranting itu! Nanti aku akan mengangkat ranting itu.” Lalu, Sang Semut memegang erat ranting itu. Si Kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkan di tempat yang aman. Kemudian, Sang Semut berterima kasih kepada Si Kupu-kupu karena telah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatang yang hebat dan terpuji. Mendengar pujian itu, Si Kupu-kupu berkata kepada Sang Semut, “Aku adalah kepompong yang pernah kauejek,”kata Si Kupu-kupu.

Komentar terkait penggunaan bahasa pada kutipan teks tersebut yang tepat adalah ...
A.  Bagian orientasi tersebut sudah tepat karena menggambarkan penyelesaian konflik dengan jelas.
B.   Bagian resolusi kutipan fabel tersebut sangat baik karena menyajikan penyelesaian masalah yang dihadapi oleh Sang Semut.
C.   Teks tersebut mencoba untuk menunjukkan sikap terpuji yang dimiliki oleh kupu-kupu, tetapi tidak menunjukkan penggambaran sikap tokoh semut.
D.  Bagian resolusi kutipan fabel tersebut tidak berimbang karena terlalu memunculkan tokoh semut, sedangkan kupu-kupu hanya dibahas sekilas.
25. Bacalah kutipan teks berikut!
Setengah jam yang lalu, ruangan ini hanya berisi dua orang gadis yang duduk berjauhan, tetapi kini ruang kelas hampir terisi sepenuhnya. Rumi duduk di sisi paling kanan dekat dinding, baris keempat dari depan. Disibaknya tirai, hujan sudah mulai reda, menyisakan kota yang basah.

Komentar terkait pola pengembangan cerita yang tepat  kutipan teks tersebut adalah …
A.    Bagian orientasi kutipan cerpen tersebut terlalu fokus pada penggambaran fisik tokoh Rumi.
B.     Teks tersebut mencoba untuk menggambarkan suasana ruang kelas setelah turun hujan.
C.     Bagian orientasi kutipan cerpen tersebut menggambarkan latar tempat dan suasana dengan baik.
D.    Teks tersebut mencoba untuk menunjukkan karakteristik tokoh Rumi yang pendiam dan menyukai hujan.            

26.       Bacalah dua kutipan teks tersebut!
Teks 1
Wayan mempunyai celengan  berbentuk ayam. Celengan itu sudah penuh dengan beratus-ratus uang logam dan lembaran ribuan. Wayan bermaksud uang hasil tabungannya itu akan dibelikan playstation, sesuai dengan apa yang telah diimpikannya selama ini.
Lain halnya dengan Ibu Wayan. Beliau merencanakan memperluas kios mereka dengan barang-barang kebutuhan rumah tangga lainnya. Maksud Ibu Wayan ini disampaikan kepada Wayan. Perasaan dan angan-angan Wayan pun melayang kemudian berandai-andai. Dia membayangkan seandainya ayahnya masih ada tentu tak akan terjadi hal begini.
Walau dengan perasaan berat, Wayan merelakan uang di celengan ayam itu digunakan untuk tambahan modal kios ibunya. Wayan tidak tega kepada ibunya. Karena semenjak ayahnya meninggal dunia Ibu Wayan terlihat semakin bertambah tua. Itu semua dikarenakan beban hidup keluarga semakin berat dan harus dipikul sendiri oleh Ibu Wayan.
Teks  2
Tak bisa Vera membiarkan semua ini terus terjadi. Jika dibiarkan makin banyak cewek yang kena korbannya, karena itulah Vera punya suatu rencana.
“Tapi ati-ati! Jangan sampe elu jatuh cinta beneran ama die,” pesen Nila.
“Tenang aja Nil, gue tak akan cinta beneran ama play boy tengik itu,” balas Vera.
Waktu istirahat di taman sekolah tiba-tiba datang cowok ganteng nyamperin Vera.
“Hai...! sori mengganggu,” sapa cowok itu sambil duduk di sampingnya. “Nggak papa kok,” bales si Vera.
“Elu anak baru ya, soalnya gue kagak pernah lihat lu,” tanya cowok tadi. Mendengar itu Vera tertawa lirih.
“Bener gue anak baru di sini, karena bokap ama nyokap pindah dari Surabaya”.
“Pantesan, kemaren-kemaren gue kagak pernah liat cewek sekece elu,” gumam si cowok sambil tersenyum.
Vera sudah menduga semua akan akan berlangsung cepat.
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

