21 Desember 2013

kisi kelas tujuh



KISI-KISI ULANGAN SEMESTER I SMP
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
KELAS  VII TAHUN PELAJARAN 2015

No.
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
RUANG LINGKUP MATERI
INDIKATOR
BENTUK SOAL
NOMOR SOAL
1.
3.   Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca 

            3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit 
             

Gagasan pokok


Isi teks


Simpulan isi bacaan



Menjawab pertanyaan bacaan


Makna kata









Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan gagasan pokok paragraf.

Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan isi yang sesuai dengan teks.

Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan simpulan teks yang paling tepat.

Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan pertanyaan yang jawabannya dapat ditemukan di dalam teks.

Disajikan beberapa kalimat dengan menggunakan kosa kata tertentu, siswa dapat menentukan kalimat yang bersinonim.

Disajikan kalimat-kalimat rumpang, siswa dapat menentukan pilihan kata yang tepat

Disajikan sebuah kalimat dengan istilah tertentu, siswa dapat menentukan kalimat yang maknanya senada dengan kalimat tersebut

Disajikan beberapa kalimat dengan penggunaan istilah tertentu, siswa dapat menentukan penggunaan kalimat yang paling tepat.

Disajikan sebuah paragraf yang mengandung kata tertentu, siswa dapat menentukan makna kata tersebut sesuai dengan konteks

PG


PG


PG



PG



PG



PG


PG




1, 2, 3, 4


7, 13


8



5, 6



9



10


11





2.
1.        Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita

            Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat 

Unsur berita


Isi berita


Simpulan


Rumusan pertanyaan
Disajikan paragraf berita, siswa menentukan unsur berita (5W+1H).

Disajikan teks berita, siswa dapat menentukan isi berita.

Disajikan teks berita, siswa dapat menentukan isi berita.

Disajikan sebuah ilustrasi, siswa dapat meentukan rumusan pertanyaan yang paling tepat.
PG


PG


PG


PG
15, 17


  14,16, 18, 20, 21
12



19, 22

3.
8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui  pantun dan dongeng


8.1         Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun










8.2         Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang  pernah dibaca atau didengar


Jenis pantun


Melengkapi  pantun









Watak tokoh



Pesan dongeng



Jenis dongeng


Isi dongeng



Bukti watak tokoh



Latar waktu


Latar tempat



Latar suasana


Jenis dongeng

Disajikan sebuah pantun, siswa dapat menentukan jenis pantun.

Disajikan  pantun teka-teki yang dirumpangkan, siswa dapat melengkapi bagian yang rumpang tersebut.

Disajikan sebuah pantun, siswa dapat menentukan pantun yang balasannya sesuai.

Disajikan ilustrasi, siswa dapat menentukan  pantun.yang isinya sesuai ilustrasi.

Disajikan penggalan dongeng, siswa dapat menentukan watak tokoh dongeng yang tepat.

Disajikan penggalan dongeng, siswa dapat menentukan pesan dongeng yang sesuai dengan teks.

Disajikan kutipan dongeng, siswa menentukan jenis dongeng

Disajikan penggalan dongeng, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi dongeng.

Disajikan penggalan dongeng, siswa dapat menentukan bukti kalimat pendukung watak tokoh.i

Disajikan penggalan dongeng, siswa dapat menentukan latar waktu dongeng.

Disajikan penggalan dongeng, siswa dapat menentukan latar tempat terjadinya dongeng.

Disajikan penggalan dongeng, siswa dapat menentukan latar suasana dongeng.

Disajikan beberapa penggalan dongeng, siswa dapat menentukan jenis dongeng fabel.
PG


PG



PG


PG


PG



PG



PG


PG



PG



PG


PG



PG

PG

23


24, 25, 26



27


28


29



30, 36



35


31



32



33


34



37

35
4.
7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan  membaca.


7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
Amanat cerita


Tema cerita


Watak tokoh



Latar waktu


Latar tempat

Disajikan penggalan cerita anak, siswa dapat menentukan amanat yang tepat..

Disajikan penggalan cerita anak, siswa dapat menentukan tema cerita anak.

Disajikan penggalan cerita anak, siswa dapat menentukan watak tokoh dengan tepat.