 Komentar terkait pola pengembangan cerita yang tepat  kutipan teks tersebut adalah ….
A.    Bahasa teks 1: berbelit-belit sulit dipahami
Bahasa teks 2: banyak menggunakan istilah asing
B.     Bahasa teks 1: mudah dipahami, runtut, dan santun
Bahasa teks 2: banyak menggunakan istilah asing
C.     Bahasa teks 1: menggunakan bahasa baku sehari-hari
Bahasa teks 2: mudah dipahami dan santun
D.    Bahasa teks 1: mudah dipahami, runtut, dan santun
Bahasa teks 2: mengunakan bahasa gaul

27. Bacalah kutipan teks berikut!
Pada suatu hari si rusa berjalan-jalan di pinggir danau. Ia bertemu dengan kura-kura yang terlihat hanya mondar-mandir saja. “Kura-kura, apa yang sedang engkau lakukan di sini?”. “Aku sedang mencari sumber penghidupan,” jawab si kura-kura.
Si rusa tiba-tiba marah mendengar jawaban si kura-kura. “Jangan berlagak engkau, hei kura- kura! Engkau hanya mondar-mandir saja namun berlagak tengah mencari sumber penghidupan!”
Si kura-kura berusaha menjelaskan, namun si rusa tetap marah. Bahkan, si rusa mengancam akan menginjak tubuh si kura-kura. Si kura-kura yang jengkel akhirnya menantang untuk mengadu kekuatan betis kaki.

Penggunaan bahasa kutipan teks tersebut menggunakan ....
A.   kata kerja yang tidak sewajarnya
B.  kata kerja yang biasa digunakan untuk hewan
C.   kata kerja yang biasa digunakan untuk manusia 
D.   kata kerja yang biasa digunakan untuk manusia dan hewan

28. Bacalah kutipan teks yang tersusun secara acak berikut!
Pemerintah dan DPR mesti revisi UU Tipikor. Pejabat publik yang menyalahgunakan wewenang harusnya mendapatkan hukuman yang lebih berat dibandingkan pihak swasta. Ancaman [ ... 1] minimal pidana ringan tidak tepat. Kepada pejabat publik, minimal hukuman yang pantas adalah di atas empat tahun,” jelas anggota  Indonesia Corruption Watch (ICW) Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan Indonesia Aradila Caesar di kantor ICW, Jakarta, Minggu (7/2).
         Saat pejabat pemda yang terlibat korupsi meningkat, vonis [ ...2 ] koruptor punya kecenderungan turun. Rata-rata, vonis bagi koruptor pada 2015 hanya dua tahun dua bulan. Hukuman itu masih bisa dipotong jika koruptor mendapatkan remisi atau pembebasan bersyarat.

            Kata yang tepat untuk melengkapi teks tanggapan kritis tersebut adalah ....
A.    1. hukuman                                              
2. bagi                                                           
B.     1. penjara                                                  
                2. bagi                                                            
C.     1. sangsi
D.    1. hukuman
2. kepada

29. Bacalah kutipan teks berikut!!
Petunjuk membuat madu mongso
(1)  Tape ketan hitam ditiriskan supaya airnya keluar, sisihkan.
            (2)  Masak santan sampai kental dan minyaknya keluar.
            (3)  Tambahkan gula jawa dan aduk-aduk sampai larut.
            (4)  [ . . . ]
            (5)  Saring supaya minyaknya keluar.
            (6)  Tuangkan kedalam loyang/tampah yang sudah dilapisi daun pisang.
            (7)  Tekan-tekan supaya padat.
            (8)  [ . . . ]
        (9)  Madu mongso siap dihidangkan.

      Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang kutipan teks tersebut adalah ….
A.          A.        (4) Masukkan ketan hitam mentah dan aduk-aduk hingga merata.
(8) Ambil daun pisang untuk pembungkus.
B.     (4) Ambil kira-kira satu sendok makan dan bentuk lonjong kemudian bungkus.
(8) Masukkan tape ketan dan aduk-aduk sampai kering.
C.     (4)  Masukkan tape ketan hitam dan aduk-aduk sampai kering.
(8)  Ambil kira-kira satu sendok makan dan bentuk lonjong kemudian bungkus
      dengan ketas minyak.
D.    (4)  Masukkan tape ketan dan aduk-aduk sampai merata.
(8)  Ambil kira-kira satu sendok makan dan bentuk lonjong kemudian siap di-
      Jual.

30. Perhatikan kalimat  berikut!
1. Kami berjalan-jalan mencari wahana permainan yang menantang.
2. Kami  beristirahat, mandi, sholat shubuh, dan sarapan pagi
3. Kami tiba di kawasan Lamongan pukul 05.00 WIB
4. Kami mulai menuju wahana permainan di Wisata Bahari Lamongan.
5. Kami senang menikmati wahana permainan yang selama ini hanya kami
    lihat di televisi.

      Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi laporan perjalanan sistematis bila disusun dengan urutan…
A.      3 – 1 – 2 – 4 – 5
B.      4 – 3 – 2 – 1 – 5
C.      4 – 2 – 1 – 3 – 5
D.      3 – 2 – 4 – 1 – 5

31. Bacalah kutipan teks berikut!
(1).  Masukkan parutan wortel dan daun bawang, aduk-aduk hingga rata.
(2).  Setelah dingin,potong persegi panjang, celupkan ke dalam telur kocok.
(3).  Campur dada ayam, udang, tahu, dan bumbu halus, aduk hingga rata.
(4).  Kini nugget siap digoreng.
(5).  Tambahkan telur, susu, tepung sagu, merica, dan gula aduk hingga rata.
(6).  Siapkan loyang yang telah diolesi minyak goreng, tuangkan adonan, lalu kukus 20 menit lalu angkat dan dinginkan.

       Kalimat tersebut disusun menjadi paragraf baku dengan susunan yang tepat adalah ....
A.       (1)-(3)-(5)-(2)-(4)-(6)
B.       (1)-(6)-(2)-(4)-(3)-(5)
C.       (3)-(5)-(1)-(6)-(2)-(4)
D.       (3)-(1)-(6)-(5)-(2)-(4)

32. Cermati ilustrasi berikut!
Indonesia merupakan paru-paru dinia kedua yang memiliki hutan-hutan lebat yang memberikan banyak oksigen. Alam yang indah ini harus dicintai, dijaga, dan [...] .  Usaha itu juga harus kita lakukan agar alam Indonesia tetap menjadi paru-paru dunia yang bermanfaat bagi kehidupan seluruh makhluk hidup dari masa ke masa. Seluruh makhluk yang terpelihara ini dapat menyelamatkan [...] manusia. Rasa cinta itu juga harus terus[...] agar alam Indonesia tetap menjadi paru-paru dunia.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat yang rumpang tersebut adalah ....
A.    dilestarikan, habitat, ditanam
B.     ditanamkan, dilestarikan, dijaga
C.     dilestarikan, ekosistem, ditanamkan
D.    dilestarikan, ditanamkan, dikembangkan
                       