Disajikan penggalan cerita anak, siswa dapat menentukan latar waktu yang tepat.

Disajikan penggalan cerita anak, siswa dapat menentukan latar tempat yang tepat.

PG


PG


PG



PG


PG
38


39


40



42


41
5.
4.        Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi

4.1   Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar




4.2   Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa




4.3 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik dan benar

Buku harian










Surat pribadi







Teks pengumuman
Disajikan ilustrasi buku harian, siswa dapat menentukan buku harian berupa pemikiran yang paling tepat.

Disajikan ilustrasi, siswa dapat menentukan buku harian yang sesuai dengan ilustrasi.

Disajikan penggalan buku harian, siswa dapat menentukan ungkapan ekspresif yang tepat.

Disajikan penggalan surat pribadi, siswa dapat menentukan alamat surat pribadi yang tepat.

Disajikan  penggalan surat pribadi, siswa dapat menentukan penutup surat pribadi yang paling tepat.

Disajikan pengumuman, siswa dapat menentukan penutup pengumuman yang tepat.

Disajikan ilutrasi. siswa dapat menentukan pembuka pengumuman yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang.

PG



PG


PG


PG




PG



PG



PG

43



46, 48


47


44




45



49



50


KISI-KISI SOAL ULANGAN KENAIKAN KELAS


SatuanPendidikan : SMP                                                                                                                                                                                                                     
Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia                                                                                                                                                                                               AlokasiWaktu         :120menit
Kelas/Semester      : VII/2                                                                                                                                                                                                                       BentukSoal             : PilihanGanda, Uraian, Menulis

ASPEK
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI YANG DIUJI
MATERI
INDIKATOR
JENIS SOAL
I. Membaca
11.1Mampumengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca secara intensif.
Mengidentifikasi isi teks biografitokohidola.
Tokohidola
Disediakanbacaanbiografi, siswamampumenentukankeistimewaantokoh.