33. Cermati data-data berikut!
Nama kecil Ki Hajar Dewantara adalah Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Ia lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Ia berasal dari lingkungan keluarga keraton Yogyakarta. Meskipun demikian, ia sangat sederhanadan ingin dekat dengan rakyatnya. Ketika berusia 40 tahun, menurut hitungan tahun Caka, Raden Mas Soewardi Soeryaningrat  berganti nama Ki Hajar Dewantara. Tujuannya berganti nama adalah agar ia dapat bebas dekat dengan rakyatnya.
Perjalanan hidup Ki Hajar Dewantara benar-benar ditandai dengan perjuangan dan pengabdian pada kepentingan bangsa dan negara. Ki Hajar Dewantara menamatkan Sekolah Dasar di ELS (Sekolah Dasar Belanda), kemudian melanjutkan pendidikannya ke Stovia (Sekolah Dasar Bumi Putera). Ia tidak dapat menamatkan pendidikan di sekolah tersebut karena sakit. Setelah itu, ia bekerja sebagai wartawan di beberapa surat kabar, seperti: Sedyotomo, Midden Java, De Express, Oetoesan Hindia Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer, dan Poesara. Tulisan-tulisannya sangat komunikatif
[...]

Bagian penutup yang tepat dari teks biografi di atas adalah ...
  1. Pada tanggal 3 Juli 1922 Ki Hajar Dewantara bersama dengan rekan-rekan seperjuangannya mendirikan perguruan yang bercorak nasional, yaitu National Onderwijs, Institut Taman Siswa (Perguruan Nasional Taman Siswa)
  2. Semangat Ki Hajar Dewantara terus menggebu. Pada bulan November 1913 ia membentuk komite Bumipoetra . Koemite Boemipoetra melancarkan kritik terhadap pemerintah Belanda yang ingin merayakan seratus tahun kebebasan Belanda dari penjajahan Perancis dengan menarik uang dari rakyat jajahannya.
  3. Ki Hajar Dewantara tidak hanya dianggap sebagai tokoh dan pahlawan Pendidikan yang tanggal kelahirannya 2 Mei dijadikan Hari Pendidikan Nasional, tetapi juga ditetapkan sebagai pahlawan Pergerakan Nasional melalui surat keputusan Presiden RI nomor 305 1959, tanggal 28 November  1959.
  4. Sebagai pahlawan yang dijuluki Bapak Pendidikan Indonesia , semangat dan jasa Ki Hajar Dewantara sepantasnya dikenang dan tidak dilupakan. Semoga apa yang dilakukannya itu dapat menginspirasi rakyat Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.
      
34. Bacalah kutipan teks berikut!
Nama                               :   Annisaa Hayyu Fitriani
Tempat tanggal lahir        :    Grobogan, 19 April 1984
Alamat                             :    Kadilangu Rt 002/003 Baki, Sukoharjo
Pendidikan                      :    Lulus Program Studi/Prodi Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam(MIPA) Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta tahun 2007
Pengalaman Kerja           :    Pernah bekerja di salah satu industri bidang farmasi di Purwodadi selama 3 tahun, Guru SMP Islam Al-Azhar 21 Solo. Mengajar kelas VII sampai IX.
Prestasi                            :    Tahun 2012 mengantar siswanya menjadi juara 1 OSN Biologi Tingkat Kabupaten Sukoharjo. Tahun 2013 berhasil mengantar siswanya menyabet uara III OSN Al-Aszar se-Indonesia untuk bidang yang sama, menjadi wakil bidang kurikulum setempat.
                                        (Sumber:Solo Pos,13 April 2013)
     
Penulisan teks cerpen berdasarkan teks tersebut adalah ...
A.          Annisaa Hayyu Fitriani dilahirkan di Desa Grobogan pada tanggal 19 April 1984. Ia bertempat tinggal di Kadilangu Rt 002/003 Baki, Sukoharjo. Ia lulusan Program Studi/Prodi Kimia Fakultas Matematika  dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta TAHUN 2007. Pengalaman kerja yang pernah ia jalani bekerja di salah satu industri bidang farmasi di Purwodadi selama 3 tahun, Guru SMP Islam Al-Aszar 21 Solo. Mengajar kelas VII sampai IX. Prestasi yang pernah diraihnya Tahun 2012 mengantar siswanya menjadi juara 1 OSN Biologi Tingkat Kabupaten Sukoharjo. Tahun 2013 berhasil mengantar siswanya menyabet  juara III OSN Al-Azhar se-Indonesia untuk bidang yang sama, menjadi wakil bidang kurikulum setempat.
B.     Annisaa Hayyu Fitriani dilahirkan di Desa Grobogan pada tanggal 19 April 1984. Ia bertempat tinggal di Kadilangu Rt 002/003 Baki, Sukoharjo. Ia lulusan Program Studi /Prodi Kimia Fakultas Matematika  dan Ilmu Pengetahuan Alam(MIPA) di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta TAHUN 2007. Pengalaman kerja yang pernah ia jalani bekerja di salah satu industri bidang farmasi di Purwodadi selama 3 tahun, Guru SMP Islam Al-Azhar 21 Solo. Mengajar kelas VII sampai IX. Prestasi yang pernah diraihnya Tahun 2012 mengantar siswanya menjadi juara 1 OSN Biologi Tingkat nasional tahun 2013 berhasil mengantar siswanya menyabet  juara III OSN Al-Azhar se-Indonesia untuk bidang yang sama, menjadi wakil bidang kurikulum setempat.
C.     Annisaa Hayyu Fitriani dilahirkan di Desa Grobogan pada tanggal 19 April 1984.Ia bertempat tinggal di Kadilangu Rt 002/003 Baki, Sukoharjo. Ia lulusan Program Studi/Prodi Kimia Fakultas Matematika  dan Ilmu Pengetahuan Alam(MIPA) di Universitas Sebelas Maret Surakarta(UNS)TAHUN 2007. Pengalaman kerja yang pernah ia jalani bekerja di salah satu industri bidang farmasi di Purwodadi selama 3 tahun, Guru SMP Islam Al-Azhar 21 Solo. Mengajar kelas VII sampai IX. Prestasi yang pernah diraihnya Tahun 2012 mengantar siswanya menjadi juara 1 OSN Biologi Tingkat Kabupaten Sukoharjo. Tahun 2013 berhasil mengantar siswanya menyabet  juara III OSN Al-Azhar se-Indonesia untuk bidang yang sama, menjadi wakil bidang kurikulum setempat.
D.    Annisaa Hayyu Fitriani dilahirkan di Desa Grobogan pada tanggal 19 April 1984. Ia bertempat tinggal di Kadilangu Rt 002/003, Kota Surakarta. Ia lulusan Program Studi/Prodi Kimia Fakultas Matematika  dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta TAHUN 2007. Pengalaman kerja yang pernah ia jalani bekerja di salah satu industri bidang farmasi di Purwodadi selama 3 tahun, Guru SMP Islam Al-Azhar 21 Solo. Mengajar kelas VII sampai IX. Prestasi yang pernah diraihnya Tahun 2012 mengantar siswanya menjadi juara 1 OSN Biologi Tingkat Kota Surakarta. Tahun 2013 berhasil mengantar siswanya menyabet  juara III OSN Al-Azhar se-Indonesia untuk bidang yang sama, menjadi wakil bidang kurikulum setempat.

35. Bacalah kutipan teks berikut!
(1).  Kebiasaan jabat tangan merupakan upaya pembentukan karakter siswa. Setiap pagi siswa datang di sekolah melakukan jabat tangan di pintu gerbang  sekolah dengan Bapak dan Ibu Guru piket . Kegiatan ini berlangsung secara rutin, sehingga menjadi kebiasaan bagi peserta didik.
(2).  Pemanasan global akan mengganggu pola hujan dan menyebabkan kenaikan risiko banjir secara signifikan. Di sisi lain, risiko kekeringan juga makin tinggidi daerah yang tandus. Hal itu akan berdampak serta pada sektor pertanian dan kesehatan dan pada gilirannya bisa memicu gejolak serta konflik sebagaakibat migrasi massal daerah-daerah yang tak lagi bisa dihuni.
(3). Dr. Mohammad Hatta yang  juga dikenal dengan panggilan Bung Hatta wafat di Jakarta pada tanggal 14 Maret 1980. Sesuai dengan amanatnya, jenazahnya dimakamkan di pemakaman umum Taman Kusir Jakarta.Selain sebagai pahlawan, Hatta dikenal sebagai Bapak Koperasi .
(4).  Keempat bersaudara sedang dilanda duka. Ramli anak tertua itu sangat terpukul dengan kematian ibunya. Rusli adiknya dari kemarin tak lepas dari tasbihnya, bibirnya basah dengan zikir-zikirnya. Anak ketiga yang bernama Rafiah mengurung diri di kamar menelungkup di atas sprei.Si Bungsu Ramadan bergelayut di lengan ayahnya, tetapi tak tahu apa yang harus diperbuat.