PG
·    Siswamampumenentukansifat yang diteladanidaritokoh
PG
·    Siswa mampu menentukan keunggulan tokoh dalam bacaan.
PG
·    Siswa mampu menentukan isi bacaan.
PG
11.2 Mampu menemukan gagasan utama dalam teks
Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks.
GagasanUtama
Disediakanbacaan yang terdiridariduaparagraf, siswamampumenentukangagasanutamaparagraf ke-1
PG
Kalimatutama
·   Siswamampumenentukankalimatutamaparagraf kedua.
PG
·   Siswa mampu menentukan pertanyaan sesuai isi bacaan.
PG
11.3Mampumenemukan informasi secara cepat dari tabel/diagram.
Mengidentifikasi isi grafik, atautabel
Tabel/
gafik
Disediakantabel, siswamampumenentukanpernyataan yang sesuaidenganisitabel.
PG
·   Siswamampumenentukanpertanyaansesuaidenganisitabel
PG
·   Siswa mampu menentukan narasi sesuai isi tabel
PG
·   Siswa mampu menentukan simpulan isi tabel
PG
·   Siswa mampu menentukan paragraf sesuai isi tabel
PG
Disediakangrafik, siswamampumenentukanisi grafik.
PG
·    Siswa mampu menentukan simpulan isi grafik
PG
·    Siswamampumenentukanpertanyaansesuaiisigrafik.
PG
·    Siswamampumenentukannarasidariisigrafik
PG
Disediakanpuisi, siswamampumenentukantemapuisi.
PG
·   Siswamampumenentukanpesanpuisi.
PG
·   Siswamampumenentukansuasanapuisi.
PG
15.2. Menemukanrealitaskehidupananak yang terefleksidalambukuceritaanak, baikaslimaupunterjemahan
Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/ceritaanak.
Ceritaanak
Desediakankutipancerita, siswamampumenentukankebiasaantokohdalamcerita.
PG
·   Siswamampumenentukan latar sosial pada cerpen
PG
·   Siswamampumenentukan bukti latartempatdalamcerita
PG
·   Siswa mampu menentukan bukti watak tokoh dalam cerita
PG
Disediakankutipancerpen, siswamampumenentukanlatarsuasanadaricerpen.
PG
·   Siswamampumenentukanlatartempatdaricerpen
PG
·   Siswadapatmenentukannilai moral dalamcerpen.
PG
Disediakanpuisi, siswamampumenentukanlatar waktu
PG
Menulis
12.1. Mengubahtekswawancaramenjadinarasidenganmemperhatikancarapenulisankalimatlangsungdantaklangsung
Mengubahtekswawancaramenjadinarasidenganmemperhatikancarapenulisankalimatlangsungdantaklangsung
Tekswawancara
Disediakantekswawancara, siswamampumenentukankalimattidaklangsungdaritekswawancara
PG
·   Siswa mampu menentukan simpulan tekswawancara
PG
·    Siswa mampu menentukan hal penting dari isi wawancara.
PG
Disediakan teks narasi dari hasil wawancara, siswa mampu menentukan teks wawancara sesuai dengan narasi.
PG
12.2. Menulispesansingkatsesuaidenganisidenganmenggunakankalimatefektifdanbahasa yang santun
Menulispesansingkatsesuaiisidenganmenggunakankalimatefektifdanbahasa yang santun.
Pesansingkat
Disediakanilustrasi, siswamampumenentukanpesansingkatsesuaidenganilustrasi.
PG
Disediakan memo yang dirumpangkanpadabagiankepala memo,  siswamampumenentukankepala memo yang tepat.
PG
Disediakanempatkalimat memo, siswamampumenentukankalimat yang sesuaidengantujuan memo.
PG
Disediakanempatkalimat memo yang salahsatunyaberupakalimat memo pribadi, siswamampumenentukankalimat memo pribadi.
PG
16.1. Menuliskreatifpuisiberkenaandengankeindahanalam
Menuliskreatifpuisiberkenaandengankeindahanalam.
Puisi
Disediakangambar, siswamampumenentukanpuisisesuaidengangambar.
PG
Disediakanpuisi, siswamampumenentukanisipuisi.
PG
·   Siswamampumenentukancitraanpuisi yang terdapatpada bait 1.
PG
Disediakankutipanpuisi yang dirumpangkan, siswamampumenentukankalimatbermajas yang tepatuntukmelengkapibagianpuisi yang dirumpangkan.
PG
Disediakanpuisi yang dirumpangkanpadasalahsatukata, siswamampumenentukan kata untukmelengkapibagianpuisi yang dirumpangkandengantepat.
PG
Disediakankutipanpuisi, siswadapatmenentukankesamaanbunyipada puisi.
PG
Disediakankutipanpuisi, siswadapatmenentukanrimapadapuisi.
PG
Disediakanilustrasicatatanharian, siswamampumenentukanpuisi yang sesuaidenganilustrasi.
PG
Disediakankutipan puisi, siswa dapat menentukan makna kata berkonotasi pada puisi
PG
Disediakanempatkalimatacak, siswamampumenentukanurutankalimatmenjadisebuahpuisisecaratepat
PG
II.Membaca
Menemukan kalimat  utama dalam teks
Menemukan kalimat  utama dalam teks
Kalimatutama
Disediakanbacaansatuparagraf, siswamampumenyebutkankalimatutamaparagraf.
uraian
Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/ceritaanak.

cerpen
Disediakanpetikancerpen, siswamampumenyebutkanbuktilatar
uraian
Menulis
Mampu menemukan infor-masi secara cepat dari tabel/diagram.
Menulisnarasiberdasarkanisigrafik
grafik
Disediakangrafik, siswadapatmenulisnarasiberdasarkanisigrafik.
uraian
Menulis memo sesuaiilustrasi.
memo
Disediakanilustrasiperistiwa, siswamampumenulis memo berdasarkanilustrasi.
uraian
Mengubahtekswawancaramenjadinarasi.
wawancara
Disediakan teks wawancara, siswa mampu mengubah teks wawancara menjadi narasi.
uraian
III.Menulis
Menulis puisiberdasarkanpengalamanpribadi yang menarik
Menulispuisiberdasarkanpengalamanpribadi yang menarik.
puisi
Siswamampumenulispuisiberdasarkanpengalamanpribadi yang paling menarikdenganmemperhatikanhal-halsebagaiberikut.
1.    Panjangpuisi 2 – 3 bait
2.    Pilihan kata
3.    Rima
4.    Majas, dan
5.    Citraanpuisi
Menulis