      Teks biografi  ditunjukkan nomor ….
A.       Nomor (1)
B.       Nomor (2)
C.       Nomor (3)
D.       Nomor (4)

36. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
(1) Kompleks Istana Kepresidenan terdiri atas  Istana Merdeka dan Istana Negara.
(2) Selanjutnya, kami mulai menjelajahi seisi kompleks Istana Kepresidenan.
(3) Istana Negara menghadap ke Jalan Veteran.
(4) Pukul 09.00 WIB rombongan kami tiba di Istana Kepresidenan.
(5) Istana Merdeka menghadap ke Taman Monumen Nasional (Monas).

        Penulisan teks laporan yang tepat berdasarkan data tersebut adalah ....
A.     (5), (2), (1), (3), (4)
B.     (4), (2), (1), (5), (3)
C.     (3), (1), (2), (5), (4)
D.    (2), (4), (3), (1), (5)

37. Bacalah kutipan teks  berikut!
Ujian nasional telah selesai dilaksanakan. Banyak siswa yang cemas menunggu hari pengumuman kelulusan. Siswa yang memiliki nilai rata-rata di bawah (1) standar kelulusan harus menanggung (2) risiko untuk mengikuti perbaikan ujian nasional. Sebelumnya, agar lebih (3) afdol para guru sudah mengantisipasi hal ini dengan memberikan (4) nasihat sebelum ujian nasional dilaksanakan.

        Penulisan kata tidak baku yang terdapat  pada nomor ....
A.    (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.    (4)

38.Perhatikan kalimat-kalimat  berikut!
(1) Kakak menekuni bidang  olahraga sportivitas.
(2) Ayah membeli radiator di toko buku.
(3) Dokter memakai teleskop untuk memeriksa pasiennya.
(4) Bidang ekonomis mempunyai relevansi yang tinggi dengan pembangunan.

      Penggunaan istilah yang tepat terdapat  pada nomor ….
A.  (1)
B.  (2)
C.  (3)
D.  (4)

39. Perhatikan kalimat berikut!
Dengan program … pertanian, pemerintah membuka lahan-lahan pertanian baru di luar Jawa.

            Istilah  yang tepat untuk melengkapi kalimat  rumpang tersebut  adalah ….
A.    ekstensifikasi
B.     tumpangsari
C.     intensifikasi
D.    suprainsus

40. Bacalah kutipan teks berikut!
Cara yang harus dilakukan dalam membuat bunga dari kulit jagung, yaitu
Pertama, pilihlah kulit jagung yang sudah (1) dianggap cukup umur, sekitar 3 bulan!
(2)Ke dua,  lepaskan kulit jagung satu per satu, pilah sesuai lembarannya, dan pilih lembaran yang berkualitas baik!
(3) Ke tiga, rebus kulit jagung tersebut dan beri pewarna!
(4) Ke empat, tiriskan dan keringkan kulit jagung tersebut!  
(5) Kelima, setrika kulit jagung  tersebut dengan suhu sedang!
(6)Ke enam, lapis kulit jagung tersebut menjadi dua sebelum dipola!
(7) Ke tujuh, pola sesuai dengan bentuk yang diinginkan!
(8) Ke delapan, serutlah sesuai lengkung yang diinginkan!
(9) Ke sembilan,  rangkailah bahan sesuai bentuk bunga dan beri tangkai berupa kawat yang dibalut floral tape!