Berikut Power Point Untuk Pendalaman Immplentasi Kurikulum 2013
No.KelompokMata PelajaranMateriUnduh
1.UmumUmumPerubahan Mindeset ( Rhenald Kasali)Unduh
2.UmumUmumPerubahan MinsetUnduh
3.UmumUmumRasional Kurikulum 2013Unduh
4.UmumUmum Elemen Perubahan Kurikulum 2013Unduh
5.UmumUmumSKL KI-KDUnduh
6.UmumUmumStrategi Implementasi KurikulumUnduh
7.UmumUmumKonsep Pendekatan ScientificUnduh
8.UmumUmumProject Base LearningUnduh
9.UmumUmumProblem Base LearningUnduh
10.UmumUmumDiscovery LearningUnduh
11.UmumUmumKonsep Penilaian Autentik pada Proses dan HasiUnduh
12.UmumUmumAnaslisi Buku Guru dan Siswa MapelUnduh
13.UmumUmumAnalisis Buku Guru dan Siswa TematikUnduh
14.UmumUmumRambu Rambu Penyusunan RPPUnduh
15.UmumUmumRambu-Rambu Penyusunan RPP TematikUnduh
16.UmumUmumPanduan Tugas Telah RPPUnduh
17.UmumUmumPanduan Tugas Analisis Rancangan PenilaianUnduh
18.UmumUmumStrategi Pengamatan Tayangan VideoUnduh
19.UmumUmumPraktik Pembelajaran malalui peer TeachingUnduh
20.SDTematikKonsep Pembelajaran Tematik TerpaduUnduh
21.SDTematikImplementasi Tematik TerpaduUnduh
22.SDTematikContoh Implmentasi Pendekatan ScientificUnduh
23.SDTematikAnalisis Buku Guru dan Siswa TematikUnduh
24.SDTematikRambu-Rambu Penyusunan RPP TematikUnduh
25.SMPBahasa IndonesiaContoh Pendekatan Scientific Bahasa IndonesiaUnduh
26.SMPBahasa IndonesiaContoh Penilaian Autentik Bahasa IndonesiaUnduh
27.SMPBahasa IndonesiaKonsep Pendekatan ScientificUnduh
28.SMPBahasa InggrisKonsep Pendekatan ScientificUnduh
29.SMPBahasa InggrisKonsep Penerapan ScientificUnduh
30.SMPBahasa InggrisKonsep Penilaian AutentikUnduh
31.SMPBahasa InggrisContoh PenerapanUnduh
32.SMPIPAKonsep Pembelajaran IPA TerpaduUnduh
33.SMPIPAPeneapan Pendekatan ScientificUnduh
34.SMPIPAConoth Penerapan Penilaian AutentikUnduh
35.SMPIPSKonsep IPS TerpaduUnduh
36.SMPIPSContoh Pendekatan ScientificUnduh
37.SMPIPSContoh Penilaian AutentikUnduh
38.SMPPenjasorkesContoh Pendekatan ScientificUnduh
39.SMPPenjasorkesContoh Penilaian TerpaduUnduh
40.SMPPPKNContoh Penilaian AutentikUnduh
41.SMPPPKNContoh Pendekatan ScientificUnduh
42.SMPPrakaryaContoh Penilaian AutentikUnduh
43.SMPPrakaryaContoh Pendekatan ScientificUnduh
44.SMPSeni BudayaContoh Penilaian AutentikUnduh
45.SMPSeni BudayaContoh Pendekatan ScientificUnduh
46.SMABahasa IndonesiaContoh Penilaian AutentikUnduh
47.SMABahasa IndonesiaContoh Pendekatan ScientificUnduh
48.SMAMatematikaContoh Penilaian AutentikUnduh
49.SMAMatematikaContoh Pendekatan ScientificUnduh
50.SMASejarahContoh Penilaian AutentikUnduh
51.SMASejarahContoh Pendekatan ScientificUnduh