Penulisan kata bentukan yang tepat terdapat pada kalimat nomor ....
A.    1
B.     3
C.     6
D.    9
      
41. Perhatikan  kalimat berikut!
Pada hakekatnya pihak sekolah harus selalu meningkatkan kreatifitas siswanya dengan aksi nyata dan tidak hanya berupa nasehat.

Perbaikan kata bercetak miring menjadi kata baku adalah ....
A.    hakikat, kreativitas, nasehat
B.     hakikat, kreatifitas, nasihat
C.     hakekat, kreatifitas, nasihat
D.    hakikat, kreativitas, nasihat

42. Perhatikan kalimat berikut!
(1) Penelitian tidak bisa dilakukan dengan serampangan. (2) Untuk membuat sebuah penelitian harus menguasai metodologi penelitian.

Perbaikan kalimat kedua teks  tersebut adalah ...
A.    Pembuatan sebuah penelitian harus menguasai metodologi penelitian.
B.     Membuat sebuah penelitian harus menguasai metodologi penelitian.
C.     Untuk membuat sebuah penelitian kita harus menguasai metodologi penelitian.
D.    Untuk membuat sebuah penelitian harus dikuasai metodologi penelitian.

43. Bacalah kutipan teks berikut!
Manusia ikut menyumbang kepunahan binatang karena manusia memburu jenis binatang tertentu tanpa kendali. Perburuan dilakukan untuk mendapatkan daging yang akan dimakan oleh manusia itu sendiri. Tujuan perburuan dilakukan untuk perdagangan binatang secara tidak sah. Bahkan, ada pula untuk dibunuh agar tubuhnya dapat dijual dengan harga mahal.

      Perbaikan kalimat yang dicetak miring tersebut agar tidak sumbang adalah ...
A.    Di mana saja ada juga perburuan yang dilakukan dengan tujuan memperdagangkan binatang secara tidak sah.
B.     Semua itu dilakukan untuk mendapatkan binatang langka karena selama itu perburuan yang dilakukan tidak sah.
C.     Di samping itu, ada juga perburuan yang dilakukan untuk tujuan memperdagangkan binatang secara tidak sah.
D.    Sebaiknya perburuan itu dilakukan karena untuk tujuan perdagangan binatang secara tidak sah.

44. Bacalah kutipan teks berikut!
Sebagai ilmuwan, cendikiawan memberikan sumbangan berupa analisis, melihat masalah secara holistis, dan menawarkan solusi, termasuk mendudukkan persoalan. Mereka menjadi pendamping masyarakat yang sering bingung oleh perubahan yang serba cepat.

Penggunaan kata cendikiawan pada paragraf tersebut salah karena penulisan  kata tersebut ....
A.  bersifat  ambigu
B.bermakna ganda
C.tidak baku
D.  tidak sesuai dengan konteks kalimat

45. Bacalah kutipan teks berikut!
Kelapa banyak diusahakan oleh masyarakat secara turun-temurun. Hampir semua bagian tanaman kelapa dapat dimanfaatkan dan mampu memberikan nilai tambah secara ekonomi. Salah satu bagian dari buah kelapa yang dapat dimanfaatkan dengan diolah adalah air kelapa. Air kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan nata de coco yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi. Proses pembuatannya yang sederhana dapat dilakukan dalam skala rumah tangga. Pembuatan dalam skala kecil ini dapat menyerap tenaga kerja  dan mendapatkan tambahan penghasilan.

Kalimat bercetak miring tidak efektif  karena ....
A.      kalimat tersebut tidak koheren
B.       kalimat tersebut tidak efektif
C.       kalimat tersebut tidak efisien
D.      kalimat tersebut tidak padu

46. Bacalah kutipan teks berikut!
(1) Pada tanggal 15 Desember 2015,kami mengunjungi PT Sinar Sosro. (2) Kami menonton pemutaran film sejarah berdirinya PT Sinar Sosro. (3) Kemudian dilanjutkan dengan pemutaran film mengenai proses pembuatan teh botol sosro, meliputi proses awal sampai pada proses pengolahan limbah cair dan padat yg dihasilkan.  (4)Setelah kegiatan ini diharapkan siswa lebih rajin belajar agar sukses meraih cita-cita.

            Kalimat ke-4 termasuk kalimat sumbang karena ....
A.    tidak ada keterpaduan dengan kalimat sebelumnya
B.     kalimat tersebut kurang efektif
C.     kalimat tersebut berlebihan
D.    kalimat tersebut salah

47. Bacalah kutipan teks berikut!
Permasalahan lingkungan saat ini semakin jelas terlihat di berbagai tempat, dari skala global seperti pemanasan global hingga bencana banjir. Masalah-masalah itu mendesak pemikiran kita agar lingkungan tidak menjadi sumber bencana.
Salah satu cara peduli lingkungan adalah melakukan daur ulang sampah, yang dapat menghemat energi dan membantu menjaga lingkungan. Sampah yang dimaksud meliputi, kertas, plastik, karet, kaca, dan kaleng. Cara ini diharapkan dapat meningkatkan kwalitas lingkungan yang bersih dan sehat serta tidak menjadi sumber bencana.

            Kesalahan penulisan ejaan terdapat pada kata atau frasa ....
      A.    pemanasan global
B.     skala global
C.     kwalitas
D.    energi

48. Bacalah kutipan teks berikut!
Petunjuk menggunakan jilbab kreasi
1). Kenakan bergo atau dasaran kerudung sesuai keinginan
2). Lipat kerudung segi empat anda menjadi segitiga.
3). Rapikan bagian leher, lalu semat dengan peniti di belakang tengkuk.
4). Rapikan semua sisi agar tampilan anda lebih menarik.
5). Kemudian tarik dari belakang ke sisi kanan: bentuk pita atau sesuai keinginan, semat dengan beberapa jarum pentul,lalu rapikan.

            Penggunaan tanda baca yang tidak tepat terdapat pada kalimat bernomor ....
A.    2
B.     3
C.     4
D.    5

49. Bacalah kutipan teks berikut!
(1) Novel Hafalan Salat Delisa disajikan dengan bahasa yang komunikatif. (2) Jalan cerita sama dengan peristiwa di dunia nyata.  (3) Oleh karena itu, pembaca dapat berimajinasi lebih jauh tentang cerita novel itu sendiri. (4) Namun novel ini tersusun seperti film dokumenter. (5) Alur cerita awal terkesan kurang menarik. (6) Selain itu, penulis terlalu tinggi menggambarkan sifat tokoh.

            Kesalahan penggunaan tanda baca pada kutipan teks tersebut seharusnya.....
A.    Pada kalimat ke-3 terdapat tanda koma setelah kata namun
B.     Pada kalimat ke- 4 terdapat tanda koma setelah kata namun
C.     Pada kalimat ke-6 tanda koma dihilangkan
D.    Pada kalimat ke-2  tanda koma dihilangkan

50. Bacalah kutipan teks berikut!
Museum merupakan tempat untuk memamerkan benda-benda bersejarah, salah satu museum yang sering di kunjungi adalah museum Etnobotani di kota Bogor. Museum ini resmi berdiri sejak 18 Mei 1982. Pada awalnya museum tersebut merupakan bagian dari Bidang Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI ). Pemanfaatan gedung Herbarium Bogoriense untuk dijadikan museum digagas Pada tahun 1973 dan baru terwujud pada tahun 1982. Keunikan museum ini adalah ditampilkannya segala hal yang berkaitan dengan tumbuhan.

      Penulisan kata di kunjungi pada teks tersebut salah karena ....
A.    di pada kata tersebut merupakan kata depan yang penulisannya disatukan  oleh kata keterangan tempat.
B.     di pada kata tersebut merupakan awalan yang penulisannya harus disatukan dengan kata kerja yang mengikutinya.
C.     di pada kata tersebut merupakan kata depan yang penulisannya harus disatukan dengan kata kerja yang mengikutinya.
D.    di pada pada kata tersebut merupakan awalan yang penulisannya harus disatukan dengan kata keterangan yang mengikutinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar